Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Yang Baik Sopan dan Santun

Solaeman Nur Rahman

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

AKURATNEWS – Kali ini kami akan memberikan Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja, agar kalian tidak bingung ketika ingin membuatnya. Yang mana surat izin tidak masuk kerja dibuat untuk kelengkapan yang wajib ada apabila kalian tidak bisa masuk kerja. Dimana dengan adanya surat izin ini dapat memudahkan kalian ketika berhalangan kerja.

Namun format dan pembuatan dari surat ini memiliki berbagai macam aturan yang harus kalian ikuti sesuai dengan ketentuan. Maka dari itu kalian tidak bisa sembarangan membuat surat izin tidak masuk kerja dengan seenaknya. Agar kalian tidak bingung dalam pembuatannya, dibawah ini kami akan membahasnya secara lengkap mengenai contoh surat izin tidak masuk kerja.

Apa Itu Surat Izin Tidak Masuk Kerja?

Apa Itu Surat Izin Tidak Masuk Kerja?

Setiap perusahaan atau tempat kerja tentunya memiliki peraturan atau kebijakannya sendiri-sendiri. Mulai dari peraturan tertulis sampai yang tidak tertulis. Terlebih lagi apabila kalian bekerja di perusahaan yang bisa dibilang besar. Pastinya sudah ada ketentuan atau peraturan yang wajib kalian ikuti.

Salah satu aturan tersebut yaitu perihal perizinan untuk bekerja. Ketika bekerja pastinya ada saatnya kalian membutuhkan izin untuk keperluana apapun itu. Baik itu alasan sakit, acara keluarga, atau yang lainnya. Nah untuk memenuhi itu semua kalian harus memiliki surat izin tidak masuk kerja.

Karena tidak ada perusahaan yang mengizinkan karyawannya untuk izin tanpa adanya surat izin tersebut. Disini kalian harus menuliskan alasannya sejelas mungkin jangan bohong atau mengada-ngada karena atasan akan mengetahuinya. Pada umumnya perusahan sudah memiliki format untuk surat izinnya sendiri-sendiri. Tinggal kalian sebagai pegawai atau karyawannya untuk mengikuti ketentuan tersebut.

Informasi yang Harus Dicantumkan Dalam Pembuatan Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Informasi yang Harus Dicantumkan Dalam Pembuatan Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Namun ada beberapa informasi penting yang tidak boleh sampai dilewatkan ketika menulis surat izin tidak masuk kerja. Informasi-informasi inilah yang nantinya perusahaan akan mengetahui alasan kalian tidak masuk kerja itu karena apa.

Baca Juga:  Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Langsung di Terima HRD

Perlu kalian ketahui hal yang menjadi pembeda antara surat cuti dan surat izin ini yaitu durasi dari waktu yang diperlukan. Pada umumnya, di setiap perusahaan cuti memiliki jangka dan rentang waktu yang lama. Seperti cuti melahirkan yang membutuhkan waktu sekitar 3/4 bulan lamanya.

Namun untuk surat izin yang dibuat untuk keperluan mendesak dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama. Seperti satu sampai tujuh hari kerja saja yang dapat dimohonkan oleh perusahaan. Seperti yang sudah kami singgung di atas. Bahwa surat izin tidak masuk kerja nantinya ditujukan dan dikirim kepada HRD di perusahaan kalian masing-masing nantinya.

Untuk lebih lengkapnya silahkan kalian ikuti artikel ini dari awal sampai akhir. Penjelasan lebih detailnya yaitu sebagai berikut:

Mengikuti Format

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa beberapa perusahaan sudah memiliki formatnya sendiri-sendiri untuk permohonan surat izin tidak masuk kerja ini. Namun juga masih banyak perusahaan yang belum memiliki format penulisan atau yang lainnya sendiri

Jika memang perusahaan tersebut memiliki format silahkan kalian ikuti format yang sudah ada. Sebelumnya kalian pastikan untuk tidak mengganti dan mengubah format tersebut dan menyampaikan informasi yang seharusnya dengan jelas dan lugas.

Identitas Karyawan

Informasi yang satu ini wajib kalian sertakan dalam penulisan surat izin tidak masuk kerja. Karena hal tersebut merupakan identitas kalian sehingga HRD mengetahui siapa yang mengajukan izin tersebut. Apablia tidak ada informasi yang satu ini, maka pihak hrd tidak mengetahui siapa yang mengajukan izin tersebut.

Lalu apabila tidak mengetahui siapa pemohon dari surat izin tersebut, sehingga phak perusahaan tidak akan memberikan izin kepada kalian. Itulah mengapa sangat penting memasukkan identitas diri kedalam surat izin tidak masuk kerja.

Alasan Izin

Informasi lainnya yang tidak kalah penting dengan identitas diri yaitu alasan keapa kalian mengajukan surat permohonan izin tidak masuk bekerja. Dimana alasan tersebut nantinya menjadi alasan mengapa kalian membuat surat permohonan izin ini.

Dalam hal ini pastikan kalian menuliskannya dengan lengkap. Supaya pihak perusahaan dapat mengetahui alasan mendesak apa yang membuat kalian itu mengajukan surat izin kerja. Karena tidak ssemua alasan dapat disetujui oleh pihak perusahaan. Dengan begitu kalian harus membuat alasan dengan masuk akal dan diperlukan untuk mendapat persetujuan.

Baca Juga:  Unggul dalam Industri Rental Mobil, TRAC Terus Berinovasi Lewat Aplikasi TRACtoGo

Alasan-alasan yang sering digunakna ketika izin kerja biasanya seperti sakit, urusan keperluan mendesak, keluarga, dan lain sebagainya. Apabila alasan yang kalian berikan kurang mendesak, kemungkinan pihak hrd akan sulit untuk mempertimbangkannya.

Tanggal Izin

Selanjutnya ialah kalian harus menuliskan tanggal dan hari yang akan kalian gunakan untuk izin dengan baik. Pastikan kalian tidak salah dalam menuliskan tanggal karena akan berpengaruh sangat fatal kepada reputasi kalian.

Durasi waktu izin

Selain itu pastikan kalian juga menuliskan durasi waktu yang ingin kalian gunakan itu mulai dari tanggal berapa sampai berapa. Seperti contoh ketika kalian membutuhkan waktu izin 2 hari, bisa tulis mulai tanggal 4-5 Juni tidak bisa masuk kerja.

Ucapan termakasih

Dan yang terakhir ialah tidak boleh lupa untuk mengucapkan terimakasih kepada pihak hrd atas surat permohonan izin yang diajukan tersebut.

Berbagai Macam Alasan Tidak Masuk Kerja

Berbagai Macam Alasan Tidak Masuk Kerja

Terdapat berbagai macam alasan yang bisa digunakan ketika orang-orang melakukan permohonan izin tidak masuk kerja. Sebelum itu kami ingatkan untuk kalian selalu cek penulisan surat tersebut sesuai dengan komponen atau format yang ada. Ini dia beberapa alasan yang biasa digunakan oleh orang-orang yaitu sebagai berikut:

1. Sakit

Alasan yang satu ini kerap kali dijadikan sebagai alasan untuk permohonan surat izin tidak masuk kerja. Dengan tubuh yang kurang sehat mengharuskan seseorang untuk mengambil waktu istirahat secukupnya. Maka dari itu dengan kondisi tubuh yang tidak baik maka individu tersebut harus mengambil izin tidak masuk kerja agar tubuhnya sehat kembali.

2. Keperluan keluarga

Selain alasan sakit itu, alasan keluarga ini menjadi yang paling sering juga dicantumkan dalam alasan untuk izin tidak masuk kerja. Alasan keluarga tersebut biasanya bisa berupa pernikahan saudara, ada anggota keluarga yang meninggal atau keluarga terdekat sedang sakit.

3. Mengikuti Seminar Tertentu 

Nah, ini dia salah satu alasan izin tidak masuk kerja yang kerap kali dimaklumi oleh hrd yaitu mengikuti seminar. Terutama seminar yang berada diluar kota biasanya harus mengajukan surat izin tidak masuk kerja. Dan alasan ini juga termasuk masuk akal untuk meningkatkan keahlian atau kemampuan karyawan itu sendiri.

4. Menstruasi

Bagi wanita pastinya sudah hapal dengan sakitnya ketika menstruasi. Karena sakit yang diderita itu sangat tidak logis. Sehingga mau tidak mau harus mengajukan permohonan surat izin tidak masuk kerja.

Baca Juga:  Akhir Tahun Beli Mobil Bekas di mobil88 Bisa Raih Banyak Untung

Beberapa Contoh Penulisan Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh surat izin tidak bisa masuk kerja. Dimana kalian bisa mengikuti contoh ini sebagai patokan atau referensi ketika ingin membuatnya.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Sakit

Surabaya, 15 Maret 2023

Kepada Yth,
HRD PT. Maju Terus
Jl. Pahlawan No. 27

Dengan Hormat,

Saya Sekar Arum dari departemen Pemasaran ingin mengajukan surat permohonan izin tidak masuk kerja selama 5 hari. Dari tanggal 15 Maret 2023 – 20 Maret 2023, dikarenakan sakit DBD dan harus menjalankan rawat inap. Dimana pada tanggal tersebut saya tidak bisa hadir ke perusahaan untuk bekerja selama masa pemulihan yang harus saya jalani ini.

Demikian surat permohonan izin tidak masuk kerja ini saya buat. Saya juga telah melampirkan surat keterangan sakit dan surat rawat inap dari dokter sebagai kelengkapan surat permohonan izin ini.

Atas waktu dan perhatiannya, saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak/ibu HRD beserta jajarannya.

Hormat Saya,

Sekar Arum

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Urusan Keluarga

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karena Urusan Keluarga

Yogyakarta, 20 Juni 2023

Kepada Yth,

Bapak/Ibu HRD PT. Bunga Harum

Jl. Kamboja No. 17

Dengan Hormat,

Saya pegawai yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama              : Rizki Ramadhan

Alamat            : Sleman, No. 22

Divisi               : Pemasaran

Mengajukan surat permohonan izin tidak masuk kerja ini dikarenakan istri saya kecelakaan. Dengan begitu saya harus pulang mengurus istri saya dalam beberapa hari kedepan. Maka dari itu saya mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja selama 5 hari dari tanggal 20 Juni 2023 sampai 25 Juni 2023.

Demikian surat permohonan izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya, saya berharap atas pengertian Ibu/Bapak sekalian untuk menyetujui permohonan ini. Atas waktu dan perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Rizki Ramadhan

Penutup

Itulah pembahasan artikel ini mengenai contoh surat izin tidak masuk kerja yang bisa kami bagikan kepada kalian semua. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat bermanfaat dan bisa dipahami. Selain itu juga ulasan ini bisa menjadi patokan bagi kalian yang sedang mencari contoh surat izin tidak masuk kerja. Terimakasih!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait