5 Cara Cek Kartu 4G LTE All Operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3, dll)

Solaeman Nur Rahman

AKURATNEWS – Seperti yang kita ketahui, bahwa jaringan 3G kini sudah di tinggalkan oleh para pengguna gadget dan beralih menggunakan jaringan 4G yang memberikan internet lebih cepat dan stabil. Namun, masih banyak dari pengguna ponsel yang belum mengetahui apakah kartu yang digunakan sudah mendukung jaringan 4G atau sebaliknya. Maka dari itu, penting untuk kalian perhatikan Cara Cek Kartu 4G.

Tentu saja adanya jaringan 4G ini memberikan banyak keunggulan kepada para pengguna ponsel. Pasalnya, jaringan 4G jauh lebih unggul dan memberikan akses internet cepat sehingga membuat para pengguna ponsel semakin puas. Dan seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, masih banyak dari pengguna gadget yang belum mengetahui bagaimana cara cek kartu 4G tersebut.

Pasalnya, Cara Cek Kartu 4G sendiri bisa kalian lakukan dengan mudah dan praktis. Terdapat beberapa cara yang bisa kalian terapkan untuk mengetahui apakah nomor yang digunakan sudah mendukung jaringan 4G atau sebaliknya. Maka dari itu, jika kalian penasaran silahkan simak penjelasan selengkapnya sebagai berikut.

5 Cara Cek Kartu 4G Semua Operator

5 Cara Cek Kartu 4G Semua Operator

Kalian bisa mengetahui bagaimana Cara Cek Kartu 4G yang bisa dilakukan dengan mudah. Tentu saja cara yang diberikan sangat praktis, dan sudah banyak diterapkan oleh para pengguna ponsel. Mungkin masih banyak diantara kalian yang belum paham bagaimana cara cek kartu 4G atau belum. Jadi, untuk mengetahuinya lebih detail, silahkan simak ulasannya sebagai berikut.

1. Cara Cek Kartu 4G Melalui Pengaturan di HP

Cara Cek Kartu 4G

Cara pertama untuk bisa cek kartu 4G yaitu melalui pengaturan di HP, tentu saja cara yang diberikan sangat mudah dan kalian hanya perlu masuk ke menu Pengaturan saja. Cara ini sangat ampuh dan sudah banyak dilakukan oleh para pengguna ponsel, jika penasaran kalian bisa simak panduan selengkapnya sebagai berikut.

  1. Pertama, masuk ke menu Pengaturan di HP
  2. Setelah itu, cari menu Koneksi
  3. Dan pilih opsi Jaringan Seluler
  4. Kemudian, masuk ke Mode Jaringan SIM
  5. Maka akan muncul informasi jaringan LTE 4G
  6. Selesai
Baca Juga:  Cara Membuat Cover Letter (Surat Lamaran Kerja) Yang Baik & Benar

Jika kalian melihat adanya jaringan 4G LTE, maka perangkat yang kalian gunakan sudah mendukung jaringan tersebut. Dan jika tidak menemukan tulisan tersebut, maka perangkat yang kalian gunakan belum mendukung jaringan 4G. Untuk lebih detailnya, kalian bisa cek di spesifikasi HP dari internet. Atau temukan informasi dari HP yang digunakan melalui internet.

2. Cara Cek Kartu 4G Lewat Kode USSD

Cara Cek Kartu 4G

Dan cara mudah lainnya yang bisa kalian coba untuk cek kartu sudah 4G atau belum yaitu melalui kode USSD yang bisa dilakukan secara praktis. Pasalnya, setiap provider memiliki nomor yang berbeda-beda, dan mungkin masih banyak diantara kalian yang belum mengetahui bagaimana cara cek melalui USSD. Dan silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

  1. Langkah pertama, masuk ke Dial Up (menu Panggilan) di ponsel
  2. Ketik kode USSD *888*47# > tekan Call
  3. Pilih Cek Kartu
  4. Muncul informasi kartu
  5. Selamat Mencoba
  6. Selesai

Jadi kalian bisa menemukan informasi seputar kartu sudah 4G atau belum secara akurat. Jika iya, maka kalian bisa menemukan tulisan Kartu Sudah 4G dan sebaliknya.

3. Cara Cek Kartu 4G Melalui Aplikasi

Cara Cek Kartu 4G

Cara Cek Kartu 4G selanjutnya yang bisa kalian coba yaitu melalui aplikasi mytelkomsel yang bisa kalian unduh secara langsung di playstore atau app store. Perlu diketahui, jika aplikasi mytelkomsel juga menyediakan berbagai layanan menarik lainnya yang memberikan informasi secara detail tentang masa aktif, jumlah pulsa, sisa kuota dan sebagainya.

Baca Juga:  SSS Instagram Download Reels, Story, Foto, Video Tanpa Apk

Tentu saja kalian bisa mengetahui apakah kartu yang digunakan sudah mendukung jaringan 4G atau belum. Selain itu, kalian juga bisa mendapatkan banyak informasi serta layanan menarik lainnya dari aplikasi tersebut. Jadi, dari pada penasaran kalian bisa download aplikasinya sekarang juga. Atau cek beberapa aplikasi dari masing-masing operator saat ini.

ProviderAplikasi
TelkomselMyTelkomsel
XLMyXL
IndosatMyIM3
SmartfrenMySF Self Care
Tri (3)Bima+

4. Cara Cek Kartu 4G Melalui Customer Service

Cara Cek Kartu 4G

Cara lainnya yang bisa kalian coba untuk mengetahui apakah kartu yang digunakan sudah mendukung jaringan 4G atau belum melalui customer service yang banyak dilakukan oleh para pengguna provider saat ini. Tentu saja caranya pun sangat mudah dan kalian bisa mencobanya secara langsung. Kalian bisa menghubungi mereka dan ketahui beberapa nomor call center 24 jam dari masing-masing provider di bawah ini.

ProviderNomor
Telkomsel188
XL Axiata817
Indosat185
3/Tri123
Smartfren888
Axis838

5. Cara Cek Kartu 4G via SIM Card

Cara Cek Kartu 4G

Kalian bisa mengetahui kartu sudah 4G atau sebaliknya melalui jenis simcard yang digunakan. Biasanya, didalam kartu tersebut akan tertera jaringan 4G. Mulai dari telkomsel, Indosat, Tri, XL, im3, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika kalian menemukan tulisan jaringan 4G maka kartu tersebut memang sudah mendukung jaringan tersebut. Jadi kalian hanya perlu membuka HP yang digunakan, dan kalian bisa melihat tulisan 4G pada kartu SIM yang tertera. Jika ada, maka kartu yang digunakan sudah mendukung jaringan 4G.

Cara Mengubah Jaringan 3G ke 4G

Cara Cek Kartu 4G

Jika kartu yang digunakan belum mendukung jaringan 4G, maka kalian dapat mengubahnya dengan mudah. Pasalnya terdapat beberapa cara yang bisa kalian coba untuk bisa mengubah jaringan tersebut. Tentu saja kalian bisa menentukan cara termudah untuk mengubah jaringan ini. Dari pada penasaran, silahkan simak penjelasannya sebagai berikut.

Baca Juga:  Download Gratis Resetter Epson L3110 Terupdate 2023

Via Setting Jaringan

Cara pertama yang bisa kalian coba yaitu melalui pengaturan jaringan yang bisa dilakukan dengan mudah. Tentu saja cara ini juga banyak dilakukan oleh kalangan pengguna kartu lainnya. Untuk mengetahuinya lebih detail, simak panduannya sebagai berikut.

  1. Akses menu Settings > More > Mobile Networks
  2. Pilih menu Preferred Network Type
  3. Klik LTE (preferred) / WCDMA / GSM
  4. Selesai

Silahkan ikuti semua langkah diatas untuk bisa mengubah jaringan 3G ke 4G dengan mudah. Tentu saja prosesnya sangat cepat dan praktis untuk bisa mendapatkan jaringan yang lebih cepat dan stabil lagi dari sebelumnya. Terdapat cara lain yang bisa kalian coba, dan untuk mengetahuinya lebih detail silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Melalui Dial

Cara lainnya untuk mengubah jaringan 3G ke 4G yaitu melalui dial up, dan caranya tak kalah mudah dengan diatas. Pasalnya, cara ini memang sudah banyak dilakukan oleh para pengguna ponsel. Kalian bisa mencobanya di semua perangkat baik android atau IOS dengan mudah. Dan untuk lebih jelasnya, kalian bisa mengikuti beberapa langkah yang akan kami berikan sebagai berikut.

  1. Masuk ke menu Telpon dan ketik *#*#4636#*#*
  2. Jika sudah tekan Call
  3. Setelah itu, klik opsi Phone Information > Jenis Jaringan > LTE only
  4. Selanjutnya, klik tombol Back agar bisa mengunci jaringan LTE 4G
  5. Maka sinyal 4G akan muncul secara otomatis
  6. Selesai

Tentu saja kalian bisa mengikuti langkah diatas untuk bisa mengubah jaringan 3G ke 4G dengan mudah. Pasalnya, beberapa cara yang diberikan sangat bermanfaat dan terbukti work. Dengan menggunakan jaringan 4G, maka kalian bisa mendapatkan akses internet yang cepat dan memuaskan. Oleh karena itu, kalian hanya perlu mengikuti semua panduan yang sudah kami jelaskan diartikel ini.

Penutup

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Cek Kartu 4G yang bisa diterapkan dengan mudah. Jadi, kalian bisa menentukan beberapa cara yang sudah kami berikan diartikel ini. Tentu saja jaringan 4G lebih banyak memberikan kepuasan bagi para pengguna ponsel dan suatu provider tertentu. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk semuanya, sekian dan terimakasih.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait