Cara Parafrase di Word Otomatis Agar Tidak Plagiat Tapi Tetap Natural

Solaeman Nur Rahman

Cara Parafrase di Word Otomatis Agar Tidak Plagiat Tapi Tetap Natural

Mengetahui cara parafrase di word akan sangat membantu dalam menyederhanakan atau menginterpretasikan suatu tulisan. Hal ini biasanya dilakukan oleh siswa maupun mahasiswa ketika melakukan tugas kuliah atau kepentingan lainnya untuk menghindari plagiarisme.

Tindakan copy paste (copas) atau menyalin tulisan secara mentah merupakan jalan pintas yang selama ini cukup banyak dilakukan oleh para pelajar maupun mahasiswa ketika mengerjakan tugas. Hal ini dilakukan dengan cara menyalin teks dari tulisan atau sumber yang dipilih secara mentah.

Kemudian mereka akan menempelkannya di halaman kosong Microsoft Word dan disusun menjadi bagian dari tugas mereka. Karena semakin banyak yang melakukan tindakan ini, guru dan dosen pun sekarang semakin ketat untuk memeriksa tugas siswanya untuk menghindari tindakan plagiat.

Fungsi Parafrasa

Fungsi Parafrasa

Parafrasa tidak termasuk plagiat karena ada unsur-unsur pemikiran atau penafsiran seseorang terhadap suatu teks atau naskah. Suatu topik mungkin sudah dibahas oleh banyak tokoh sebagai referensi ketika menulis.

Untuk itu, parafrasa perlu dilakukan ketika seseorang perlu menulis topik yang sama.Karena itu penggunaan parafrasa sebenarnya memiliki beberapa fungsi agar tidak diidentikkan dengan menjiplak hasil karya orang lain. Berikut ini adalah beberapa fungsi parafrasa

Mengungkapkan Gagasan Sesuai Pemahaman Penulis

Cara parafrase di word membantu penulis untuk mengungkapkan ide mereka dengan lebih efektif dan menarik menggunakan kata-kata sendiri. Penulis menggunakan naskah asli sebagai kerangka atau konsep untuk menyampaikan gagasannya.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Warna pada Tabel Word (Teks, Garis, dll)

Menafsirkan Makna Tersembunyi Dari Teks Asli

Parafrasa memungkinkan seseorang untuk memahami isi teks dengan lebih baik. Parafrasa dapat membantu memahami makna tersembunyi atau tersirat dari teks asli sehingga lebih mudah dipahami.

Menghilangkan Kalimat yang Tidak Perlu

Para penulis atau ilmuwan kadang menggunakan bahasa atau kata-kata yang sulit dipahami oleh pembaca. Dengan melakukan parafrasa, Kamu dapat menghilangkan kalimat-kalimat yang tidak perlu dan memilih kata-kata yang lebih sederhana.

Parafrase Sebagai Solusi Mengatasi Plagiat

Parafrase Sebagai Solusi Mengatasi Plagiat

Plagiat sebenarnya tidak serta merta selalu menyalin tulisan milik orang lain secara utuh. Pasalnya dalam tugas-tugas, ada kalanya harus menggunakan kutipan-kutipan atau pengertian dari para ahli yang tidak bisa diubah.

Untuk itu, cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan parafrase. Parafrasa itu sendiri merupakan proses membuat penggambaran atau versi baru dari suatu teks dengan mengganti kata-katanya dan menghindari penggunaan frase yang sama.

Parafrasa menggunakan kata-kata yang berbeda, tetapi mengekspresikan makna yang sama. Dengan cara ini, tulisan Kamu tidak akan terdeteksi sebagai hasil copas dari tulisan orang lain.

Cara Parafrase di Word Otomatis

Pada dasarnya Word belum menyediakan fitur yang secara spesifik dapat melakukan parafrasa secara otomatis di dalam aplikasi tersebut. Namun, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur yang dapat memudahkan Kamu ketika melakukan parafrasa.

Fitur tersebut ada di tab Review, tepatnya Thesaurus. Ketika kamu menyorot suatu kata atau kalimat, maka thesaurus tersebut akan mencari padanan kata yang memiliki makna sama. Nantinya kata-kata tersebut dapat Kamu gunakan ketika membuat parafrasa.

1. Cara Paraphrase di Word Menggunakan Thesaurus

Thesaurus adalah fitur yang disediakan di Ms Word untuk memberikan alternatif kata-kata yang memiliki makna serupa atau sinonim untuk kata yang dipilih. Hal ini dapat membantu khususnya ketika sedang melakukan parafrasa.

Baca Juga:  3 Cara Membuat Daftar Pustaka Harvard Style di Word

Jadi Kamu dapat menemukan alternatif kata-kata yang tepat dan dapat menyusun kalimat baru yang lebih bermakna atau berbeda dengan kalimat sebelumnya. Untuk melakukan parafrasa dengan thesaurus, cobalah langkah berikut.

  • Buka dokumen Ms Word yang berisi naskah atau tulisan yang akan diparafrasa
  • Pilih atau edit kata-kata yang ada dengan masuk ke tab Review
  • Pilih Thesaurus.
Pilih Thesaurus.
  • Nanti akan muncul rekomendasi sinonim yang memiliki makna serupa dengan kata yang Kamu pilih.
  • Gunakan kata-kata sinonim yang ditawarkan dari Thesaurus untuk membuat parafrasa atau teks yang berbeda dari dokumen tersebut.

Untuk melakukan parafrasa di Word, proses yang dilakukan memang masih manual. Word belum menyediakan fitur parafrasa otomatis seperti kebanyakan situs parafrasa online saat ini. Thesaurus hanya berisi rekomendasi kata-kata alternatif yang dapat digunakan untuk mengganti kata yang ada.

2. Tanpa Aplikasi

Walaupun Word belum menyediakan fitur yang mendukung untuk parafrasa, Kamu bisa menggunakan teks yang sudah Kamu simpan di Word untuk diparafrasa melalui situs online. Jadi Kamu tidak perlu mengunduh aplikasi ke laptop atau ponsel Kamu. Berikut adalah langkah caranya.

  • Buka aplikasi Ms Word dari laptop atau komputer Kamu
  • Siapkan teks yang akan diparafrasa atau ditulis ulang
  • Buka web browser di laptop dan masuk ke situs smodin.me/id
Buka web browser di laptop dan masuk ke situs smodin.me:id
  • Di tampilan awal, pilih menu Tulis Ulang atau Ulangi Teks
  • Paste atau tempel teks dari Ms Word tadi di kolom yang sudah tersedia di situs tersebut
  • Pilih kekuatan parafrasa yang paling tinggi untuk memperkecil kemungkinan terdeteksi plagiat.
  • Jika sudah pilih menu Menulis Kembali
  • Tunggu beberapa saat, maka hasilnya akan muncul.
  • Salin hasil parafrasa tadi dan tempel ke dokumen Ms Word.
  • Edit kembali hasil parafrasa tersebut agar kalimatnya menjadi lebih mudah dibaca, termasuk memilih diksi yang tepat. Hasil parafrasa dari Smodin memang kemungkinannya sangat kecil untuk terdeteksi plagiat.
Baca Juga:  Cara Membuat 2 Tabel Berdampingan di Word dan Mengaturnya

Selain Smodin, saat ini juga sudah ada banyak situs online yang dapat Kamu gunakan untuk membuat parafrasa. Bila perlu Kamu bisa mencoba parafrasa di situs-situs tersebut kemudian memilih yang hasilnya paling bagus untuk diedit kembali sehingga Kamu tidak terlalu banyak mengedit.

Bagaimana Membuat Parafrasa yang Efektif di Word

Bagaimana Membuat Parafrasa yang Efektif di Word

Ketika Kamu akan membuat parafrasa, berikut ini adalah cara parafrase di Word yang perlu diperhatikan.

Pahami Makna Teks Asli

Baca dan pahami makna sebenarnya dari teks asli yang akan diparafrasa. Ini adalah kunci agar Kamu lebih mudah membuat parafrasa yang efektif dan dapat memilih kata-kata yang tepat, sesuai dengan maksud asli dari teks.

Pilihlah Kata-kata yang Berbeda

Parafrasa identik dengan penggunaan kata-kata yang berbeda dari teks asli. Kamu bisa menggunakan sinonim katanya agar tidak sama persis dengan teks aslinya. Hal ini memastikan Kamu tidak menggunakan kata-kata yang sama.

Menggunakan Kalimat yang Berbeda

Agar lebih kreatif, sangat disarankan untuk menggunakan bahasa atau kalimatmu sendiri ketika membuat parafrasa. Jika Kamu sudah memahami makna teks tersebut dengan baik, Kamu pasti dapat dengan mudah menuliskan kembali dengan kalimat lain tetapi masih mengandung makna yang sama.

Parafrasa Mengikuti Struktur Kalimat Asli

Pastikan parafrasa yang dibuat masih sesuai dengan struktur kalimat yang asli. Hal ini bertujuan agar parafrasa tersebut tidak menganggu makna teks asli atau menghindari penyimpangan makna dari teks asli.

Parafrasa biasanya dibuat untuk membantu memahami suatu teks atau tulisan. Cara parafrase di word dapat meringankan kebingungan yang mungkin terjadi saat membaca teks asli. Melalui parafrasa, seseorang dapat mengungkapkan ide yang sama tetapi dengan kata-kata yang berbeda.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait