Cara Mengatasi ERR_CONNECTION_RESET Pada Chrome di HP/Laptop

Solaeman Nur Rahman

Cara Atasi ERR_CONNECTION_RESET

AKURATNEWS – Saat melakukan browsing dan menemukan ERR_CONNECTION_RESET tidak perlu khawatir sob. Pasalnya error ini memang biasa terjadi dan memang sudah banyak orang yang mengalaminya. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Oleh karena itu jangan skip, karena untuk lebih jelasnya sobat simak terus ulasan tentang Cara Atasi ERR_CONNECTION_RESET hingga selesai.

Bagi sobat pengguna browser Google Chrome tentunya sudah terbiasa dengan hal error ini. Karena memang hal tersebut biasa terjadi pada chrome ketika kita hendak mengunjungi sebuah website. Bagi sobat pengguna baru pastinya akan sedikit khawatir karena tidak tahu akan cara penanganannya. Maka dari itu, tidak heran jika masih banyak pencarian tentang ERR_CONNECTION_RESET.

Error yang terjadi ketika kita menggunakan browser chrome diakibatkan karena koneksi internet yang tidak stabil atau terjadi touble pada web itu sendiri. Dengan internet yang tidak stabil membuat browser sulit dalam mentransfer data pada alamat web tersebut. Dengan demikian hal ini akan menyebabkan terjadinya error yang muncul pada layar. Namun tidak hanya karena internet yang tidak stabil, melainkan masih ada faktor lainnya.

Penyebab ERR_CONNECTION_RESET

Cara Atasi ERR_CONNECTION_RESET

Tidak hanya karena internet yang kurang stabil, melainkan terdapat beberapa faktor lainnya yang menyebabkan error. Sebagai pengguna yang sering mengandalkan browser untuk berselancar dimesin pencari, tentunya sobat harus tahu apa penyebab terjadinya error. Hal ini agar bisa segera ditangani dan supaya tidak terjadi error lagi dikemudian hari. Meskipun terjadi error lagi, sobat akan bisa menanganinya dengan mudah.

Baca Juga:  Download Gratis Resetter Epson L3110 Terupdate 2023

Lalu apa saja yang menyebabkan ERR_CONNECTION_RESET? Berikut adalah penyebab terjadinya error yang harus sobat ketahui:

1. Koneksi Internet Tidak Stabil atau Buruk

Terjadinya error pada browser diakibatkan oleh jaringan internet yang buruk atau tidak stabil. Hal ini akan membuat browser sulit dalam mentransfer data karena jaringan internet yang tidak memungkinkan. Jika terjadi pada aplikasi mungkin akan terjadi yang namanya loading atau ngelag. Jika menggunakan Wifi kemungkinan sedang banyak yang menggunakan atau jauh dari jangkauan.

2. Website Banjir Pengunjung

Penyebab lainnya yang membuat error bisa jadi dikarenakan website tersebut sedang mengalami overload atau sedang banyak yang pengunjungi. Dikarenakan tidak muat menampung sehingga akan berebutan dengan yang lainnya, sehingga akan menyebabkan ERR_CONNECTION_RESET. Biasanya sering terjadi pada web yang sedang mengadakan acara sehingga ramai pengunjung.

3. Domain Kadaluarsa

Domain merupakan sebuah nama unik untuk sebuah identitas nama server (Website) Dan domain sendiri memiliki masa aktif yang harus selalu dilakukan perpanjangan. Karena jika sampai tidak diperpanjang, domain akan kadaluarsa dan tidak biasa dikunjungi. Dengan mengunjungi domain yang kadaluarsa maka biasanya akan muncul sebuah informasi error ERR_CONNECTION_RESET.

4. Masalah Hosting

Domain dan hosting merupakan satu-kesatuan, dimana hosting ini berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan semua file dan juga data berupa foto, video, email, script, dan lainnya. Dengan adanya hosting yang terhubung, membuat domain tersebut akan bisa diakses oleh orang-orang melalui internet. Maka dari itu, jika terjadi masalah pada hosting otomatis website tidak dapat dikunjungi dan akan muncul ERR_CONNECTION_RESET.

5. Cache Browser Tidak Update

Faktor lain dari ERR_CONNECTION_RESET dikarenakan cache browser yang tidak update. Cache ini berfungsi untuk melakukan proses penyimpanan sementara data. Dengan adanya cache akan membantu mengurangi proses loading atau memuat suatu situs ataupun aplikasi. Dengan tidak updatenya cache bisa menimbulkan loading yang lama dan berat sehingga akan muncul error.

Baca Juga:  Cara Ganti Password Gmail Yang Lupa Sandi di HP/Laptop

6. Website Terkena Hack

Website yang terkena hack juga bisa menimbulkan error karena memang sedang dilakukan hal-hal perubahan oleh pelaku. Oleh karena itu, saat kita mengunjungi website tersebut akan muncul ERR_CONNECTION_RESET. Jika terjadi demikian maka sobat lebih baik mengunjungi website lainnya.

7. Error WordPress

Meskipun jarang terjadi, namun bisa saja pada saat muncul ERR_CONNECTION_RESET diakibatnya karena wordpress sedang error. Sehingga membuat website akan sulit dikunjungi. Wrodpress sendiri adalah merupakan sebuah platform yang biasa untuk digunakan blogging ataupun lainnya seperti e-commerse, profil perusahaan, portofolio, dan masih banyak lagi yang lainnya.

8. Proxy yang Buruk

Proxi merupakan sebuah sistem yang menjadi penengah antara pengguna dan internet. Tujuannya adalah untuk menyembunyikan identitas asli si pengguna, sehingga yang akan dikirim ke website berupa alamat IP dari proxy server. Mak dari itu, dengan sistem proxy yang buruk akan membuat kinerja dari internet tidaklah bagus dan menimbulkan ERR_CONNECTION_RESET.

Itulah faktor yang menyebabkan munculnya error saat melakukan browsing. Tentunya tidak hanya itu, masih banyak lagi faktor lainnya seperti: gangguan pada VPN, Antivirus, Firewall, kendala keamnan, dan yang lainnya. Namun dengan apa yang sudah dijelas diatas adalah umum yang sering terjadi.

Cara Atasi ERR_CONNECTION_RESET di Smartphone

Cara Atasi ERR_CONNECTION_RESET

Cara untuk mengatasi error pada smartphone sangatlah mudah dan sederhana saja. Berikut adalah cara penaganannya:

1. Periksa Sinyal Internet

Untuk penanganan yang pertama sobat bisa cek kekuatan sinyal internet yang sedang digunakan. Jika memang jaringan internet sedang mengalami masalah, maka segera tangani. Bagi yang menggunakan jaringan wifi bisa dengan melakukan restart router untuk segera memuat ulang jaringan. Atau bagi yang menggunakan kuota seluler bisa melakukan restar HP, tujuannya sama untuk memuat ulang jaringan.

2. Gunakan VPN

Jika jaringan internet dirasa sudah stabil dan lancar namun tetap muncul ERR_CONNECTION_RESET. Maka sobat bisa mencoba dengan menggunakan VPN Virtual Private Network. Tujuannya adalah untuk merubah lokasi IP internet yang digunakan. Karena dengan menggunakan VPN akan secara otomatis lokasi IP akan ikut berubah, dan sobat bisa mencoba masuk kembali pada website tersebut.

Baca Juga:  7 Cara Cek Nomor 3 (Tri) Paling Mudah dan Cepat 2023

3. ON/OFF Mode Pesawat

Cara yang ketiga sobat bisa mencoba on/off mode pesawat, maksudnya sobat silahkan on mode pesawat untuk beberapa saat, kemudian off kembali mode pesawat. Hal ini dilakukan agar sistem mencari jaringan kembali supaya lebih lancar dari sebelumnya. Kemudian sobat coba kembali untuk melakukan browsing dan kunjungi website.

4. Update Aplikasi Chrome

Penggunaan aplikasi chrome yang belum dilakukan pembaruan, terkadang membuat kinerja aplikasi kurang maksimal dan menyebabkan tidak kompatibel dengan perangkat. Dengan hal tersebutlah membuat browsing tidak lancar dan muncul ERR_CONNECTION_RESET. Jadi silahkan sobat terlebih dahulu lakukan update chrome ke versi yang paling baru. Dengan menggunakan versi paling baru sobat akan bisa menikmati fitur-fitur terbarunya dan akan lebih kompatibel.

5. Bersihkan Cache Bowser

Penggunaan browser yang sering dan tanpa henti membuat banyak sampah yang tersimpan. Dan kemungkinan hal ini yang menyebabkan error karena kinerja browser yang semakin berat dengan file-file yang tidak terpakai. Oleh karena itu, sobat bisa melakukan pembersihan dengan menghapus file sampah pada cookie, cache. Dengan demikian file yang tidak terpakai akan terhapus bersih.

6. Nonaktifkan Antivirus atau Firewall

Fungsi antivirus sendiri untuk dapat melindungi perangkat dari virus atau program berbahaya. Saking ketatnya antivirus ini terkadang membuat suatu pemblokiran terhadap situs-situs yang dinilai rentan akan bahaya. Untuk itulah, sobat bisa melakukan nonaktifkan sementara antivirus agar browsing kembali lancar dan tidak muncul ERR_CONNECTION_RESET.

Demikian adalah Cara Atasi ERR_CONNECTION_RESET pada perangkat smartphone. Dengan mengikuti cara diatas diharapkan sobat dapat mengatasi error yang terjadi pada browser. Selamat mencoba dan semoga berhasil

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait