Cara Mematikan Centang Biru di WA, Cepat dan Mudah!

Makin Rajin

Cara Mematikan Centang Biru di WA, Cepat dan Mudah!

Terkadang ada momen ketika kita ingin membaca chat Whatsapp tanpa harus memberikan tanda centang biru. Masalah ini menjadi sangat penting, terutama dalam situasi yang sensitif atau ketika kita tidak ingin membalas pesan secara cepat. Nah, ternyata ada cara mematikan centang biru di WA, lho. Mari pelajari!

Apa Itu Centang Biru?

Centang biru di WhatsApp adalah tanda yang muncul di sebelah chat untuk menunjukkan bahwa pesan tersebut telah penerima baca. Selain itu, tanda centang biru ini merupakan bagian dari fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui dengan pasti kapan chat yang terkirim telah penerima lihat. 

Ketika seorang pengguna mengirim chat, tanda centang dua akan muncul. Kemudian, setelah chat tersebut penerima baca, centang akan berubah menjadi dua centang biru. 

Penting untuk Anda ingat bahwa fitur ini hanya akan berfungsi jika pengguna memiliki koneksi internet yang stabil. Namun, apabila salah satu pihak memiliki koneksi yang buruk, maka hanya tanda centang satu saja yang akan muncul. 

Alasan Mematikan Centang Biru di WA

Memang benar bahwa centang biru di WhatsApp dapat memberikan informasi berharga tentang pesan yang telah dibaca. Namun, dalam beberapa situasi, mematikan fitur ini menjadi pilihan yang bijak. Berikut adalah beberapa alasan kuat kenapa banyak orang mencari cara mematikan centang biru di WA:

Baca Juga:  Cara Merekam Layar Laptop dengan Mudah dan Cepat

1. Mengurangi Tekanan

Pernahkah Anda merasa tertekan untuk segera merespons pesan setelah melihat centang biru? Mematikan fitur ini dapat mengurangi tekanan tersebut. 

Terkadang, kita membutuhkan waktu untuk mempertimbangkan tanggapan yang tepat. Dengan menonaktifkan centang biru di WA, Anda dapat membaca pesan tanpa perlu merasa terikat untuk segera memberikan respons.

2. Menjaga Privasi

Privasi dalam berkomunikasi adalah hal penting. Selain itu, mencari cara mematikan centang biru di WA akan membuat Anda memiliki kebebasan untuk membaca pesan tanpa pihak lain mengetahui apakah pesan sudah dibaca atau belum. 

Fitur ini bisa sangat bermanfaat, terutama dalam situasi di mana Anda ingin menjaga pesan-pesan tetap pribadi dan tidak ingin memberi tanda bahwa Anda telah melihatnya.

3. Menghindari Konflik

Ketegangan dapat timbul jika pengguna lain mengetahui bahwa pesan telah dibaca, namun tak segera mendapat balasan. Hanya saja, dalam konteks keluarga, teman, atau rekan kerja, mematikan centang biru bisa membantu menghindari potensi konflik yang mungkin timbul jika tanggapan tidak sesuai harapan.

Cara Mematikan Centang Biru di WA iPhone

Apakah Anda menggunakan smartphone dari Apple? Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mematikan centang biru dalam percakapan pribadi menggunakan iPhone:

1. Masuk ke Pengaturan Akun

Langkah pertama adalah membuka aplikasi WhatsApp dan mengakses menu dengan mengetuk ikon gear yang ada di pojok kanan bawah layar untuk masuk ke pengaturan. 

2. Pilih Privasi

Selanjutnya, silakan pilih opsi “Privasi” atau “Privacy” untuk masuk ke menu pengaturan laporan baca.

3. Pilih Laporan Dibaca

Setelah masuk ke dalam menu “Privasi” atau “Privacy” dari opsi yang ada dalam daftar. Kemudian, gulirkan layar ke bawah untuk melihat pilihan lebih lanjut. Anda akan menemukan berbagai pilihan yang mengatur cara pesan Anda terlihat oleh orang lain. Kemudian, pilih opsi “Laporan Dibaca” atau “Read Receipts”.

Baca Juga:  3 Cara Menghapus Halaman di PDF, Cepat dan Anti Ribet!

Setelah “Laporan Dibaca” atau “Read Receipts” Anda pilih, Anda akan diberikan pilihan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan tanda centang biru. Untuk mematikannya, cukup klik tombol sampai perubahannya terlihat atau tidak lagi hijau. Segera setelah pengaturan disimpan, centang biru akan mati dalam percakapan pribadi Anda.

4. Centang Biru Sudah Mati

Selamat! Centang biru sudah tidak aktif. Setelah melakukan langkah di atas, Anda dapat memastikan dengan meminta teman atau keluarga mengirim pesan. Jika setelah membaca tanda centang dua tidak berubah menjadi biru di ponsel orang lain, maka fitur tersebut sudah aktif dengan sempurna.

Cara Mematikan Centang Biru di WA Android

Cara menonaktifkan centang biru di IOS dan Android memiliki sedikit perbedaan. Jika menggunakan smartphone Android, cara berikut bisa Anda ikuti: 

1. Buka Aplikasi WhatsApp

Langkah pertama adalah membuka aplikasi WhatsApp yang ada di perangkat HP Android. Temukan dan ketuk ikon WhatsApp di layar beranda atau di folder aplikasi.

2. Akses Menu Pengaturan

Setelah Anda membuka aplikasi WhatsApp, perhatikan bagian pojok kanan atas layar. Di sana, Anda akan melihat tiga titik vertikal yang mewakili ikon pengaturan. Ketuk ikon tersebut untuk membuka menu drop-down yang akan menampilkan berbagai opsi.

3. Pilih “Pengaturan”

Dalam menu drop-down yang muncul, pilih opsi “Pengaturan”. Ini akan membawa Anda ke halaman pengaturan WhatsApp di mana Anda dapat mengelola berbagai preferensi akun.

4. Pilih Opsi “Akun”

Pada halaman Pengaturan, Anda akan melihat beberapa opsi yang tersedia. Ketuk opsi “Akun”.

5. Pilih “Privasi”

Di dalam menu Akun, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi bernama “Privasi”. Ketuk opsi ini untuk masuk ke menu pengaturan privasi di mana Anda dapat mengontrol aspek-aspek tertentu dari interaksi Anda di WhatsApp.

6. Pilih Opsi “Laporan Baca” 

Di dalam menu Privasi, Anda akan menemukan berbagai opsi yang berkaitan dengan privasi Anda saat berkomunikasi melalui WhatsApp. Salah satu opsi yang akan Anda temui adalah “Laporan Baca”. Ketuk pada opsi ini untuk membuka pengaturannya.

Baca Juga:  3 Cara Menghapus Pencarian di Google, Mudah dan Langsung Bersih!

7. Matikan Opsi “Laporan Baca”

Setelah Anda masuk ke pengaturan “Laporan Baca”, Anda akan melihat sebuah kotak centang yang biasanya tercentang. Untuk mematikan laporan baca, cukup ketuk kotak centang tersebut agar tanda centang hilang.

Cara Mematikan Terakhir Dilihat

Selain cara mematikan centang biru di WA, Anda juga bisa mematikan fitur “Terakhir Dilihat” atau “Last Seen” untuk menjaga privasi dalam bertukar pesan. Berikut adalah langkahnya:

  1. Langkah awal adalah membuka aplikasi WhatsApp pada perangkat yang Anda gunakan.
  2. Pada layar utama WhatsApp, cari ikon titik tiga vertikal di pojok kanan atas. Ketuk ikon ini untuk membuka menu drop-down.
  3. Dalam menu drop-down, pilih “Pengaturan” untuk masuk ke menu pengaturan WhatsApp.
  4. Di dalam menu Pengaturan, pilih opsi “Privasi” untuk mengakses pengaturan privasi akun Anda.
  5. Sementara itu, gulir ke bawah dalam menu Privasi hingga Anda menemukan opsi “Terakhir Dilihat”. Kemudian, ketuk opsi tersebut untuk membuka pengaturannya.
  6. Anda mendapat beberapa opsi pengaturan “Terakhir Dilihat”. Meliputi ”Everyone”, ”My Contacts”, “My Contacts Except”, dan “Nobody”.
  7. Lalu, untuk mematikan “terakhir dilihat” sepenuhnya, Anda bisa memilih opsi “Tak Ada”.

Sudah Tahu Cara Mematikan Centang Biru di WA?

Secara keseluruhan, mematikan centang biru akan membuat pengguna bisa menjaga privasi, mengurangi tekanan, dan mencegah konflik. Namun, Anda sebaiknya menggunakan fitur ini dengan bijak, karena bisa menimbulkan salah paham. Sebab, ada kemungkinan beberapa pengguna mengira Anda memang enggan merespons.

Anda juga harus tahu bahwa, tidak hanya orang lain yang tidak bisa melihat centang biru. Anda juga tidak akan mengetahui apakah teman telah membaca pesan yang Anda kirim atau belum jika menggunakan fitur ini. Jadi, apakah Anda masih berniat mematikan centang biru WA?

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait