Contoh Lowongan Pekerjaan Yang Menarik Dan Lengkap

Solaeman Nur Rahman

Contoh Lowongan Pekerjaan

AKURATNEWS – Dalam membuat lowongan pekerjaan, ada banyak hal yang harus diperhatikan, dimana kalian bisa melihat Contoh Lowongan Pekerjaan pada ulasan yang ada dibawah ini. Dengan mengikuti contoh tersebut, kalian bisa membuat lowongan pekerjaan yang efektif dan juga menarik. Sehingga akan menarik kandidat yang memenuhi syarat dan sesuai dengan keinginan perusahaan terkait.

Seperti yang kalian tahu, tidak sedikit perusahaan yang sangat membutuhkan contoh lowongan pekerjaan atau disebut dengan Loker. Dimana untuk melakukan pemasangan iklan lowongan kerja merupakan cara terbaik agar bisa mendapatkan kandidat atau calon karyawan yang sesuai. Pembuatan iklan lowongan kerja tentunya berfungsi sebagai pemberitahuan kepada masyarakat bahwa perusahaan tersebut membutuhkan karyawan baru.

Dimana karyawan tersebut harus sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan pada iklan lowongan kerja. Maka dari itu, untuk membuat lowongan pekerjaan tidak boleh asal-asalan. Nah, bagi kalian atau perusahaan lain yang membutuhkan karyawan baru dengan spesifikasi yang diinginkan. Penting sekali untuk mengetahui cara membuat lowongan pekerjaan yang menarik. Kita akan bahas lebih detailnya dibawah ini.

Cara Membuat Lowongan Pekerjaan yang Menarik

Cara Membuat Lowongan Pekerjaan yang Menarik

Membuat iklan lowongan pekerjaan yang menarik sangat penting untuk dapat menarik kandidat yang berkualitas. Untuk itu, berikut merupakan beberapa cara untuk membuat lowongan pekerjaan yang menarik dan disukai para kandidat :

1. Judul yang Jelas dan Ringkas

Yang pertama yaitu dalam membuat lowongan kerja harus membuat judul yang jelas dan ringkas. Dimana dalam pembuatannya harus mudah dimengerti oleh pembacanya. Hindari judul yang tidak jelas yang dapat membingungkan calon pelamar.

2. Pendahuluan yang Menarik

Mulailah menuliskan kata pengantar yang menarik tentang perusahaan tersebut. Tuliskan dengan jelas tujuan pembuatan dari lowongan pekerjaan ini.

3. Uraian Pekerjaan Terperinci

Jelaskan tanggung jawab dan persyaratan lowongan pekerjaan secara rinci. Jangan lupa sertakan juga informasi tentang tugas-tugas utama, kualifikasi, dan keterampilan atau sertifikasi yang diperlukan. Hal ini memastikan bahwa kandidat memiliki pemahaman yang jelas tentang posisi pekerjaan yang dibutuhkan.

Baca Juga:  Perusahaan Logistik Dukung Mobilitas Masyarakat dan Pertumbuhan Ekonomi

4. Budaya dan Nilai Perusahaan

Selain ketiga hal tersebut, kalian juga harus menuliskan secara singkat budaya, nilai, dan lingkungan kerja pada perusahaan terkait. Kandidat sering kali tertarik dengan suasana perusahaannya, yang akan membuat kandidat merasa nyaman ketika bekerja.

5. Manfaat dan Keuntungan

Sebutkan manfaat apa pun, seperti jam kerja yang fleksibel, opsi kerja jarak jauh, peluang pengembangan profesional, atau tunjangan tambahan. Ini dapat membuat tawaran pekerjaan menjadi lebih menarik bagi kandidat potensial.

6. Gunakan Daftar Berpoin

Susun persyaratan dan kualifikasi pekerjaan ke dalam daftar berpoin agar lebih mudah dibaca dan dipahami. Format ini memungkinkan calon pelamar untuk menilai dengan cepat apakah mereka memenuhi kriteria yang diperlukan.

7. Sertakan Informasi Kontak

Berikan informasi kontak yang jelas bagi pelamar untuk menghubungi jika ada pertanyaan atau untuk mengirimkan lamarannya. Sertakan juga alamat email atau nomor telepon dimana calon pelamar bisa mengirimkan resumenya atau meminta informasi lebih lanjut.

8. Koreksi dan Edit

Sebelum menerbitkan lowongan pekerjaan, ada baiknya jika kalian membaca ulang dan edit secara menyeluruh untuk memastikan tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa. Posting lowongan pekerjaan tersebut dengan baik dan bebas kesalahan akan mencerminkan secara positif perusahaan terkait.

9. Gunakan Desain yang Menarik

Pertimbangkan untuk menggunakan tata letak desain yang menarik dalam membuat lowongan pekerjaan. Dimana kalian bisa menggunaan font, warna, dan gambar yang menarik secara visual yang mencerminkan perusahaan tersebut.

Dengan mengikuti tips ini, kalian bisa membuat lowongan pekerjaan yang tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga secara efektif menginformasi hal penting yang dibutuhkan oleh calon pelamar.

Beberapa Contoh Lowongan Pekerjaan

Beberapa Contoh Lowongan Pekerjaan

Setelah kalian mengetahui cara dalam pembuatan lowongan pekerjaan, namun masih bingung dalam membuatnya. Tenang saja kalian tidak perlu khawatir, dimana kita akan memberikan beberapa contoh lowongan pekerjaan. Dengan contoh tersebut dapat memudahkan kalian dalam membuatnya. Berikut ini beberapa contohnya :

1. Contoh Lowongan Kerja yang Menarik

Posisi pekerjaan: Junior Accountant

Informasi tentang perusahaan:

PT CashFlow Indonesia

Kami adalah perusahaan startup dengan misi untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat melalui teknologi investasi yang paling optimal. Platform CashFlow Indonesia mudah digunakan dan kami membantu Anda berinvestasi secara cerdas. Kami percaya bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk berinvestasi dengan cara yang benar untuk mencapai masa depan yang lebih baik. Kini saatnya Anda bergabung dengan kami dalam perjalanan kami untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia!

Baca Juga:  Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Langsung di Terima HRD

Deskripsi pekerjaan:

  • Pembukuan perusahaan (profit and loss, balance sheet) dan anak buahnya.
  • Membuat laporan dan pelaporan perpajakan (rekapitulasi pajak, PPn, PPh, dll).
  • Akan ada perjalanan dinas minimal 1 tahun 1x.
  • Berkoordinasi dengan user dan bidang marketing untuk menjalankan tugas harian.

Syarat kandidat yang dicari:

  • Minimal lulusan S1 di bidang akuntansi/keuangan/perbankan, dll.
  • Memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang akuntansi.
  • Jujur, teliti, dan mampu berkomunikasi/bekerja sama dalam tim.
  • Diutamakan kandidat yang berumur di bawah 30 tahun.
  • Bersedia bekerja dibawah tekanan dan bersedia bekerja dengan sistem SHIFT, termasuk weekend.
  • Menguasai perpajakan dan bisa mengoperasikan Microsoft Excel dengan berbagai rumusan.
  • Gaji akan disesuaikan dengan pengalaman kerja kandidat.

Tunjangan yang diberi:

  • Asuransi BPJS.
  • Jujur, teliti, dan mampu berkomunikasi/bekerja sama dalam tim.
  • Gaji pokok 5-6 juta (Gaji pokok belum termasuk gaji lembur).

Lokai bekerja

Tower Brawijaya II
Jl. Bijaksana 25, Surabaya, Indonesia
WFO 

Instruksi melamar

Mohon mengirimkan CV, ijazah, sertifikat, dan dokumen lainnya melalui website CakeResume, selambat-lambatnya pada tanggal 30 Juni 2023.

2. Contoh Lowongan Kerja yang Baik dan Benar

Posisi pekerjaan: Visual Graphic Designer

Informasi tentang perusahaan:

PT Media Digitalmu Indonesia

Bergerak di bidang Media Digital dan telah bekerja sama lebih dari 500,000 klien di Indonesia, Malaysia, Hongkong, dan Singapura. Merupakan perusahaan cabang dari Singapura yang berdiri sejak tahun 2008. Hingga kini, telah ada 60 kantor cabang di seluruh Indonesia. 

Deskripsi pekerjaan:

  • Mendesain halaman website, brosur, majalah, konten promosi, konten media sosial, dan laporan tahunan iklan sesuai instruksi user dan klien.
  • Memadukan seni visual dan bahasa dalam sebuah desain untuk menyampaikan pesan tertentu.
  • Menyampaikan pesan secara unik dan kreatif.
  • Membuat draft untuk dipresentasikan kepada klien dan membuat revisi berdasarkan feedback yang diterima.

Syarat kandidat yang dicari:

  • Minimal lulusan S1 Jurusan Animasi, Desain Grafis, DKV, dan bidang setara lainnya.
  • Memiliki skill komunikasi dan kreativitas, serta dapat mempresentasikan hasil dengan baik kepada user maupun klien.
  • Terlatih untuk mendesain menggunakan aplikasi Adobe Photoshop/Adobe Illustrator.
  • Memiliki manajemen waktu yang baik dan mampu bekerja sama dalam tim.
  • Mampu bekerja dibawah tekanan dan deadline.
Baca Juga:  6 Langkah Mudah Cara Daftar NPWP Online dan Persyaratannya

Tunjangan yang diberi:

  • Asuransi BPJS
  • Gaji pokok 7,5 juta (Belum termasuk gaji lembur)
  • Happy hour (2x dalam sebulan)
  • Incentive Trip (1x dalam setahun)

Lokasi bekerja:

Office The Cover, Pluit Utara No. 23, Jakarta Utara (WFO)

Instruksi melamar:

Silakan mengirimkan CV, ijazah, portofolio desain dan dokumen pendukung lainnya ke website www.mediadigitalmu/careers. Aplikasi ditujukan kepada ibu HRD Wati.

Tips Agar Terhindar dari Lowongan Pekerjaan Palsu

Tips Agar Terhindar dari Lowongan Pekerjaan Palsu

Dalam mencari pekerjaan tentu bukanlah hal yang mudah dan kalian akan mengalami proses yang menantang. Terutama ketika kalian dihadapkan dengan iklan lowongan kerja palsu. Hal tersebut bisa menyebabkan kerugian finansial dan juga akan membuang-buang waktu kalian nantinya. Nah, untuk membantu kalian mengenali iklan lowongan kerja palsu, simak baik-baik beberapa tips yang ada dibawah ini sebagai berikut :

  1. Yang pertama yaitu kalian harus cermat dalam mencari sumber informasi. Dimana kalian harus memastikan lowongan pekerjaan tersebut terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.
  2. Selanjutnya yaitu sebelum mengirimkan surat lamaran kerja, ada baiknya jika kalian memeriksa reputasi perusahaan tersebut. Kalian bisa mencarinya secara online apakah perusahaan tersebut memiliki ulasan yang positif. Jika menemukan laporan negatif, sebaiknya kalian hindari lowongan tersebut.
  3. Penting untuk kalian tahu, perusahaan yang membuat lowongan pekerjaan yang sah tidak akan meminta biaya untuk mangajukan lamaran kerja. Jika kalian diminta untuk membayarnya sebelum diterima kerja, ada kemungkinan lowongan pekerjaan tersebut palsu.
  4. Perhatikan deskripsi pekerjaan yang terlalu menjanjikan. Dimana jika pada lowongan pekerjaan tersebut terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, sebaiknya kalian waspada dan tidak perlu mengirimkan lamaran pekerjaan.
  5. Komunikasi yang tidak profesional, seperti surat ataupun email yang tidak rapih dalam ejaannya, kemungkinan lowongan pekerjaan tersebut palsu dan harus kalian tinggalkan.

Penutup

Demikian saja penjelasan mengenai contoh lowongan pekerjaan yang bisa kita jelaskan pada artikel ini. Dengan mengikuti beberapa cara dan tips diatas, tentu dapat memudahkan kalian dalam membuat lowongan kerja dan terhindar dari iklan lowongan pekerjaan palsu. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan membantu kalian dalam membuat lowongan pekerjaan. Terimakasih dan sampai jumpa!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait