3 Cara Menghapus Riwayat Transaksi Dana Tanpa Ribet!

Makin Rajin

3 Cara Menghapus Riwayat Transaksi Dana Tanpa Ribet!

Bagi Anda yang tidak mau terlihat boros karena selalu transfer dan jajan lewat Dana, cara menghapus riwayat transaksi Dana mungkin menarik untuk disimak. Sekarang ini, banyak sekali orang yang gemar melakukan transaksi lewat aplikasi Dana karena ragam fiturnya yang mudah dan cepat.

Selain itu, Dana juga memiliki promo gratis transfer ke semua bank, lho. Tentu saja, hal ini membuat pengguna Dana merasa sangat terbantu berkat program tersebut. Namun, banyak transaksi ini juga membuat kita merasa boros. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui cara hapus data transaksi Dana, ini dia penjelasan lengkapnya!

3 Cara Menghapus Riwayat Transaksi Dana

Pada dasarnya, aplikasi dompet digital ini tidak memiliki cara yang pasti untuk dapat menghapus data transaksi di aplikasinya. Namun, tenang saja, masih banyak cara alternatif lain yang bisa Anda lakukan untuk menghapus data transaksi Dana. Lalu, seperti apa cara alternatif tersebut? Ini dia penjelasan lengkapnya:

1. Menyembunyikan Data Riwayat Transaksi

Meskipun pengguna DANA tidak dapat menghapus riwayat transaksi, namun ada opsi lain yang bisa Anda coba, yakni dengan menyembunyikan riwayat transaksi. Caranya, yaitu menggunakan fitur “filter” yang tersedia pada aplikasi DANA. Adapun, langkah-langkah yang mesti Anda ikuti ini adalah sebagai berikut:

  • Pertama, silakan Anda masuk atau buka ke aplikasi DANA terlebih dahulu.
  • Kemudian, di bagian bawah terdapat menu Riwayat, silakan klik pada menu tersebut.
  • Pada menu Riwayat, silakan Anda pilih opsi “Selesai” (Opsi ini berisi seluruh transaksi yang pernah Anda lakukan, baik itu transfer atau terima uang).
  • Setelah itu, pilih rentan waktu transaksi yang ingin Anda sembunyikan. 
  • Sebagai contoh, Anda bisa memilih data riwayat satu bulan terakhir. Maka, nantinya bukti transaksi yang muncul adalah bukti data transaksi selama satu bulan terakhir.
  • Selesai! Data transaksi Anda pun telah berubah menjadi data satu bulan yang lalu saja.
Baca Juga:  Cara Menghapus Video di Tiktok: 5 Langkah Mudah Tanpa Aplikasi

Lewat metode ini, setidaknya Anda bisa menyembunyikan bukti serta data transaksi yang telah Anda lakukan satu bulan sebelumnya. Mudah, bukan?

2. Mengganti Nomor Dana

Cara menghapus riwayat transaksi Dana berikutnya dengan mengganti nomor Dana itu sendiri. Langkah ini mungkin tidak secara langsung akan menghapus riwayat transaksi yang sudah ada. Namun, dapat membuat Anda memiliki akun baru dengan data transaksi yang bersih. Berikut langkah yang harus Anda ikuti:

  1. Buka aplikasi Dana di perangkat seluler.
  2. Masuk dengan akun yang sedang Anda gunakan.
  3. Buka Pengaturan Akun.
  4. Temukan dan ketuk bagian profil atau pengaturan akun.
  5. Pilih menu yang terkait dengan detail akun Anda.
  6. Pilih Ganti Nomor Telepon.
  7. Cari pilihan untuk mengganti nomor telepon dalam pengaturan akun.
  8. Ketuk pilihan tersebut untuk memulai proses penggantian.
  9. Lalu, masukkan nomor telepon baru yang ingin digunakan. Verifikasi nomor tersebut melalui SMS dengan kode verifikasi.
  10. Masukkan kode tersebut jika diminta.
  11. Selesaikan proses penggantian nomor sesuai petunjuk aplikasi.
  12. Pastikan bahwa nomor telepon telah berhasil diganti.
  13. Cek akun baru Anda, riwayat transaksi lama seharusnya tidak muncul di sini.

Selain itu, sebagai catatan penting, perhatikan saldo serta informasi detail lainnya  sebelum Anda mengganti nomor. Kemudian, baca juga petunjuk yang diberikan oleh aplikasi Dana dengan saksama.

3. Hapus dan Instal Ulang Aplikasi Dana

Menginstal ulang aplikasi Dana mungkin tidak menghapus riwayat transaksi dari akun Anda secara permanen. Sebab, data riwayat tersebut biasanya terseimpan di server dan bukan di perangkat Anda. 

Baca Juga:  3 Cara Mudah Menghapus Video di Snack Video Secara Permanen

Namun, jika Anda ingin mencoba untuk menghilangkan tampilan riwayat transaksi dari perangkat Anda dengan cara ini, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, temukan ikon aplikasi Dana di perangkat Anda.
  2. Tekan dan tahan ikon tersebut, lalu pilih opsi untuk menghapus atau uninstall aplikasi.
  3. Ikuti petunjuk di layar untuk menghapus aplikasi dari perangkat Anda.
  4. Matikan dan hidupkan kembali perangkat Anda untuk membersihkan cache dan data sementara.
  5. Buka toko aplikasi pada perangkat Anda (seperti Google Play Store atau Apple App Store).
  6. Cari aplikasi Dana dan pilih untuk menginstalnya kembali.
  7. Ikuti petunjuk di layar untuk menginstal aplikasi.
  8. Buka aplikasi Dana yang telah diinstal ulang.
  9. Masuk dengan informasi akun Anda seperti biasa.

Ingat, menginstal ulang aplikasi hanya menghapus data lokal di perangkat Anda, bukan riwayat transaksi yang disimpan di server Dana. Jadi, riwayat transaksi tetap akan tersimpan pada data server, namun tidak akan muncul di riwayat transaksi. 

Fitur Menarik di Aplikasi Dana

Setelah mengetahui cara menghapus riwayat transaksi Dana, Anda mungkin penasaran sebetulnya apa saja fitur menarik yang ada di aplikasi ini. Nah, berikut penjelasannya: 

1. Transfer Uang Antar Bank

Aplikasi ini memungkinkan penggunanya melakukan transfer antar bank dengan cepat dan mudah. Lewat dukungan dari berbagai bank terkemuka di Indonesia, Anda bisa mengirim dan menerima uang tanpa harus mengunjungi bank fisik. Jadi, hal ini ini tentu lebih efisien dan hemat waktu.

2. Pembayaran Tagihan dan Pembelian Pulsa

Fitur pembayaran tagihan dan pembelian pulsa membuat pengguna bisa membayar berbagai jenis tagihan bulanan. Dari mulai pembayaran listrik, air, internet, dan juga membeli pulsa langsung dari aplikasi. Selain itu, prosesnya cepat dan responsif, serta sering kali ada penawaran khusus yang dapat Anda manfaatkan.

Baca Juga:  2 Cara Menghapus Akun ML dengan Mudah dan Praktis (New Update)

3. Belanja di Ribuan Merchant

Tentu Anda senang karena telah mengetahui cara menghapus riwayat transaksi Dana. Nah, Anda bakal bertambah senang karena aplikasi Dana ternyata bekerja sama dengan ribuan merchant, baik online maupun offline

Jadi, pengguna dapat membayar dengan mudah melalui kode QR atau lewat pilihan pembayaran lain yang disediakan oleh pihak Dana. Hal tersebut membuat pengalaman berbelanja menjadi lebih nyaman dan modern.

4. Investasi dan Produk Keuangan

Dana juga menawarkan berbagai produk investasi dan keuangan yang bisa diakses langsung dari aplikasi. Pengguna dapat memulai investasi atau mengeksplorasi produk lain seperti asuransi yang dikemas dalam bentuk yang mudah dipahami dan diakses.

5. Keamanan Tingkat Tinggi

Keamanan adalah prioritas utama dalam aplikasi Dana. Bahkan, fitur keamanannya meliputi verifikasi OTP, fingerprint, dan berbagai enkripsi data lainnya. Ini memberi pengguna ketenangan dalam bertransaksi, karena data akan terjaga dengan baik.

6. Cashback dan Promosi

Aplikasi Dana sering menawarkan cashback dan promosi menarik. Melalui berbagai penawaran eksklusif dan diskon, pengguna dapat menghemat lebih banyak dalam bertransaksi. Tentu saja, hal ini memberikan nilai tambah yang menarik bagi pengguna untuk terlibat dalam komunitas Dana.

Sudah Paham Cara Menghapus Riwayat Transaksi Dana?

Secara keseluruhan, cara menghapus riwayat transaksi Dana tidak dapat dilakukan langsung melalui aplikasi. Sebab data transaksi biasanya tersimpan di server Dana. Metode seperti menyembunyikan riwayat, mengganti nomor Dana, atau menginstal ulang aplikasi mungkin hanya menyembunyikan riwayat dari tampilan perangkat.Jadi, untuk keperluan khusus terkait penghapusan riwayat transaksi, mungkin Anda perlu menghubungi layanan pelanggan Dana agar mendapat bantuan lebih lanjut. Anda bisa menghubungi call center Dana di 1500 445. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait