Standar Ukuran Kertas A4 Dalam Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel Lengkap

Solaeman Nur Rahman

AKURATNEWS – Kertas menjadi salah satu bagian terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan beragam sektor pun membutuhkan kertas. Ada beragam ukuran kertas yang tersedia, namun setiap ukuran yang ada memiliki kegunaan masing-masing.

Salah satu kertas yang paling banyak digunakan adalah kertas yang memiliki ukuran A4. Kertas ukuran A4 ini menjadi bagian terpenting dari beberapa sektor, seperti sektor Pendidikan, ekonomi, politik hingga percetakan.

Bagi Anda yang ingin mencetak dokumen dengan ukuran kertas A4. Berikut ini ulasan singkat mengenai ukuran kertas A4 dan tata cara mengatur ukuran kertas di Komputer dengan mudah dan cepat yang bisa menambah referensi bagi Anda!

Mengenal Ukuran Kertas A4

Ukuran kertas A4 adalah salah satu standar ukuran kertas yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai ukuran kertas A4. Dimensi ukuran kertas A4 memiliki dimensi standar sebesar 210 x 297 milimeter (mm). Ini berarti bahwa lebarnya adalah 210 mm dan tingginya adalah 297 mm. Sementara itu, untuk perbandingan aspek kertas A4 adalah 1:√2, yang berarti bahwa jika Anda membagi panjang kertas dengan lebarnya, hasilnya akan mendekati angka √2 (sekitar 1,4142).

Selanjutnya, untuk luas ukuran kertas A4 dapat dihitung dengan mengalikan panjang dengan lebar. Jadi, luas kertas A4 adalah 210 mm x 297 mm = 62.370 mm². Dalam satuan meter persegi (m²), luasnya adalah sekitar 0,06237 m².

Kertas A4 sangat umum digunakan dalam berbagai keperluan sehari-hari seperti penulisan surat, dokumen kantor, cetakan dokumen, cetakan foto, dan banyak lagi. Kertas ini sering digunakan dalam printer, fotokopi, dan mesin faks. Sementara itu, kertas A4 adalah standar internasional yang diadopsi oleh Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO) dengan nomor standar ISO 216. Standar ini pertama kali diperkenalkan di Jerman pada tahun 1922 dan sejak itu menjadi salah satu ukuran kertas yang paling populer di dunia.

Baca Juga:  Standar Ukuran Kertas Dalam Mm, Cm, Inchi, Pixel Dan Tips Mengeditnya

Kertas A4 merupakan bagian dari seri skala A, di mana ukuran kertas diatur dalam urutan numerik, mulai dari A0 sebagai ukuran terbesar, A1, A2, A3, dan seterusnya. Setiap ukuran A memiliki perbandingan aspek yang sama yaitu 1:√2. Kertas A4 dapat dengan mudah dikonversi ke ukuran kertas lain dalam seri A dengan cara melipat atau memotong dengan perbandingan aspek yang tetap. Misalnya, jika Anda melipat kertas A4 dua kali, Anda akan mendapatkan kertas A6 dengan ukuran setengahnya.

Itulah penjelasan lengkap tentang ukuran kertas A4. Kertas ini populer karena ukurannya yang serbaguna dan standar internasional yang digunakan di banyak negara. Untuk mengatur ukuran kertas di komputer, terutama saat menggunakan program pengolah kata seperti Microsoft Word, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Tips Mengatur Ukuran Kertas A4 Melalui PC

Untuk mengatur ukuran kertas A4 pada komputer, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut, tergantung pada perangkat lunak yang Anda gunakan:

1. Microsoft Word

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatur ukuran kertas A4, Anda bisa langsung membuka Ms. Word. Berikut ini tata cara mudahnya, yakni:

  •    – Langkah pertama, silahkan buka dokumen yang ingin Anda ubah ukuran kertasnya.
  •    – Kemudian, klik tab “Layout” di menu pita di bagian atas layar.
  •    – Pada grup “Ukuran”, klik panah kecil di sudut kanan bawah kotak “Ukuran”.
  •    – Pilih opsi “Lebih Banyak Ukuran Kertas”.
  •    – Dalam dialog “Ukuran Kertas”, pilih “A4” dari daftar ukuran yang tersedia.
  •    – Klik “OK” untuk menerapkan perubahan ukuran kertas.
Baca Juga:  Standar Ukuran Foto 5R Dalam Satuan Mm, Cm. Inchi, Dan Pixel

2. Microsoft Excel

Selanjutnya, bukan hanya bisa mengatur di Ms.Word. Tetapi, Anda juga bisa mengatur ukuran kertas A4 melalui Microsoft Excel, berikut ini langkah – langkah mudahnya yang bisa Anda terapkan, di antaranya sebagai berikut:

  •    – Pertama – tama, Anda buka lembar kerja yang ingin Anda ubah ukuran kertasnya di Ms. Excel yang ada di Laptop Anda.
  •    – Klik tab “Page Layout” di menu pita di bagian atas layar.
  •    – Klik tombol “Size” di grup “Page Setup”.
  •    – Dalam dialog “Page Setup”, pilih tab “Paper”.
  •    – Pilih opsi kertas ukuran “A4” dari daftar ukuran kertas yang tersedia.
  •    – Klik “OK” untuk menerapkan perubahan ukuran kertas.

3. Adobe Acrobat

Anda juga bisa mengatur ukuran kertas A4, melalui aplikasi Adobe Acrobat. Berikut ini ulasan singkat untuk mengatur ukuran di Adobe Acrobat yang bisa Anda jadikan sebagai acuan, yakni:

  •    – Langkah awal, silahkan Anda membuka dokumen PDF yang ingin Anda ubah ukuran kertasnya menjadi ukuran kertas A4.
  •    – Kemudian, Anda bisa langsung mengklik menu “Tools” di bagian atas layar.
  •    – Di panel kanan, cari opsi “Print Production” dan klik panah kecil di sebelahnya.
  •    – Pilih “Set Page Boxes” dari submenu yang muncul.
  •    – Dalam dialog “Set Page Boxes”, pilih “Edit” pada opsi “Page Size”.
  •    – Dalam opsi “Page Size”, pilih “A4” dari daftar ukuran kertas yang tersedia.
  •    – Klik “OK” untuk menerapkan perubahan ukuran kertas.

Pastikan Anda menyimpan perubahan yang Anda buat setelah mengatur ukuran kertas A4. Perhatikan bahwa langkah-langkah ini mungkin berbeda jika Anda menggunakan versi perangkat lunak yang berbeda atau aplikasi lainnya. Selain itu, dalam beberapa program pengolah kata, Anda juga dapat mengatur ukuran kertas secara terpisah untuk setiap halaman atau bagian tertentu dalam dokumen. Anda dapat menggunakan opsi “Page Setup” (Atur Halaman) atau serupa untuk mengatur ukuran kertas secara khusus.

Baca Juga:  Standar Ukuran Banner X Standar Persegi Panjang dan Tips Membuatnya

Pastikan juga untuk memeriksa pengaturan ukuran kertas di printer Anda. Jika pengaturan ukuran kertas di komputer tidak sesuai dengan pengaturan di printer, hasil cetakan mungkin tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Kegunaan Kertas A4

Kertas A4 adalah salah satu ukuran standar untuk kertas yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Kegunaan kertas A4 sangat luas dan mencakup berbagai bidang. Berikut adalah beberapa kegunaan umum kertas A4:

1. Fotokopi dan fax

Kertas A4 juga merupakan ukuran standar yang umum digunakan untuk fotokopi dan fax. Hampir semua mesin fotokopi dan mesin fax dirancang untuk menggunakan kertas A4 sebagai ukuran standar.

2. Desain grafis dan seni

Bagi para desainer grafis dan seniman, kertas A4 dapat digunakan sebagai media untuk menggambar, mewarnai, dan menciptakan karya seni. Kertas ini sering digunakan untuk membuat sketsa, ilustrasi, lukisan, dan desain grafis.

3. Presentasi dan poster

Kertas A4 dapat digunakan sebagai bahan untuk mencetak presentasi atau poster kecil yang digunakan dalam pertemuan, seminar, atau pameran. Meskipun ukurannya relatif kecil, dengan tata letak dan desain yang tepat, kertas A4 masih dapat memberikan tampilan yang profesional.

Selain kegunaan-kegunaan tersebut, kertas A4 juga memiliki kegunaan yang lebih spesifik tergantung pada kebutuhan individu dan industri. Terkadang, kertas A4 juga digunakan untuk membuat origami atau karya kerajinan tangan lainnya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai penjelasan ukuran kertas A4 dan tata cara mengatur ukuran kertas menjadi A4 dengan mudah melalui Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Adobe Acrobat yang bisa menjadi referensi tambahan Anda!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait