Ukuran Reels Instagram dan Ukuran Postingan Instagram Lainnya

Solaeman Nur Rahman

Ukuran Reels Instagram

AKURATNEWS – Berapa ukuran Reels Instagram yang harus kalian tahu agar tampilan konten video tidak terpotong ? Menjadi salah satu aplikasi sosial media yang memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak. Membuat aplikasi ini digemari oleh warganet karena mendapatkan banyak hiburan.

Tersedia banyak fitur canggih yang akan kalian temukan dalam aplikasinya yang membuat kalian tidak pernah bosan. Ada tayangan IG tv yang bisa kalian lihat, tersedia live streaming, feed, story, reels dan masih banyak lagi. Tentu saja akan ada tampilan video dan postingan terpopuler.

Dengan menggunakan ukuran reels yang sesuai maka hasilnya jangan ditanya dong. Sudah pasti bagus bisa menarik pengguna lain Instagram dan akhirnya mereka mulai mengikuti akun kalian. Salah satu menarik pengguna lain untuk mengikuti akun kalian adalah membuat konten menarik salah satunya Reels.

Tentang Reels Instagram yang Harus Kalian Tahu

Tentang Reels Instagram yang Harus Kalian Tahu

Instagram merupakan sebuah aplikasi sosial media yang telah didownload lebih dari 1M pengguna diseluruh dunia. Dalam aplikasi tersebut kalian akan menemukan banyak fitur canggih dan menarik. Seperti fitur feed, story, IG TV, live streaming dan lain sebagainya. Reels menjadi salah satu fitur baru yang bisa kalian gunakan dalam aplikasi tersebut.

Reels Instagram bisa kalian gunakan untuk mengupload konten video dengan durasi lebih panjang. Fitur ini memungkinkan kalian untuk melakukan berbagai editing video langsung didalam konten tersebut. Kalian bisa menambahkan teks, foto, memotong video atau membuatnya menjadi template.

Tentu saja fitur ini harus kalian manfaatkan dengan baik agar video yang kalian buat dilihat banyak pengguna Instagram lainnya. Untuk itu kalian perlu mengetahui cara membuat reels yang menarik dan keren dengan mudah. Beserta informasi ukuran reels Instagram yang baik agar video tidak terpotong.

Baca Juga:  Standar Ukuran Foto 3R Dalam Mm, CM, Inchi, Pixel Dan Tips Mengeditnya

Ukuran Reels Instagram

Ukuran Reels Instagram

Pada kemunculan awal fitur reels Instagram sudah banyak diminati oleh pengguna aplikasi tersebut. Dimana kalian dapat menuangkan kreativitas kalian dalam video yang telah kalian buat. Ada tools editing yang telah disediakan untuk memudahkan pengguna membuat berbagai video keren dan sinematik. Berikut hal yang perlu kalian perhatikan untuk ukuran reels Instagram :

Ukuran Rasio

Salah satu ukuran video reels yang baik dalam aplikasi Instagram harus menggunakan ukuran rasio yang tepat. Ukuran rasio menjadi patokan besar kecilnya video yang kalian buat dalam fitur reels. Untuk ukuran rasio yang baik minimum 600 x 1067 piksel dan maksimum 1080 x 1920 piksel. Jadi gunakan rasio 9;16 pada video yang akan kalian unggah.

Dengan kualitas resolusi hingga 1080p membuat tampilan video lebih jernih dan tidak pecah. Perhatikan juga ukuran file pada reels yang akan kalian upload ada batas maksimum yaitu 4 GB. Hal penting seperti ini harus kalian ingat dalam pembuatan reels sebagai pengetahuan dasar.

Durasi Reels Instagram

Waktu penayangan reels Instagram memiliki durasi mulai dari 60 detik hingga 90 detik batas maksimal. Durasi awal hadirnya fitur reels Instagram hanya sekitar 60 detik saja. Namun kini kalian sudah bisa menyesuaikan waktu penayangan video reels sesuai kebutuhan.

15 detik menjadi durasi terpendek dalam pembuatan reels. Untuk mengembangkan kreativitas kalian dalam pembuatan video bisa menggunakan durasi maksimal yaitu 90 detik. Dalam pembuatan reels kalian bisa menambahkan audio dari musik yang telah disediakan.

Ada banyak daftar musik yang bisa kalian gunakan dan ada juga yang langsung satu paket dengan template. Fitur ini memudahkan kalian membuat video tanpa perlu mengedit waktu/durasi yang pas agar sesuai dengan audio nya.

Baca Juga:  Standar Ukuran Foto Dalam (Mm, Cm, Inchi, PIxel) dan Aplikasi Edit Foto Terbaik

Format/Jenis File

Dalam pembuatan video reels Instagram kalian membutuhkan format yang sesuai dengan ketentuan aplikasi tersebut. Karena reels sendiri sebenarnya tidak bisa mendukung semua format video. Hanya mendukung pada jenis format mp4 dan MOV sedangkan format lainnya tidak didukung.

Ketentuan lainnya dalam sebuah video reels Instagram frame ret dimana penyesuaiannya harus 30 fps. Jika frame ret pada video yang kalian unggah akan di kompresi secara otomatis menjadi 30 fps. Hal ini sudah menjadi ketentuan dari aplikasi Instagram.

Jadi dalam pembuatan reels Instagram kalian harus memuat format file dengan resolusi yang tinggi. Lalu ketentuan rasio dan penyesuaian durasi reels juga sangat penting untuk menghasilkan reels yang berkualitas dan keren. Kalian bisa sesuaikan pembuatan reels dari data diatas.

Ukuran Postingan Instagram Lainnya

Ukuran Postingan Instagram Lainnya

Sudah tahu kan bahwa aplikasi seperti Instagram selalu memberikan update rutin pada setiap fitur didalamnya. Semua fitur yang hadir dalam aplikasi tersebut sangat menunjang kegiatan pengguna untuk selalu up to date. Kalian bisa membagikan postingan berupa foto ataupun video.

Lalu ada fitur story yang bisa kalian gunakan dalam aplikasi ini. Dan beberapa fitur lainnya juga bisa kalian dapatkan dalam satu aplikasi seperti live streaming dan IG TV. Untuk fitur terbaru dalam aplikasi Instagram adalah @thread menjadi salah satu fitur yang hampir mirip dengan fungsi twitter.

Ukuran postingan Instagram lainnya juga bisa kalian simak pada ulasan disini agar setiap upload status apapun tetap terlihat keren.

Ukuran Foto di Feed Instagram

Selain ada postingan reels dalam Instagram kalian juga bisa posting foto dalam aplikasinya. Untuk mendapatkan hasil postingan foto yang baik dalam Instagram kalian juga harus memperhatikan ukuran foto tersebut. Dari mulai rasio hingga format foto yang didukung.

Agar foto terlihat baik pada postingan kalian harus menggunakan aspek rasio 1:1 setara ukuran 1080 x1080 piksel. Atau kalian bisa juga menggunakan rasio 4:5 pada konten foto yang kalian upload. Tips yang perlu kalian perhatikan adalah kualitas foto harus memiliki resolusi tinggi.

Baca Juga:  Standar Ukuran Banner X Standar Persegi Panjang dan Tips Membuatnya

Ukuran Story Instagram

Untuk mendapatkan tampilan story yang baik kalian juga perlu memperhatikan rasio file nya. Jika kalian upload foto story pada Instagram dengan rasio aspek 9:16 dan untuk resolusi 1080 x 1920 piksel. Format yang didukung untuk video di story mp4 dan MOV sedangkan untuk foto JPG dan PNG.

Durasi dari story yang kalian buat maksimal harus memakan waktu 15 detik. Jika waktu pada video yang kalian upload pada story lebih dari itu. Maka akan terpotong secara otomatis dan dibagi menjadi beberapa bagian klip per 15 detik untuk setiap klip nya. Jadi hasil story yang telah kalian buat lebih keren dan menarik.

Ukuran Feed Video Instagram

Bukan hanya foto namun dalam postingan video yang kalian buat dalam Instagram perlu memperhatikan beberapa tips. Perhatikan ukuran rasio yang kalian gunakan pada Instagram tersedia rasio aspek 1:1 dan 4:5. Untuk resolusi yang didukung adalah 1080p x 1080p dan rasio terendah dengan 600p x600p.

Maksimal durasi video yang akan kalian upload 60 detik tidak lebih dari itu untuk mendapatkan postingan video yang cinematic. Sedangkan untuk format file yang didukung untuk video sendiri adalah mp4 dan MOV.

Sebelum kalian posting foto ataupun video pada aplikasi Instagram silahkan untuk mengingat ukuran feed Instagram tersebut. Baik dari ukuran reels Instagram, ukuran foto, ukuran video hingga story pun harus diperhatikan. Agar postingan yang kalian buat lebih menarik pengguna lainnya.

Dari ulasan diatas bisa menjadi patokan dalam penentuan ukuran reels Instagram dan fitur lainnya. Semoga informasi kali ini bermanfaat dan terima kasih.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait