5 Cara Mengetahui WA Diblokir Tanpa Chat Ke Nomor Tujuan

Makin Rajin

5 Cara Mengetahui WA Diblokir Tanpa Chat Ke Nomor Tujuan

Whatsapp atau WA merupakan aplikasi chatting yang paling populer di Indonesia saat ini. Apalagi aplikasi ini memiliki berbagai fitur menarik untuk penggunanya. Salah satu fitur WA adalah pengguna bisa memblokir pengguna lain. Lantasm bagaimana cara mengetahui WA diblokir tanpa chat nomor pemblokir? Cari tahu di sini!

5 Cara Mengetahui Whatsapp Diblokir Tanpa Chat 

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui Whatsapp diblokir dengan cara berikut: 

1. Memeriksa Waktu Terakhir Dilihat 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui pengguna lain memblokir nomor WA Anda adalah dengan mengecek status “last seen” atau “terakhir dilihat” dari pemblokir. Jika Anda masih bisa melihat status tersebut, artinya nomor WA aman dan tidak terblokir. 

Namun sebaliknya, jika tidak bisa melihat status tersebut, maka kemungkinan pengguna lain memblokir WA Anda. Meski ada kemungkinan lain, yaitu pengguna tersebut mematikan fitur status terlihatnya. 

Whatsapp memang memberikan kebebasan kepada pengguna untuk mengatur privasi agar “last seen” dalam kondisi mati. Atau hanya bisa terlihat oleh nomor yang sudah tersimpan dalam kontak saja. 

2. Melihat Foto Profil 

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melihat foto profil pengguna yang bisa Anda buka melalui kolom chat. Anda akan melihat foto kosong jika pengguna lain memblokir kontak WA. Namun, ada kemungkinan pengguna memang tidak memasang foto profil. 

Baca Juga:  Cara Menghapus Pencarian di Play Store yang Mudah dan Cepat

Foto profil WhatsApp yang kosong secara default bergambar kepala orang yang berwarna abu-abu. Namun, ada faktor lain yang menyebabkan foto profil kosong selain blokir dan tidak memasang, yaitu pengguna lain mengatur agar foto hanya diketahui oleh kontak yang sudah menyimpan nomornya. 

3. Tidak Bisa Melihat Status 

Cara mengetahui WA diblokir tanpa chat ke nomor tujuan lainnya adalah dengan memantau status dari pengguna tersebut. Cara ini cukup tepat, terutama bagi pengguna yang biasanya sering update status, tetapi tiba-tiba Anda tidak pernah melihat statusnya kembali. 

Terdapat dua kemungkinan yang bisa terjadi jika Anda tidak bisa melihat status pengguna lain. Pertama, pengguna tersebut memblokir kontak Anda. Kedua, pengguna mengatur privasi agar status hanya bisa dilihat oleh beberapa orang saja. Jadi, untuk memastikannya Anda bisa langsung bertanya ke pengguna yang bersangkutan.

4. Menelepon 

Cara selanjutnya untuk mengetahui pengguna lain memblokir kontak WA Anda atau tidak adalah dengan mencoba menelepon pengguna tersebut. Jika panggilan telepon tidak sampai, artinya pengguna memblokir kontak Anda. 

Jika hanya mendengar nada sambung, namun tidak ada jawaban dari nomor tujuan. Maka, artinya bisa saja telepon tersebut tidak terhubung. Pada layar WA hanya akan terdapat keterangan “memanggil”. Sedangkan jika telepon terhubung, maka keterangannya adalah “berdering”. 

5. Masukkan Nomor Ke Dalam Grup 

Cara mengetahui WhatsApp terblokir tanpa chat selanjutnya adalah dengan memasukkan nomor pengguna tersebut ke dalam grup. Anda bisa membuat grup terlebih dahulu, kemudian masukkan kontak sesuai keinginan. Jika kontak tersebut tidak bisa masuk ke dalam grup, maka pengguna tersebut memblokir kontak Anda. 

Cara Membuka Blokiran WA Tanpa Ganti Nomor 

Setelah mengetahui cara mengetahui WA diblokir tanpa chat, sekarang saatnya Anda mengetahui bagaimana cara membuka blokir tanpa harus ganti nomor HP. Lakukan langkah berikut: 

  1. Pertama, cadangkan semua pesan dari WhatsApp Anda.
  2. Bukalah pada menu setting atau pengaturan.
  3. Lalu, klik akun yang terletak pada menu profil.
  4. Pilih hapus akun saya kemudian hapus aplikasi Whatsapp Anda.
  5. Selanjutnya, install ulang aplikasi Whatsapp dan masukkan nomor Anda yang sama seperti nomor sebelumnya untuk mulai menggunakan Whatsapp kembali. 
  6. Setelah masuk ke aplikasi Whatsapp, cobalah untuk mengirim pesan ke nomor yang sebelumnya memblokir Anda. Nah, dengan cara tersebut Anda bisa langsung terhubung kembali. 
Baca Juga:  Cara Live di Tiktok Sendiri & Dengan Teman via Android/iOS

Cara Blokir Whatsapp 

Jika sebelumnya adalah cara mengetahui WA diblokir tanpa chat, maka Anda juga bisa memblokir WA orang lain. Berikut cara yang bisa Anda lakukan: 

  • Pertama, pilih ikon titik tiga pada menu pojok kanan atas aplikasi WhatsApp.
  • Lalu, masuk pada Setting > Account > Privacy > Blocked Contacts.
  • Cari kontak yang ingin Anda blokir dan klik satu kali pada kontak tersebut. Secara otomatis, kontak akan terblokir dan sudah tidak terhubung lagi. 

Jika Anda berubah pikiran dan ingin membuka blokir tersebut, cukup klik kontaknya dan pilih “Buka Blokir”.

Efek Memblokir Nomor WhatsApp 

Tidak hanya mengetahui cara memblokir WA, Anda juga perlu memahami apa saja efek memblokir nomor Whatsapp pengguna lain. Berikut efek-efeknya:

1. Tidak Dapat Mengirim atau Menerima Pesan 

Nomor Whatsapp yang sudah Anda blokir artinya sudah tidak saling terhubung, sehingga tidak bisa mengirimkan atau menerima pesan. Mulai dari pesan berupa teks, foto, video, pesan suara, maupun berupa tautan atau link

Meskipun demikian, Anda tetap bisa melakukan komunikasi dengan nomor tersebut dengan cara mengirimkan pesan SMS. Namun, jika Anda sudah memblokir nomor melalui kontak manual, maka mengirim SMS pun sudah tidak bisa. 

2. Tidak Dapat Melakukan Panggilan Telepon 

Efek selanjutnya yang akan Anda rasakan jika memblokir nomor adalah tidak bisa melakukan panggilan telepon maupun video call melalui aplikasi Whatsapp. Namun, nomor yang Anda blokir tersebut masih bisa melakukan panggilan di luar Whatsapp atau melalui telepon seluler biasa. 

Baca Juga:  Cara Menghapus File Sampah di HP Samsung dengan Mudah

3. Tidak Mengetahui Info Online dan Last Seen 

Seperti yang Anda tahu dari penjelasan cara mengetahui WA diblokir tanpa chat, nomor yang tidak Anda blokir sudah pasti jika sedang aktif akan ada keterangan online. Selain itu, jika pengguna tersebut mengaktifkan last seen, maka akan terlihat tanggal dan jam terakhir membuka Whatsapp. 

Sedangkan jika Anda memblokir kontak Whatsapp pengguna lain, maka tidak akan bisa mengetahui info saat pengguna tersebut sedang online maupun info last seen

4. Tidak Dapat Melihat Profil dan Bio 

Efek selanjutnya dari memblokir kontak Whatsapp adalah tidak bisa melihat foto profil dan bio pengguna tersebut. Namun, jika tidak ada pemblokiran, Anda akan tetap bisa melihat setiap pembaruan foto profil maupun bio. 

5. Daftar Kontak 

Pada daftar kontak yang ada pada aplikasi Whatsapp, akan tertulis keterangan yang memberitahu bahwa Anda memblokir kontak tersebut. Sehingga jika sewaktu-waktu Anda memiliki kepentingan dan ingin mengirim pesan, maka harus membuka blokir terlebih dahulu. 

6. Tidak Bisa Melihat Update Status Whatsapp 

Setelah Anda memblokir Whatsapp pengguna lain, maka secara otomatis akses untuk melihat aktivitas pengguna tersebut juga sudah terputus. Sehingga saat pengguna update status, Anda juga tidak bisa melihatnya kembali. Pengguna WA yang Anda blokir juga tidak bisa melihat setiap update status Anda. 

Sudah Tahu Cara Mengetahui WA Diblokir Tanpa Chat? 

Itulah ulasan lengkap mengenai cara mengetahui WA terblokir tanpa harus chat ke nomor tujuan. Sebenarnya, jika orang lain memblokir WA ada cara lain yang untuk mengatasinya dengan lebih mudah, yaitu mengganti nomor telepon. Tentu saja, ini akan kembali pada kebutuhan. 

Sebagai catatan, Anda memang bisa melakukan pemblokiran pada orang lain. Namun, pakailah fitur ini dengan lebih bijak. Alih-alih langsung memutus hubungan, Anda bisa melakukan komunikasi dan memecahkan masalah bersama. Semoga membantu!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait