3 Cara Membuat Daftar Pustaka Harvard Style di Word

Solaeman Nur Rahman

Cara Memindahkan Tulisan di Buku ke Word

Ketika membuat artikel atau karya tulis lainnya menggunakan Microsoft Word terdapat bagian daftar pustaka untuk mencantumkan sumber atau referensi. Cara membuat daftar pustaka Harvard Style di Word dapat dipelajari agar dapat dibuat lebih cepat dan tepat.

Daftar pustaka dengan penulisan Harvard Style memang sering digunakan untuk berbagai keperluan. Namun, dalam proses pembuatannya perlu memperhatikan beberapa ketentuan dan juga format penulisan daftar pustaka berdasarkan sumbernya.

Memangnya, seperti apa aturan atau ketentuan dan format dalam penulisan daftar pustaka tersebut? Apa saja langkah yang harus dilakukan untuk membuat daftar pustaka berdasarkan Harvard Style di Microsoft Word?

Ketentuan Penulisan Daftar Pustaka Harvard Style

Ketentuan Penulisan Daftar Pustaka Harvard Style

Penulisan daftar pustaka berdasarkan Harvard Style di Word 2007 maupun software lainnya tetap harus mengikuti ketentuan atau aturan tertentu. Apa saja aturannya? Jika belum tahu, maka berikut ini beberapa ketentuan dasar dalam penulisan daftar pustaka Harvard Style (APA), yaitu:

  1. Sumber kutipan yang dicantumkan dalam karya tulis harus dicantumkan juga di dalam daftar pustaka dan begitu pula sebaliknya.
  2. Pembuatan daftar pustaka tidak perlu dibagi-bagi berdasarkan jenis pustaka atau sumbernya.
  3. Penulisan daftar pustaka harus ditulis menggunakan satu spasi dan berurutan. Urutan tersebut ditulis tanpa nomor berdasarkan nama akhir penulis atau organisasi pembuatnya. Jika tidak ada nama penulis, maka dapat menggunakan judul referensi dalam pengurutannya.
  4. Ketika sumber atau referensi ditulis oleh satu orang penulis, maka penulisannya harus didahulukan nama belakangnya lalu ditambah dengan singkatan nama depan dan nama tengah jika ada.
  5. Ketika beberapa sumber atau referensi ditulis oleh penulis yang sama, maka urutan penulisan daftar pustakannya dilakukan dengan mengurutkan tanggal terbitnya dari yang paling lama.
  6. Ketika satu pengarang mengeluarkan beberapa karya dalam tahun yang sama untuk sumber karya tulis yang dibuat, maka penulisan dilakukan dengan mencantumkan hurud kecil di tanggal/ tahun publikasi.
  7. Setelah nama penulis dicantumkan tanggal publikasi dari referensi atau sumber.
  8. Penulisan judul referensi dilakukan dengan format italic atau garis bawah (ketika ditulis dengan tulisan tangan).
  9. Penulisan daftar pustaka juga harus memperhatikan jenis literatur atau referensi yang menjadi sumbernya.
Baca Juga:  5 Cara Merge Cells di Word (PC & HP) Pada Tabel dengan Cepat

Format Penulisan Harvard Style untuk Daftar Pustaka

Format Penulisan Harvard Style untuk Daftar Pustaka

Daftar pustaka dari suatu karya tulis dapat diperoleh dari berbagai sumber literasi, seperti buku, jurnal, artikel, webiste, dan lain sebagainya. Penulisannya dalam daftar pustaka tentu saja memiliki beberapa perbedaan.

Di dalam cara membuat daftar pustaka Harvard Style di Word, format penulisan referensi tersebut harus diperhatikan dengan baik. Berikut ini beberapa penjelasan dan contoh format penulisan berdasarkan sumber referensi yang digunakan, yaitu:

1. Cara Penulisan Daftar Pustaka Harvard Style Sumber Buku

Buku merupakan sumber literasi paling sering digunakan dalam penulisan karya tulis. Berikut ini format penulisan daftar pustaka Harvard Stye yang menggunakan sumber referensi berupa buku, yaitu:

Nama Penulis, Inisial Tahun Terbit, Judul Buku (Edisi jika ada), Kota Tempat Diterbitkan, Penerbit.

Berikut ini beberapa contoh penulisannya di dalam daftar pustaka, yaitu:

  • Satu Penulis

Effendi, Onong Uchjana, 2001, Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung, Citra Aditya Bakti

Schwartz, L. (2014) The Cambridge Companion to Paradise Lost (Cambridge Companions to Literature),1st Edition, Cambridge University Press..

  • Dua Penulis

Nasoetion, A.H., dan Ahmad Barizi, 2000, Metode Statistika, Jakarta, PT. Gramedia.

  • Lebih dari Dua Penulis
Baca Juga:  4 Cara Membuat Turus di Word Versi 2007, 2010, 2013, 2016, 2019

Kotler, P, Adam, S, Brown, L & Armstrong, G 2003, Principles of marketing, 2nd edn, Melbourne, PearsonEducation Australia.

2. Cara Penulisan Daftar Pustaka Harvard Style Sumber Website

Website memiliki banyak sumber informasi terpercaya yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam penulisan suatu karya tulis. Bagaimana cara penulisan sumber referensi menggunakan website? Jika belum tahu, maka berikut ini format penulisannya yang benar, yaitu:

Nama Penulis, Tahun, Judul Artikel (italic), Nama Laman yang Memuat Artikel, Alamat Websit, Tanggal Mengakses Laman.

Seperti apa contoh penulisan sumber daftar pustaka yang berasal dari website? Jika belum mengetahuinya, maka berikut ini salah satu contoh penulisan daftar pustaka Harvard Style website, yaitu:

Wahid, S.H. (2022) Audit Process, Plan & Procedure. Available at: https://hukumline.com/audit-process/ (Accessed: December 12, 2022).

Panduan Komunitas (no date), Available at: https://www.tiktok.com/community-guidelines?lang=id (Accessed: December 12, 2022).

3. Cara Penulisan Daftar Pustaka Harvard Style Sumber Artikel Jurnal

Selain buku dan website, artikel jurnal juga dapat digunakan sebagai referensi karya tulis. Bagaimana cara penulisannya? Jika menggunakan sumber artikel jurnal, maka patikan untuk menulis daftar pustaka Harvard Style Jurnal menggunakan format ini, yaitu:

Nama Penulis, Tahun Publikasi, Judul Artikel (Menggunakan tKamu kutip tunggal), Nama Jurnal (Italic), Nomor Volume (Vol.), Nomor Halaman.

Seperti apa contohnya? Jika belum tahu, maka berikut ini penulisan daftar pustaka yang menggunakan sumber jurnal artikel dalam cara membuat daftar pustaka Harvard Style di Word, yaitu:

  • Satu Penulis

Maceachen, D.B. (1950) ‘Wilkie Collins and British Law’ Nineteenth-Century Fiction, 5(2), hal 121–139.

  • Dua Penulis

Insukindro dan Aliman, 1999, ‘Pemilihan dan Fungsi Empirik: Studi Kasus Perminatan Uang Kartal Riil di Indonesia’, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. 14(4), hal 49-61.

  • Jurnal Cetak

Maceachen, D.B. (1950) ‘Wilkie Collins and British Law’ Nineteenth-Century Fiction, 5(2), hal 121–139.

Baca Juga:  Cara Membuat Baris Baru di Word & Membuat Inden Otomatis

Cara Membuat Daftar Pustaka Harvard Style di Word

Microsoft Word merupakan salah satu software yang biasa digunakan untuk membuat artikel atau jurnal maupun berbagai jenis karya ilmiah lainnya. Di dalam proses pembuatannya, Kamu dapat mencantumkan daftar pustaka sebagai kumpulan referensi atau sumber penulisan.

Setelah mempelajari ketentuan dan format penulisan daftar pustaka sesuai Harvard Style, maka Kamu bisa langsung membuatnya. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan dalam cara membuat daftar pustaka Harvard Style di Word 2010 dan lainnya, yaitu:

  • Membuka dokumen karya tulis dalam format Microsoft Word yang akan ditambahkan daftar pustaka di bagian akhir.
  • Lanjutkan dengan memilih bagian “References” agar bisa memilih pilihan yang ada di “Citations & Bibliography”.
Lanjutkan dengan memilih bagian “References” agar bisa memilih pilihan yang ada di “Citations & Bibliography”.
  • Pada bagian “Style”, langsung saja pilih pilihan “Harvard”.
  • Setelah itu, pilihlah pilihan “Insert Citation” dan lanjutkan dengan memilih “Add New Source
Setelah itu, pilihlah pilihan “Insert Citation” dan lanjutkan dengan memilih “Add New Source”
  • Isi data yang diperlukan untuk membuat daftar pustaka berdasarkan jenis sumbernya “Type of Source”.
  • Misalnya, “Journal Article” data yang harus diisi berupa author, title, journal name, year, pages, volume, dan issue. Setelah itu, pilih pilihan “Ok” untuk membuat daftar pustaka yang diinginkan.

Terdapat beragam Type of Source yang dapat dipilih dalam pembuatan daftar pustaka Harvard Style di Word. Pilihlah berdasarkan sumber yang memang diperoleh untuk membuat karya tulis tersebut.

Misalnya, book, book section, journal article, article in a periodical, conference proceesings, report, website, document from websote, electronic source, art, performance, sound recording, interview, patent, film, case, dan micellaneous.

Cara membuat daftar pustaka Harvard Style di Word dapat dilakukan dengan memanfaatkan bagian “Citations & Bibliography” dalam “References”. Penulisan daftar pustaka tersebut untuk karya tulis harus memperhatikan ketentuan atau aturan tertentu dengan tepat.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait