5 Cara Menebalkan Tulisan di WA dalam Berbagai Format

Makin Rajin

5 Cara Menebalkan Tulisan di WA dalam Berbagai Format

Tulisan di media sosial seringkali harus Anda edit supaya bisa menekankan isinya dengan lebih jelas. Bentuk tulisannya bisa berupa tulisan tebal, miring, atau bergaris bawah. Kali ini, Anda akan belajar tentang cara menebalkan tulisan di WA.dengan cepat tanpa ribet!

5 Cara Menebalkan Tulisan di WA Tanpa Ribet

Anda perlu tahu kalau membuat tulisan di WhatsApp jadi tebal belum tentu melibatkan kombinasi tombol Control dan B. Ada lima cara mempertebal tulisan yang cocok untuk Anda terapkan di aplikasi WhatsApp, baik di komputer atau di HP.

1. Teks WhatsApp di Komputer

Mungkin tidak banyak orang yang punya aplikasi WhatsApp di komputer atau laptop. Namun jika Anda punya, maka perhatikan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, login ke aplikasi WhatsApp di komputer atau laptop Anda.
  2. Di halaman utama WhatsApp, Anda siapkan sebuah chat baru dan klik kotak teks untuk menulis sebuah pesan, misalnya “Selamat Pagi”.
  3. Blok tulisan itu dengan mengklik tombol kiri mouse Anda di depan teks itu, lalu Anda seret hingga menutupi seluruh bagian teks pilihan Anda.
  4. Dari sini ada dua pilihan; yang pertama adalah dengan menekan tombol Control (Ctrl) dan tombol B di keyboard secara bersamaan.
  5. Sementara itu, cara kedua ialah dengan mengklik pada lambang B (Bold) tebal di sebelah atas tulisan yang Anda blok itu.
  6. Contoh teks “Selamat Pagi” yang Anda tuliskan sebelumnya sekarang akan berubah menjadi “Selamat Pagi”.
  7. Silakan Anda ulangi langkah-langkah penebalan tulisan ini pada kata, kalimat, maupun paragraf lainnya pada pesan WhatsApp Anda.
Baca Juga:  5 Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data dengan Mudah

2. Teks WhatsApp di Smartphone

Karena smartphone tidak memiliki tombol Control dan B sebagaimana perangkat komputer, silakan Anda ikuti cara menebalkan tulisan di WA berikut ini.

  1. Silakan buka aplikasi WhatsApp Anda dan siapkan chat baru untuk menulis.
  2. Pada kotak teks, Anda tulis dulu sebuah kata atau kalimat yang akan ditebalkan, misalnya kata “Pengumuman”.
  3. Ketuk dan tahan jari Anda pada kata tersebut di layar HP untuk membloknya..
  4. Jika berhasil, maka akan muncul kotak dialog; klik tanda tiga titik di sebelah kanan layar HP.
  5. Scroll ke bagian bawah menu tiga titik itu untuk menemukan pilihan “Tebal”.
  6. Klik pilihan itu supaya teks yang Anda blok sebelumnya menjadi tebal, sehingga teks akan tampak seperti ini; “Pengumuman”.
  7. Atau, Anda juga bisa menggunakan cara lain yakni menginput tanda bintang atau asterisk di antara kata/kalimat yang ingin dipertebal (misalnya: *Pengumuman*).
  8. Ulangi langkah-langkah di atas jika Anda masih ingin menebalkan teks atau paragraf lainnya pada kotak teks sebelum Anda kirim.

3. Teks Keterangan Gambar

WhatsApp juga dapat Anda gunakan untuk berbagi gambar, maka Anda sebaiknya mengikuti cara menebalkan tulisan di WA untuk gambar berikut ini.

  1. Bukalah aplikasi WhatsApp Anda dan siapkan sebuah postingan baru.
  2. Pada kotak teks, ketuk lambang klip kertas dan klik menu galeri untuk menyematkan gambar di pesan WhatsApp.
  3. Pilih gambar apapun yang Anda mau, kemudian tuliskan teks keterangan di bawah gambar itu.
  4. Ketuk dan tahan teks keterangan itu sebelum Anda bisa menebalkannya.
  5. Begitu ada kotak dialog yang muncul, klik tanda tiga titik dan scroll ke bawah untuk menemukan opsi “Tebal”.
  6. Silakan klik opsi tersebut supaya teks keterangan gambar menjadi tebal sebelum Anda kirimkan.

4. Pengaturan Ukuran Font

Jika masih kesulitan membaca teks chat WA meski sudah ditebalkan, cara lainnya adalah dengan mengubah ukuran font chat WhatsApp. Cara ini dapat Anda terapkan pada WhatsApp di komputer dan smartphone, tetapi Anda harus tahu cara mengakses menu pengaturannya dulu.

  1. Pertama, Anda perlu masuk dulu ke halaman utama WhatsApp.
  2. Ketimbang menyiapkan sebuah pesan baru, Anda klik tanda tiga titik di sebelah kanan atas pada layar komputer atau HP Anda.
  3. Cari dan klik menu “Setelan” untuk masuk ke pengaturan WhatsApp, lalu klik opsi “Chat”.
  4. Anda akan menemukan sebuah opsi bertuliskan “Ukuran Font”; klik opsi tersebut untuk melihat variasi ukuran font WhatsApp.
  5. Pilihlah opsi font besar dan kembali ke halaman utama aplikasi WhatsApp.
  6. Sekarang Anda bisa mencoba menulis sebuah teks pada kotak teks di menu chat baru.
  7. Apabila teks yang sudah Anda tulis itu masih terasa kurang tebal, Anda bisa menerapkan gaya tulisan “Bold” pada teks tersebut.
Baca Juga:  4 Cara Cek Spesifikasi Laptop Berbagai Jenis Merek

5. Aplikasi Pengubah Font

Cara menebalkan tulisan di WA ini mengharuskan Anda untuk mengunduh aplikasi tambahan diluar WhatsApp, baik dari Google Play atau sumber lainnya.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah membuka aplikasi Google Play.
  2. Pada layar utama Google Play, Anda klik kotak pencarian di bagian atas dan tuliskan “aplikasi edit font huruf”.
  3. Anda lalu akan melihat sekumpulan aplikasi untuk mengedit tulisan yang sekiranya cocok untuk mempertebal tulisan di WhatsApp.
  4. Pilih dan unduh aplikasi tambahan itu, baru Anda bisa mencoba membuat tulisan tebal untuk WA sesuai kreasi yang Anda sukai.
  5. Jika sudah siap, salin tulisan hasil editan Anda lalu tempelkan di kotak teks WhatsApp.
  6. Periksa dulu apakah tulisan hasil editan itu sudah bagus atau tidak sebelum Anda mengirimkannya.

Membuat Campuran Gaya Teks Tebal dan Miring

Anda juga boleh saja membuat teks WhatsApp yang mencampurkan gaya teks tebal dan miring jika ingin memperjelas suatu pesan.

  1. Untuk membuat gaya teks WA campuran ini, masuk dulu ke akun WhatsApp.
  2. Siapkan sebuah chat baru dan klik atau ketuk pada kotak teks.
  3. Buatlah sebuah contoh pesan, lalu blok tulisan itu dan terapkan salah satu cara menebalkan tulisan di WA di bagian sebelumnya.
  4. Kalau sudah, maka Anda bisa menekan tombol keyboard Control (Ctrl) dan tombol I jika menggunakan komputer atau laptop.
  5. Bagi WhatsApp versi smartphone, ketuk dan tahan teks tersebut untuk membloknya, lalu ketuk simbol tiga titik di kanan layar HP.
  6. Geser opsi itu ke bagian bawah untuk menemukan pilihan “Miring”, tepat di bawahnya pilihan “Tebal”.
  7. Setelah Anda melakukan langkah-langkah tersebut, maka pesan di kotak teks Anda akan memiliki gaya tulisan tebal dan miring.
Baca Juga:  Cara Membuat Link Google Drive Dengan Mudah

Solusi Jika Cara Menebalkan Tulisan di WA Gagal

Bagaimana jika cara-cara yang telah dijabarkan di bagian sebelumnya mendadak tidak berfungsi dengan benar? Anda jangan khawatir, karena ada beberapa fitur atau pengaturan tambahan yang bisa Anda coba untuk menebalkan tulisan WhatsApp.

  1. Lakukan update pada aplikasi WhatsApp Anda dengan cara mengunjungi Google Play dan memperbarui versi aplikasinya.
  2. Gunakan fitur chat heads atau notifikasi khusus WhatsApp yang memungkinkan Anda untuk melihat pesan masuk saat sedang memakai aplikasi lain.
  3. Apabila kamu tak punya aplikasi tambahan yang bisa mengubah bentuk font, maka gunakan font bawaan dari sistem smartphone Anda.
  4. Anda juga bisa memakai tambahan berupa gaya tulisan Italic apabila teks yang sudah ditebalkan masih tampak kecil atau buram.

Sudah Tahu Cara Menebalkan Tulisan di WA?

Kelima cara untuk membuat tulisan di WhatsApp menjadi tebal dan lebih terbaca itu bisa Anda terapkan sesuai perangkat yang digunakan. Sebetulnya masih ada lagi beragam cara mengedit pesan di WhatsApp selain membuatnya lebih tebal. Jadi, jangan ragu untuk mencoba kreasi gaya tulisan yang lainnya!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait