Kode Bank BRI : Cara Transfer Serta Manfaat & Kegunaan Lainnya

Solaeman Nur Rahman

Kode Bank BRI

AKURATNEWSKode Bank BRI tentu saja sangat dibutuhkan ketika kalian ingin melakukan transaksi transfer. Dimana layanan transaksi transfer ini seringkali dilakukan oleh banyak masyarakat di dunia. Baik melalui SMS hingga transfer langsung melalui mesin ATM, kalian akan membutuhkan kode unik bank ketika ingin transfer antar bank. Dengan begitu, layanan transfer kalian tidak akan terjadi masalah.

Seperti yang kalian tahu, layanan transfer antar bank sering kali dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Maka dari itu sangat penting sekali kalian mengetahui kode bank BRI. Sebab kode unik tersebut akan kalian pakai untuk malakukan pengiriman atau menrima uang dari nasabah sesama bank atau bank lainnya. Dimana kode unik pada bank terdiri dari tiga digit yang akan memudahkan kalian melakukan transfer.

Kode tersebut tidak hanya digunakan pada mesin ATM saja, dimana kalian dapat melakukan transaksi transfer melalui mobile banking BRI, hingga layanan internet banking. Yang pasti ketika akan melakukan transaksi transfer, kalian akan membutuhkan kode unik tiga digit tersebut. Sehingga proses transaksi akan berjalan dengan lancar tanpa mendapatkan masalah atau salah transfer ke bank lain.

Manfaat dan Kegunaan Kode Bank BRI

Manfaat dan Kegunaan Kode Bank BRI

Tahukan kalian dalam penggunaan kode bank BRI ini memiliki manfaat? Dimana manfaat penggunaannya sendiri adalah sebagai metode identifikasi rekening tujuan transfer. Dengan adanya kode unik tersebut, tentu saja rekening yang sudah kalian masukkan ketika transfer akan langsung diverifikasi secara otomatis. Sehingga dapat dibedakan secara langsung dengan bank-bank lainnya.

Selain itu, adanya kode unik tersebut bisa kalian gunakan untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam proses transaksi transfer antar bank. Karena, ketika kalian memiliki kesalahan dalam memasukkan kode unik tersebut, maka transaksi kalian tidak akan langsung diproses/ batal. Dengan begitu, kalian gagal transfer karena kode unik tersebut salah atau tidak dimasukkan saat proses transfer.

Baca Juga:  Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube? Mudah dan Praktis

Keuntungan Penggunaan Kode Bank BRI ketika Transfer Melalui ATM

Keuntungan Penggunaan Kode Bank BRI ketika Transfer Melalui ATM

Saat ingin melakukan transfer ke sesama atau antar bank melalui ATM menggunakan kode bank BRI, kalian akan mendapatkan beberapa keuntungan. Dimana keuntungan tersebut hanya bisa kalian dapatkan saat melakukan transfer lewat ATM saja. Penasaran keuntungan apa saja yang bisa kalian dapatkan? Langsung saja dibawah ini akan kita bagikan beberapa keuntungannya sebagai berikut :

  1. Keuntungan pertama yaitu sebagai metode identifikasi ketika rekening tujuan sesuai dengan yang dituju ketika proses transfer berlangsung.
  2. Selanjutnya yaitu dapat mengurangi resiko terjadinya kesalahan transfer ke bank lainnya. Jika kalian memasukkan kode bank tidak sesuai dengan nomor rekening yang dituju, tentu saja secara otomatis proses transaksi akan dibatalkan.

Berapa Kode Bank BRI?

Berapa Kode Bank BRI?

Sebelum kalian mengetahui kode bank BRI, kita akan mengulas sedikit apa itu Bank BRI. Dimana Bank BRI sendiri merupakan salah satu layanan bank yang sudah lama berdiri dan sudah memiliki jutaan nasabah yang ada di Indonesia. Bank BRI atau Bank Rakya Indonesia ini sudah mempunyai setidaknya 70 juta nasabah yang sudah tersebar hingga pelosok di Indonesia.

BRI juga telah menduduk urutan ke 112 bank yang terbaik dari seluruh bank yang ada di dunia. Sehingga menjadikan bank tersebut sebagai bank nomor 1 dalam daftar 1000 bank terbaik di tahun 2020 yang ada di dunia. Tidak jauh berbeda dengan bank lainnya, dimana BRI juga menawarkan kemudahan kepada para nasabahnya dalam melakukan transaksi transfer via online atau ATM.

Selain itu, sekarang ini untuk bisa melakukan transfer kalian dapat menggunakan ponsel genggam dengan layanan secara online yaitu dengan menggunakan aplikasi BRImo Aplikasi ini bisa kalian dapatkan langsung melalui Playstore dan Appstore secara gratis. Dengan menguasai aplikasi ini, kalian tidak perlu pergi keluar rumah untuk melakukan transaksi transfer melalui mesin ATM.

Baca Juga:  100+ Nama IG Keren Aesthetic Singkat Untuk Perempuan/Laki-Laki

Lalu, berapa kode bank BRI? Untuk kode banknya sendiri yaitu sebuah identitas dari suatu bank dengan kode yang terdiri dari tiga digit angka unik yaitu 002. Jika kalian ingin melakukan transfer ke bank BRI, jangan lupa untuk memasukkan kode bank 002 sebelum kalian memasukkan nomor rekening tujuan yang akan ditransfer. Dengan begitu, proses transaksi transfer akan berjalan dengan lancar.

Cara Transfer Menggunakan Kode Bank BRI

Cara Transfer Menggunakan Kode Bank BRI

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika ingin melakukan transfer sesama ataupun antar bank, kalian akan membutuhkan sebuah kode bank. Dengan kode bank tersebut, kalian bisa transfer tanpa mendapatkan kesalahan. Dibawah ini kita akan membagikan cara transfer menggunakan kode bank BRI melalui ATM dan BRImo. Berikut ulasannya :

1. Cara Transfer Melalui ATM

Apakah kalian ingin transfer melalui ATM? Dibawah ini kita akan membagikan cara transfer melalui ATM dengan menggunakan kode unik yang dimiliki BRI. Sebelumnya kalian harus mendatangi ATM terdekat terlebih dahulu untuk bisa mempraktekannya secara langsung. Jika sudah, silahkan kalian ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini untuk melakukan proses transaksi transfer melalui ATM, sebagai berikut :

  • Pertama, silahkan kalian mendatangi tempat mesin ATM terdekat dan pastikan bank kalian dapat melakukan transfer di mesin ATM.
  • Selanjutnya, masukkan kartu ATM yang kalian miliki pada mesin ATM tersebut.
  • Jika sudah, maka kalian bisa lanjut masukkan PIN sebanyak 6 digit.
  • Langsung saja kalian pilih menu Transfer sesama bank atau antar bank.
  • Setelah memilihnya, kalian bisa kode unik dan juga nomor rekening bank tujuan. Dengan format kode bank BRI + nomor rekening tujuan (0021234567XXXX).
  • Jika sudah memastikan kode dan nomor rekeningnya benar, maka kalian bisa pilih Lanjut/ Benar.
  • Setelah itu, silahkan kalian tuliskan nominal jumlah uang yang akan ditransfer.
  • Klik Lanjut/ Benar jika memang nominal transfer sudah sesuai.
  • Langkah terakhir yaitu kalian periksa kembali kode, nomor rekening, dan jumlah transfer yang akan ditransfer.
  • Jika sudah, kalian bisa klik Ya/ Tidak jika salah.
  • Transaksi transfer akan langsung di proses dan berhasil.
Baca Juga:  3 Cara Cek Masa Aktif Telkomsel Mudah Dan Simpel Terbaru 2023

2. Cara Transfer Melalui Aplikasi BRImo

Tidak hanya dapat melakukan proses transaksi transfer melalui ATM saja, dimana kalian bisa melakukan transfer melalui aplikasi BRImo. Agar kalian tidak susah payah keluar rumah dan mencari mesin ATM terdekat, sebaiknya kalian gunakan aplikasi BRImo saja ketika ingin transfer. Dengan begitu, kalian bisa transfer di rumah kapan saja dan dimana saja dengan mudah. Berikut ini langkah-langkah untuk cara transfer melalui aplikasi BRImo.

  • Pertama-tama, kalian download terlebih dahulu aplikasi BRImo melalui toko resmi masing-masing smartphone.
  • Selanjutnya, kalian buka aplikasi BRImo yang sudah berhasil dipasang pada hp.
  • Kemudian, kalian lakukan login akun dan memasukkan password serta User ID yang sudah kalian miliki sebelumna.
  • Setelah berhasil login, kalian bisa memilih menu Transfer pada aplikasinya.
  • Lanjut, kalian memilih Daftar Baru untuk mulai melakukan transaksi transfer.
  • Silahkan kalian pilih Daftar Bank yang sesuai dengan rekening bank tujuan, seperti Bank BRI.
  • Jika sudah, kalian bisa memasukkan nomor rekening bank BRI dan kalian klik Lanjutkan.
  • Kalian masukkan jumlah uang yang akan ditransfer.
  • Silahkan kalian klik Transfer, dilanjut masukkan PIN rekening yang sudah kalian miliki.
  • Setelah berhasil semuanya, maka proses transfer akan langsung berjalan secara otomatis.
  • Berhasil.

Penutup

Cukup sampai disini saja penjelasan mengenai Kode Bank BRI. Semoga ulasan ini dapat membantu kalian yang sedang mencari kode unik yang dimiliki bank BRI. Selain itu adanya kode tersebut memiliki beberapa keuntungan yang bisa kalian lihat pada ulasan diatas. Sampai jumpa pada ulasan artikel lainnya yang lebih bermanfaat. Terimakasih!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait