Cara Membuat Link Grup WhatsApp dan Beberapa Keuntungannya

Yodik

AKURATNEWS – WhatsApp adalah sebuah aplikasi yang sangat berguna untuk berbagai keperluan komunikasi seperti bertukar pesan singkat, melakukan panggilan video, dan masih banyak lagi. Salah satu fitur yang membuat WhatsApp begitu diminati adalah kemampuannya dalam membuat grup. Cara Membuat Link Grup WhatsApp pun tergolong sangatlah mudah, sehingga semua orang dapat melakukannya dengan mudah. Ingin tau caranya, cek uraian di bawah ini.

Apa itu Grup WhatsApp?

Grup WhatsApp merupakan komunitas yang berisi beberapa kontak. Kontak tersebut berperan sebagai anggota grup suatu komunitas atau organisasi tertentu. Anda bisa mengundang orang lain, teman, maupun kerabat dekat untuk gabung ke grup tersebut.

Cara gabung grup WhatsApp juga sangat mudah. Seseorang bisa masuk grup dengan cara ditambahkan oleh admin atau bergabung lewat tautan. Kedua alternatif tersebut membuat seseorang bisa bergabung dalam grup dengan tujuan tertentu.

Banyak organisasi, komunitas, dan lingkup tertentu yang menggunakan grup WhatsApp sebagai sarana komunikasi. Alternatif ini tentu membuat komunikasi berjalan lebih lancar. Bahkan hampir semua perusahaan menggunakan fitur tersebut untuk koordinasi

Bagaimana Cara Membuat Link Grup WhatsApp

Penjelasan tadi sempat memberikan gambaran bahwa seseorang bisa bergabung grup WhatsApp melalui link. Lantas bagaimana sih cara membuat link grup? Cara membuat link grup WhatsApp meliputi tahapan berikut ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang terdapat pada ponsel
  2. Klik grup yang ingin dibuat linknya
  3. Tunggu hingga grup yang ingin dibuat linknya terbuka
  4. Klik opsi titik tiga yang berada di pojok kanan atas
  5. Klik ” info grup “
  6. Scroll ke bawah hingga menemukan opsi ” undangan via tautan “
  7. Klik opsi tersebut
  8. Pilih opsi ” salin tautan “
  9. Link grup WhatsApp sudah selesai dibuat
Baca Juga:  Cara Membuat Link WA Terbaru Ternyata Mudah

Bagaimana Cara Membagikan Link Grup WA?

Setelah cara membuat link grup WhatsApp berhasil diterapkan, maka Anda bisa share lewat media tertentu. Cara membagikan link grup WhatsApp hampir sama dengan share tautan pada umumnya. Berikut cara membagikan link grup WA yang mudah:

1. Kirim Tautan Lewat WhatsApp

Alternatif pertama yang bisa dicoba untuk membagikan link grup WhatsApp yaitu mengirim tautan. Kirim tautan lewat WhatsApp menjadi alternatif pintas yang mudah untuk ditempuh. Berikut cara kirim tautan  grup lewat WhatsApp:

  1. Buka grup WhatsApp
  2. Klik titik tiga pada pojok kanan atas
  3. Klik opsi ” Info Grup”
  4. Klik ” undang via tautan”
  5. Pilih opsi paling atas yaitu ” kirim tautan via WhatsApp”
  6. Nantinya akan muncul beberapa pilihan kontak mulai dari orang yang sering Anda hubungi
  7. Pilih beberapa kontak yang ingin ditambahkan
  8. Klik logo kirim
  9. Tunggu hingga orang tersebut gabung ke grup yang Anda buat

2. Bagikan Tautan

Cara membagikan link grup WhatsApp bisa juga menggunakan tautan. Alternatif ini sebenarnya sama dengan cara sebelumnya. Bisa dikatakan alternatif ini merupakan jalan pintas untuk mendapatkan anggota banyak. Berikut cara membagikan tautan:

  1. Buka grup WhatsApp
  2. Klik titik tiga yang ada pada bagian pojok kanan atas
  3. Klik opsi ” Info Grup”
  4. Scroll hingga menemukan opsi ” bagikan tautan”
  5. Tunggu hingga muncul beberapa opsi untuk membagikan tautan
  6. Pilih salah satu media mulai dari email, Instagram, hingga WhatsApp
  7. Bagikan link tersebut ke salah satu media
Baca Juga:  3 Cara Menghapus Postingan Ulang di Tiktok dengan Cepat dan Mudah

3. Kode QR

Cara mengirim link grup WhatsApp bisa juga dilakukan dengan memakai jalan pintas. Hal ini dilakukan tanpa perlu menyalin link sehingga mudah ditempuh oleh orang-orang. Berikut cara membagikan link grup WA pakai kode QR:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas
  3. Klik opsi ” info grup”
  4. Klik opsi ” bagikan tautan”
  5. Tunggu muncul opsi ” kode QR “
  6. Nantinya seseorang akan memindai untuk kode QR untuk bisa bergabung grup

Beberapa Keuntungan Membagikan Link Grup WhatsApp

Cara membuat link grup WhatsApp memang sangat mudah dan praktis. Membagikan link grup WhatsApp ke media-media tertentu juga menyimpan banyak keuntungan. Berikut ini keuntungan membuat dan membagikan link grup WhatsApp:

1. Menjaring Banyak Anggota

Keuntungan pertama jika Anda membuat dan membagikan link grup yaitu menjaring banyak anggota. Untuk mewujudkan keuntungan tersebut, Anda harus menerapkan cara salin link grup WhatsApp. Alternatif ini tentu bisa memberikan keuntungan lain.

Anggota grup yang banyak, membuat relasi pertemanan semakin luas. Hal ini tentu bisa dimanfaatkan dilain kesempatan. Menjalin pertemanan dengan banyak orang bisa juga memberikan feedback positif berupa ilmu, pengalaman, maupun menjalin silaturahmi.

2. Tidak Perlu Menambahkan Anggota Secara Manual

Menerapkan cara membuat link grup WhatsApp, memudahkan Anda dalam menambahkan anggota. Anda tidak perlu lagi menambahkan anggota secara manual. Hanya dengan salin link, nantinya orang bisa masuk grup yang Anda buat.

Bahkan seseorang bisa  membagikan link grup tersebut ke media lain sehingga anggota semakin banyak. Hal ini membuat orang lain juga mudah untuk bergabung ke dalam grup yang telah Anda buat. Alternatif ini sangat bermanfaat untuk menunjang bisnis.

3. Praktis

Dengan menerapkan cara membuat link grup WhatsApp, orang lain mudah masuk grup tanpa persetujuan admin. Hal ini tentu menghemat waktu orang lain untuk bergabung dan menyerap informasi yang terdapat dalam grup WhatsApp tersebut.

Baca Juga:  4 Cara Download Video di YouTube, Singkat dan Mudah!

Anda juga tidak perlu menambahkan orang lain secara manual. Link grup juga membuat Anda tidak memerlukan persetujuan orang lain untuk bergabung. Orang lain bisa bergabung maupun tidak bergabung dalam grup WhatsApp sesuai keinginan.

4. Masuk Grup Lebih Mudah

Membuat dan membagikan link grup membuat orang lain lebih mudah tergabung dalam grup WhatsApp tersebut. Bahkan cara gabung grup tidak membutuhkan waktu lama. Keuntungan ini seringkali diterapkan oleh pencari kerja untuk gabung grup lowongan.

Proses rekrutmen pekerjaan juga sangat mudah jika memanfaatkan keberadaan link grup. Hal ini membuat pemilik lowongan kerja tidak perlu menyampaikan pesan berulang-ulang. Pesan juga bisa dibaca berulang sehingga informasi mudah terserap.

5. Peluang Bisnis

Cara membuat link grup WhatsApp dan membagikannya ke media tertentu juga bisa dijadikan peluang bisnis. Hal ini lantaran link tersebut bisa dijangkau banyak orang sehingga potensi bisnis mengalami traffic kenaikan sangat tinggi.

Bagi pelaku usaha, keuntungan ini tentu akan berlipat ganda. Tidak heran lagi jika banyak pengusaha memanfaatkan grup WhatsApp untuk meningkatkan personal branding.  Fitur grup WA juga bisa dijadikan sebagai media promosi produk tertentu.

6. Membuat Informasi Mudah Tersebar

Link grup yang tersebar membuat informasi yang ada di dalamnya bisa diterima oleh orang banyak. Hal ini kerap dimanfaatkan oleh ketua dalam organisasi masyarakat dalam mengkoordinasi anggotanya.

Kesimpulan

Keberadaan link juga membuat seseorang tidak perlu menyimpan kontak orang untuk menambahkan ke grup. Hal ini membuat penyimpanan ponsel tetap stabil meskipun banyak grup. Kontak WhatsApp yang banyak memang terbukti membuat hp lemot.

Cara membuat link grup WhatsApp bisa diterapkan untuk mendapatkan banyak keuntungan. Salah satu keuntungan membuat link grup WhatsApp yaitu mampu menjaring anggota dalam skala besar-besaran.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait