Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang Secara Alami

Solaeman Nur Rahman

AKURATNEWS – Bau mulut, juga dikenal sebagai halitosis, adalah kondisi di mana terdapat aroma yang tidak sedap pada napas seseorang. Bau mulut dapat menjadi masalah sosial dan mengganggu interaksi sehari-hari.

Penyebab bau mulut dapat bervariasi, termasuk kebersihan mulut yang buruk, infeksi gigi atau gusi, konsumsi makanan tertentu, gangguan pencernaan, dan masalah kesehatan lainnya.

Tentu, bau mulut ini bisa dicegah dan diobati dengan beberapa obat-obatan herbal. Bagi Anda yang sering tidak percaya dengan bau mulut. Berikut ini ada beberapa faktor dan tata cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut!

Mengapa kok Bisa Bau Mulut?

Tentu, bau mulut memang mengganggu kepercayaan diri. Bagi Anda yang memiliki masalah ini, ada beberapa faktor yang menyebabkan bau mulut, seperti:

1. Kebersihan Mulut yang Buruk

Ketidakseimbangan bakteri dalam mulut akibat kurangnya kebersihan mulut seperti menyikat gigi, membersihkan lidah, dan menggunakan benang gigi dapat menyebabkan bau mulut.

Baca Juga:  Contoh Menulis Surat Izin Sakit Sekolah Dan Kerja Yang Baik Dan Benar

2. Infeksi Gigi atau Gusi

Infeksi gigi seperti gigi berlubang, abses gigi, atau penyakit gusi seperti gingivitis atau periodontitis dapat menyebabkan bau mulut.

3. Konsumsi Makanan Tertentu

Beberapa makanan dan minuman, seperti bawang, bawang putih, kopi, alkohol, dan makanan pedas, dapat meningkatkan risiko bau mulut karena zat-zat yang terkandung di dalamnya dapat diabsorbsi oleh aliran darah dan dikeluarkan melalui napas.

4. Merokok

Merokok dapat menyebabkan bau mulut yang persisten karena zat-zat kimia dalam rokok dapat menempel pada permukaan mulut dan paru-paru.

5. Masalah Kesehatan Lainnya

Bau mulut juga dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang mendasarinya, seperti infeksi tenggorokan, gangguan pencernaan, penyakit gusi yang lebih serius, diabetes, atau masalah hati.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Setelah Anda mengetahui beberapa faktor penyebab bau mulut, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut di antaranya adalah:

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Sikat gigi secara teratur setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi, dan bersihkan lidah dengan penggosok lidah atau sikat gigi yang memiliki penjaga lidah.

2. Membiasakan Makan Makanan Sehat

Batasi konsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan bau mulut, seperti bawang, bawang putih, alkohol, dan kopi. Konsumsi makanan sehat yang kaya serat dan minum cukup air.

3. Jaga Hidrasi

Minum cukup air setiap hari untuk mencegah kekeringan mulut yang dapat menyebabkan bau mulut.

4. Kunjungi Dokter Gigi Secara Teratur

Lakukan pemeriksaan gigi dan pembersihan profesional secara teratur untuk memastikan tidak ada masalah gigi atau gusi yang dapat menyebabkan bau mulut.

5. Hindari Merokok

Berhenti merokok dan menghindari paparan asap rokok untuk menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh merokok.

Baca Juga:  Pengertian Persepsi : Macam, Faktor dan Contoh Lengkapnya

Penting untuk diingat bahwa setiap kasus bau mulut dapat memiliki penyebab yang berbeda, dan jika bau mulut terus berlanjut atau menjadi masalah yang serius, konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Obat Ampuh Usir Bau Mulut

Ada beberapa obat yang tersedia untuk mengatasi bau mulut, tergantung pada penyebabnya. Namun, penting untuk diingat bahwa pengobatan terbaik adalah menangani akar penyebab bau mulut, bukan hanya menghilangkan gejalanya. Berikut ini beberapa obat yang dapat membantu mengatasi bau mulut:

1. Obat kumur antiseptic

Obat kumur yang mengandung antiseptik, seperti klorheksidin, dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Gunakan sesuai petunjuk dokter atau produsen.

2. Obat-obatan Masalah Gigi dan Gusi

Jika bau mulut disebabkan oleh masalah gigi atau gusi, seperti infeksi atau penyakit periodontal, pengobatan yang direkomendasikan oleh dokter gigi dapat membantu mengatasi bau mulut.

3. Penggunaan Penggosok Lidah

Menggosok lidah dengan lidah penggosok atau sikat gigi yang memiliki penjaga lidah dapat membantu menghilangkan bakteri dan sisa makanan yang dapat menyebabkan bau mulut.

4. Mengunyah Permen Karet atau Makanan Keras

Mengunyah permen karet tanpa gula atau makanan keras seperti apel dapat membantu merangsang produksi air liur yang dapat membantu membersihkan mulut dan mengurangi bau mulut.

5. Gunakan Air Liur Buatan

Jika bau mulut disebabkan oleh kekurangan air liur, menggunakan air liur buatan yang tersedia secara komersial dapat membantu menjaga kelembaban mulut dan mengurangi bau mulut.

Obat Alami Ampuh Usir Bau Mulut

Selain obat-obatan di atas. Anda juga bisa mencoba obat herbal yang bisa mengusir bau mulut dengan efektif, berikut ini beberapa obat alami yang dapat membantu mengatasi bau mulut:

1. Cengkeh

Mengunyah beberapa bunga cengkeh segar dapat membantu mengurangi bau mulut karena sifat antibakteri dan aromatiknya.

2. Kayu Manis

Mengunyah atau menghisap sejumput bubuk kayu manis dapat memberikan aroma segar pada napas dan membantu mengatasi bau mulut.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Teks Drama dan Tips Membuat Drama yang Baik

3. Mengunyah Daun Mint

Mengunyah daun mint segar atau membuat teh mint dapat memberikan aroma segar pada napas dan mengurangi bau mulut.

4. Konsumsi Teh hijau

Minum teh hijau secara teratur dapat membantu mengurangi bau mulut karena sifat antioksidan dan antimikroba di dalamnya.

5. Berkumur Dengan Air garam

Berkumur dengan air garam hangat beberapa kali sehari dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut dan mengurangi peradangan di dalam mulut.

6. Meminum Perasan Lemon atau Jeruk Nipis

Mengisap irisan lemon atau jeruk nipis segar atau berkumur dengan air perasan lemon yang diencerkan dapat membantu mengatasi bau mulut karena sifat asamnya yang dapat membunuh bakteri penyebab bau.

7. Mengunyah Peterseli

Mengunyah daun peterseli segar setelah makan dapat memberikan aroma segar pada napas dan membantu mengurangi bau mulut.

8. Berkumur dan Mengkonsumsi Air Kelapa

Berkumur dengan air kelapa segar dapat membantu membersihkan mulut dan mengurangi bau mulut.

Selain menggunakan obat alami tersebut, penting juga untuk menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara teratur, membersihkan lidah, menggunakan benang gigi, dan rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi. Jika bau mulut Anda berlanjut atau menjadi masalah yang serius, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter untuk evaluasi dan perawatan yang tepat.

Tentu, adanya bau mulut memang membuat beberapa orang tak percaya diri bahkan bisa mengganggu orang lain karena aroma tidak sedapnya. Bagi Anda yang memiliki masalah bau mulut tentu Anda harus segera mengobatinya dengan memeriksakan ke dokter gigi atau mengkonsumsi obatan herbal yang bisa meredakan dan mengusir bau mulut.

Demikianlah ulasan singkat mengenai tata cara menghilangkan bau mulut beserta obat-obatan alami yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah bau mulut yang mengganggu.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait