2 Cara Menghapus Mutasi Rekening BCA dan Ketentuannya

Makin Rajin

2 Cara Menghapus Mutasi Rekening BCA dan Ketentuannya

Cara menghapus mutasi rekening BCA sama sekali tidak sulit untuk nasabah lakukan. Penghapusan mutasi sendiri bisa Anda lakukan dengan mudah melalui beberapa cara praktis. Apa saja? Yuk, cari tahu lewat ulasan berikut! 

Syarat Menghapus Mutasi Rekening BCA

Sebelum mempelajari bagaimana cara menghapus mutasi rekening BCA. Maka, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu syarat-syarat yang harus terpenuhi sebagai berikut:

1. Nomor Rekening Terdaftar

Syarat pertama untuk bisa menghapus data mutasi rekening adalah nomor rekening Anda harus sudah terdaftar terlebih dahulu. Jika belum, maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu di kantor cabang BCA. 

2. Nomor Handphone Aktif

Pastikan nomor handphone yang Anda miliki aktif. Namun, jika nomor handphone sudah tidak aktif, maka Anda bisa menggunakan layanan internet banking atau Klik BCA. Setelah itu, daftarkan nomor handphone Anda yang masih aktif untuk layanan internet BCA.

Ketentuan Hapus Mutasi Rekening BCA

Selain syarat, ada beberapa ketentuan yang perlu Anda ketahui mengenai bagaimana cara menghapus mutasi rekening BCA. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

  1. Perlu Anda ketahui bahwa, penghapusan mutasi rekening bukan lagi termasuk ke dalam tanggung jawab bank. Melainkan tanggung jawab dari nasabah itu sendiri.
  2. Ketika menghapus mutasi rekening, maka semua data yang ada akan terhapus dan hilang.
  3. Data mutasi rekening yang sudah terhapus tidak bisa Anda kembalikan lagi.
  4. Jika suatu saat memerlukan data mutasi rekening yang sudah terhapus. Maka, Anda bisa menanyakan kembali kepada pihak bank. Namun, jika data tersebut tidak ada, maka pihak bank tidak akan bertanggung jawab. 
Baca Juga:  Cara Membuat Link Grup WhatsApp dan Beberapa Keuntungannya

2 Cara Menghapus Mutasi Rekening BCA

Ada 2 cara menghapus mutasi rekening BCA yang bisa Anda coba. Berikut kedua caranya:

1. Melalui Internet Banking

Cara hapus mutasi rekening yang pertama bisa Anda coba melalui internet banking. Ini bisa Anda lakukan tanpa perlu menggunakan key BCA. Sebab, Anda bisa menggunakan perangkat ponsel, maupun komputer desktop yang terhubung dengan konektivitas internet. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Pertama, silakan Anda buka halaman internet banking personal. Caranya adalah dengan mengetikkan alamat https://ibank.klikbca.com/ melalui browser bawaan ponsel Anda.
  • Kemudian, masukkan username dan password
  • Pilih opsi menu administrasi. 
  • Pada menu tersebut, Anda akan menemukan banyak pilihan data yang bisa Anda hapus nantinya. Mulai dari data transferan, daftar pembayaran, hingga daftar pembelian yang pernah Anda lakukan.
  • Setelah itu, pilih jenis data transfer yang ingin Anda hapus. Jika sudah, tekan tombol submit.
  • Lewat cara ini, maka proses penghapusan data mutasi rekening pun sudah berhasil Anda lakukan.

2. Melalui BCA Mobile

Cara menghapus mutasi rekening BCA selanjutnya bisa Anda lakukan melalui aplikasi BCA mobile. Namun, sebelum itu pastikan bahwa Anda sudah melakukan registrasi dan aktivasi layanan.

Selain itu, pastikan juga bahwa rekening tabungan Anda sudah terhubung dengan aplikasi BCA mobile. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama, silakan Anda buka layanan BCA mobile
  • Setelah itu, registrasi dan aktivasi akun Anda. 
  • Pastikan juga bahwa ponsel Anda sudah terkoneksi dengan internet yang stabil. Tujuannya adalah agar pengecekan mutasi rekening Anda tidak sampai terkendala. 
  • Setelah itu, pilih m-BCA pada menu utama BCA mobile
  • Input kode akses untuk melanjutkan proses cara menghapus mutasi rekening BCA. Namun, perlu Anda perhatikan untuk jangan sampai melakukan kesalahan dalam memasukkan kode akses hingga 3 kali. Sebab, hal ini bisa mengakibatkan akun terblokir.
  • Setelah kode akses berhasil Anda masukkan, maka Anda pun akan masuk ke halaman home aplikasi BCA mobile
  • Lalu, klik m-Admin pada pilihan menunya. 
  • Pada menu akan muncul berbagai jenis pilihan. Silakan Anda cari menu “Hapus Daftar” dan pilih transaksi mana yang akan Anda hapus. Baik itu transfer antar rekening, transfer antar bank, transfer BCA virtual account, transfer sakuku, atau pembayaran dan pembelian. 
  • Centang transaksi mana saja yang akan Anda hapus. Kemudian, klik delete yang ada pada pojok kanan atas. 
  • Pada menu pop-up, silakan klik OK untuk melanjutkan.
  • Terakhir, input PIN m-BCA Anda. 
  • Penghapusan selesai dan klik OK.
Baca Juga:  Cara Daftar GrabFood: Syarat dan Keuntungannya

Cara Cek Mutasi Rekening BCA

Setelah mengetahui cara menghapus mutasi rekening BCA, maka Anda juga harus mempelajari cara cek mutasi rekeningnya. Sebab, biasanya catatan ini diperlukan sebagai alat bukti transaksi. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan: 

1. BCA Mobile 

Cek mutasi rekening melalui BCA mobile bisa Anda lakukan dengan cara-cara berikut ini:

  1. Pertama, buka aplikasi BCA mobile
  2. Kemudian, klik M-info. 
  3. Pilih mutasi rekening BCA. 
  4. Masukkan periode waktu transaksi yang ingin Anda lihat. 
  5. Setelah itu, klik kirim. 
  6. Lewat cara ini, riwayat transaksi Anda pun akan tampil pada layar ponsel Anda. 

2. Melalui ATM BCA

Lalu, cek cara menghapus mutasi rekening BCA selanjutnya bisa Anda lakukan melalui ATM BCA. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan. 

  1. Pertama, silakan Anda pergi ke ATM terdekat. 
  2. Kemudian, masukkan kartu ATM Anda. 
  3. Masukkan PIN dari kartu ATM Anda. 
  4. Pada halaman utama, pilih menu transaksi lainnya. 
  5. Setelah itu, pilih menu informasi pada layar. 
  6. Pilih menu mutasi rekening. 
  7. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga struk transaksi Anda keluar. Struk ini berisikan data mutasi yang selama ini Anda lakukan dengan rentang waktu tertentu. 
Baca Juga:  3 Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark, Wajib Coba!

3. Klik BCA

Selain melalui aplikasi dan ATM, cek mutasi rekening BCA juga bisa Anda lakukan melalui laman Klik BCA. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, buka laman klikbca.com melalui browser bawaan ponsel Anda. 
  2. Setelah itu, pilih menu banking individual pada laman https://ibank.klikbca.com/
  3. Kemudian, masukkan user ID dan PIN internet banking Anda. 
  4. Klik menu informasi rekening BCA. 
  5. Setelah itu, pilih mutasi rekening. 
  6. Lalu, klik mutasi harian. Mutasi harian ini berisi catatan transaksi dengan rentang waktu tertentu. Namun, maksimalnya adalah 31 hari. Jadi, untuk mutasi rekening di atas 31 hari sudah tidak bisa Anda cek lagi. Kecuali Anda meminta print rekening koran melalui kantor BCA langsung. 
  7. Terakhir, pilih mutasi rekening bulanan. Tujuannya adalah untuk melihat catatan transaksi bulanan Anda. Data yang bisa Anda lihat adalah transaksi keluar masuk pada rekening Anda. Baik transfer ke semua rekening bank maupun autodebet bulanan.

Mudah Bukan Cara Menghapus Mutasi Rekening BCA?

Itulah penjelasan mengenai cara menghapus mutasi rekening BCA yang cukup mudah dan bisa Anda coba langsung. Sebagai saran, sebelum Anda menghapus mutasi rekening, sebaiknya cek terlebih dahulu apakah ada data yang penting atau tidak. 

Sebab, jika ada data penting yang terhapus, maka Anda tidak bisa mengembalikan dan menggunakan data tersebut lagi. Bahkan, pihak bank pun tidak akan bertanggung jawab atas data penting yang sudah terhapus. Jika perlu, Anda bisa melakukan pencatatan dahulu sebagai data cadangan.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait