Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Langsung di Terima HRD

Solaeman Nur Rahman

Contoh Surat Lamaran Kerja

AKURATNEWS – Ketika ingin melamar pekerjaan tentu aja ada berkas-berkas yang perlu disiapkan. Mungkin salah satunya ialah surat lamaran kerja. Selain itu juga kalian harus menyiapkan CV atau riwayat hidup dan lain sebagainya. Namun ketika melamar kerja banyak sekali surat lamaran yang sering kali terlupakan oleh para pelamar. Oleh karena itu, dibawah ini kita akan memberikan Contoh Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar.

Kehadiran surat lamaran kerja merupakan hal yang sangat penting dan bisa saja menjadi peluang yang besar untuk kelolosan kalian nantinya. Surat lamaran ini nantinya bisa memberikan kesan pertama yang baik dan mampu bertahan lama di pihak HRD. Dalam isi surat lamaran kalian nanti, bisa diisi dengan identitas, berbagai maccam keterampilan yang kalian miliki, bisa juga menuliskan keahlian, dan yang lainnya.

Namun sebelum membuat surat lamaran, alangkah baiknya kalian untuk menyiapkan berbagai macam berkas yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berkas-berkas ini nantinya merupakan bukti pendukung dari apa yang kalian tulis pada surat lamaran tersebut. biasanya lampiran berkas yang ada pada surat lamaran kerja seperti, cv, fc ijazah, fc transkip nilai, sertifikat, pas poto, dan lain sebagainya.

Bagaimana Format Penulisan Surat Lamaran Kerja?

Bagaimana Format Penulisan Surat Lamaran Kerja?

Sebelum kalian menulis surat lamaran kerja, alangkah baiknya kalian perhatikan format penulisannya terlebih dahulu. Supaya nanti ketika menulis surat lamaran kerja kalian tidak melakukan kesalahan. Karena ini termasuk salah satu suraat resmi, maka format penulisannya pun memili bahasa yang baku.

Format tersebut dilakukan agar surat lamaran kerja mudah dipahami oleh penerima atau HRD. Berikut ini kami akan membagikan format penulisan lamaran kerja berdasarkan dengan urutannya yang baik dan benar.

Tanggal dan tempat penulisan surat

Pada bagian atas surat lamaran kerja kalian perlu menuliskan tanggal dan tempat penulisan surat tersebut dibuat hal ini sering kali dilupakan oleh para calon pekerja. Tujuan dari penulisan tanggal tersebut agar rekruiter tahu domisili tempat tinggalmu, sehingga bisa mempertimbangkan kalian diterima atau tidak.

Baca Juga:  Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Untuk Berbagai Keperluan

Tujuan surat, serta nama dan alamat perusahaan yang kalian lamar

Selanjutnya surat lamaran kerja harus menuliskan tujuan dibuatnya surat tersebut untuk apa. Sertakan nama dan alamat perusahaan yang kalian akan lamar. Disini kalian hanya perlu menuliskan perihal tujuan surat ini dibuat. Lalu jangan lupa  tuliskan ‘Yth’, kemudian kalian langsung saja tulis nama dan alamat perusahaan.

Salam pembuka dan kata pengantar

Berikutnya yang harus kalian lakukan yaitu menuliskan salam pembuka dan jelaskan secara singkat dari mana kalian mendapatkan informasi lowongan pekerjaan itu. Penjelasannya tidak perlu panjang-panjang, singkat namun dapat dimengerti oleh pihak pembacanya.

Data diri

Selanjutnya kalian juga harus menuliskan data diri, namun diisni kalian tidak perlu menuliskannya terlalu lengkap. Kalian hanya cukup sebutkan nama, tempat tanggal lahir kalian, lalu alamat, nomor telepon, email, dan pendidikan terakhir kalian apa di bagian ini. 

Pengalaman kerja dan keahlian

Setelah menuliskan data diri, kalian hanya perlu menuliskan secara singkat namun padat mengenai pengalaman kerja dan keahlian yang kalian miliki. Hal ini akan menjadi perhatian khusus bagi rekruiter atau pihak hrd yang menangani calon pekerja. Oleh sebab itu, jangan sampai kalian salah menuliskan pengalamannya itu ya.

Penutup

Dan yang terakhir yaitu bagian penutup. Sebagai penutup yang harus kalian tulis yaitu harapanmu mengenai surat lamaran kerja ini apa. Jangan lupa kalian tuliskan salam dan sertakan juga tanda tangan kalian dibawah.

Itu dia beberapa penulisan yang perlu kalian perhatikan ketika menulis surat lamaran pekerjaan. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kalian dapat membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Apa Saja Informasi yang Tidak Perlu Ditulis dalam Surat Lamaran Kerja?

Apa Saja Informasi yang Tidak Perlu Ditulis dalam Surat Lamaran Kerja?

Ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui mengenai apa saja yang tidak perlu dituliskan dalam surat lamaran kerja. Disini kami akan membagikan beberapa infoemasi mengenai sesuatu yang tidak perlu dituliskan dalam lamaran kerja. Berikut ini beberapa informasi yang tidak perlu dituliskan dalam surat lamaran kerja yaitu sebagai berikut:

  1. Keahlian umum: Disini kalian tidak perlu menyebutkan keahlian umum yang sedemikian rupa seperti kemampuan Microsoft Word, Excel, dan lain-lain. Sebab, informasi yang satu ini biasanya dituliskan dalam portofolio bukan surat lamaran kerja.
  2. Hobi: Hal ini juga tidak perlu dituliskan dalam surat lamaran kerja. Sebab biasanya HRD atau yang merekrut akan menanyakan hal tersebut dalam sesi wawancara kerja.
  3. Riwayat pendidikan: Klaian juga tidak perlu menulis riwayat pendidikan dari jenjang TK hingga pendidikan terakhir. Disini kalian hanya cukup tuliskan pendidikan formal terakhir yang berhasil ditamatkan.
  4. Pengalaman kerja: Perlu kalian ingat untuk tidak menulis pengalaman kerja di surat lamaran kerja. Terlebih lagi apabila pengalaman kerja kalian yang terlalu singkat. Misalnya kalian bekerja di sebuah perusahaan hanya dalam satu bulan tentu saja hal ini tidak perlu ditulis dalam surat lamaran kerja. Karena hal ini akan membuat HRD atau calon atasan meragukan kemampuan kalian.
  5. SARA: Hal ini harus diperhatikan baik-baik. Kalian harus hindari menulis informasi yang berbau SARA di surat lamaran kerja karena itu akan mempengaruhi kesan pertama kalian. Maka dari itu kalian harus berhati-hati dalam pemilihan kata.
Baca Juga:  Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Yang Baik Sopan dan Santun

Tips dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja

Setelah mengetahui semua penjelasan diatas terkait dalam pembuatan surat lamaran kerja, dibawah ini kami akan membagikan contoh surat lamaran kerja berdasarkan kriteria. Kalian tinggal ikuti saja contoh tersebut, sehingga kalian tidak akan bingung ketika ingin membuat surat lamaran pekerjaan. Contoh surat lamaran kerja yang akan kami bagikan yaitu sebagai berikut:

1. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Nah kali ini kami akan membagikan contoh surat lamaran kerja bagi mahasiswa yang baru lulus atau fresh graduate. Berikut ini contohnya.

Hal : lamaran kerja

Kepada Yth.
HRD Manager PT Jaya Mulya
Jl. Kosambi No. 78, Bandung

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan dari media sosial lowongan.kerja.bdg pada 5 Mei 2023, dengan ini saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan sebagai analias data di PT Maju Mundur. Saya wanita, 24 tahun, lulusan S1 Akuntasi, Universitas Bakti, tahun 2019 dengan IPK 3,70. Berikut ini data pribadi saya:

Nama                                      : Putri Sekar
Tempat/Tanggal Lahir          : Bandung, 20 Mei 1999
Pendidikan Terakhir             : S1 Akuntasi 
Alamat                                     : jalan kencana No.2, Bandung
Telepon (HP)                           : 089123564200
Status                                      : sekarputri@gmail.com

Baca Juga:  Apa itu Trading Forex, Cara Kerja dan Kelebihannya Terlengkap

Saya merupakan pribadi yang supel dan mudah bergaul. Saya juga aktif dalam berorganisasi, memiliki keahlian menganalis data.saya juga mampu bekerja secara mandiri maupun dalam tim.

Berikut dokumen yang perlu diperlukan sebagai bahan pertimbangan bpk/ibu:

  1. Daftar Riwayat Hidup (CV)
  2. Salinan ijazah S1 dilegalisir
  3. Salinan transkrip nilai
  4. Salinan sertifikat kursus dan pelatihan
  5. Pas foto terbaru 3×6
  6. Salinan SKCK

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya kepada Bapak/Ibu untuk diberi kesempatan wawancara. Atas perhatian Bpk/Ibu, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Putri Sekar

2. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Bekasi, 16 Juni 2023

Perihal: Lamaran Kerja

Yth.

HRD Manager PT Jaya Maju Sentosa

Jl. Bougenvile No. 8, Bekasi

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan untuk posisi pemasaran yang saya dapatkan di surat kabar Harian Pos edisi 5 Juni 2023, dengan ini saya bermaksud melamar pekerjaan sebagai Staff IT di PT Jaya Maju Sentosa.

Adapun data diri saya adalah sebagai berikut:

Nama : Risyad Rinaldi

Jenis kelamin : Laki-laki

Tempat/tgl lahir : Sleman, 11 Juli 1992

Alamat : Jl. Padjajaran No. 3, Karawang Barat

Pendidikan : S1 Sistem Komputer, Universitas Singaperbangsa Karawang

Telepon/HP : 081342572221

Saya memiliki pengalaman sebagai Staff IT selama kurang lebih 3 tahun, saya juga memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang fasih, dan bisa bekerja secara mandiri maupun tim.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan kelengkapan data diri sebagai berikut:

  1. Curriculum Vitae
  2. Foto ukuran 3 x 4
  3. Fotokopi KTP
  4. Daftar Riwayat Hidup
  5. Fotokopi Ijazah terakhir
  6. Fotokopi SKCK
  7. Fotokopi surat pengalaman kerja
  8. Sertifikat

Besar harapan saya untuk dipanggil wawancara sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci mengenai potensi dan kemampuan yang dimiliki.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya. Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Risyad Rinaldi

Penutup

Demikian penjelasan mengenai Contoh Surat Lamaran Kerja yang bisa kami bagikan kepada kalian semua. Semoga adanya ulasan ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Apalagi bagi yang ingin melamar pekerjaan semoga penjelasan di atas bisa membantu kalian dalam membuat surat lamaran pekerjaan. Terimakasih dan semoga berhasil!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait