5 Cara Menghapus Akun Instagram (IG) Permanen di HP dan Desktop

Makin Rajin

5 Cara Menghapus Akun Instagram (IG) Permanen di HP dan Desktop

Instagram telah menjadi salah satu platform populer bagi jutaan orang di seluruh dunia untuk berbagi momen, karya seni, dan interaksi sosial. Namun, terkadang ada beberapa pengguna yang memutuskan mencari cara untuk menghapus akun Instagram atau IG secara permanen maupun sementara di HP miliknya. 

Apabila Anda mempertimbangkan langkah ini, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat. Sebab, artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah yang mudah diikuti.

Cara Menghapus Akun Instagram

Sebenarnya, langkah-langkah menghapus akun Instagram secara permanen maupun sementara tidaklah terlalu sulit. Namun, sebelum melakukannya, Anda harus tetap mengingat username dan password Instagram Anda. Jika sudah siap, maka silakan simak beberapa cara menghapus akun Instagram berikut ini:

1. Cara Menghapus Akun Instagram (IG) secara Permanen di HP

Apabila Anda berencana hapus akun Instagram karena ingin menggantinya dengan akun baru atau karena akun lama diretas, maka berikut ini adalah panduan langkah demi langkah tentang cara menghapus akun Instagram (IG) secara permanen melalui perangkat HP Anda:

  1. Pertama, gunakan browser di PC atau ponsel Anda untuk mengakses website Instagram di http://instagram.com.
  2. Kemudian, buka link https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent di tab baru. Anda akan diminta untuk memberikan alasan untuk membatalkan akun Instagram secara permanen pada langkah berikutnya.
  3. Pilih salah satu pilihan yang tersedia.
  4. Selanjutnya, Anda perlu memasukkan kata sandi dari akun Instagram Anda.
  5. Pilih opsi “Hapus Akun Saya Secara Permanen”.
  6. Sekarang, akun Instagram Anda telah dinonaktifkan secara permanen.
Baca Juga:  5 Cara Melihat Status WA Tanpa Ketahuan Pemiliknya, Dijamin Work!

2. Cara Menghapus Akun Instagram Sementara

Jika Anda tidak berencana hapus akun Instagram secara permanen, maka Anda juga bisa tetap hapus akun dalam kurun waktu sementara. Tentu saja, langkah-langkah yang harus Anda lakukan relatif mudah. Berikut ini tahapannya:

  1. Buka aplikasi browser dan akses alamat http://instagram.com.
  2. Masuk dengan akun Instagram yang ingin Anda nonaktifkan sementara.
  3. Lalu, pilih menu “Profil” dan pilih menu “Edit Profile“.
  4. Setelah itu, klik tombol “Nonaktifkan Sementara Akun Saya” yang biasanya akan berada di pojok kanan bawah layar.
  5. Nantinya, Anda akan diminta untuk memilih alasan mengapa Anda menonaktifkan akun. Apabila sudah, maka lanjutkan ke langkah berikutnya.
  6. Masukkan kata sandi akun Instagram Anda. Apabila Anda tidak ingat apa kata sandi akun Anda, maka Anda bisa memilih opsi “Lupa Kata Sandi” yang mana terletak di bawah kolom kata sandi.
  7. Setelah itu, akun Instagram Anda akan tidak aktif untuk sementara sampai Anda mengaktifkannya kembali.

3. Cara Hapus Akun Instagram Karena Lupa Password

Jika Anda lupa dengan password atau kata sandi akun Instagram, maka jangan langsung panik. Sebab, Anda masih bisa hapus akun Instagram walau Anda lupa dengan kata sandinya. Perhatikan caranya di bawah ini:

  1. Buka akun Instagram Anda. Anda harus log in terlebih dahulu saat mencoba menghapus akun Instagram ketika lupa password. Perhatikan bahwa tata cara log in akun Instagram saat lupa password sedikit berbeda dengan cara log in pada umumnya. 
  2. Gunakan laptop atau smartphone untuk membuka website Instagram di program browser yang sudah ada di perangkat. Lalu, pilih menu Get Help Logging.
  3. Masukkan nama pengguna atau alamat email yang terhubung dengan akun yang ingin Anda akses.
  4. Kemudian, Anda akan menerima konfirmasi melalui email atau SMS.
  5. Tunggu sampai Anda menerima kode yang bisa Anda gunakan untuk mengakses akun tersebut
  6. Jika sudah menerima kodenya, maka Anda bisa menggunakan kode verifikasi tersebut untuk log in.
  7. Kemudian, pilih menu Setting, lalu pilih menu Security.
  8. Masukkan kata sandi yang mudah diingat.
  9. Selanjutnya, buka email yang telah Instagram kirimkan kepada Anda. Lalu, klik tautan yang tertera dalam email untuk memperbarui kata sandi Instagram Anda.
  10. Atur ulang kata sandi akun, lalu masuk dengan kata sandi baru.
  11. Setelah kata sandi baru sudah berhasil Anda buat, lanjutkan langkah-langkah cara menghapus akun Instagram (IG) secara permanen melalui perangkat HP.
Baca Juga:  6 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop, Mudah dan Anti Gagal!

Selanjutnya, akun Instagram Anda akan bisa langsung terhapus dengan mengikuti cara-cara di bawah ini:

  1. Masuk ke halaman https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent jika Anda ingin hapus akun secara permanen. Namun, pastikan Anda masuk ke akun yang ingin Anda hapus sebelum mengunjungi halaman ini.
  2. Kemudian, pilih pembenaran untuk penghapusan akun.
  3. Untuk menghapus akun, masukkan kata sandi. Saat Anda memilih “Hapus Akun Saya Secara Permanen”, Instagram akan langsung menonaktifkan atau hapus akun Anda.

4. Cara Menghapus Akun Instagram (IG) Permanen di HP iPhone

Lantaran aplikasi Instagram tidak memiliki fitur pembatalan akun, Anda harus menggunakan web browser di iPhone untuk menghapus akun Instagram. Adapun cara mudah menghapus akun Instagram di iPhone adalah:

  1. Buka aplikasi browser Safari dan arahkan ke halaman Hapus Akun untuk memulai.
  2. Log in ke akun yang ingin Anda hapus melalui website.
  3. Klik opsi “Mengapa Anda Ingin Menghapus [Akun]?” yang mana muncul setelah Anda berhasil masuk atau log in. Kemudian, pilih alasan untuk menghapus akun Instagram dari opsi drop-down.
  4. Pilih alasan mengapa Anda ingin hapus akun Instagram.
  5. Klik tombol “Masukkan Ulang Kata Sandi” dan masukkan kata sandi akun Instagram setelah memilih alasan. Jika Anda lupa dengan kata sandi Instagram Anda, ini sangat mudah untuk memulihkannya kembali.
  6. Setelah memasukkan kata sandi, pilih “Hapus Akun”. Kemudian, tekan “Ok” pada prompt.
  7. Sebelum melanjutkan, perlu Anda ketahui bahwa Anda bisa saja kehilangan akses ke data akun Anda sendiri. Maka dari itu, pilih tombol “Ok” saat muncul pop-up
  8. Nantinya, tanggal di mana data akun Anda akan dihapus secara permanen akan ditampilkan di Instagram. Anda dapat masuk kembali ke akun dan mengaktifkannya kembali jika Anda menginginkannya.
Baca Juga:  6 Cara Menghapus Postingan di Facebook dengan Mudah

5. Cara Menghapus Akun Instagram dengan Melakukan Report

Melaporkan suatu akun sebagai akun penipuan adalah salah satu cara menghapus akun Instagram (IG) secara permanen melalui perangkat HP yang bisa Anda lakukan ketika tidak memiliki kata sandi. Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

  1. Bukalah profil Instagram dari akun yang akan Anda hapus.
  2. Kemudian, pilih opsi “Laporkan” dengan klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas.
  1. Pilihlah opsi “Akun ini telah melanggar aturan dari komunitas Instagram”.
  2. Lalu, pilih akun yang ingin Anda laporkan.
  3. Setelah itu, Pilih opsi “Profil ini berpura-pura sebagai orang lain”.
  1. Terakhir, pilih opsi “Saya” untuk menunjukkan bahwa akun IG palsu itu meniru Anda.

Mana Cara Menghapus Akun Instagram Termudah yang Akan Anda Terapkan?

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kamu jelaskan di atas, Anda sekarang memiliki panduan lengkap tentang cara menghapus akun Instagram secara permanen. 

Ingatlah bahwa menghapus akun adalah keputusan pribadi yang perlu Anda pertimbangkan secara matang, dan pastikan Anda telah memahami konsekuensinya. 

Apapun alasan Anda, baik itu untuk privasi atau alasan lainnya, langkah-langkah di atas akan membantu Anda menyelesaikan proses penghapusan dengan lancar. Jika Anda telah memutuskan untuk melangkah maju, pastikan Anda telah melakukan cadangan data penting sebelum melakukan langkah-langkah di atas.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait