Standar Ukuran Foto Dalam (Mm, Cm, Inchi, PIxel) dan Aplikasi Edit Foto Terbaik

Solaeman Nur Rahman

AKURATNEWS – Mengambil foto menjadi salah satu hal yang paling sering dilakukan seseorang untuk mengabadikan suatu momen. Tentu, dengan adanya foto kita bisa tahu kejadian-kejadian indah yang takkan pernah terlupakan. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang gemnar memotret dan mencetak foto untuk dimasukan ke dalam album kenangan.

Tentu, di dalam mencetak foto ada beragam jenis ukuran yang wajib Anda ketahui bahkan di setiap ukurannya memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Berikut ini ada ulasan singkat mengenai jenis ukuran foto hingga aplikasi edit ukuran foto terbaik yang bisa Anda coba!

Mengenal Daftar Ukuran Foto

Bagi Anda yang ingin mencetak foto, berikut ini ada beberapa ukuran foto yang paling banyak digunakan orang, di antaranya adalah:

1. Ukuran paspor

Ukuran foto ini umumnya digunakan untuk foto identitas seperti paspor, visa, dan kartu identitas. Ukurannya pun cukup kecil dengan ukuran 35mm x 45mm.

2. Ukuran cetak 4R

Ukuran ini sering digunakan untuk mencetak foto biasa atau foto keluarga bahkan Anda juga menambahkan figura yang cantik dan memajangnya di ruang tamu, kamar dan lain sebagainya. Untuk ukuran foto ini adalah 4 inch x 6 inch (102mm x 152mm).

Baca Juga:  Standar Ukuran Kartu Nama di Pixel, Word, Photoshop, Corel, & Pixellab

3. Ukuran cetak 5R

Ukuran foto ini umumnya digunakan untuk mencetak foto dengan ukuran sedikit lebih besar dari 4R. Bahkan Anda juga bisa menjadikannya hiasan dinding dan untuk ukuran foto ini adalah 5 inch x 7 inch (127mm x 178mm).

4. Ukuran cetak 8R

Ukuran foto ini umumnya digunakan untuk mencetak foto potret atau foto dengan ukuran besar lainnya. Ukuran Foto 8R ini memiliki ukuran 8 inch x 10 inch (203mm x 254mm).

5. Ukuran cetak A3

Ukuran foto ini lebih besar dari ukuran foto A4 dan sering digunakan untuk mencetak poster atau gambar dengan ukuran yang lebih besar yakni memiliki ukuran 11.7 inch x 16.5 inch (297mm x 420mm).

Tips Mudah Mengatur Ukuran Foto Cepat

Mengatur ukuran foto adalah hal yang penting untuk memastikan foto terlihat baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini beberapa tips untuk mengatur ukuran foto secara lengkap:

1. Tentukan tujuan foto

Pertama, tentukan tujuan Anda untuk menggunakan foto tersebut. Apakah Anda ingin mencetaknya, membagikannya di media sosial, atau menggunakan foto dalam desain web? Tujuan ini akan membantu Anda menentukan ukuran yang tepat untuk foto Anda.

2. Periksa persyaratan

Jika Anda ingin mencetak foto atau menggunakannya dalam proyek khusus, periksalah persyaratan yang diberikan. Setiap jenis cetakan atau platform online mungkin memiliki persyaratan spesifik terkait ukuran foto. Pastikan Anda memahami persyaratan ini sebelum mengatur ukuran foto.

3. Pilih unit ukuran

Anda dapat menggunakan unit ukuran seperti piksel, inci, atau milimeter tergantung pada preferensi Anda dan persyaratan proyek. Jika Anda menggunakan piksel, pastikan Anda mengetahui resolusi yang diinginkan (misalnya, 300 piksel per inci untuk pencetakan berkualitas tinggi).

4. Sesuaikan aspek rasio

Aspek rasio adalah perbandingan antara lebar dan tinggi foto. Pilih aspek rasio yang sesuai dengan tujuan Anda. Misalnya, aspek rasio 4:3 umum digunakan untuk cetakan foto biasa, sementara aspek rasio 16:9 lebih umum digunakan untuk tampilan layar lebar seperti presentasi atau tayangan slide.

Baca Juga:  Standar Ukuran Foto 3R Dalam Mm, CM, Inchi, Pixel Dan Tips Mengeditnya

5. Gunakan perangkat lunak pengolah gambar

Anda dapat menggunakan perangkat lunak pengolah gambar seperti Adobe Photoshop, GIMP, atau Canva untuk mengatur ukuran foto. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk memasukkan ukuran yang diinginkan dan menyesuaikan foto sesuai kebutuhan Anda.

6. Simpan salinan asli

Selalu disarankan untuk menyimpan salinan foto asli dalam ukuran yang lebih besar atau tanpa perubahan. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah menghasilkan ukuran yang berbeda sesuai kebutuhan tanpa mengorbankan kualitas foto asli.

7. Uji coba dan pratinjau

Setelah mengatur ukuran foto, periksa pratinjau atau lihat hasilnya pada berbagai perangkat atau media untuk memastikan tampilan yang sesuai. Beberapa perangkat atau platform mungkin menampilkan foto dengan cara yang berbeda, jadi pastikan tampilan tetap optimal.

Daftar Aplikasi Edit Ukuran Foto Terbaik

Berikut adalah beberapa aplikasi edit foto terbaik yang populer dan banyak digunakan:

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah salah satu perangkat lunak pengeditan foto paling populer dan kuat yang digunakan oleh fotografer profesional dan desainer. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur canggih untuk mengedit dan memanipulasi foto dengan tingkat detail yang tinggi.

2. Lightroom

Lightroom, juga dikembangkan oleh Adobe, adalah aplikasi pengeditan foto yang dirancang khusus untuk fotografer. Ini memungkinkan pengguna untuk mengatur, mengedit, dan meningkatkan foto dengan mudah. Lightroom juga memiliki fitur manajemen galeri yang kuat.

3. Snapseed

Snapseed adalah aplikasi edit foto yang populer yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini menawarkan berbagai alat pengeditan yang kuat dan intuitif, termasuk penyesuaian warna, pemotongan, filter, dan efek khusus.

Baca Juga:  Ukuran Reels Instagram dan Ukuran Postingan Instagram Lainnya

4. VSCO

VSCO adalah aplikasi edit foto yang populer di kalangan fotografer dan pengguna media sosial. Aplikasi ini menawarkan filter dan preset berkualitas tinggi, serta alat pengeditan lanjutan seperti penyesuaian warna, kecerahan, kontras, dan lainnya.

5. Adobe Lightroom Mobile

Adobe Lightroom Mobile adalah versi seluler dari Adobe Lightroom yang memungkinkan pengguna untuk mengedit foto dengan cepat dan mudah di perangkat seluler mereka. Ini menyediakan berbagai alat pengeditan dan filter yang serupa dengan versi desktopnya.

6. Pixlr

Pixlr adalah aplikasi edit foto online yang menawarkan berbagai alat pengeditan dan efek yang kuat. Ini memungkinkan pengguna untuk mengedit foto dengan mudah dan menyimpannya dalam berbagai format.

7. Canva

Canva adalah aplikasi desain grafis yang juga menyediakan fitur pengeditan foto. Selain alat pengeditan dasar, Canva juga menyediakan berbagai template dan elemen desain yang dapat digunakan untuk membuat desain yang menarik.

8. Afterlight

Afterlight adalah aplikasi edit foto yang populer dengan antarmuka yang intuitif. Ini menawarkan berbagai filter, tekstur, dan alat pengeditan untuk meningkatkan tampilan foto.

9. PicsArt

PicsArt adalah aplikasi edit foto yang populer dan komprehensif. Ini tidak hanya menyediakan alat pengeditan foto, tetapi juga menyertakan fitur kolase, menggambar, dan mengedit video.

Semua aplikasi ini menawarkan berbagai fitur pengeditan foto yang berbeda dan dapat digunakan untuk menghasilkan hasil yang mengesankan. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keahlian Anda dalam pengeditan foto.

Namun, penting untuk dicatat bahwa ukuran foto dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan dan preferensi individu. Selain itu, dalam era digital, ukuran foto sering diukur dalam piksel (pixel) daripada dalam dimensi fisik seperti inci atau milimeter. Demikianlah ulasan tentang mengenal ukuran foto dan daftar aplikasi edit foto terbaik yang bisa Anda coba gunakan untuk mempercantik foto dan menyelaraskan ukurannya!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait