5 Cara Menghapus Nomor WA (WhatsApp) Paling Mudah dan Cepat

Makin Rajin

5 Cara Menghapus Nomor WA (WhatsApp) Paling Mudah dan Cepat

Pengguna aplikasi WhatsApp (WA) kian bertambah seiring berjalannya waktu. Hal ini membuktikan bahwa aplikasi ini memiliki kualitas yang baik sehingga mendapat kepercayaan dari pengguna. Namun, ada kalanya mereka ingin menghilangkan kontak seseorang sehingga butuh cara menghapus nomor WA yang praktis.

Pembatasan kontak WA ini bersifat personal, di mana Anda dapat melakukannya dengan mudah dan menyesuaikan kebutuhan. Bahkan, untuk langkah-langkahnya juga sangat mudah jika Anda mau mempelajarinya. 

Langkah dan Cara Menghapus Nomor WA Paling Mudah

Meskipun cara menghapus nomor WA terdengar sepele, namun masih ada beberapa orang yang bingung dengan tahapannya. Untuk Anda yang memang tidak ingin mendapat telepon atau chat dari nomor tertentu, Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut ini:

1. Cara Menghapus Nomor WA Melalui Aplikasi WhatsApp

Cara menghapus nomor WA yang pertama bisa Anda lakukan melalui aplikasi WhatsApp secara langsung. Memang fitur ini tidak muncul dalam tampilan awal WA. Hanya saja, Anda bisa tetap melakukannya dengan langkah sebagai berikut:

  1. Masuk ke aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel Anda.
  2. Klik tombol “Pesan Baru” yang berada di bagian pojok kanan paling bawah.
  1. Kemudian, silahkan Anda cari kontak yang hendak dihapus.
  2. Pilih kontak tersebut hingga Anda masuk ke chat room atau ruang obrolan.
  3. Setelah itu, klik ikon titik tiga yang berada di bagian pojok kanan paling atas.
  4. Klik menu “Lihat Kontak” dan masuklah ke opsi titik tiga lagi yang terletak di pojok kanan atas.
  1. Lalu, akan muncul opsi “Lihat di Buku Alamat” dan pilihlah opsi tersebut.
  1. Lanjutkan proses dengan klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas.
  2. Pilih hapus dan langkah selesai.
Baca Juga:  5 Cara Menonaktifkan WA Tanpa Mematikan Data dengan Mudah

2. Hapus Lebih dari Satu Kontak

Mungkin Anda memiliki tujuan lain untuk menghapus beberapa kontak sekaligus. Tenang dan jangan khawatir karena hal tersebut bisa Anda lakukan dengan cara menghapus nomor WA berikut ini:

  1. Masuk dan bukalah menu kontak yang ada di ponsel Anda.
  2. Carilah nama kontak yang hendak Anda hapus.
  3. Kemudian, tekan pada kontak yang Anda pilih selama beberapa saat hingga muncul opsi “Select”. Lanjutkan dengan klik opsi tersebut.
  4. Setelah itu, pilih beberapa kontak sekaligus dengan cara beri tanda centang di bagian tombol yang ada di samping nama kontak tersimpan. Harap teliti dalam melakukan tahapan ini karena dikhawatirkan kontak kerabat dekat Anda ikut terhapus nantinya.
  5. Apabila sudah, Anda bisa pilih opsi “Delete” yang terletak di bagian bawah.
  6. Tunggulah beberapa saat hingga proses menghapus kontak selesai.
  7. Tahapan selesai dan kontek tersebut tidak akan lagi tersimpan dalam kontak Anda.

3. Hapus Kontak yang Telah Diblokir

Tak sedikit kasus yang membuat para pengguna WA harus memblokir nomor yang mengganggunya. Namun, ketika nomor sudah terblokir, apakah bisa terhapus dari kontak? Jawabannya adalah bisa dengan syarat melakukan beberapa cara menghapus nomor WA yang ada di bawah ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang terdapat di HP Anda.
  2. Masuk ke menu “Setelan” atau “Setting”.
  3. Kemudian, silahkan pilih opsi “Privasi”.
  4. Cari opsi yang tulisannya “Kontak Diblokir”.
  5. Selanjutnya, buka terlebih dahulu nomor yang telah Anda blokir dengan cara memilih menu “Buka Blokir”.
  6. Apabila sudah, silahkan kembali ke tampilan depan aplikasi WhatsApp.
  7. Ikuti kembali langkah-langkah pertama yang sudah Anda baca tadi untuk menghapus kontak.
Baca Juga:  4 Cara Memindahkan WA Ke HP Baru, Chat dan Media Tidak Hilang!

4. Cara Menghapus Nomor WA Melalui Aplikasi Menu Kontak

Selain menggunakan aplikasi WhatsApp, Anda juga bisa melakukan cara menghapus nomor WA melalui menu kontak di ponsel. Langkah-langkahnya pun mudah, silahkan Anda ikuti penjelasan berikut ini:

  1. Buka ponsel Anda dan masuk ke menu “Kontak”.
  2. Scroll dan carilah nama kontak yang ingin Anda hapus.
  3. Kemudian, klik nama kontak yang sudah Anda pilih.
  4. Berikutnya, Anda akan masuk ke halaman kontak. Perhatikan ikon titik tiga yang berada di atas kanan paling pojok. Silahkan Anda klik untuk memunculkan beberapa pilihan.
  5. Lalu klik opsi “Delete Contact”.
  6. Tunggulah beberapa saat hingga proses selesai. 

5. Hapus Kontak yang Sulit Terhapus

Mungkin sampai sini Anda berpikir bahwa cara menghapus nomor WA memang mudah. Memang benar, namun ada sejumlah kasus yang membuat kontak WA tidak bisa terhapus sempurna, entah karena faktor sistem ponselnya atau hal lain. Walau demikian, masalah tersebut bisa Anda atasi dengan mengikuti cara-cara berikut:

  1. Buka ponsel Anda dan masuk ke aplikasi kontak.
  2. Pilih menu “Edit Kontak”.
  3. Pada kolom “Telepon” akan ada beberapa informasi tentang kontak tersebut seperti nama, nomor WA, nama perusahaan, dan lain sebagainya.
  4. Hapus nomor yang ada di kolom “Telepon” secara manual.
  5. Kemudian, klik “Delete” pada nama kontak dan klik “Ok” untuk mengonfirmasi bahwa Anda benar-benar ingin menghapus kontak tersebut.
  6. Jika kontak yang ingin Anda hapus berjumlah banyak, maka lakukan satu per satu agar kontak tersebut bisa hilang.

4 Alasan Orang Menghapus Kontak WA

Gangguan-gangguan menyebalkan sebenarnya tidak hanya bisa datang dari dunia nyata saja, namun media sosial pun malah lebih banyak. Oleh karena itu, mengetahui cara menghapus nomor WA sangat penting untuk Anda pahami. Berikut ada beberapa alasan kenapa orang menghapus kontak WA:

1. Menghindari Orang Toxic

Nomor seseorang yang dihapus dari kontak itu menandakan bahwa orang tersebut menyebalkan dan membuat pengguna lain tidak nyaman. Kesimpulannya ia memiliki sifat yang toxic dan memberikan dampak buruk. 

Baca Juga:  5 Cara agar Tidak Terlihat Online di WA Orang Lain

Apabila Anda merasakan hal yang sama, memutuskan kontak dan menghapusnya dari daftar hidup bisa menjadi pilihan terbaik. Jadi, jangan ragu lagi, ya!

2. Tidak Mendapatkan Gangguan

Mengetahui cara menghapus nomor WA akan menyelamatkan Anda dari gangguan. Mengapa demikian? 

Jika Anda terus membiarkan oknum-oknum nakal tersebut berkeliaran, otomatis mereka akan mengganggu Anda. Apalagi biasanya orang-orang seperti ini tidak memiliki urat malu serta rasa kemanusiaan.

3. Menyelamatkan Hati

Isi pesan chat yang kurang mengenakkan akan membuat hati Anda bisa semakin sakit. Apabila itu terus Anda biarkan, maka akan mempengaruhi kehidupan yang semula baik-baik saja menjadi tidak baik-baik saja. Jadi untuk menyelamatkan hati, Anda lebih baik tidak berkabar dengan mereka, bukan?

4. Membuat Hidup Lebih Tenang

Alasan lain orang belajar cara menghapus nomor WA adalah membuat hidup semakin tenang. Meski masih mengetahui kabar orang-orang menyebalkan tersebut dari akun sosial media lainnya, namun setidaknya mereka tidak menganggu Anda melalui pesan pribadi.

Percayalah, kehilangan satu orang toxic dalam hidup Anda tidak akan membuat Anda rugi. Justru sebaliknya, hidup Anda akan lebih tenang dan damai karena tidak mendapatkan asupan buruk dari mereka yang selalu mempengaruhi Anda.

Bergegaslah Lakukan Cara Menghapus Nomor WA untuk Membersihkan Kontak

Pada kesimpulannya, kelima cara menghapus nomor WA di atas memiliki langkah-langkah yang mudah untuk Anda pahami. Terlebih ponsel pintar sekarang memiliki fitur yang lengkap sehingga dapat membantu Anda mengerjakan step by stepnya dengan mudah. 

Melalui cara ini Anda hanya membutuhkan waktu 1-2 menit saja untuk menghapus kontak. Ingatlah bahwa mengelola daftar kontak Anda dengan bijak adalah langkah penting untuk menjaga lingkungan komunikasi yang sehat dan positif. 

Jangan ragu untuk merapikan daftar kontak Anda sesuai kebutuhan. Sehingga, Anda dapat merasakan manfaat dari pengalaman berkomunikasi yang lebih teratur dan efisien melalui WhatsApp.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait