2 Cara Membuat Grup WA dengan Cepat tanpa Kendala

Makin Rajin

2 Cara Membuat Grup WA dengan Cepat tanpa Kendala

Cara membuat grup WA bisa Anda lakukan dengan mudah jika tahu fungsi ikon-ikon tanpa nama di Whatsapp. Grup WA akan memudahkan Anda dalam berkomunikasi dengan beberapa anggota sekaligus. Maka dari itu, langkah pembuatan grup WA perlu Anda ketahui. Berikut adalah langkah membuat grup WA dengan mudah.

Whatsapp dan Manfaatnya

Whatsapp Messenger atau lebih sering disingkat menjadi WA adalah sebuah media sosial pengiriman pesan instan gratis dan tanpa pulsa. WA hanya membutuhkan jaringan internet yang stabil dalam proses bertukar pesan.

Bentuk pesan yang bisa Anda kirimkan melalui WA bermacam-macam, mulai dari teks, foto, audio, video, hingga dokumen. Salah satu kelebihan WA adalah ringan di HP sehingga banyak orang menggunakannya.

Selain bertukar pesan instan dengan sesama pengguna, WA juga memiliki fitur Story. Melalui Story, Anda bisa membagikan teks, foto, video, dan audio kepada semua daftar kontak tanpa melalui pesan broadcast.

Melalui WA, Anda juga bisa membuat grup yang memungkinkan beberapa pengguna tergabung dalam 1 room chat yang sama. Biasanya, grup WA dimanfaatkan pengguna sebagai media komunikasi organisasi atau komunitas tertentu.

Whatsapp juga memiliki fitur yang memungkinkan Anda melakukan panggilan video dan panggilan suara. Ini memudahkan komunikasi jarak jauh pada era digital. Bahkan, saat ini Anda bisa melakukan share screen melalui panggilan video WA.

Tak hanya komunikasi pribadi, WA juga menyediakan fitur Whatsapp Bisnis yang berguna untuk pengembangan usaha. Salah satu fitur di dalam WA Bisnis adalah katalog dan jadwal buka toko. Ini memudahkan pembeli yang tidak ingin repot melakukan transaksi melalui banyak platform.

Baca Juga:  Cara Serlok di WA: Tata Cara, Fungsi, dan Alasannya

Selain diakses melalui mobile, Whatsapp juga bisa Anda akses melalui PC dengan cara login ke Whatsapp Web atau mengunduh aplikasi Whatsapp for PC. Namun, beberapa fitur seperti panggilan video tidak bisa Anda gunakan dengan Whatsapp Web.

Cara Membuat Grup WA

Ada 2 menu yang bisa Anda pilih untuk membuat grup wa, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Cara Membuat Grup WA melalui Tab New Chat

Adapun cara membuat grup Whatsapp lewat tab New Chat antara lain:

  1. Buka aplikasi Whatsapp kemudian klik ikon “New chat” pada bagian pojok kanan bawah halaman pertama aplikasi Whatsapp
  1. Pilih opsi “New group”
  1. Akan muncul daftar semua kontak, pilihlah kontak yang akan Anda masukkan ke dalam grup. Pastikan terdapat ikon centang pada kontak yang akan Anda masukkan ke grup.
  2. Selanjutnya, klik ikon panah pada bagian pojok kanan bawah.
  1. Isi nama grup sesuai kebutuhan
  2. Tekan ikon centang pada bagian pojok kanan bawah
  1. Grup telah selesai Anda buat

2. Cara Membuat Grup WA melalui Ikon Opsi (Titik Tiga)

Berikut ini adalah cara membuat grup Whatsapp lewat ikon titik tiga, antara lain:

  1. Buka aplikasi Whatsapp kemudian klik ikon titik 3 pada bagian pojok kanan atas halaman pertama aplikasi Whatsapp
  1. Pilih opsi “New group”
  1. Akan muncul daftar semua kontak. Pilihlah kontak yang akan Anda masukkan ke dalam grup. Selain itu, pastikan terdapat ikon centang pada kontak yang akan Anda masukkan ke grup tersebut. 
  2. Selanjutnya, klik ikon panah pada bagian pojok kanan bawah.
  1. Isi nama grup sesuai kebutuhan
  2. Tekan ikon centang pada bagian pojok kanan bawah
  1. Grup sudah bisa Anda gunakan

Perlu Anda ingat bahwa calon anggota grup harus Anda simpan terlebih dahulu sebagai kontak supaya bisa ditambahkan sebagai anggota. Namun, Anda bisa menambahkan nomor tersebut tanpa menyimpan kontak melalui invitation link. Cara menambahkan anggota grup melalui invitation link akan dibahas pada bagian selanjutnya.

Baca Juga:  Kode Bank BNI dan Bank Lainnya untuk Transaksi Transfer di ATM

Cara Menambahkan Anggota ke Grup

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah cara membuat grup WA, ada kemungkinan anggota akan bertambah seiring berjalannya waktu. Berikut adalah 2 cara untuk menambahkan anggota grup.

1. Melalui Invitation Link

Di bawah ini adalah cara menambahkan anggota grup WA melalui invitation link:

  1. Buka grup yang akan Anda tambahkan anggota
  2. Masuk pada halaman “Informasi grup” dengan cara menekan nama grup yang ada di bagian atas room chat
  3. Scroll ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Invite via link”
  4. Akan muncul beberapa pilihan, untuk membagikan link tersebut melalui aplikasi lain, pilih opsi “Copy link”
  5. Link sudah siap Anda bagikan

Membagikan invitation link secara terbuka dapat meningkatkan risiko grup dimasuki oleh akun tak bertanggung jawab. Untuk itu, Anda harus berhati-hati dalam membagikan invitation link.

Beberapa oknum melakukan tindakan yang merugikan seperti mengubah informasi grup atau mengeluarkan anggota grup. Namun, hal ini dapat Anda hindari dengan cara membatasi akses pengaturan hanya untuk admin saja.

2. Melalui Add Participants

Berikut adalah cara menambahkan anggota grup WA lewat menu Add Participants:

  1. Buka grup yang akan Anda tambahkan anggota
  2. Masuk pada halaman “Informasi grup” dengan cara menekan nama grup yang ada di bagian atas room chat
  3. Scroll ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Add participants”
  4. Pilih daftar kontak yang akan Anda tambahkan ke grup
  5. Anggota baru telah masuk grup ditandai dengan notif yang muncul pada room chat

Jika ingin memilih cara ini, Anda sebelumnya harus menambahkan nomor ponsel calon anggota ke dalam kontak. Jika tidak ditambahkan, calon anggota tersebut tidak bisa Anda masukkan ke dalam grup karena namanya tidak Anda temukan di daftar kontak.

Baca Juga:  Cara Menghapus Akun Facebook Orang Lain dengan Mudah

Cara Keluar Grup WA

Tak jarang Anda akan menemui kondisi yang mengharuskan Anda untuk keluar grup. Biasanya, alasan utama seseorang keluar grup adalah grup tersebut sudah tidak digunakan lagi. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk keluar grup WA.

  1. Buka aplikasi Whatsapp Anda
  2. Masuk ke dalam room chat grup yang akan Anda tinggalkan
  3. Masuk ke halaman “Informasi grup” dengan cara menekan nama grup yang ada di bagian paling atas room chat
  4. Gulir ke bagian bawah sampai menemukan pilihan “Exit group”
  5. Anda telah meninggalkan grup dan tidak bisa mengirim pesan kembali

Sebagai pengguna Whatsapp, Anda juga bisa membuat grup sendiri sesuai dengan kebutuhan. Cara membuat grup WA bisa Anda ikuti langkah-langkahnya pada bagian awal artikel ini.

Cara Menghapus Grup WA

Grup Whatsapp tidak bisa Anda hapus begitu saja. Sebelum menghapus grup WA, Anda harus mengeluarkan semua anggota grup (jika Anda adalah admin). Jika semua anggota telah keluar, akan muncul opsi “Delete group” pada halaman “Informasi group”.

Namun, jika status Anda hanya sebagai anggota, Anda bisa langsung meninggalkan grup dan menghapusnya dari daftar pesan pada halaman awal Whatsapp. Cara keluar dari grup WA bisa Anda ikuti langkah-langkahnya pada bagian sebelumnya.

Sudah Tahu Langkah-langkah Cara Membuat Grup WA?

Whatsapp adalah salah satu media sosial khusus pengiriman pesan instan yang cukup umum dipakai. Selain karena ringan, penggunaan Whatsapp juga mudah untuk semua kalangan. Dari pelajar hingga orang dewasa, semua sudah umum memanfaatkan WA untuk sarana komunikasi.

Grup menjadi fitur yang manfaatnya paling terasa. Melalui grup WA, Anda bisa berkomunikasi atau berkirim pesan dengan banyak orang sekaligus. Sebaiknya, Whatsapp Anda gunakan secara bijak. Meski ada kesempatan untuk melakukan hal-hal negatif, sebagai pengguna yang bijaksana, Anda seharusnya menghindari hal tersebut.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait