Cara Serlok di WA: Tata Cara, Fungsi, dan Alasannya

Makin Rajin

Cara Serlok di WA: Tata Cara, Fungsi, dan Alasanny

Dalam era digital yang terus berkembang, aplikasi pesan instan seperti WhatsApp telah menjadi sebuah kebutuhan dari kebutuhan manusia. Salah satu fiturnya adalah share location (serlok). Bagaimana cara serlok di WA? 

Apa Itu Fitur Share Location (Serlok) di WhatsApp?

Fitur share location (serlok) adalah salah satu fitur di aplikasi WhatsApp yang dapat Anda gunakan untuk berbagi lokasi saat ini, lokasi langsung (live location), atau lokasi tempat-tempat lain yang Anda inginkan. Fitur ini memanfaatkan teknologi GPS atau Global Positioning System.

Anda dapat berbagi dan mengirimkan suatu lokasi tanpa harus bertanya dan mencari tahu alamat Anda berada saat ini.

WhatsApp menyediakan beberapa fitur dalam berbagi lokasi, di antaranya adalah: share live location atau berbagi lokasi Anda secara langsung, current location atau berbagi lokasi Anda saat ini, dan Anda juga bisa mengetik atau mencari titik lainnya yang ingin Anda bagikan kepada orang lain melalui kolom search atau pencarian.

Mari kenali cara serlok di WA dan fitur berbagi lokasi lainnya secara lengkap berikut ini.

Cara Serlok (Share Location) di WA

Anda mungkin sudah mengetahui beragam fitur berbagi lokasi di WhatsApp, sekarang mari ketahui bagaimana cara serlok di WA dengan mudah berikut ini:

1. Cara Berbagi Current Location atau Lokasi Anda Saat Ini

Cara pertama untuk berbagi lokasi di WA adalah send your current location atau berbagi lokasi Anda saat ini. 

Baca Juga:  Cara Membuat Link Google Drive Dengan Mudah

Caranya sangat mudah. Pertama, buka aplikasi WhatsApp. Kemudian, buka room chat teman Anda. Lalu, ketuk ikon Insert. Ketika Anda mengetuk ikon Insert, Anda akan melihat berbagai macam tanda. Ketuk tanda Location. 

Kemudian, Anda pilih opsi send your current location atau berbagi lokasi Anda saat ini. Lalu, lokasi Anda akan langsung terkirim ke room chat teman Anda.

Jika Anda masih bingung, berikut adalah langkah-langkah beserta gambar yang dapat Anda ikuti:

  • Buka WhatsApp, pergi ke room chat, ketuk ikon Insert.
  • Ketuk ikon Location atau Lokasi. Kemudian, ketuk send your current location atau berbagi lokasi Anda saat ini.
  • Lokasi Anda saat ini akan langsung terkirim ke room chat Anda.

Sangat mudah, bukan? Selanjutnya, mari ketahui cara berbagi lokasi langsung atau live location.

2. Cara Berbagi Live Location atau Lokasi Langsung Anda

Cara serlok di WA yang kedua adalah share live location atau berbagi lokasi langsung Anda. 

Caranya sangat mudah. Pertama, buka aplikasi WhatsApp. Kemudian, buka room chat teman Anda. Lalu, ketuk ikon Insert. Ketika Anda mengetuk ikon Insert, Anda akan melihat berbagai macam tanda. Ketuk tanda Location. 

Kemudian, Anda pilih opsi share live location atau berbagi lokasi langsung Anda. Lalu, lokasi langsung Anda akan secara langsung terkirim ke room chat Anda.

Dalam fitur live location atau lokasi langsung ini, Anda dapat mengatur durasi yang Anda inginkan saat berbagi lokasi langsung. WhatsApp menyediakan 3 opsi durasi live location, yakni 15 menit, 1 jam, dan 8 jam. 

Selain itu, Anda juga dapat memberikan komen atau teks yang ingin Anda kirimkan ke teman Anda. Jika Anda ingin menghentikan berbagi live location, Anda bisa mengetuk tombol stop sharing atau berhenti berbagi. Lalu, live location Anda akan langsung berhenti bergerak.

Baca Juga:  Cara Mengetahui WA Disadap dan Solusi Mencegahnya

Mudah, bukan? Mari kita beranjak ke fitur share location yang terakhir.

3. Cara Berbagi atau Mengirimkan Lokasi/Tempat Lain

Cara serlok di WA yang ketiga atau cara terakhir adalah berbagi lokasi atau tempat lain. Anda dapat membagikan lokasi apapun yang Anda ingin kirimkan melalui kolom search atau pencarian yang terletak di kanan atas.

Caranya sangat mudah. Pertama, buka aplikasi WhatsApp. Kemudian, buka room chat teman Anda. Lalu, ketuk ikon Insert. Ketika Anda mengetuk ikon Insert, Anda akan melihat berbagai macam tanda. Ketuk tanda Location. 

Kemudian, Anda pilih opsi search atau pencarian yang terletak di bagian kanan atas. Kemudian, ketiklah lokasi yang ingin Anda bagikan kepada teman Anda. 

Selain itu, Anda juga dapat memilih beberapa lokasi yang terdekat dengan lokasi Anda saat ini di bawah opsi send your current location atau berbagi lokasi Anda saat ini.

Itulah ketiga cara serlok di WA beserta fungsinya. Dengan fitur ini, Anda dapat membagikan berbagai lokasi yang Anda ingin bagikan kepada teman, sahabat, keluarga, dan kolega tanpa repot harus mencari tahu alamat tersebut. Anda juga dapat membagikan lokasi terdekat dengan posisi Anda saat ini.

Mengapa Harus Melakukan Cara Serlok di WA?

Berbagi lokasi di WhatsApp dapat memiliki berbagai manfaat, terutama dalam situasi tertentu. Berikut ini adalah alasan mengapa Anda harus melakukan serlok di WA.

1. Kemudahan dalam Berkumpul dengan Teman dan Keluarga

Jika Anda sedang berada di tempat yang tidak Anda kenali atau sedang berada di lokasi yang sulit untuk ditemukan, Anda dapat berbagi lokasi secara langsung dengan orang yang ingin Anda temui. Melalui fitur ini, Anda akan terbantu untuk jalan menuju lokasi dengan lebih cepat dan tanpa kesulitan.

Baca Juga:  4 Cara Download Video di YouTube, Singkat dan Mudah!

2. Keamanan dalam Perjalanan

Berbagi lokasi di WhatsApp juga dapat meningkatkan keamanan Anda saat melakukan perjalanan. Misalnya, jika Anda sedang dalam perjalanan jauh dan terjebak lalu lintas, Anda dapat berbagi lokasi Anda dengan teman atau keluarga.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kabar secara real-time tentang keberadaan Anda dan memungkinkan mereka untuk mengikuti perjalanan Anda secara langsung, sehingga mereka dapat memberikan bantuan jika diperlukan.

3. Membantu dalam Situasi Darurat

Jika Anda sedang terjebak dalam situasi darurat, berbagi lokasi di WhatsApp akan menjadi salah satu solusi. 

Jika Anda membutuhkan bantuan segera, seperti kecelakaan atau situasi berbahaya dan darurat lainnya, berbagi lokasi akan memungkinkan pihak berwenang, layanan darurat, keluarga, atau teman untuk menemukan Anda dengan lebih cepat.

Namun, Anda juga harus berhati-hati dalam menggunakan fitur berbagi lokasi, karena lokasi Anda juga termasuk privasi. Berikan detail lokasi hanya kepada orang yang Anda percaya. Jangan sekali-kali membagikan lokasi Anda ke orang yang tidak Anda kenal untuk menghindari bahaya yang bisa saja menghampiri Anda.

Sudah Tahu Berbagai Cara Serlok di WA?

Share location (serlok) di WhatsApp adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk berbagi lokasi Anda dengan teman dan keluarga. Fitur ini telah membuktikan kegunaannya dalam berbagai situasi. Serlok mempermudah pertemuan dengan teman dan keluarga, terutama di tempat yang Anda tidak kenali. Kemudian, fitur ini juga dapat meningkatkan keamanan dalam perjalanan dengan memberikan informasi secara real-time kepada orang terdekat tentang lokasi Anda. Selain itu, serlok dapat menjadi alat berharga dalam berbagai situasi darurat. Jadi, itu dia cara serlok di WA beserta fungsi-fungsinya yang dapat Anda coba.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait