Contoh Menulis Surat Izin Sakit Sekolah Dan Kerja Yang Baik Dan Benar

Solaeman Nur Rahman

AKURATNEWS – Surat menjadi salah satu alat penghubung dalam komunikasi. Bahkan surat pun dibagi menjadi dua bagian, yakni surat formal dan surat non-formal. Adapula surat izin sakit yang mana surat ini sering sekali ditulis oleh seseorang ketika absen.

Surat sakit ini ditujukan kepada pihak yang berwenang yang menginformasikan tentang ketidak hadiran seseorang dikarenakan sakit. Bagi Anda yang ingin menuliskan surat izin sakit, tetapi bingung bagaimana langkah – langkah menulisnya. Berikut ini ada ulasan sederhana mengenai pengertian dan contoh menulis surat izin sakit sekolah dan kerja yang baik dan benar khusus untuk referensi tambahan Anda!

Pengertian Surat Izin Sakit

Surat izin sakit adalah surat yang digunakan untuk memberi tahu pihak yang berwenang, seperti sekolah atau tempat kerja, bahwa seseorang tidak dapat hadir karena alasan kesehatan. Surat ini berfungsi sebagai bukti resmi yang menginformasikan tentang ketidakhadiran seseorang dan sering kali diperlukan sebagai persyaratan administratif. Adapun beberapa jenis surat izin sakit yang biasanya dibuat dan ditulis oleh seseorang, seperti:

1. Surat Izin Sakit Sekolah

Surat izin sakit sekolah adalah surat yang diajukan oleh siswa atau orang tua/wali siswa kepada pihak sekolah untuk memberi tahu tentang ketidakhadiran siswa karena alasan kesehatan.

2. Surat Izin Sakit Kerja

Surat izin sakit kerja adalah surat yang digunakan oleh seorang karyawan untuk memberi tahu atasan atau manajemen perusahaan bahwa mereka tidak dapat hadir bekerja karena alasan kesehatan.

Baca Juga:  Pengertian Persepsi : Macam, Faktor dan Contoh Lengkapnya

Tips Menulis Surat Izin Sakit

Setelah Anda mengetahui jenis surat izin, bagi Anda yang masih kebingungan bagaimana cara menulis surat izin sakit yang baik dan benar. Berikut ini ada beberapa ulasan tentang tips menulis surat izin sakit yang bisa menambah wawasan Anda, di antaranya adalah:

1. Sampaikan Informasi Dengan Jelas

Tips pertama menulis surat izin sakit adalah Anda harus menjelaskan dengan rinci alasan sakit, gejala yang dialami, dan kondisi kesehatan Anda. Berikan informasi yang spesifik dan faktual.

2. Cantumkan Pula Tanggal dan Durasi Absensi

Berikan tanggal ketidakhadiran Anda dan perkiraan durasi absensi. Ini membantu pihak yang berwenang dalam mengatur jadwal atau mengetahui kapan Anda diperkirakan akan kembali. Hal ini supaya Anda tetap terlihat professional dengan pekerjaan Anda.

3. Gunakan Bahasa yang Sopan dan Formal

Tips selanjutnya adalah surat izin sakit harus ditulis dengan bahasa yang sopan dan formal. Hindari penggunaan bahasa yang tidak pantas atau tidak profesional. Karena surat ini ditujukan kepada atasan atau pihak sekolah, sehingga keformalitasan harus diutamakan.

4. Sertakan Informasi Kontak yang Dapat Dihubungi

Selanjutnya, di dalam penulisan surat izin sakit sekolah maupun kerja Anda juga harus memberikan nomor telepon atau alamat email yang dapat dihubungi untuk memberikan pembaruan tentang kondisi kesehatan Anda atau jika ada pertanyaan lebih lanjut.

5. Berikan Tanda Tangan Untuk Keabsahan Surat

Hal paling penting yang sering dilupakan adalah memberikan tanda tangan. Yang mana di akhir surat Anda juga harus turut menandatangani surat izin sakit Anda dan mencantumkan tanggal penulisan surat. Hal ini memberikan keaslian dan keabsahan pada surat tersebut.

Contoh Menulis Surat Izin Sakit Sekolah

Bagi Anda yang masih bingung mencari contoh penulisan surat izin sakit sekolah. Berikut ini ada contoh surat izin sakit Sekolah yang benar dan dapat dijadikan sebagai referensi Anda, di antaranya adalah:

Baca Juga:  Mengenal Pengertian, Macam-Macam Teks yang Baik dan Benar

[Nama Sekolah]

[Alamat Sekolah]

[Kota, Kode Pos]

[Tanggal]

Kepada,

[Yang Ditujukan kepada],

[Guru Wali Kelas/Kepala Sekolah],

[Nama Sekolah],

[Alamat Sekolah],

[Kota, Kode Pos]

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: [Nama Siswa]

Kelas: [Kelas]

Nomor Induk Siswa: [Nomor Induk Siswa]

Dengan surat ini, saya ingin memberitahukan bahwa saya tidak dapat hadir di sekolah pada tanggal [tanggal/tanggal-tanggal] karena alasan kesehatan. Saya mengalami [jelaskan alasan sakit secara singkat, misalnya demam, batuk, dan flu] yang membuat saya tidak dapat beraktivitas dengan baik.

Berdasarkan saran dari dokter, saya perlu beristirahat dan mengambil waktu untuk pemulihan. Oleh karena itu, saya memohon izin untuk tidak hadir di sekolah selama [durasi perkiraan absensi]. Saya akan berusaha memulihkan kondisi kesehatan saya secepat mungkin agar dapat kembali mengikuti proses pembelajaran di sekolah dengan baik.

Saya akan bertanggung jawab terhadap tugas dan materi yang diberikan selama ketidakhadiran saya. Saya bersedia untuk mengumpulkan tugas atau melakukan pekerjaan yang diberikan kepada saya pada saat kembali ke sekolah.

Saya bersedia memberikan pembaruan tentang kondisi kesehatan saya dan dapat dihubungi melalui nomor telepon [nomor telepon] atau melalui alamat email [alamat email Anda] jika ada informasi lebih lanjut yang diperlukan.

Demikian surat izin sakit ini saya sampaikan. Saya berharap agar izin ini dapat diberikan dan saya memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat ketidakhadiran saya.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Anda]

[Nama Lengkap Anda]

[Kelas]

[Nomor Kontak Anda]

Contoh Menulis Surat Izin Sakit Kerja

Bagi Anda yang masih bingung mencari contoh penulisan surat izin sakit kerja. Berikut ini ada contoh surat izin sakit kerja yang benar dan dapat dijadikan sebagai referensi Anda, yaitu:

Baca Juga:  Pengertian dan Contoh Surat Perjanjian Kerja yang Benar

[Nama Perusahaan]

[Alamat Perusahaan]

[Kota, Kode Pos]

[Tanggal]

Kepada Yth.

[Yang Ditujukan kepada],

[Jabatan],

[Nama Perusahaan],

[Alamat Perusahaan],

[Kota, Kode Pos]

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: [Nama Anda]

Jabatan: [Jabatan Anda]

Nomor Karyawan: [Nomor Karyawan Jika Ada]

Dengan surat ini, saya ingin memberitahukan bahwa saya tidak dapat hadir bekerja pada tanggal [tanggal/tanggal-tanggal] karena alasan kesehatan. Saya mengalami [jelaskan alasan sakit secara singkat, misalnya demam tinggi dan batuk] yang mengharuskan saya untuk beristirahat dan memulihkan kondisi kesehatan saya.

Saya memohon izin untuk tidak hadir di tempat kerja selama [durasi perkiraan absensi]. Saya akan melakukan upaya maksimal untuk memastikan tugas saya dapat ditangani oleh rekan kerja saya atau memberikan informasi kepada mereka yang relevan agar tidak terjadi gangguan dalam proses kerja.

Saya mohon maaf atas ketidakhadiran ini dan saya menyadari konsekuensi yang timbul akibat absensi saya. Saya akan memberikan pembaruan tentang kondisi kesehatan saya dan dapat dihubungi melalui nomor telepon [nomor telepon] atau melalui alamat email [alamat email Anda] jika ada informasi lebih lanjut yang diperlukan.

Demikian surat izin sakit ini saya sampaikan. Saya berharap izin ini dapat diberikan dan saya memohon maaf atas segala ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat ketidakhadiran saya.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Anda]

[Nama Lengkap Anda]

[Jabatan]

[Nomor Kontak Anda]

Saat menulis surat izin pastikan untuk menyesuaikan konten surat dengan kebutuhan dan kebijakan sekolah atau perusahaan yang berlaku. Ubah informasi seperti alamat, tanggal, dan kontak sesuai dengan keadaan Anda.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pengertian dan contoh surat izin sakit sekolah dan kerja yang bisa menjadi wawasan referensi tambahan bagi Anda yang membutuhkan.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait