Cara Menghapus Pencarian di Play Store yang Mudah dan Cepat

Makin Rajin

Cara Menghapus Pencarian di Play Store yang Mudah dan Cepat

Bagi pengguna smartphone Android, pencarian dan pengunduhan aplikasi dari Google Play Store yang relatif tinggi akan membuat adanya penumpukan riwayat pencarian. Nah, supaya tidak semakin menumpuk, Anda bisa menghapus riwayat pencarian di Play Store dengan langkah cara yang mudah, lho!

Penasaran bagaimana caranya? Baca artikel ini sampai habis untuk menemukan jawabannya, ya!

Tentang Google Play Store

Seperti kurang afdol jika mengetahui cara menghapus pencarian di Play Store, tetapi tidak mengenal definisi dasarnya. Google Play Store merupakan aplikasi distribusi digital yang Google kembangkan dan rancang khusus untuk sistem operasi Android.

Platform ini berfungsi sebagai toko aplikasi yang memungkinkan pengguna Android menjelajahi dan mengunduh aplikasi apa pun yang mereka butuhkan. Google menyediakan berbagai aplikasi yang dapat pengguna unduh secara gratis atau berbayar.

Saat peluncurannya pada Agustus 2008 silam, Play Store memiliki nama awal Android Market dengan dua layanan pelengkap yaitu Google Music dan Google eBookstore. Kemudian, secara bertahap, Google memperluas layanannya seperti Google Play Books, Google Play Games, Google Play Film & TV, dan Google Play Music.

Cara Kerja Google Play Store

Google Play Store menjadi layanan yang menyediakan lebih dari 2 juta aplikasi dan layanan lainnya untuk miliaran orang di seluruh dunia. Keberadaannya tentu telah memberikan pengaruh bagi pengguna maupun developer aplikasi tersebut. Melansir Google, berikut ini cara kerja Play Store:

Baca Juga:  5 Cara Menghapus Nomor WA (WhatsApp) Paling Mudah dan Cepat

1. Menghubungkan Orang dengan Berbagai Pilihan Aplikasi dan Game

Play Store mempermudah pengguna mendapatkan aplikasi dan game dengan kualitas tinggi. Serta pihak Play Store maupun developer dapat menjamin keamanan privasi data penggunaannya dengan cara memberi akses pengguna untuk dapat menghapus riwayat pencarian di dalam aplikasi Play Store.

2. Membantu Developer Mengembangkan Bisnis Secara Global

Dengan proses unduh yang dilakukan, secara langsung aplikasi Play Store menghubungkan antara developer dan pengguna. Akan ada jutaan developer dan miliaran pengguna yang akan berhadapan langsung. Momen ini menjadi kesempatan developer untuk dapat mengembangkan bisnis secara global.

3. Memberi Pengguna Banyak Pilihan

Tidak hanya menjadi layanan yang menyediakan jutaan aplikasi dan game gratis hingga berbayar, kesempatan yang sama menguntungkannya juga tersedia untuk developer. Sistem operasi yang terbuka dan gratis menjadi peluang produsen untuk berinovasi dalam menciptakan perangkatnya.

4. Meraih Kesuksesan Bersama

Pihak Google dengan terbuka mendeklarasikan bahwa pengembang aplikasi dan game merupakan kunci penggerak Play Store. Oleh sebab itu, Google serta merta mendukung pertumbuhan mereka dengan menetapkan biaya yang rendah. 

Cara Menghapus History Pencarian di Play Store

Setelah memahami deskripsi singkat dan cara kerja Play Store, langsung saja simak langkah-langkah cara menghapus riwayat pencarian di Play Store yang kami rangkum dari berbagai sumber di bawah ini:

  1. Bukalah aplikasi Play Store pada perangkat Android yang Anda miliki.
  2. Kemudian, klik ikon Profil yang ada di bagian pojok kanan atas.
  1. Klik menu Settings.
  2. Lalu, pilih menu General atau Umum. Nantinya, Anda akan melihat beberapa menu lanjutan. 
  3. Pilih opsi Preferensi akun dan perangkat.
  1. Setelah itu, scroll down sampai Anda menemukan menu Histori. Lanjut dengan pilih opsi “Hapus Histori Penelusuran Perangkat”.
  1. Terakhir, lakukan konfirmasi tindakan Anda dengan pilih opsi “Hapus Histori”. 
Baca Juga:  7 Cara Menghapus History Youtube di Laptop dan Smartphone

Sekarang Anda sudah menyelesaikan langkah-langkah cara menghapus seluruh histori pencarian di Play Store. Mudah, bukan?

Cara Play Store Merekomendasikan Aplikasi Kepada Pengguna

Play Store memberi pengguna banyak opsi dalam menemukan aplikasi sesuai kebutuhannya. Sejalan dengan itu, tujuan Google adalah agar dapat menentukan aplikasi yang ditampilkan beserta jumlahnya dan bagaimana aplikasi ini dapat pengguna pahami dengan mudah. Beberapa faktor terkait hal ini adalah:

1. Relevansi Pengguna

Google senantiasa menampilkan konten yang substansial bagi penggunanya. Mulai dari penentuan bagian Play Store yang diakses, apakah aplikasi relevan dan tersedia karena terdapat aplikasi yang hanya tersedia di negara tertentu.

Untuk memunculkan konten yang relevan, Google menentukan lebih dulu apa yang sedang pengguna cari. Penentuan akan terlihat dari intent pengguna dengan sinyal implisit atau eksplisit ketika pemakaian fungsi penelusuran. Dimulai dengan penafsiran kata yang diketik dan menentukan apakah pengguna mencari aplikasi tertentu.

Sebagai contoh, jika intent pengguna dalam penelusuran “aplikasi foto”, maka Google akan secara otomatis memberikan aplikasi yang relevan. Namun, Google juga mempertimbangan sinyal lain yang bisa membantu penggunanya menemukan aplikasi dengan kualitas terbaik. 

2. Pengalaman Aplikasi yang Berkualitas

Setiap pengguna mengharapkan aplikasi berkualitas tinggi yang mana performanya dapat memberi pengalaman baik dan nilai guna yang melebihi kemampuan dasarnya. Dengan pengalaman pengguna yang positif terhadap aplikasi, maka seluruh ekosistem akan diuntungkan. 

Aplikasi berkualitas tidak hanya tentang pengalaman pengguna terhadap aplikasi Play Store. Namun juga terkait pengalaman pra-penginstalan, seperti pada ikon, deskripsi, video, judul, tampilan aplikasi, dan link. Termasuk kemudahan cara menghapus riwayat pencarian aplikasi di dalam aplikasi Play Store.

Elemen ini memberi gambaran awal tentang karakteristik aplikasi dan menentukan keputusan akhir pengguna untuk mengunduh atau tidak. Penentuan kualitas aplikasi menjadi penting sebab pengguna dapat melihat tinggi rendahnya performa aplikasi. 

Baca Juga:  3 Cara Menghapus Pencarian di Google, Mudah dan Langsung Bersih!

3. Nilai Editorial

Pengguna bisa mengandalkan perspektif Google terkait konten yang perlu diperhatikan, unik, dan menarik. Isinya mencakup konten yang secara manual menampilkan dan mempromosikan aplikasi, bisa lewat artikel atau deskripsi. Penempatannya bisa berkelanjutan atau musiman dan dapat ditampilkan dengan berbagai desain visual.

Terdapat label “Pilihan Editor” yang mana menampilkan aplikasi dengan performa baik untuk topik tertentu. Beberapa aplikasi juga ada yang Google buatkan kampanye merchandising. Misalnya, ketika hari Natal atau promo karena ada update besar.

4. Iklan

Pengembang aplikasi bisa beriklan untuk menampilkan aplikasi mereka agar lebih dikenal oleh pengguna. Ciri utama aplikasi beriklan adalah memiliki tanda bertuliskan “iklan” atau “bersponsor”.

5. Pengalaman Pengguna

Google selalu memastikan setiap penggunanya puas dalam menemukan aplikasi yang mereka inginkan. Maka dari itu, mempertimbangkan pengalaman pengguna sangat penting untuk mendesain setiap pembaharuan pada seluruh aspek Play Store. 

Lima faktor di atas akan mempengaruhi peringkat yang berbeda berdasarkan tempat pengguna melakukan pencarian di Play Store, perangkat yang dipakai, serta preferensi pribadi masing-masing pengguna.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google Play Store Mudah, Bukan?

Demikian penjelasan langkah-langkah cara menghapus pencarian di Play Store yang merupakan platform digital milik Google yang mana menyediakan jutaan aplikasi dengan berbagai kebutuhan untuk pengguna di seluruh dunia. Seperti layanan untuk game, buku, film dan acara TV, serta musik dari yang gratis hingga berbayarDengan merawat dan menjaga privasi digital Anda, Anda dapat menjalani pengalaman yang lebih aman dan teratur saat menjelajahi berbagai aplikasi dan konten di platform tersebut. Jadi, jangan ragu untuk mengikuti panduan ini dan nikmati pengalaman berbelanja dan mengeksplorasi Play Store tanpa khawatir!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait