3 Cara Download Reels di Instagram, Super Gampang!

Makin Rajin

3 Cara Download Reels di Instagram, Super Gampang!

Anda tentu sudah mengetahui bahwa tidak ada opsi cara download Reels di Instagram secara langsung, bukan? Padahal saat ada video Reels yang menarik, Anda pasti ingin mengunduhnya. 

Instagram sendiri merupakan situs jejaring sosial dengan jumlah pengguna terbanyak. Sehingga tidak heran jika mudah sekali menemukan unggahan lucu, unik, menarik, serta edukatif di sana. Nah, ternyata ada beberapa cara murah agar Anda dapat mengunduh konten-konten tersebut. Cari tahu di sini!

3 Cara Download Reels di Instagram

Setidaknya ada 3 cara mengunduh Reels yang bisa Anda terapkan. Berikut penjabarannya:

1. Download Reels Lewat IG Story

Cara mudah pertama untuk bisa mengunduh Reels di Instagram sebagai koleksi pribadi adalah dengan membagikannya ke Instagram story Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke akun Instagram yang Anda miliki.
  2. Klik menu ‘cari’ untuk menemukan akun Instagram seseorang yang Anda ketahui suka membuat Reels menarik. Bisa juga klik ‘jelajahi’ jika Anda ingin menemukan lebih banyak Reels unik secara acak.
  3. Bagikan unggahan tersebut ke Instagram story Anda dari ikon segitiga runcing, di samping kolom komentar.
  4. Setelah berhasil dibagikan, klik menu ‘kisah’ atau ‘story’ pada profil Anda.
  5. Pada tampilan Instagram story di sudut kanan atas, Anda akan menemukan ikon panah atau ‘unduh’. Klik tombol tersebut, otomatis Reels akan terunduh di perangkat.
Baca Juga:  YouTube Premium Mod Apk Unlock Premium No Ads Terbaru 2023

Cara unduh Reels di Instagram ini merupakan teknik paling mudah karena tidak perlu menggunakan bantuan situs maupun aplikasi pihak ketiga. Sayangnya, Reels yang terunggah tidak bisa utuh. Sebatas cuplikan durasi 15 – 30 detik, tergantung kebijakan dari akun yang Anda miliki.

2. Download Reels Lewat Website

Jika ingin mengunduh konten Reels secara lengkap, Anda bisa mencoba download melalui situs yang menyediakan layanan pengunduhan konten Instagram. Ada beberapa website populer untuk kebutuhan tersebut, antara lain:

  • SnapInsta.
  • SaveFrom.
  • Igdownloader.
  • Instavideosave.
  • Inflact dan masih banyak lagi.

Meskipun situs-situs cara download Reels di Instagram tersebut berbeda, namun sebenarnya langkah pengunduhannya kurang lebih sama, seperti:

  1. Pilih video Reels yang mau Anda suka.
  2. Temukan tanda titik tiga yang ada di pojok kanan atas, kemudian klik.
  3. Pilih opsi ‘salin tautan’ dari menu yang tersedia.
  4. Buka salah satu website download konten IG di atas, kemudian klik kolom URL.
  5. Salin link URL sebelumnya di kolom yang tersedia, kemudian klik ‘download’.
  6. Ada banyak pilihan resolusi konten, mulai dari resolusi kecil sampai HD. Anda bisa pilih sesuai kebutuhan.

3. Download Reels Lewat Aplikasi

Cara berikutnya hanya bisa Anda lakukan melalui ponsel pintar karena menggunakan bantuan aplikasi. Sebenarnya, Anda juga bisa mengunduhnya di laptop maupun komputer, namun terlebih dahulu harus memasang simulator Android. Rumit, bukan?

Ada beberapa aplikasi khusus ponsel pintar yang bisa Anda gunakan sebagai solusi download Reels di Instagram, yaitu:

  • Video Downloader for Instagram.
  • InstaSave.
  • QuickSave dan lainnya.

Cara unduh Reels di Instagram lewat aplikasi bisa Anda lakukan dengan langkah-langkah sederhana berikut:

  1. Buka Play Store dan App Store di ponsel pintar Anda.
  2. Unduh aplikasi yang Anda percaya untuk download konten Instagram yang diinginkan.
  3. Masuk akun Instagram Anda, lalu beri izin akses terhadap aplikasi.
  4. Cari Reels menarik atau lucu sesuai keinginan Anda, kemudian klik menu ‘salin tautan’.
  5. Kembali ke beranda utama, tempel link, kemudian klik ‘unduh’.
Baca Juga:  RCTI Plus Mod Apk Streaming TV Gratis Terbaru di Android 2023

Tutorial di atas menggunakan aplikasi Video Downloader for Instagram. Namun, secara teknis, penggunaan aplikasi lain juga kurang lebih sama. Tidak sulit bukan cara unduh Reels di Instagram sebagaimana dijelaskan di atas?

Mengapa Perlu Mengunduh Reels di Instagram?

Sosial media merupakan wadah untuk pemasaran hingga pembuatan konten menarik. Jadi, tidak aneh jika banyak konten unik dan estetik di jejaring sosial, khususnya Instagram. Tentu, Anda bisa sekadar menglihat konten tanpa mencari cara download Reels di Instagram. Namun, ada manfaat jika Anda mengunduh Reels, seperti:

1. Sumber Inspirasi dan Media Belajar

Alasan pertama adalah untuk menjadikannya sebagai sumber ide atau inspirasi. Anda bisa lebih leluasa mempelajari Reels yang terunduh untuk membuat konten yang sama menariknya. Tentu saja, mengunduh Reels juga akan membuat Anda bisa mengaksesnya secara offline.

2. Menjadi Koleksi Pribadi

Saat menemukan Reels yang berkesan, rasanya ingin melihatnya lebih dari sekali. Mencegah konten tersebut dihapus atau sulit ditemukan lagi karena tidak mengikuti sang kreator, mengunduhnya menjadi solusi terbaik. Memanfaatkan cara download Reels di Instagram, Anda bisa menyimpannya sebagai koleksi pribadi.

3. Merekomendasikan ke Orang Lain

Anda juga dapat merekomendasikan Reels yang terunduh ke orang lain dengan lebih mudah. Bisa Anda coba kirimkan melalui aplikasi pesan singkat maupun platform jejaring sosial yang lain.

Memang, Anda bisa saja merekomendasikannya dengan cara menyalin link. Namun, faktanya, masih banyak orang yang malas untuk mengakses tautan yang Anda berikan. Menonton langsung hasil unduhan Reels terasa lebih mudah bagi mereka.

Waspada dengan Hak Cipta dan UU ITE

Media sosial merupakan ruang publik di mana konten yang dibagikan otomatis menjadi konsumsi masyarakat luas. Namun, Anda tetap harus waspada terkait konten yang Anda dapat melalui cara download Reels di Instagram. Sebab, setiap konten, terlebih yang dibuat khusus oleh kreator dilindungi oleh hak cipta intelektual dan UU ITE berikut:

Baca Juga:  SSSCapCut Mod Apk Download Video CapCut Tanpa Watermark

1. Undang Undang Hak Cipta 

UU Hak Cipta tahun 2014 nomor 28 menyebut bahwa hak cipta merupakan hak eksklusif atas karya intelektual pribadi. Karya yang telah dipublikasikan tanpa melanggar aturan hukum yang berlaku sehingga berhak untuk disebarluaskan dan dimodifikasi hanya oleh si pencipta.

2. Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik

Pada UU ITE pasal 27 (3) ditegaskan bahwa seseorang tidak berhak mendistribusikan maupun mentransmisikan dokumen maupun data orang lain. Setiap orang yang melanggar, maka pelaku bisa terkena jerat hukum yang berlaku.

Apakah Cara Download Reels di Instagram Berbahaya?

Setelah memahami Undang-Undang yang melindungi konten, Anda tidak perlu ketakutan. Pada dasarnya, mengunduh konten – termasuk Reels milik orang lain di Instagram itu wajar dan tidak melanggar hukum. Hanya saja tidak untuk tujuan buruk, seperti:

  • Menyebarkan hoax atau berita bohong sehingga menimbulkan keresahan di masyarakat.
  • Mencuri konten untuk diklaim sebagai karya pribadi.
  • Melakukan perundungan (cyber bully), menjatuhkan dan membunuh karakter seseorang.
  • Mengunggah kembali konten di platform sosial media yang sama atau berbeda untuk menarik lebih banyak kunjungan profil.
  • Memperjualbelikan konten tanpa izin kreator asli untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Sudah Berhasil Menerapkan Cara Download Reels di Instagram?

Cara download di atas sebaiknya Anda terapkan untuk tujuan positif. Misalnya untuk pembelajaran, sumber ide, bersenang-senang, hingga sekadar mengagumi agar tidak menimbulkan masalah. Pilih yang menurut Anda paling praktis untuk dipakai. Cara-cara di atas juga tidak memerlukan biaya, alias gratis. Menyenangkan sekali, bukan?

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait