3 Cara Menghapus Halaman di PDF, Cepat dan Anti Ribet!

Makin Rajin

3 Cara Menghapus Halaman di PDF, Cepat dan Anti Ribet!

Selain berkas dokumen yang terkenal dengan format .docx, .ppt, atau .xls, ada format lain yang tidak kalah tenar, yakni .pdf. PDF atau Portable Document Format adalah jenis berkas yang sering dipakai untuk membagikan tulisan atau gambar. Untuk kondisi tertentu, Anda mungkin perlu tahu cara menghapus halaman di PDF. 

Pada dasarnya, berkas dengan ekstensi PDF bertujuan hanya untuk dilihat saja Anda tidak bisa melakukan penyuntingan terhadap isi PDF kecuali sudah mengkonversikannya ke format lain terlebih dahulu. Maka dari itu, daripada repot-repot mengedit ulang, ketahui trik menghapus halaman PDF lewat artikel ini.

Apa Itu Berkas PDF? 

Dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi pelajar dan pekerja yang berada di lingkup digital, pastinya tidak asing dengan format PDF atau Portable Document Format. Jenis berkas satu ini memang cukup sering muncul pada dokumen digital seperti CV, e-book, atau dokumen yang telah mengalami pemindaian sebelumnya. 

Kebanyakan orang lebih suka membagikan dokumen, baik yang berisi tulisan, gambar, maupun keduanya dengan format PDF. Latar belakang dari tindakan tersebut tidak lain karena isi dokumen PDF terlihat utuh dan sama meski dibuka melalui perangkat apa saja. Mau itu Android, Windows, Mac, iOS, maupun Linux. 

Jadi, semua orang yang menerima berkas PDF dapat meninjaunya dengan tampilan serupa seperti orang yang membagikannya. Selain itu, membagikan berkas dengan format PDF lebih minim resiko. Sebab, orang-orang tidak dapat menyunting isi di dalam PDF kecuali mengubahnya ke format lain terlebih dahulu. 

Nah, bagi Anda yang mengalami kesulitan untuk menghapus halaman di PDF, jangan khawatir harus bekerja dua kali dengan mengubahnya ke format lain baru kembali ke PDF. Karena, ada cara menghapus halaman di PDF dengan mudah lewat online maupun offline. Simak terus penjelasan lebih lanjutnya di bawah ini! 

Baca Juga:  500+ Username IG Aesthetic untuk Cowok & Cewek Terbaru 2023

3 Pilihan Cara Menghapus Halaman di PDF Tanpa Aplikasi

Untuk menghapus halaman PDF, Anda bisa melakukannya dengan atau tanpa aplikasi. Saat ini, banyak metode online yang memungkinkan Anda untuk menyunting PDF secara gratis melalui situs website tertentu. Berikut beberapa platform atau media yang bisa Anda manfaatkan untuk menghapus halaman di PDF. 

1. iLovePDF 

iLovePDF merupakan situs yang cukup terkenal untuk melakukan penyuntingan terhadap berkas dokumen berekstensi PDF. Bukan hanya mampu menghapus halaman saja, tools ini juga memungkinkan Anda untuk menggabung, memisahkan, mengompres, dan masih banyak fungsi lainnya. 

Situs ini terkenal karena bisa melakukan konversi dari PDF ke format lain maupun format lain ke PDF. Mempertimbangkan berbagai fitur yang ada di iLovePDF, tidak mengherankan jika situs ini menjadi favorit orang-orang. Apalagi, Anda bisa mengakses fitur-fitur tersebut secara gratis. Sangat mengesankan, bukan?

Kembali ke topik utama, berikut adalah langkah-langkah cara menghapus halaman di PDF melalui iLovePDF:

  1. Kunjungi situs ilovepdf.com melalui perangkat elektronik, seperti HP atau laptop Anda. 
  2. Pada bagian beranda halaman, Anda akan melihat berbagai pilihan fitur penyuntingan PDF. Tekan tanda panah bawah pada menu bar “Semua Alat PDF”. Kemudian, pilih opsi “Hapus Halaman” yang memiliki ikon tanda X. 
  1. Halaman situs akan menampilkan fitur yang Anda pilih untuk menghapus halaman PDF. Sesuai dengan instruksinya, Anda tinggal memasukkan berkas PDF yang halamannya ingin Anda hapus dengan menekan tombol “Pilih file PDF” atau menyeret berkasnya ke dalam layar. 
  1. Selanjutnya, akan muncul jendela baru yang berisi pratinjau halaman dari berkas PDF yang Anda masukkan. Pilih halaman yang ingin Anda hapus. Halaman yang terhapus akan mendapatkan tanda X. 
  1. Klik ikon “Hapus halaman” dan tunggu selama beberapa saat hingga akhirnya halaman PDF berhasil terhapus. Anda bisa mengunduh versi terbaru dari PDF dengan mengklik tombol “Unduh PDF”. 
Baca Juga:  Cara Mematikan Centang Biru di WA, Cepat dan Mudah!

2. Smallpdf

Website lain yang bisa Anda manfaatkan untuk menghapus halaman PDF secara online tanpa pungutan biaya adalah Smallpdf. Smallpdf mendukung penyuntingan halaman PDF melalui berbagai macam peramban internet, baik di Windows, Mac, maupun Linux. Anda bisa menggunakan semua platform untuk mengakses situs ini. 

Kelebihan menggunakan Smallpdf yaitu Anda tidak perlu mengunduh atau menginstall perangkat lunak baru untuk menghapus halaman di PDF. Tinggal mengunggah berkas dokumen PDF ke situs dan unduh kembali, Anda bisa mendapatkan versi PDF yang telah dimodifikasi. 

Berikut adalah panduan lengkap cara menghapus halaman di PDF melalui Smallpdf:

  1. Pertama-tama, buka website smallpdf.com terlebih dahulu di browser Anda. 
  2. Pada halaman beranda, Anda akan menemukan kotak untuk memasukkan berkas PDF yang ingin disunting. Jika mengklik tanda panah bawah pada ikon “Pilih File”, Anda akan diminta untuk memasukkan file dari perangkat, Smallpdf, Dropbox, maupun Google Drive. 
  3. Pilih lokasi pengambilan sesuai dengan keberadaan berkas PDF. Selain itu, Anda bisa menarik atau menyeret file tersebut ke dalam kotak berwarna biru pada beranda. Secara otomatis, Anda sudah memasukkan file untuk diproses. 
  4. Tunggu selama beberapa saat hingga proses pratinjau file selesai. Setelah muncul pratinjau halaman dari dokumen yang Anda masukkan, centang halaman yang ingin Anda hapus kemudian klik ikon sampah. 
  5. Usai halaman berhasil dihapus, selanjutnya klik “Ekspor”. Lalu, berkas PDF yang telah mengalami modifikasi akan otomatis terunduh. 

3. Cara Menghapus Halaman di PDF Melalui Soda PDF

Soda PDF hampir sama dengan situs iLovePDF dan Smallpdf pada pembahasan sebelumnya. Situs ini juga bermanfaat untuk menghapus halaman di PDF secara praktis tanpa perlu waktu lama. Selain itu, Soda PDF juga menyediakan berbagai fitur menarik seperti menggabungkan, memisahkan, atau mengkonversi PDF. 

Baca Juga:  7 Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus dengan Praktis

Anda pastinya risih melihat halaman yang salah menyelip di dalam dokumen yang sudah Anda konversi ke format PDF. Untuk membenarkannya ulang, Anda harus mengubahnya kembali ke format lain dan baru ke PDF lagi. Nah, ada cara mudah untuk melakukannya tanpa ribet. Simak caranya berikut ini: 

  1. Kunjungi situs Sodapdf.com pada peramban internet Anda. 
  2. Masukkan berkas dokumen ke dalam kotak yang sudah disediakan. Anda bisa memencet tombol “pilih file”. 
  3. Setelah itu, masukkan bagian halaman yang ingin Anda hapus. Caranya dengan menuliskan nomor halaman dan bila lebih dari satu halaman, Anda bisa menambahkan tanda “-”. Misalnya seperti 3-7. 
  4. Klik ikon hapus halaman dan berkas PDF Anda berhasil terunduh.  

Sudah Tahu Cara Menghapus Halaman di PDF?

Setelah menyimak pembahasan sebelumnya, pasti sekarang Anda sudah tidak lagi kebingungan bila ada kesalahan halaman pada berkas PDF. Terkadang, saat sudah mengkonversinya ke dalam format PDF, ada beberapa bagian halaman yang ternyata salah ketika Anda cek. 

Untuk mencegah Anda mengubahnya ke format lain lalu melakukan penyuntingan lagi, sebaiknya Anda menggunakan cara lain yang lebih mudah. Saat ini, sudah banyak situs online yang memungkinkan Anda untuk menyunting berkas PDF, mulai dari menggabung, memisahkan, mengkonversi, hingga menghapus halaman. 

Jadi, tentukan cara menghapus halaman di PDF yang menurut Anda paling mudah dan cepat. Jangan lupa perhatikan dan ikuti instruksi yang ada di halaman website supaya proses pengubahan PDF berjalan lancar.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait