3 Cara Menghapus Pencarian di Google, Mudah dan Langsung Bersih!

Makin Rajin

3 Cara Menghapus Pencarian di Google, Mudah dan Langsung Bersih!

Cara menghapus pencarian di Google sangatlah mudah. Namun, sebelum masuk ke pembahasan inti ini, ada beberapa hal terkait yang penting juga untuk kamu pahami, yaitu manfaat sejarah pencarian dan jenisnya.

Mesin pencari Google memang telah cukup lama menjadi AI yang sangat membantu kehidupan masyarakat. Mesin pencari ini berperan mempertemukanmu dengan informasi yang kamu butuhkan.

Selain itu, mesin ini juga menyimpan sejarah pencarian yang kamu lakukan. Pada waktu tertentu, kamu memang perlu melakukan penghapusan sejarah pencarian. Mari, simak penjelasan lengkapnya!

Cara Menghapus Pencarian di Google Melalui Laman Google

Selanjutnya, masuk pada pembahasan utama, yaitu bagaimana menghapus riwayat pencarian pada mesin pencari di internet ini. Kamu dapat melakukannya melalui beberapa cara. Pertama adalah melalui laman pencarian Google:

1. Membuka Laman Google Chrome

Langkah mudah ini dapat kamu mulai dengan membuka laman browser Google Chrome. Halaman standar yang akan terbuka pertama kali adalah laman berisi kolom pencarian. 

Dari laman ini, kamu dapat menghapus saran pencarian. Sebab, Google memang akan menampilkan riwayat pencarian yang pernah kamu lakukan pada bagian ini. Sehingga, kamu juga perlu melakukan penghapusan dari sini.

Baca Juga:  Kode Bank BNI dan Bank Lainnya untuk Transaksi Transfer di ATM

2. Menghapus Data Terpilih

Langkah selanjutnya adalah mengarahkan kursor atau tanda panah ke kolom pencarian. Kemudian, saat saran pencarian muncul, pilih tanda silang pada bagian kanan. Kamu dapat menghapus semua data yang pilih untuk dihapus.

Sebagai catatan, menghapus riwayat dengan cara ini tidak akan menghapus keseluruhan riwayat. Kamu masih perlu melakukan penghapusan lebih lanjut melalui laman history atau riwayat.

Cara Menghapus Pencarian di Google Melalui History

Cara berikutnya adalah pembersihan menyeluruh melalui laman history pada browser Google Chrome. Kamu dapat mengikuti beberapa langkah mudah dan sederhana berikut ini:

1. Membuka Daftar Pencarian

Langkah pertama adalah kamu perlu membuka halaman history tersebut. Caranya, dengan menekan tombol Ctrl + H pada keyboard. Cara lain adalah dengan klik pada tanda titik tiga di bagian kanan atas layar. Kemudian, klik pilihan history. Lalu, pilih pilihan teratas untuk menampilkan riwayat pada semua waktu.

2. Pilih Sejarah Pencarian yang Perlu Dihapus

Sampai pada langkah ini, akan tampil data riwayat pencarian berupa daftar. Kamu dapat memilih data mana saja yang akan kamu hapus. Caranya adalah melakukan klik pada checkbox pada sisi kiri setiap data dalam daftar.

3. Hapus Data Terpilih

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan klik pada tombol delete atau hapus pada kanan atas. Namun, misalnya jika kamu ingin menghapus seluruhan data tanpa memilah, kamu dapat memanfaatkan pilihan clear browsing data yang ada di sisi kiri.

Hal yang sama dapat kamu lakukan pada data riwayat pencarian dengan jenis journey. Kamu dapat masuk ke kolom riwayat journey pada sisi atas. Kemudian, klik tanda titik tiga pada kanan atas setiap riwayat. Pilih hapus atau remove all from journey.

Cara Menghapus Pencarian di Google Melalui Ponsel

Tampilan browser Google Chrome pada komputer atau laptop dengan ponsel pada dasarnya tidak berbeda jauh. Jadi, sebenarnya kamu cukup mengikuti petunjuk di atas. Namun demikian, berikut gambarannya untukmu:

Baca Juga:  7 Cara Menghapus History Youtube di Laptop dan Smartphone

1. Masuk ke Laman History

Pertama, kamu perlu membuka aplikasi Google Chrome. Kemudian, pilih titik tiga pada kanan atas, lalu masuk ke laman history atau riwayat. Pilihan ini merupakan bagian dari beberapa pilihan teratas. Jadi, pasti mudah bagimu untuk menemukannya.

2. Melakukan Penghapusan

Langkah kedua adalah kamu dapat memilih untuk menghapus semua data dengan pilihan pada sisi atas yang bertulis Hapus data penjelajahan. Pilihan lain adalah apabila kamu ingin melakukan penghapusan satu per satu. Maka, kamu cukup melakukan klik tombol silang pada setiap data yang kamu maksud.

Catatan penting pada penghapusan data ini adalah bahwa komputer atau laptop akan terhubung dengan ponsel. Artinya, apabila kamu menghapus data melalui laptop, maka data pada ponsel juga akan ikut terhapus sepanjang Google Chrome telah login dengan akun yang sama.

Mengapa Penting untuk Menghapus Sejarah Pencarian?

Informasi terkait lain yang penting untuk kamu ketahui adalah alasan mengapa penting untuk melakukan penghapusan data pencarian secara berkala. Alasannya adalah untuk mempercepat kinerja Google Chrome itu sendiri.

Sebab, semakin banyak data tersimpan pada riwayat pencarian, maka Google Chrome akan semakin butuh banyak waktu untuk berproses. Jadi, penghapusan data menjadi salah satu alternatif untuk mengoptimalkan kinerja browser.

Manfaat Riwayat Pencarian Google

Mesin pencari ternama ini memang memiliki fitur penyimpanan sejarah pencarian yang user lakukan. Berikut ini adalah beberapa tujuan penyimpanan data yang dapat kamu manfaatkan sebagai user:

1. Browser Tertutup Tanpa Sengaja

Fitur ini akan sangat membantu ketika browser Google Chrome tertutup secara tidak sengaja. Sedangkan user masih membutuhkan informasi dari laman situs tertentu yang sedang terbuka. Kejadian seperti ini umumnya terjadi ketika sambungan listrik padam mendadak.

2. Perlu Kembali ke Halaman Tertentu

Meskipun sejarah pencarian yang banyak bisa mempengaruhi kecepatan kinerja Google, sehingga kamu perlu melakukan cara menghapus pencarian di Google. Namun, riwayat pencarian ini juga bermanfaat jika kamu perlu kembali ke halaman tertentu sewaktu-waktu.

Baca Juga:  Cara Membuat Link Menjadi Barcode

Misalnya, membutuhkan informasi dari laman situs yang kamu buka beberapa hari lalu. Fitur menyimpan sejarah pencarian ini akan sangat bermanfaat.

2 Jenis Riwayat Pencarian Google

Hal lain yang perlu kamu pahami sebelum melakukan penghapusan adalah jenis data. Dengan memahami hal ini, nantinya kamu akan yakin benar mana data yang perlu kamu hapus. Berikut ini penjelasannya:

1. History List

Jenis yang pertama adalah daftar atau list. Data pencarian jenis ini tersimpan dalam bentuk daftar halaman situs mana saja yang pernah user buka. Selain itu, juga akan tercatat waktu berupa hari dan tanggal ketika user mengakses alamat situs tersebut.

2. History Journey

Sedangkan jenis yang kedua adalah berupa riwayat perjalanan. Data ini akan menunjukkan bagaimana user berpindah-pindah halaman dalam sebuah situs. Dengan demikian, apa yang kamu lakukan pada sebuah situs terekam dengan lengkap. 

Misalnya, kamu melakukan klik pada link yang kamu terima melalui WhatsApp Web. Kemudian, link tersebut mengarahkan pada pengisian Google Form. Maka, data-data riwayat perjalanan ini akan terekam.

Yuk, Segera Coba Cara Menghapus Pencarian di Google!

Demikianlah informasi lengkap tentang cara-cara melakukan penghapusan data pencarian pada Google dan info terkait lainnya. Hal ini dapat kamu terapkan secara berkala untuk mengoptimalkan kinerja browser.

Selain itu, kamu juga dapat melakukannya apabila kamu perlu menghapus data tertentu pada riwayat pencarian. Misalnya, jika kamu sedangkan menggunakan komputer umum, sehingga tidak ingin orang lain mengetahui riwayat jelajah yang kamu lakukan.Mengingat mudah dan sederhananya cara melakukan hal ini, kamu dapat segera mencobanya. Selamat mencoba menerapkan cara menghapus pencarian di Google! Kamu tidak mungkin gagal melakukannya.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait