Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional Dan Internasional

Solaeman Nur Rahman

AKURATNEWS – Olahraga memang mampu menyehatkan tubuh termasuk salah satu olahraga yang paling banyak digenari kaum Adam adalah Futsal. Permainannya dengan bola hampir sama dengan sepak bola ini ternyata menjadi primadona di dunia olahraga.

Futsal sendiri adalah varian sepak bola dalam ruangan yang dimainkan di lapangan yang lebih kecil dengan tim yang terdiri dari lima pemain. Permainan ini dikembangkan pada tahun 1930-an di Uruguay oleh Juan Carlos Ceriani sebagai alternatif untuk sepak bola dalam ruangan.

Olahraga futsal menjadi populer di Amerika Selatan, terutama di Brasil, dan kemudian menyebar ke seluruh dunia. Bagi Anda yang gemar bermain futsal tentu sudah mengetahui ukuran lapangan futsal. Tetapi, bagi Anda yang belum paham dengan ukuran lapangan Futsal secara nasional dan internasional. Berikut ini ulasan singkat mengenai sejarah dan ukuran lapangan futsal nasional hingga internasional yang wajib Anda ketahui!

Sejarah Permainan Futsal

Futsal memang menjadi salah satu olahraga yang paling digemari oleh laki-laki, bahkan ketenarannya pun hampir sama dengan sepak bola. Hanya saja yang membedakannya adalah Futsal dimainkan di dalam ruangan dengan jumlah pemain yang lebih sedikit ketimbang sepak bola.

Dalam futsal tentu memiliki sejarah yang luar biasa dalam pembentukannya. Sejarah futsal dimulai pada tahun 1930-an, Juan Carlos Ceriani, seorang instruktur sepak bola di Uruguay, mengembangkan permainan yang dikenal sebagai “indoor football” atau sepak bola dalam ruangan.

Baca Juga:  Apa Itu Nepotisme? Inilah Ciri-ciri, Jenis dan Tips Menghindari Nepotisme

Futsal menjadi sangat populer di Uruguay dan Brasil pada tahun 1940-an dan 1950-an, dan mulai dimainkan secara resmi di Amerika Selatan. Kemudian di tahun 1965, Federasi Sepak Bola Asosiasi (FIFA) mengakui futsal sebagai olahraga resmi dan membentuk Asosiasi Futsal Dunia (AMF) untuk mengatur dan mengembangkan permainan ini di tingkat internasional.

Namun, di tahun 1989, karena perbedaan pendapat mengenai aturan dan pengelolaan, FIFA mengambil alih kendali atas futsal dan mendirikan Asosiasi Futsal Dunia baru yang dikenal sebagai Futsal World Championship (sekarang menjadi Piala Dunia Futsal FIFA). Tak heran, dengan panjanganya proses sejarah Futsal, membuat olahraga ini sangat diminati banyak orang.

Ukuran Lapangan Futsal Nasional

Sebelum Anda bermain futsal, tentu Anda harus mengetahui ukuran lapangan. Untuk ukuran lapangan futsal sendiri dibagi menjadi dua ketentuan seperti ukuran lapangan futsal nasional dan internasional. Untuk ukuran lapangan nasional dapat bervariasi tergantung pada negara masing-masing dan peraturan yang berlaku. Secara umum, lapangan futsal nasional memiliki panjang antara 38 hingga 42 meter dan lebar antara 18 hingga 22 meter. Selain itu, ukuran gawang biasanya memiliki lebar antara 3 hingga 5 meter.

Ukuran Lapangan Futsal Internasional

Setelah Anda mengetahui ukuran lapangan futsal secara nasional. Kini ada ulasan singkat mengenai ukuran lapangan futsal internasional. Yang mana ukuran pada tingkat internasional, FIFA mengatur standar ukuran lapangan futsal yang digunakan dalam kompetisi resmi.

Menurut aturan FIFA, lapangan futsal internasional memiliki panjang antara 38 hingga 42 meter dan lebar antara 18 hingga 22 meter, sama dengan ukuran lapangan futsal nasional. Sementara itu, untuk lebar gawang internasional biasanya sekitar 3 hingga 5 meter, sesuai dengan ukuran nasional.

Perlu dicatat bahwa ukuran lapangan futsal dapat sedikit bervariasi tergantung pada kompetisi atau turnamen tertentu, tetapi ukuran yang telah disebutkan di atas merupakan ukuran standar yang umum digunakan baik pada tingkat nasional maupun internasional.

Baca Juga:  Contoh Proposal Kegiatan Mahasiswa / Kemasyarakatan yang Baik dan Benar

Hal-Hal Penting Dalam Lapangan Futsal

Seperti yang telah diketahui, setiap ukuran lapangan pun memiliki variasi tersendiri sesuai dengan Lapangan futsal adalah area permainan yang digunakan untuk bermain futsal, varian sepak bola dalam ruangan.

Lapangan futsal memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan lapangan sepak bola tradisional. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai ukuran lapangan futsal dan hal-hal penting yang wajib diketahui dalam lapangan futsal, di antaranya adalah:

1. Panjang dan Lebar Lapangan

Untuk Panjang lapangan biasanya lapangan futsal memiliki panjang antara 38 hingga 42 meter dan memiliki lebarberkisar antara 18 hingga 22 meter.

2. Garis Tepi Lapangan

Lapangan futsal memiliki dua garis tepi yang panjangnya sama dengan panjang lapangan. Garis tepi ini membentuk sisi panjang lapangan.

3. Garis Gawang

Setiap ujung lapangan futsal memiliki garis gawang yang terletak di tengah sisi panjang lapangan. Garis gawang ini terdiri dari dua garis vertikal yang menghubungkan garis tepi lapangan dan satu garis horizontal yang menghubungkan kedua garis vertikal tersebut. Untuk lebar garis gawang biasanya sekitar 3 hingga 5 meter.

4. Garis Tengah

Lapangan futsal memiliki garis tengah yang membagi lapangan menjadi dua bagian yang sama panjangnya. Garis ini terletak di tengah lapangan dan sejajar dengan garis gawang.

5. Garis Serang

Garis serang merupakan garis yang berjarak 6 meter dari garis gawang. Garis ini digunakan sebagai batas area serangan dan bertindak sebagai acuan untuk penalti gawang.

6. Garis Penalti

Lapangan futsal memiliki garis penalti yang terletak 6 meter dari garis gawang. Garis penalti ini digunakan sebagai titik di mana pemain mengeksekusi tendangan penalti.

Baca Juga:  Pengertian Narasi, Jenis dan Tips Menyusun Narasi Yang Benar

7. Zona Ganti Pemain

Di sepanjang sisi panjang lapangan, terdapat zona ganti pemain yang biasanya berjarak sekitar 5 meter dari garis tengah. Zona ini digunakan oleh pemain untuk masuk dan keluar lapangan saat melakukan pergantian pemain.

Ukuran lapangan futsal dapat sedikit bervariasi tergantung pada aturan dan standar yang berlaku di setiap negara atau kompetisi. Namun, ukuran yang telah disebutkan di atas merupakan ukuran umum yang digunakan dalam banyak pertandingan futsal di seluruh dunia.

Manfaat Bermain Futsal Bagi Tubuh

Bermain futsal memang menjadi hal yang menyenangkan bahkan ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika Anda bermain futsal secara rutin, seperti salah satunya adalah sebagai berikut:

Bermain futsal, yang merupakan permainan sepak bola dalam ruangan, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa manfaat bermain futsal:

  • Kebugaran fisik
  • Kesehatan jantung
  • Koordinasi dan keterampilan motorik
  • Konsentrasi dan ketangkasan mental
  • Pengurangan stress
  • Meningkatkan kapasitas paru-paru
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mengasah kemampuan kerja sama dan tim
  • Mampu meningkatkan kepercayaan diri dan massa otot

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika Anda bermain futsal. Bagi Anda yang gemar berolahraga. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam olahraga, pastikan bahwa Anda juga mengkonsumsi makanan yang sehat dan benar untuk membenahi massa otot dan menambah daya tahan tubuh.

Bagi Anda yang ingin mencari olahraga baru yang seru dan menyenangkan, tentu tak ada salahnya jika Anda mencoba olahraga satu ini. Demikianlah ulasan singkat tentang sejarah dan ukuran lapangan futsal secara nasional dan internasional yang bisa menjadi tambahan wawasan Anda dalam dunia olahraga.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait