4 Cara Cek Spesifikasi Laptop Berbagai Jenis Merek

Makin Rajin

4 Cara Cek Spesifikasi Laptop Berbagai Jenis Merek

Mengetahui cara cek spesifikasi laptop merupakan hal yang sangat Anda perlukan, terlebih saat ingin membeli gadget satu ini. Pada dasarnya, setiap jenis laptop punya spesifikasi serta fitur yang berbeda-beda.

Namun, untuk melakukan pengecekkan spek serta fitur laptop, relatif dapat Anda lakukan dengan metode dan cara yang sama. Lantas, bagaimana cara cepat untuk melakukan pengecekan spesifikasi laptop? Agar dapat menjawab pertanyaan ini, mari simak artikel berikut sampai habis!

4 Cara Cek Spesifikasi Laptop Berbagai Merek

Langsung saja, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek spek serta fitur laptop dari berbagai merek. Simak penjelasan lengkapnya dalam list berikut ini:

1. Cek Melalui Fitur Menu Setting

Pertama, Anda bisa melakukan pengecekan spek laptop melalui fitur “setting” atau pengaturan pada laptop itu sendiri. Cara ini merupakan metode yang sangat mudah. Bahkan, bagi Anda yang masih awam soal sistem laptop pun dapat menggunakan cara ini untuk cek spesifikasi serta fitur laptop. Berikut langkahnya:

  • Klik tombol Start atau tekan tombol Windows pada keyboard untuk membuka menu Start.
  • Kemudian, silakan klik ikon roda gigi atau pilih Setting untuk masuk ke menu pengaturan Windows.
  • Dalam jendela pengaturan, silakan Anda pilih opsi Systemuntuk melihat pengaturan terkait hardware dan software.
  • Kemudian, gulir ke bawah di panel sebelah kiri, lalu klik “About”. Ini akan membawa Anda ke halaman yang berisi informasi detail tentang laptop.
  • Di bagian “Spesifikasi perangkat,” Anda akan melihat informasi detail tentang prosesor, jumlah dan jenis RAM, jenis sistem operasi, dan lainnya. Ini adalah spesifikasi utama dari laptop Anda.
  • Untuk detail lebih lanjut, seperti data informasi grafis, Anda bisa klik pada “Pengaturan terkait” dan pilih “Informasi Sistem”. Setelah itu, di sini, Anda akan mendapatkan ringkasan lebih lengkap tentang spesifikasi laptop.
  • Selain itu, jika perlu Anda juga dapat mengambil screenshot atau mencatat informasi yang relevan dari data spesifikasi laptop tersebut.
Baca Juga:  Cara Membuat Tulisan Miring di WA dan Trik Unik Lainnya

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah mengecek spesifikasi laptop melalui menu pengaturan. Informasi ini berguna untuk berbagai keperluan, seperti upgrade hardware atau troubleshooting.

2. Cek Spesifikasi Lewat Fitur Command Prompt

Anda juga bisa mengecek spesifikasi laptop, lewat fitur Windows, yakni “Command Prompt. Selain itu, Anda bisa melakukan pengecekan informasi detail terkait aplikasi dan penggunaan RAM melalui fitur ini. Namun, khusus untuk cek spek laptop, ini dia caranya:

Pertama, silakan Anda buka “Command Prompt” dengan tekan tombol Windows + R, ketik “cmd”. Lalu, tekan Enter atau cari “Command Prompt” melalui menu Start. Setelah itu, silakan ikuti perintah yang sesuai dengan instruksi pengecekan laptop yang ingin Anda lakukan:

  • Cek Processor: Ketik perintah ‘wmic cpu get name, Current Clock Speed, Max Clock Speed’ lalu tekan Enter. Ini akan menampilkan informasi tentang prosesor seperti nama, kecepatan saat ini, dan kecepatan maksimal.
  • Cek Memori RAM: Ketik perintah ‘wmic MEMORYCHIP get BankLabel, DeviceLocator, Capacity, Speed’ lalu tekan Enter. Anda akan mendapatkan informasi detail tentang memori RAM, termasuk kapasitas dan kecepatan.
  • Cek Informasi Hard Drive: Ketik perintah ‘wmic diskdrive get size, model’ lalu tekan Enter. Ini akan menampilkan ukuran dan model dari hard drive Anda.
  • Cek Kartu Grafis: Ketik perintah ‘wmic path win32 Video Controller get name’ lalu tekan Enter untuk melihat informasi tentang kartu grafis.
  • Cek Sistem Operasi: Ketik perintah ‘wmic os get name, version’ lalu tekan Enter. Ini akan menampilkan informasi detail tentang sistem operasi yang digunakan.
  • Cek Informasi Motherboard: Ketik perintah ‘wmic baseboard get product, Manufacturer, version’ lalu tekan Enter untuk melihat detail tentang motherboard.
  • Simpan Informasi (Opsional): Jika ingin menyimpan semua informasi ini dalam file teks, Anda bisa mengarahkan keluaran ke file dengan menambahkan > nama file.txt di akhir perintah.
Baca Juga:  2 Cara Menghapus Akun Facebook, Sementara Maupun Permanen

3. Cek Lewat CPU-Z

Selain menggunakan cara di atas, Anda bisa juga melakukan cara cek spesifikasi laptop dengan bantuan aplikasi bernama CPU-Z. Bahkan, cara ini juga sangat mudah dan praktis dari cara sebelumnya. Selain itu, informasi terkait spek laptop yang tampil di aplikasi ini juga lebih lengkap. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, kunjungi situs resmi CPUID atau platform pengunduhan terpercaya lainnya. Lalu, unduh dan install CPU-Z.
  • Kemudian, buka aplikasi CPU-Z dengan mengklik iconnya pada desktop atau menu Start.
  • Setelah itu, akan tampil informasi detail terkait spek laptop Anda. Silakan Anda cek detail informasi yang Anda butuhkan.

Berikut adalah informasi detail spesifikasi laptop yang dapat Anda cek di aplikasi CPU-Z:

  • CPU: Di tab CPU, Anda akan melihat informasi terkait prosesor seperti nama, jumlah core, clock speed, dan teknologi yang digunakan.
  • Mainboard: Tab ini akan menampilkan detail tentang motherboard, termasuk merek, produsen, model, dan versi BIOS.
  • Memory: Dalam tab ini, Anda akan mendapat informasi tentang RAM, seperti tipe, ukuran, dan juga detail kecepatannya.
  • Graphics: Tab Graphics akan menunjukkan informasi tentang kartu grafis yang digunakan dalam sistem, termasuk GPU dan memori VRAM.
  • Ekspor Informasi (Opsional): Jika perlu, Anda juga bisa menyimpan semua informasi detail terkait laptop Anda ini dalam bentuk file teks atau HTML melalui menu “File” > “Save Report”.

CPU-Z adalah aplikasi yang efisien dan user-friendly, memberikan gambaran umum dan detail tentang hardware laptop Anda. Selain itu, aplikasi ini juga sangat berguna bagi pengguna yang ingin mengenal lebih dalam tentang spesifikasi laptop tanpa perlu membongkar fisik perangkat.

Baca Juga:  5 Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee yang Sudah Menumpuk

4. Cek Spesifikasi Laptop dengan Aplikasi Speccy

Terakhir, cara cek spesifikasi laptop juga bisa Anda lakukan dengan bantuan aplikasi bernama Speccy. Pada dasarnya, aplikasi ini hampir sama seperti aplikasi lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mengecek spek laptop. Namun, menariknya aplikasi ini punya tampilan yang simpel dengan data yang lengkap. Berikut cara mengeceknya:

  • Pertama, silakan Anda kunjungi situs resmi Piriform atau penyedia aplikasi terpercaya lainnya untuk mengunduh Speccy.
  • Setelah unduhan selesai, instal dan jalankan aplikasi tersebut.
  • Kemudian, di halaman utama aplikasi Speccy Anda akan melihat ringkasan terkait spesifikasi laptop. Termasuk sistem operasi, CPU, RAM, motherboard, dan juga kartu grafis.
  • Untuk detail lebih lanjut, Anda bisa menjelajahi tab-tab lain seperti “CPU,” “RAM,” “Storage,” dan lainnya.
  • Selain itu, jika perlu Anda juga bisa menyimpan atau mencetak laporan ini.

Sudah Paham Bagaimana Cara Cek Spesifikasi Laptop?

Cara cek spesifikasi laptop adalah ilmu penting untuk mengetahui kapabilitas pada perangkat Anda. Sehingga Anda bisa menggunakan laptop sesuai spesifikasi dan tidak memaksanya bekerja berlebihan. Tujuannya adalah agar perangkat Anda tidak mengalami overheat dan tidak mudah rusak.Selain itu, mengetahui spek laptop dapat membantu dalam pemilihan jenis software. Bahkan, informasi ini juga sangat bermanfaat untuk proses upgrade, sehingga Anda bisa menentukan langkah tepat untuk pembaharuan laptop.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait