5 Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee yang Sudah Menumpuk

Makin Rajin

5 Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee yang Sudah Menumpuk

Shopee merupakan aplikasi belanja online favorit berbagai kalangan karena sering mengadakan diskon besar-besaran. Setiap orang yang memesan lewat Shopee akan tercatat di riwayat pemesanan. Bagi Anda yang risih melihat riwayat belanja menumpuk, bisa menyimak cara menghapus riwayat pesanan di Shopee berikut. 

Sebenarnya, riwayat belanja yang tercatat di aplikasi bertujuan untuk memudahkan pengguna melacak transaksi yang terjadi. Namun, bila riwayat belanja tersebut sudah menggunung sampai memenuhi penyimpanan, sebaiknya dihapus saja. Hal tersebut karena tidak semua orang ingin menyimpan riwayat transaksi sebelumnya. 

Bisakah Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee?

Kelebihan platform belanja daring bisa Anda akses kapan saja dan dimana saja. Khususnya, aplikasi seperti Shopee memungkinkan Anda untuk belanja apapun produk yang tersedia pada platform tersebut tanpa batas waktu. Setiap kali Anda selesai bertransaksi lewat Shopee, maka notifikasinya akan masuk ke riwayat.

Status riwayat pesanan di Shopee sendiri terbagi menjadi Belum Bayar, Dikemas, Dikirim, Selesai, Dibatalkan, dan Pengembalian. Masing-masing kategori tersebut mengandung alur transaksi mulai dari pembayaran hingga konfirmasi pengembalian apabila Anda kehendaki. 

Maksud dari cara menghapus riwayat pesanan di Shopee sendiri merujuk kepada pesanan yang sudah selesai alias telah Anda terima. Namun, perlu Anda ketahui bahwa Anda tidak bisa menghapus riwayat pesanan selesai di Shopee seperti menghapus produk di keranjang. 

Sebab, Shopee akan terus menyimpan data pesanan yang Anda lakukan selama menggunakan akun tersebut. Sehingga, bagi pengguna yang merasa kurang nyaman dengan daftar riwayat pesanan menumpuk, mereka tidak bisa menghapusnya kecuali mengajukan penghapusan akun. 

Baca Juga:  5 Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data dengan Mudah

Daftar riwayat pesanan Anda selama menggunakan Shopee mulai dari pesanan terdahulu sampai terkini bisa terhapus bersamaan dengan pengajuan penghapusan akun yang telah Shopee terima. Namun, bukan hanya riwayat pesanan saja yang terhapus tetapi seluruh data personal Anda juga akan ikut terhapus. 

5 Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee

Seperti pada penjelasan sebelumnya, riwayat pesanan Shopee tidak dapat hilang kecuali Anda menghapus akun. Sebab, Shopee sendiri masih belum menyediakan fitur untuk menghapus riwayat belanja.

Oleh karena itu, jika Anda memang sangat ingin menghilangkan data pesanan yang selesai, caranya adalah dengan menghapus akun. Begini cara menghapus riwayat pesanan di Shopee melalui pengajuan hapus akun:

1. Buka Aplikasi Shopee

Pertama-tama, bukalah aplikasi Shopee pada perangkat elektronik Anda, baik itu HP maupun PC. Kemudian halaman beranda akan memunculkan beberapa kategori menu seperti Rekomendasi, Pay, Live, Video, Notifikasi, hingga Saya. Klik menu “Saya” yang memiliki bentuk ikon orang.

Nah, di bagian menu “Saya”, Anda bisa melihat bagian Riwayat Pesanan yang ingin Anda hilangkan. Untuk menghilangkan data pesanan selesai tersebut, Anda bisa menggulir ke bawah untuk menemukan opsi “Pengaturan Akun” pada halaman profil pengguna. 

2. Klik Pengaturan Akun

Selanjutnya, klik “Pengaturan Akun” sesaat setelah Anda menemukannya dengan menggulir halaman profil ke bawah. Sesuai dengan namanya, isi dari menu pengaturan akun berkisar tentang keamanan, data personal pengguna Shopee, hingga pilihan untuk menghapus akun. 

Pada kategori “Bantuan”, pilih opsi “Ajukan Penghapusan Akun”. Lalu, akan muncul sebuah notifikasi yang berisi pemberitahuan bahwa setelah akun terhapus, Anda tidak bisa memulihkannya kembali. Karena Anda ingin data pesanan di Shopee hilang, maka lanjutkan proses penghapusan akun dengan menekan “Ok”.

3. Pilih Lanjut

Usai Anda mengkonfirmasi “OK” untuk mengajukan penghapusan akun, maka Shopee akan menampilkan halaman baru yang berisi informasi penting. Informasi tersebut memuat beberapa poin terkait kondisi akun Anda setelah terhapus. Salah satunya adalah Anda tidak bisa melihat riwayat transaksi pada akun tersebut. 

Baca Juga:  Cara Mematikan Centang Biru di WA, Cepat dan Mudah!

Jika sudah memahami seluruh poin yang tercantum pada informasi penting, pilih “Lanjut” untuk proses berikutnya. 

4. Memasukkan Kode Verifikasi

Cara menghapus riwayat pesanan di Shopee lewat hapus akun berikutnya yaitu dengan memasukkan kode verifikasi atau OTP. Fungsi dari tahapan ini adalah untuk memverifikasi identitas Anda dengan mengirimkan kode verifikasi ke nomor yang terdaftar di Shopee. 

Jika ada pesan masuk berisi kode OTP, langsung masukkan kode tersebut dengan benar sebelum waktunya habis. Kemudian, pilih opsi “Lanjut”. 

5. Mengisi Alasan Penghapusan Akun

Nah, sisanya Anda tinggal mengisi alasan penghapusan akun. Shopee tidak langsung menerima penghapusan akun begitu saja. Anda perlu memiliki alasan yang logis mengapa ingin menghapus akun tersebut. Misalnya, seperti ingin mengubah username, tidak ingin menggunakan Shopee lagi, atau alasan lainnya. 

Langkah berikutnya adalah memasukkan alamat email ke dalam kotak yang tersedia. Lalu, centang syarat dan ketentuan untuk hapus akun. Tekan “Kirim” apabila semuanya sudah selesai Anda isi. Sekarang, Anda tinggal menunggu konfirmasi persetujuan dari pihak Shopee. 

Mengapa Perlu Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee?

Meskipun adanya riwayat status pesanan di Shopee dapat membantu pengguna untuk melacak transaksi, tetapi tidak sedikit orang menyukai riwayat pesanannya setelah belanja di Shopee tercatat pada aplikasi. Hal itu karena berbagai macam alasan. Berikut beberapa kemungkinan pengguna ingin menghapus status pesanan.

1. Privasi

Alasan mengapa orang-orang ingin tahu cara menghapus riwayat pesanan di Shopee tidak lain karena privasi. Barang atau produk yang dibeli dari Shopee tidak semuanya merupakan barang umum sehingga sebagian orang tentu ingin menyembunyikan barang khusus yang mereka beli. 

Baca Juga:  Cara Menghapus Video di Tiktok: 5 Langkah Mudah Tanpa Aplikasi

Apalagi, jika bisa membuka akun aplikasi Shopee seseorang, maka pihak lain bisa mengakses riwayat pembelian Anda dengan bebas. Jadi, tidak heran banyak pengguna Shopee yang menginginkan untuk menghapus beberapa atau keseluruhan riwayat pembelian. 

2. Merapikan Ruang Penyimpanan

Sama halnya seperti aplikasi lainnya, ukuran penyimpanan Shopee pada perangkat Anda akan membesar seiring dengan banyak data di dalamnya. Jika riwayat pembelian Anda sudah menumpuk dalam periode tahunan, kinerja Shopee pun bisa semakin berat. 

Oleh sebab itu, Anda bisa membantu melegakan ruang penyimpanan dengan menghapus riwayat pesanan di Shopee. Walaupun masih belum ada fitur yang dapat menghapus riwayat belanja, tetapi Anda bisa mengajukan penghapusan akun untuk menghilangkan seluruh data termasuk riwayat transaksi. 

Apalagi, jika riwayat transaksi terlalu menumpuk dan perangkat Anda tidak mempunyai penyimpanan yang cukup besar, maka efeknya aplikasi Shopee akan lambat ketika Anda gunakan. Jadi, menghapus riwayat pembelian bermanfaat untuk merapikan ruang penyimpanan sekaligus mengurangi kelemotan Shopee. 

Sudah Tahu Cara Menghapus Riwayat Pesanan di Shopee?

Seperti yang sudah Anda pahami pada pembahasan sebelumnya, fitur atau cara menghapus riwayat pesanan di Shopee sampai saat ini masih belum tersedia. Sehingga, jika Anda ingin menghilangkan data transaksi pesanan selesai di Shopee, maka jalan keluarnya adalah dengan melakukan pengajuan penghapusan akun. 

Setelah Anda mendapatkan konfirmasi penerimaan hapus akun, maka seluruh data Anda termasuk riwayat pesanan juga akan hilang. Pastikan sebelum mengajukan penghapusan akun, Anda sudah menyelesaikan semua transaksi yang ada. 

Sebab, bila masih ada transaksi yang berjalan dan belum selesai, akun Anda tidak dapat terhapus. Selain itu, ingatlah bahwa menghapus akun berarti menghapus seluruh data Anda. Jadi, pertimbangkan baik-baik sebelum Anda memutuskan untuk menghapus akun demi menghilangkan riwayat pesanan di Shopee.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait