5 Cara Cek IMEI Samsung Terdaftar Atau Tidak Dengan Mudah

Solaeman Nur Rahman

Cara Cek IMEI Samsung

AKURATNEWS – Hampir semua orang kini telah memiliki smartphone untuk berkomunikasi sehingga bisa saling terhubung dengan yang jauh. Namun sudah kah Anda memeriksa IMEI smartphone yang digunakan sudah terdaftar atau tidak?. Maka dari itu, simak ulasan Cara Cek IMEI Samsung.

Siapa yang tidak kenal dengan Samsung, salah satu brand raksasa asal Korea Selatan. Secara umum Samsung dikenal dengan Smartphone yang memiliki desain-desain yang sangat ekslusif dan menjadi salah satu pemilik ponsel flagship yang banyak digunakan diseluruh dunia.

Dengan memiliki ponsel Samsung akan membuat kesan yang berbeda. Namun sangat disayangkan jika kita memiliki ponsel yang luar biasa tapi ternyata IMEI tidak terdaftar. Maka semua itu akan menjadi sia-sia karena tidak akan bisa kita gunakan untuk melakukan komunikasi dan kegiatan yang sebagaimana mestinya.

Tidak hanya itu, IMEI juga bisa menjadi penanda bahwa ponsel Samsung yang kita gunakan asli atau tidak. Karena dalam IMEI tersebut memuat segala informasi lengkap tentang ponsel yang kita miliki itu. Dan jika memang informasi yang diberikan tidak sama dengan informasi pada IMEI, dapat dipastikan ponsel tersebut tidaklah asli.

Oleh karena itu, pentingnya kita mengetahui Cara Cek IMEI Samsung agar kita terhindar dari penipuan serta agar ponsel yang kita gunakan dapat berjalan dengan semestinya. Dan untuk mengetahui IMEI terdaftar atau tidak, sobat simak ulasannya.

Tentang Cara Cek IMEI Samsung

Cara Cek IMEI Samsung

IMEI International Mobile Equipment Identity merupakan sebuah nomer identity ataupun nomer seri yang terdapat pada semua ponsel atau smartphone. Kegunaan dari IMEI sendiri adalah untuk mengidentifikasi ponsel seluler seperti GSM, IDEN, WCDMA, dan beberapa telepon satelit lainnya

Baca Juga:  3 Cara Cek Nomor Pesanan Akulaku (Resi) Dengan Mudah & Akurat

Setiap smartphone yang di produksi pastinya memiliki nomer IMEI yang bisa kita cek kebenarannya. Hal tersebut untuk memastikan bahwa ponsel yang akan kita gunakan adalah asli dan memang sudah terdaftar. Karena pada setiap ponsel yang dibuat memiliki nomor seri tersendiri agar tidak mudah untuk dipalsukan.

Bahkan dalam ruang lingkup insternasional sekalipun nomor seri IMEI hanya ada satu untuk setiap ponsel. Maka dari itu pentingnya para pemiliki smartphone mengetahui cara untuk cek IMEI. Dan jika memang belum terdaftar pada negaranya masing-masing harus segera didaftarkan agar bisa segera digunakan.

Pentingnya kita bisa tahu cara cek IMEI sangatlah banyak. Namun dari sekian banyaknya kegunaan cek IMEI salah satunya yang banyak digunakan adalah untuk mengetahui bahwa ponsel tersebut adalah asli dengan segala informasi yang telah dimuat.

Kegunaan Nomor IMEI

Cara Cek IMEI Samsung

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa pentingnya kita dalam mengetahui nomor IMEI pada ponsel milik kita. Karena semua informasi dimuat disana sehingga kita akan dapat mengetahui dengan detail mengenai informasi dari tanggal produksi dan lainnya.

Lalu selain untuk mengetahui informasi yang sudah dijelaskan diatas, apa lagi yang dapat kita lakukan dengan nomor IMEI tersebut. Berikut ukasannya:

1. Memastikan Ponsel Asli atau Palsu

Hal utama yang banyak digunakan pada nomor IMEI adalah untuk memastikan jika ponsel yang akan kita beli adalah asli, bukan imitasi ataupun palsu. Semua data akan tersimpan pada nomor tersebut.

Baca Juga:  192.168.100.1 Cara Ganti Password Wifi Indihome Lewat HP /Laptop

2. Bisa Dilacak Saat Hilang

Kegunaan lainnya dari nomor IMEI adalah, kita bisa melacak ponsel yang hilang dengan pelacakan nomor IMEI yang sudah kita ketahui.

3. Identitas Ponsel

Nomor IMEI bisa kita jadikan sebuah identitas ponsel sebagai miliki pribadi. Hal tersebut karena setiap ponsel yang diciptakan hanya memiliki satu nomor IMEI, yang artinya tidak ada yang menyamainya selain itu walaupun diseluruh dunia sekalipun.

4. Memblokir Ponsel

Kegunaan yang lainnya adalah bisa melakukan blokir ponsel ketika ponsel tersebut hilang ataupun karena dicuri. Hal ini bisa dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan yang akan dilakukan oknum pencuri tersebut. Jadi sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan kita bisa melakukan blokir.

Cara Cek IMEI Samsung Terdaftar atau Tidak

Selain pentingnya kita mengetahui nomor IMEI, kita juga harus cek apakah IMEI ponsel kita sudah terdaftar atau belum. Hal ini untuk mencegah pembatasan telekomunikasi terhadap ponsel yang kita gunakan.

Sudah banyak contoh yang dimana banyak para pemilik ponsel tidak mengetahui bahwa IMEI yang digunakan belum terdaftar. Dan pada akhirnya ponsel tidak dapat digunakan dan dibatasi penggunaannya.

1. Cara Cek IMEI Samsung Lewat Pengaturan Ponsel

Cara yang pertama dan paling mudah cek nomor IMEI adalah lewat menu pengaturan pada ponsel Samsung. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Samsung.
  2. Kemudian cari menu About Phone atau Tentang Ponsel.
  3. Setelah itu klik menu Status.
  4. Jika ponsel yang digunakan menggunakan dua kartu, maka akan terdapat dua IMEI.
  5. Kini sobat sudah mengetahui nomer IMEI pad ponsel tersebut.

2. Cara Cek IMEI Samsung Menggunakan Kode Dial *#06#

Cara yang kedua merupakan cara yang lebih simple lagi, yaitu dengan menggunakan kode dial. Ulasannya sebagai berikut:

  1. Pertama silahkan buka ponsel dan masuk ke menu dial atau panggilan.
  2. Kemudian ketikan kode dial *#06# lalu klik panggil.
  3. Dengan demikian akan secara otomatis nomor IMEI yang terdaftar akan muncul.
Baca Juga:  7 Cara Cek Nomor 3 (Tri) Paling Mudah dan Cepat 2023

3. Cara Cek IMEI Samsung di Situs Online

Selanjutnya yang bisa sobat lakukan untuk cek IMEI adalah dengan menggunakan situs online.

  1. Buka browser yang ada pada perangkat.
  2. Kemudian sobat kunjungi situs IMEI.info.
  3. Pada kolom yang tersedia silahkan sobat masukan nomor IMEI dan klik Check.
  4. Informasi nomor IMEI kini telah muncul dengan segala informasi yang lengkap.

4. Cara Cek IMEI Samsung Lewat Situs Kemenperin

Cara yang terakhir yaitu melakukan pengecekan IMEI melalui situs resmi Kemenperin.

  1. Silahkan sobat masuk pada situs Kemenperin.
  2. Selanjutnya masukan nomor IMEI pada kolom yang tersedia.
  3. Kemudian klik Search dan tunggu proses pengecekan sedang berlangsung.
  4. Setelah itu akan muncul informasi lengkap tentang ponsel.
  5. Sekarang sobat tinggal cocokan informasi tersebut dengan informasi yang ada di dus ponsel.

Sebagai informasi, sebenarnya dalam kardus ponsel sudah terdaftar nomor IMEI yang ditulis. Namun fungsi pengecekan ini bertunjuan untuk mengetahui kebenaran dari infrormasi yang sudah tertulis di dus ponsel. Tujuannya adalah untuk memastikan jika IMEI yang tertulis sama dengan yang kita cek lewat cara-cara diatas.

Jika IMEI ponsel itu asli tentunya tidak akan ada perbedaan. Dan sebaliknya jika ada perbedaan atau bahkan tidak terdaftar, dapat dipastikan ponsel tersebut adalah palsu. Itulah fungsi pengecekan kembali dengan cara yang sudah mimin sampaikan. Dan untuk lebih memastikannya bisa cek lewat situs Kemenperin.

Akhir Kata

Demikianlah yang dapat mimin sampaikan tentang pentingnya mengetahui Cara Cek IMEI Samsung Terdaftar atau Tidak. Pastinya bagi sobat pengguna Samsung tidak ingin ponsel yang digunakan terdampak pembatas akibat IMEI ponsel tidak terdaftar. Jadi silahkan untuk melakukan pengecekan dengan langkah-langkah yang sudah mimin jelaskan diatas.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait