Cara Menyimpan Daging Kurban Tanpa/Di Kulkas Agar Tetep Awet & Segar

Solaeman Nur Rahman

Cara Menyimpan Daging Kurban Tanpa Kulkas

AKURATNEWS – Selama masih dalam suasana lebaran haji biasanya kalian akan mendapatkan daging kurban dari panitia kurban. Namun sering kali yang jadi masalah adalah masalah penyimpanan daging kurban yang belum benar. Bisa menyebabkan daging rusak dan berbau untuk itu kalian perlu tahu cara menyimpan daging kurban tanpa kulkas. Selain itu kalian juga simak tutorial lainnya disini.

Saat lebaran haji atau Idul Adha biasanya orang yang mampu membeli beberapa ekor hewan kurban untuk di kurban kan. Bahkan tidak sedikit orang yang berkurban pada lebaran haji disetiap tahunnya. Sehingga semua masyarakat dapat menikmati daging kurban yang cukup banyak. Namun tidak semua daging langsung diolah saat itu juga dan ada beberapa orang yang menyisakannya untuk dilain hari.

Daging yang kalian simpan dalam suhu dingin atau freezer tentu saja dapat tersimpan dengan baik dan tidak rusak. Lalu bagaimana jika kalian tidak memiliki kulkas untuk menyimpan sisa daging kurban tersebut ? Karena tidak semua orang memiliki ruang penyimpanan es atau Freezer untuk menyimpan daging agar tidak rusak.

Untuk itu kalian bisa simak beberapa langkah mudah menyimpan daging hewan kurban tanpa kulkas sekalipun Pasti kalian bertanya-tanya dan penasaran buka bagaimana caranya. Simak informasi yang akan kami berikan agar lebaran haji nanti kalian sudah mendapatkan ilmu cara menyimpan daging tanpa kulkas sekalipun.

Cara Menyimpan Daging Kurban Tanpa Kulkas

Cara Menyimpan Daging Kurban Tanpa Kulkas

Untuk kalian yang mendapatkan banyak daging kurban tentu saja tidak akan dimasak sekaligus dalam satu waktu. Ada sebagian orang yang mendapatkan banyak daging kurban dan menyisakan sebagian untuk besok. Penyimpanan daging sendiri harus baik dan benar agar daging tidak rusak dan berbau.

Baca Juga:  Cara Menyambungkan Wifi Tanpa Password di HP Android

Bagi kalian yang memiliki freezer tentu saja akan lebih mudah untuk menyimpan daging kurban dan bisa bertahan beberapa minggu. Namun berbeda dengan yang tidak memiliki freezer atau kulkas dalam rumahnya. Lalu bagaimana agar sisa daging kurban bisa tersimpan dengan baik tanpa berbau atau rusak ?

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menyimpan daging kurban tetap awet meski tanpa kulkas loh. Dikutip dari halaman idntimes.com kalian bisa mengikuti cara-cara berikut untuk menyimpan daging agar tidak mudah rusak.

1. Keringkan Daging

Metode pertama yang bisa kalian lakukan untuk menyimpan daging kurban tanpa kulkas yaitu dengan cara mengeringkan daging. Kalian bisa melakukan cara ini dengan mudah agar daging bisa awet loh. Caranya iris tipis semua sisa daging kurban yang kalian punya dan buang semua lemaknya.

Kemudian kalian jemur di teriknya matahari sampai benar-benar kering pastikan semua sisi kering merata ya. Lalu cara yang kedua kalian bisa juga mengasinkan daging tersebut seperti mengasinkan ikan. Dengan melumuri garam pada sisi daging dan jemur sampai daging benar-benar kering.

2. Rendam Daging Dengan Air Garam

Berikutnya kalian bisa mencoba untuk mengawetkan daging dengan cara merendam nya dengan air garam. Metode ini bisa juga kalian coba untuk mendapatkan daging yang tetap baik. Siapkan wadah bersih, lalu siapkan air dan garam secukupnya kemudian siapkan daging.

Masukan air bersama garam dan biarkan garam larut lalu masukan daging dan tutup dengan plastik wrap. Atau gunakan wadah kedap udara untuk menyimpan daging pada suhu ruang cenderung dingin. Jauhkan dari paparan sinar matahari agar air tidak mudah merusak daging karena suhu panas.

Baca Juga:  100+ Nama IG Keren Aesthetic Singkat Untuk Perempuan/Laki-Laki

3. Rendam Daging Dengan Cuka

Jika kalian ingin daging kurban dapat disimpan dengan baik meski tanpa kulkas kalian bisa menggunakan metode ketiga. Merendam daging dengan air cuka namun tidak semua cuka bisa kalian gunakan ya. Pastikan cuka yang kalian gunakan memiliki kadar pH 4,6 untuk menjaga daging agar tetap bagus.

Kemudian kalian siapkan juga wadah bersih atau wadah kedap udara seperti produk dari Tupperware dan lock’n lock. Tujuan menggunakan wadah kedap udara untuk menyimpan daging kurban tanpa kulkas agar terhindar bakteri. Agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap, mencegah terjadinya kelembaban dalam kemasan.

Jadi daging kurban yang kalian simpan dapat bertahan lama meski tidak menggunakan freezer sekalipun. Siapa dari kalian yang belum pernah mencoba cara-cara diatas, silahkan kalian praktekan sendiri ya.

4. Simpan di Styrofoam

Cara menyimpan daging kurban tanpa kulkas bisa juga dengan metode penyimpanan di styrofoam. Cara ini juga bisa menjadi alternatif bagi kalian yang tidak memiliki freezer di rumah. Tujuannya agar daging tetap bagus dan tidak berbau kalian bisa mempraktikannya dirumah.

Langkah pertama kalian bisa siapkan styrofoam pastikan tidak ada yang bolong ataupun bocor ya. Kalian bisa mengisinya dengan air terlebih dahulu untuk memastikan kalau wadah nya aman. Setelah itu kalian bisa gunakan plastik ziplock atau plastik yang ada sleting perekat nya,

Dan pastikan plastik yang kalian gunakan kedap udara dan tidak ada celah yang membuat air masuk. Lalu kalian tambahan es batu kedalam styrofoam untuk menjaga suhu agar tetap dingin. Es batu yang kalian gunakan untuk mencegah timbulnya bakteri dan menjaga daging agar tetap baik.

Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

Meskipun kalian memiliki freezer atau kulkas dirumah belum tentu cara menyimpannya benar. Cara menyimpan daging kurban atau daging sapi di kulkas bisa dengan beberapa langkah penyimpanan berikut :

Baca Juga:  Cek Resi DHL Express Lewat Website Dan Aplikasi, Mudah & Akurat

Jangan Mencuci Daging

Jika kalian ingin menyimpan daging sapi kurban dikuklas sebaiknya tidak perlu mencuci nya. Dengan mencuci daging sebelum masuk freezer maka akan membuat bakteri berkembang pada daging tersebut. Sehingga mencuci daging sebelum disimpan di kulkas tidak dianjurkan.

Segera Masukan Kulkas

Setelah kalian mendapatkan daging kurban sebaiknya segera masukan kedalam kulkas agar daging tetap terjaga kualitasnya. Dengan begitu daging akan tetap memiliki cita rasa yang enak jika kalian memasaknya.

Potong Daging Perporsi

Cara menyimpan daging kurban dengan baik dengan memotong daging menjadi beberapa porsi. Hal ini bertujuan agar daging tidak rusak dan tidak mengalami pembekuan kembali. Jadi mudah dan praktis kalian bisa langsung mengambil sesuai kebutuhan saat memasak saja.

Bungkus Dengan Benar

Baik cara penyimpanan daging tanpa kulkas maupun dengan kulkas membutuhkan wadah penyimpanan yang benar. Kalian perlu menyiapkan plastik ziplock atau wadah kedap udara agar daging tetap memiliki kualitas yang baik.

Beri Tanggal Penyimpanan

Memberi tanggal pembelian pada daging yang kalian bekukan sebagai informasi tambahan tanggal kadaluwarsa dari daging tersebut. Jadi kalian tahu apakah daging tersebut masih layak untuk dikonsumsi atau tidak.

Jaga Kebersihan kulkas

Langkah berikutnya kalian bisa membersihkan kulkas agar tetap bersih agar daging dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Dengan menjaga kebersihan kulkas bukan hanya daging saja yang terjaga kualitasnya. Tapi juga barang lainnya seperti buah dan sayuran yang ada tetap segar dan fresh.

Itulah ulasan yang telah disampaikan tentang cara menyimpan daging tanpa kulkas dan dengan kulkas. Kalian bisa menggunakan metode diatas agar daging tetap memiliki kualitas yang baik dan tetap layak konsumsi. Semoga informasinya bermanfaat dan terima kasih.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait