Cara Membuat Link Menjadi Barcode

Yodik

AKURATNEWS – Pembuatan link menjadi barcode memang memudahkan seseorang mengunjungi sebuah situs tanpa harus ketik manual. Keuntungan itulah yang dipertimbangkan oleh orang-orang di era digital saat ini.

Keberadaan link saat ini menjadi jembatan sangat penting, apalagi sekarang ada yang merubahnya menjadi barcode. Kamu penasaran? Cek cara membuat link menjadi barcode yang mudah dalam uraian ini.

Bagaimana Cara Membuat Link menjadi Barcode?

Membuat link menjadi scan barcode dapat Anda lakukan dengan memakai situs atau platform digital. Platform itu bisa Anda kunjungi melalui situs di google atau internet. Bagi Anda yang masih bingung, bisa mengikuti beberapa panduan yang tersedia.

Pembuatan link barcode memudahkan seseorang menggali informasi dalam situs tertentu. Dalam sebuah instansi, scan barcode dipakai untuk mengidentifikasi sebuah item ataupun teknologi.

Anda bisa memanfaatkan keberadaan google untuk mencari alternatif pembuatan link barcode. Setelah link berhasil dibuat, nantinya orang lain hanya tinggal mengarahkan kamera ke code tersebut. Secara otomatis orang lain bisa mengunjungi situs tertaut.

5 Situs untuk Membuat Link menjadi Barcode

Untuk membuat link menjadi barcode, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai macam situs yang tersedia di internet. Cara membuat link menjadi barcode pakai situs jauh lebih praktis dan cepat. Berikut ini 5 situs yang bisa Anda pakai untuk membuat code:

1. TEC-IT

Situs ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat link menjadi barcode. TEC-IT bisa digunakan oleh semua orang secara gratis atau tanpa membayar sedikitpun. Situs ini sudah dipercaya oleh seluruh lapisan masyarakat lantaran pembuatan link code mudah.

Baca Juga:  5 Cara Mengetahui WA Diblokir Tanpa Chat Ke Nomor Tujuan

Anda juga bisa mengatur resolusi gambar dari link barcode yang telah dibuat. Keunggulan itu menjadi alasan masyarakat terus menggunakan TEC-IT. Meskipun dibagikan berkali-kali, gambar barcode tetap akurat dan tidak pecah.

2. Barcodes

Cara membuat link menjadi barcode berikutnya yaitu memanfaatkan platform Barcodes. Alternatif ini juga bisa digunakan oleh semua orang secara gratis dan jangka panjang. Anda bisa mengunjungi www.barcodesinc.com/generator untuk buat barcode.

Anda hanya perlu menyalin link yang akan dijadikan code. Nantinya secara otomatis platform mengubah link tersebut menjadi code. Setelah proses pembuatan link menjadi code selesai, Anda bisa menyimpan gambar tersebut dan membagikannya.

3. Barcode-Generator

Situs pembuatan link menjadi barcode yang tidak kalah populer yaitu Barcode-Generator. Situs tersebut bisa digunakan secara gratis oleh seluruh masyarakat. Anda hanya tinggal akses melalui  www.barcode-generator.org.

Anda bisa mengubah link google from, Instagram, hingga Drive menjadi code. Cara mengubah google form menjadi barcode juga sama dengan alternatif lainnya. Anda hanya tinggal tempel link kemudian secara otomatis akan berubah menjadi barcode.

4. Online Barcode Generator

Anda bisa memakai Online Barcode Generator untuk mengubah link menjadi barcode. Tampilan yang ditawarkan juga cukup sederhana sehingga sangat mudah dipahami. Situs ini hanya memiliki beberapa opsi sehingga pembuatan link cukup praktis.

Online Barcode Generator membuat Anda bisa mengatur warna dari code yang diciptakan. Hal ini tentu mampu menghasilkan kepuasan batin dalam diri seseorang. Cara membuat link menjadi barcode pakai situs ini juga gratis tanpa batas waktu.

5. Scandit

Scandit menjadi situs pembuat code yang cukup familiar dan populer di kalangan masyarakat. Situs tersebut bisa digunakan untuk mengubah berbagai macam link menjadi code . Anda hanya tinggal mengunjungi www.scandit.com/barcode-generator.

6. AutoBild

Saat ini, kode QR (Quick Response code) menjadi salah satu kebutuhan dasar dalam dunia digital. Mulai dari transaksi, penyimpanan informasi, serta reservasi hingga pemesanan menu di restoran tak luput dari implementasi QR code.

Baca Juga:  Cara Menghapus Pencarian di Play Store yang Mudah dan Cepat

Lewat tools sederhana berikut, Autobild menyediakan qr code generator gratis yang dapat langsung kamu gunakan hanya dengan mengetikkan data di dalam kolom teks yang telah disediakan.

Tutorial Mengubah Link menjadi Barcode

Setelah mengetahui situs pengubah link menjadi barcode, Anda hanya tinggal praktik menggunakan salah satu dari rekomendasi situs yang sering saya gunakan. Berikut ini cara membuat link menjadi barcode menggunakan QR code generator:

  • Kunjungi situs https://www.autobild.co.id/p/qr-code.html
  • Masukkan link / Text yang ingin diubah menjadi barcode, pada kolom yang di sediakan
  • Klik opsi ” Buat Kode QR / Generate QR”
  • Ubah Size code sesuai dengan keinginan (Size width x height)
  • Klik Tombol Unduh / Download, maka otomatis QR code kamu akan tersimpan dalam format PNG.
  • Kode QR berhasil dibuat

Keuntungan Mengubah Link menjadi Code dalam Kehidupan Sehari-hari

Setelah mengetahui cara membuat link menjadi barcode, tentu saja sebagian orang menanyakan apa fungsi alternatif tersebut. Pembuatan link menjadi barcode memiliki keuntungan dalam bidang tertentu. Berikut keuntungan ubah link menjadi code:

1. Memudahkan Identifikasi Item

Mengubah link menjadi code ternyata memudahkan bidang penjualan untuk mengidentifikasi item atau produk. Keuntungan ini banyak diburu oleh pedagang maupun instansi tertentu. Identifikasi bisa hasilkan informasi hingga prosedur tertentu.

Dalam bidang penjualan, mengubah link menjadi barcode memudahkan untuk mengetahui harga dan juga informasi lain. Sementara dalam instansi, code bisa digunakan untuk mengetahui prosedur penggunaan dari item atau teknologi tertentu.

2. Memudahkan Pembayaran

Bidang keuangan atau perbankan juga banyak yang menggunakan code dalam memberikan layanan. Keberadaan code membuat seseorang bisa melakukan pembayaran dengan cara scan. Alternatif ini juga dimanfaatkan oleh pemilik usaha.

Saat ini sudah banyak usaha bidang kuliner, makanan hingga jasa yang menggunakan metode scan barcode untuk melakukan pembayaran. Cara ini terdengar cukup asing, namun mulai merebak saat masa pandemi melanda ibu Pertiwi.

3. Memudahkan Penyampaian Informasi

Pembuatan code dari link juga bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi. Orang lain yang ingin mendapatkan informasi dari pihak tertentu hanya tinggal scan code tertera. Nantinya Anda akan diarahkan ke website bersangkutan secara otomatis.

Baca Juga:  3 Cara Menghapus Halaman di PDF, Cepat dan Anti Ribet!

Setelah sampai di website yang bersangkutan, Anda bisa mendapatkan informasi sesuai kebutuhan. Keuntungan ini sering digunakan oleh beberapa lembaga menjelang momen tertenu seperti penerimaan peserta didik baru (PPDB) oleh lembaga pendidikan.

4. Komunikasi Efektif

Dalam iklan, flyer, maupun pamflet sudah banyak yang memanfaatkan code. Keuntungan ini tentu bisa didapatkan jika seseorang telah menerapkan cara membuat link menjadi barcode. Rata-rata keuntungan ini digunakan sebagai contacts person.

Jadi orang lain tidak perlu menginput nomor panitia atau pihak bersangkutan untuk berkomunikasi. Keuntungan ini tentu saja sangat diburu lantaran memudahkan komunikasi tanpa harus save contacts. Kebanyakan contacts membuat ponsel lemot.

5. Memudahkan Pendataan

Dalam sebuah acara formal maupun informal juga kerap memanfaatkan keberadaan code. Hal ini biasanya digunakan untuk mengenali tamu undangan yang masuk. Penggunaan code jauh lebih efektif dari pada harus menggunakan sistem absensi.

Saat Anda memasuki acara formal, biasanya panitia telah menyediakan code untuk pengenalan. Alternatif ini juga bisa digunakan untuk mencegah berbagai kemungkinan seperti niat penyusupan dan lain sebagainya.

6. Memudahkan Proses Registrasi

Event atau ajang perlombaan tertentu juga kerap memanfaatkan keberadaan code untuk memudahkan proses registrasi. Rata-rata code ditempatkan panitia pada flyer event tersebut. Hal ini membuat panitia tidak perlu mendata peserta satu per satu.

Proses registrasi yang menggunakan code dapat berjalan lebih efektif. Selain itu, panitia juga bisa menambahkan code yang berisi contacts person pada lembar berikutnya. Hal ini memudahkan terjalinnya komunikasi antara peserta dengan panitia selama event.

Cara membuat link menjadi barcode bisa diterapkan dengan memanfaatkan berbagai macam situs. Code banyak digunakan oleh masyarakat untuk kepentingan tertentu. Bahkan banyak instansi yang sudah menggunakan metode ini dalam menunjang kinerja.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait