Cara Menghapus Foto Profil di FB Lewat PC/HP dengan Mudah

Makin Rajin

Cara Menghapus Foto Profil di FB Lewat PC/HP dengan Mudah

Cara menghapus foto profil di FB cukup dengan beberapa langkah. Facebook (FB) merupakan media sosial yang masih terkenal hingga sekarang. Bahkan, kemunculan media sosial lain seperti TikTok dan Instagram seolah tak membuat orang-orang langsung meninggalkan Facebook.

Di FB, kamu bisa mengganti foto profilmu sepuasnya. Jadi tidak ada batasan berapa banyak kamu bisa mengganti profil picture di akun FB milikmu. Lalu, bagaimana langkah-langkah menghapus foto profil tersebut?

Pengertian Foto Profil

Sebelum mengulas tentang cara menghapus foto profil di FB, kamu mesti memahami apa itu foto profil. Setiap media sosial tentunya memiliki menu yang bisa dimanfaatkan para pengguna untuk menampilkan foto. Adanya foto profil bertujuan untuk memudahkan pengguna lain melihatmu secara online.

Foto profil merupakan gambar utama yang dapat dilihat followers atau temanmu di media sosial. Foto tersebut juga kerap dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengecek apakah akun tersebut benar milikmu atau orang lain.

Umumnya foto profil merupakan foto kamu sendiri. Namun, beberapa orang cenderung menggunakan gambar atau foto objek lain sesuai dengan keinginannya.

Terkadang foto profil juga secara tak langsung menjelaskan siapa dirimu yang sebenarnya. Misalnya, jika kamu memasang foto pernikahan pada profil media sosialmu, ini menandakan bahwa kamu mungkin ingin menjelaskan statusmu yang sekarang.

Kemudian, ketika kamu lebih memilih memasang foto jaman dulu atau jadul. Ini mengindikasikan bahwa kamu sedang mengenang masa lalu. Setiap orang memiliki hak untuk memasang atau mengganti foto profilnya sesuai keinginan.

Baca Juga:  4 Cara Merekam Panggilan WA dari Android dan iPhone dengan Mudah

Untuk mengganti foto profil di media sosial tidak sulit, begitu pun saat kamu ingin mengganti foto profil di FB. Kamu bisa mengganti foto profil tersebut baik lewat smartphone atau di PC.

Kenapa Menghapus Foto Profil?

Banyak orang yang menghapus foto profil FB miliknya bukan tanpa alasan. Mereka memiliki alasan tersendiri mengapa ingin menghapusnya, antara lain:

1. Mengganti dengan PP yang Baru

Alasan pertama kenapa menghapus foto profil adalah karena ingin menggantinya dengan profile picture atau PP baru. Foto profil yang dipasang terlalu lama bisa jadi membuatmu bosan sehingga kamu memutuskan untuk mengganti foto profil di akunmu.

2. Mencari Perhatian

Alasan kedua dan mungkin jarang diketahui banyak orang bahwa mengganti foto profil juga bermaksud untuk mencari perhatian. Dengan melakukan pergantian PP, maka foto profilmu akan tampil di beranda.

Kemudian, fotomu juga muncul di timeline teman-temanmu sehingga mereka akan memberikan likes maupun komentar terhadap fotomu tersebut. Hal ini akan memberikan kesenangan tersendiri karena kamu merasa mendapatkan perhatian dari teman-temanmu.

3. Pamer

Alasan selanjutnya adalah mengganti foto profil dengan tujuan untuk pamer. Hal ini juga tak jarang menjadi tren untuk mengunggah foto profil yang dianggap terbaik karena ingin menunjukkan sesuatu.

Misalnya foto di tempat yang sangat terkenal, tempat yang jarang orang mengunjunginya, dan lain-lain. Dengan harapan, setelah mengunggah foto tersebut akan banyak orang yang memberikan tanggapan. Bahkan, untuk beberapa kasus, seseorang bisa mengganti foto profilnya lebih dari sekali dalam sehari.

4. Menjaga Eksistensi

Memang banyak orang yang beralih menggunakan media sosial lain seperti TikTok. Bahkan, kabarnya media sosial tersebut kepopulerannya mengalahkan Facebook. Meskipun begitu, tidak berarti orang langsung meninggalkan FB begitu saja.

Pengguna Facebook tetap banyak dan menyebar di seluruh dunia. Hanya saja, tak sedikit juga orang yang sudah tidak begitu aktif menggunakan FB dibandingkan saat mereka menggunakan TikTok. Namun, bukan berarti FB ditinggalkan sepenuhnya.

Baca Juga:  Kode Bank BNI dan Bank Lainnya untuk Transaksi Transfer di ATM

Supaya menjaga eksistensi dan mengindikasikan bahwa kamu tetap aktif di FB, maka kamu secara tidak langsung menginformasikan pada temanmu dengan mengganti foto profil. Tujuannya agar teman-temanmu tahu bahwa akun kamu masih aktif.

Begini Cara Menghapus Foto Profil di FB

Dalam menghapus foto profil Facebook, kamu dapat melakukannya dengan mudah. Kamu bisa menghapusnya baik melalui ponsel, komputer, maupun laptop. Berikut tutorial selengkapnya:

1. Melalui Browser Ponsel

Cara pertama yaitu melalui browser smartphone. Kamu bebas menggunakan browser apapun, bisa Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox, dan lain-lain. Untuk langkah-langkahnya yaitu:

  1. Pertama, silakan membuka browser terlebih dahulu
  2. Kedua, masuk ke situs Facebook
  3. Ketiga, masuk dengan akun FB yang kamu miliki
  4. Setelah berhasil masuk, klik pada garis tiga yang ada di kanan
  5. Silakan menggeser ke bawah dan pilih menu Foto
  6. Pilih Foto Profil
  7. Ketuk Foto
  8. Silakan mengklik Pilihan Lainnya
  9. Pilih Edit Foto
  10. Kemudian klik Hapus Foto serta pilih tombol hapus
  11. Selesai

2. Menghapus Foto Profil di FB Lite

FB Lite merupakan aplikasi versi ringan dari Facebook yang bisa kamu gunakan. Meskipun begitu, fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut tak jauh berbeda dengan aplikasi versi lengkap atau versi aslinya. Termasuk menyediakan fitur untuk menghapus foto profil. Langkah-langkah menghapus foto profil tersebut yaitu:

  1. Buka FB Lite terlebih dahulu
  2. Setelah masuk ke tampilan utama, pilih ikon garis tiga yang terletak di kanan atas
Sumber: youtube.com/NandaHero
  1. Pilih menu lihat profil Anda
Sumber: youtube.com/NandaHero
  1. Sekarang kamu masuk ke tampilan utama akun FB-mu. Scroll ke bawah dan pilih Foto
Sumber: youtube.com/NandaHero
  1. Pilih foto profil
  2. Buka foto profil yang sekarang kamu gunakan
  3. Klik ikon titik tiga
  4. Pilih Hapus
  5. Tekan Ya
  6. Selesai

3. Cara Menghapus Foto Profil di FB Lewat PC

Kamu juga bisa menghapus foto profil Facebook melalui komputer atau laptop. Tutorial selengkapnya yaitu:

  1. Silakan buka aplikasi browser. Kamu bisa menggunakan Mozilla Firefox, Google Chrome, Microsoft Edge, Opera, dan lain-lain.
  2. Masuk ke situs Facebook.com
  3. Setelah berada di tampilan utama, tinggal login
  4. Klik pada foto profil. Letaknya di kanan atas
  5. Kemudian kamu klik foto dan pilih album
  6. Pilih foto profil
  7. Sekarang silakan untuk klik foto album kamu
  8. Klik lagi untuk memperbesar foto tersebut
  9. Terdapat beberapa pilihan foto. Tinggal kamu pilih foto mana yang hendak kamu hapus
Baca Juga:  9 Cara Screenshot di Laptop Tanpa Aplikasi untuk Windows dan macOS

4. Menghapus Foto Unggahan Pada Profil Facebook

Biasanya, ketika kamu mengunggah foto maka otomatis fotomu akan muncul di beranda. Kamu bisa menghapus foto tersebut dengan mudah. Begini caranya:

  1. Silakan klik pada foto tersebut dan otomatis foto akan terbuka
  2. Klik pada ikon titik tiga
  3. Pilih Hapus foto
  4. Akan muncul notifikasi konfirmasi, klik Hapus foto
  5. Secara otomatis foto yang muncul sebagai unggahan di beranda akan terhapus. Namun jangan khawatir, fotomu masih tersimpan di album

5. Menghapus Foto Profil di Android

Selain melalui browser di HP-mu, kamu juga bisa menghapus foto profil langsung melalui aplikasi FB. Langkah-langkahnya juga sangat mudah dan tidak memerlukan waktu lama.

  1. Pertama, buka aplikasi FB terlebih dahulu
  2. Setelah itu, tekan panel di bagian atas agar bisa mengakses menu di FB
  3. Masuk ke Profil
  4. Lalu klik pada bagian foto
  5. Kamu bisa menentukan foto mana yang ingin kamu hapus
  6. Setelah menentukannya, kemudian tekan ikon titik tiga
  7. Langkah terakhir, hapus foto
  8. Selesai

5. Melalui iPhone

Untuk menghilangkan foto profil melalui iPhone tak jauh berbeda saat kamu menghapusnya di perangkat Android. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Seperti biasa, silakan masuk ke aplikasi FB
  2. Setelah itu, login menggunakan akun Facebook milikmu
  3. Masuk ke bagian Profil
  4. Klik bagian foto
  5. Silakan melakukan proses penghapusan

Sudah Paham Cara Menghapus Foto Profil di FB?

Sekian informasi tentang bagaimana cara menghapus foto profil di FB. Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa langkah di atas. Tidak usah takut kesulitan, sebab kamu bisa melakukannya dengan mudah lewat tutorial-tutorial di atas. Selamat mencoba!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait