Standar Ukuran Kertas Dalam Mm, Cm, Inchi, Pixel Dan Tips Mengeditnya

Solaeman Nur Rahman

AKURATNEWS – Penggunaan kertas adalah bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu untuk keperluan pribadi, bisnis, atau pun pendidikan, pemahaman tentang ukuran kertas sangatlah penting. Bahkan setiap kertas memiliki ukuran dan kegunaan tersendiri. Bagi Pendidikan pasti memiliki beberapa kriteria dalam pengaturan ukuran kertas.

Bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang ukuran kertas secara umum. Berikut ini ada ulasan singkat mengenai ukuran kertas dan tips mengedit kertas dengan mudah melalui komputer maupun laptop Anda yang bisa menjadi tambahan referensi pengetahuan Anda!

Mengenal Jenis Ukuran Kertas

Setiap kertas memiliki ukuran tersendiri. Berikut ini ada ulasan singkat mengenai jenis ukuran kertas yang bisa menambah referensi Anda, di antaranya sebagai berikut:

1. Ukuran Kertas Standar Internasional

Ukuran kertas yang paling umum digunakan secara internasional adalah seri A, B, dan C. Seri A adalah yang paling populer dan sering digunakan dalam dokumen dan percetakan. Ukuran kertas A0 memiliki luas 1 meter persegi, dan setiap ukuran A berikutnya dibagi dua menjadi A1, A2, A3, dan seterusnya. Ukuran kertas A4 adalah yang paling umum digunakan untuk dokumen seperti surat, laporan, dan dokumen bisnis.

2. Ukuran Kertas di Amerika Utara

Di Amerika Utara, ukuran kertas yang paling umum digunakan adalah Letter dan Legal. Ukuran Letter adalah 8,5 x 11 inci, sedangkan ukuran Legal sedikit lebih panjangdengan 8,5 x 14 inci. Ukuran kertas ini sering digunakan dalam sistem pendidikan, surat-surat resmi, dan dokumen hukum.

Baca Juga:  Standar Ukuran Kertas A4 Dalam Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel Lengkap

3. Ukuran Kertas di Beberapa Negara Asia

Di negara-negara Asia seperti Jepang dan Indonesia, ukuran kertas yang umum digunakan adalah seri B. Ukuran B0 adalah ukuran yang paling besar dengan luas 1 meter persegi. Setiap ukuran B berikutnya dibagi dua, seperti halnya seri A. Di Jepang, ukuran kertas yang sering digunakan adalah B5 untuk buku dan B4 untuk dokumen bisnis.

4. Ukuran Kertas khusus dan Non-standar

Selain ukuran kertas standar yang telah disebutkan di atas, ada juga ukuran kertas khusus dan non-standar yang digunakan untuk keperluan tertentu. Misalnya, ukuran kertas kuarto (Folio) yang umum digunakan di beberapa negara, seperti di Indonesia dengan ukuran 8,5 x 13,5 inci. Selain itu, ada juga ukuran kertas poster seperti A0+, A1+, dan A2+ yang lebih besar dari ukuran A0.

5. Penggunaan Ukuran Kertas dalam Industri Percetakan

Industri percetakan memainkan peran penting dalam menghasilkan berbagai macam karya cetak. Penggunaan ukuran kertas yang tepat adalah kunci dalam proses percetakan. Ukuran kertas yang lebih besar seperti A0 atau ukuran poster digunakan untuk mencetak poster, spanduk, dan peta. Sementara itu, ukuran kertas yang lebih kecil seperti A4 digunakan untuk mencetak buku, brosur, dan pamflet.

Pengaruh Perbedaan Ukuran Kertas dalam Perdagangan Internasional

Perbedaan ukuran kertas di berbagai negara dapat mempengaruhi perdagangan internasional. Misalnya, jika sebuah perusahaan ingin mencetak brosur untuk pasar global, mereka harus mempertimbangkan perbedaan ukuran kertas dan melakukan penyesuaian yang diperlukan agar dapat memenuhi permintaan pasar yang berbeda.

Dalam era digital saat ini, penggunaan kertas mungkin tidak sebanyak dulu. Namun, ukuran kertas masih memiliki peran penting dalam pencetakan dokumen dan gambar. Dalam teknologi digital, ukuran kertas sering digunakan untuk mengatur tata letak dan dimensi dokumen yang akan dicetak.

Baca Juga:  Ukuran Reels Instagram dan Ukuran Postingan Instagram Lainnya

Langkah Mudah Atur Kertas di PC

Mengatur ukuran kertas di komputer melibatkan pengaturan dalam program atau aplikasi yang Anda gunakan. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengatur ukuran kertas di komputer maupun Laptop Anda, yakni:

1. Microsoft Word

Berikut ini langkah-langkah untuk mengatur ukuran kertas dengan menggunakan Microsof Word, yakni:

  •    Langkah pertama, buka dokumen Word yang ingin Anda atur ukuran kertasnya.
  •   Kemudian, pergi ke tab “Layout” di menu atas.
  •   Klik tombol “Ukuran Kertas” di grup “Halaman”.
  •   Lalu, pilih ukuran kertas yang diinginkan dari daftar opsi yang tersedia, seperti “A4”, “Letter”, atau ukuran kertas kustom.
  •   Setelah Anda memilih ukuran kertas, dokumen Anda akan secara otomatis mengubah ukurannya.

2. Microsoft Excel

Berikut ini langkah-langkah untuk mengatur ukuran kertas dengan menggunakan Microsoft Excel, di antaranya sebagai berikut:

  •    – Langkah pertama, buka lembar kerja Excel yang ingin Anda atur ukuran kertasnya.
  •    – Pergi ke tab “Halaman Layout” di menu atas.
  •    – Kemudian, klik tombol “Ukuran Kertas” di grup “Skala Keamanan”.
  •    – Selanjutnya, Anda bisa memilih ukuran kertas yang diinginkan dari daftar opsi yang tersedia.
  •    – Lalu, klik “OK” untuk mengonfirmasi perubahan ukuran kertas.

3. Adobe Photoshop

Berikut ini langkah-langkah untuk mengatur ukuran kertas dengan menggunakan Adobe Photoshop, di antaranya:

  •    – Langkah pertama, buka file gambar yang ingin Anda atur ukuran kertasnya.
  •    – Pergi ke menu “Image” di bagian atas layar.
  •    – Setelah itu, silahkan pilih opsi “Canvas Size” atau “Image Size”, tergantung pada versi Photoshop yang Anda gunakan.
  •    – Kemudian, di jendela yang muncul, ubah ukuran kanvas atau gambar sesuai dengan ukuran kertas yang diinginkan.
  •    – Klik “OK” untuk menerapkan perubahan ukuran.
Baca Juga:  Standar Ukuran Foto 3R Dalam Mm, CM, Inchi, Pixel Dan Tips Mengeditnya

4. Adobe Illustrator

Berikut ini langkah-langkah untuk mengatur ukuran kertas dengan menggunakan Adobe Illustrator, di antaranya adalah:

  •    – Langkah pertama, buka file desain yang ingin Anda atur ukuran kertasnya.
  •    – Kemudian, Anda klik dan pergi ke menu “File” di bagian atas layar.
  •    – Pilih opsi “Document Setup” atau “Artboard Options”.
  •    – Lalu, di bagian jendela yang muncul, ubah ukuran kertas atau artboard sesuai dengan preferensi Anda.
  •    – Klik “OK” untuk menyimpan perubahan ukuran.

5. Google Docs

Berikut ini langkah-langkah untuk mengatur ukuran kertas dengan menggunakan Google Docs, yaitu:

  •    – Langkah pertama buka dokumen Google Docs yang ingin Anda atur ukuran kertasnya.
  •    – Kemuidan, Anda bisa langsung klik dan pergi ke menu “File” di bagian atas layar.
  •    – Lalu, pilih opsi “Page Setup” yang ada pada menu.
  •    – Di jendela yang muncul, pilih ukuran kertas yang diinginkan dari daftar opsi yang tersedia.
  •    – Setelah itu, Anda langsung klik “OK” untuk mengonfirmasi perubahan ukuran kertas.

Penting untuk diingat bahwa langkah-langkah di atas hanya contoh umum. Setiap program atau aplikasi dapat memiliki pengaturan ukuran kertas yang sedikit berbeda. Pastikan untuk merujuk ke dokumentasi atau panduan pengguna spesifik program yang Anda gunakan untuk mengatur ukuran kertas dengan tepat.

Ukuran kertas memainkan peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Pemahaman tentang ukuran kertas yang umum digunakan di berbagai negara sangatlah penting untuk menghindari kebingungan dan kesalahan dalam percetakan dan komunikasi bisnis. Dengan memahami berbagai ukuran kertas yang umum digunakan, kita dapat lebih efektif dalam mengelola dan menggunakan kertas sesuai dengan kebutuhan kita.

Demikianlah ulasan singkat mengenai jenis ukuran kertas dan tips mengatur ukuran kertas melalui PC ataupun komputer dengan mudah yang bisa Anda coba!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait