Standar Ukuran Foto 2R Dalam Mm, Cm, Inchi, Pixel dan Tips Mengeditnya

Solaeman Nur Rahman

AKURATNEWS – Mencetak foto menjadi salah satu hal yang paling lumrah dilakukan. Di mana dengan adanya foto Anda bisa mengenang kisah-kisah yang telah terjadi dan mengabadikan setiap peristiwa indah yang pernah dilakukan. Tapi, di dalam mencetak foto, tentu ada beberapa ukuran yang wajib Anda ketahui. Mulai dari ukuran yang kecil seperti pas foto untuk paspor sampai dengan yang paling besar berukuran 30R.

Salah satu ukuran foto yang paling banyak diminati adalah foto ukuran 2R. Ukurannya yang minimalis ini membuat foto 2R ini multifungsi dan cocok juga dijadikan hiasan rumah. Bagi Anda yang ingin mencetak foto 2R dengan estetik. Berikut ini ulasan singkat mengenai ukuran foto 2R dan tips mengedit foto 2R di PC Anda dengan mudah!

Mengenal Ukuran Foto 2R Lengkap

Ukuran foto 2R ini merujuk pada ukuran kertas foto standar yang sering digunakan dalam fotografi. Ukuran foto 2R adalah 2 inci x 3 inci, atau sekitar 5 cm x 8 cm.

Ukuran foto yang sedemikian rupa ini merupakan ukuran standar yang biasanya digunakan untuk mencetak foto-foto kecil seperti pasfoto, foto profil, dan foto-foto lainnya yang membutuhkan ukuran yang lebih kecil. Ukuran ini juga populer dalam pembuatan album foto kecil atau koleksi foto pribadi. Dalam pengukuran foto, “R” mengacu pada “ratus” yang berasal dari bahasa Jepang. Konsep ini mengacu pada tingkat perbandingan antara dimensi panjang dan lebar foto. Misalnya, foto 2R memiliki perbandingan panjang dan lebar yang sama dengan foto 1R, tetapi lebih kecil daripada foto 3R.

Baca Juga:  Standar Ukuran Kertas A4 Dalam Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel Lengkap

Secara umum, ukuran foto 2R lebih kecil daripada ukuran foto standar lainnya seperti 4R atau 5R. Namun, penting untuk dicatat bahwa ukuran foto dapat bervariasi tergantung pada negara atau tempat di mana Anda mencetak foto tersebut, karena ada standar yang berbeda di berbagai wilayah.

Sekarang, Anda memiliki pemahaman yang lengkap tentang ukuran foto 2R dan kegunaannya dalam dunia fotografi. Sehingga Anda bisa menentukan ukuran foto sesuai dengan kebutuhan Anda, mau ukuran kecil seperti 2R, 3R, 8R atau yang besar sekalipun yang berukuran sekitar 30R.

Kegunaan Ukuran Foto 2R

Foto dengan ukuran 2R memiliki berbagai kegunaan dalam berbagai konteks bahkan sangat cocok dijadikan sebagai hiasan dinding dan foto profil yang cantik. Berikut ini adalah beberapa kegunaan umum dari foto ukuran 2R yang bisa menambah referensi desain Anda, yakni:

1. Pasfoto

Ukuran foto 2R sering digunakan untuk mencetak pasfoto. Pasfoto diperlukan dalam banyak situasi, seperti aplikasi visa, aplikasi keanggotaan, pendaftaran sekolah, dan proses perekrutan kerja. Ukuran 2R yang relatif kecil sangat sesuai untuk digunakan sebagai pasfoto.

2. Foto profil

Ukuran foto 2R juga cocok untuk digunakan sebagai foto profil di berbagai platform digital, seperti media sosial, akun email, atau situs web. Foto profil yang ukurannya lebih kecil dapat dengan mudah diunggah dan ditampilkan dalam format kotak kecil di profil pengguna. Sehingga dengan ukuran foto ini Anda tidak perlu lagi mengedit ulang supaya muat dalam akun media sosial dan sejenisnya.

3. Album foto kecil

Foto ukuran 2R ini juga sering digunakan dalam pembuatan album foto kecil atau koleksi foto pribadi. Ukuran ini memungkinkan seseorang untuk mengumpulkan dan mengabadikan momen-momen penting dalam ukuran yang lebih kecil dan portabel. Bahkan Anda juga bisa menggunakannya sebagai foto kolase yang estetik.

Baca Juga:  Standar Ukuran Banner X Standar Persegi Panjang dan Tips Membuatnya

4. Souvenir pernikahan

Foto ukuran 2R sering digunakan dalam souvenir pernikahan, seperti magnet kulkas, bingkai foto mini, atau kartu ucapan terima kasih. Ukuran yang kecil memungkinkan foto tersebut dengan mudah ditempatkan dan dipajang di berbagai objek souvenir.

5. Koleksi foto kecil

Foto ukuran 2R juga dapat digunakan dalam berbagai koleksi foto pribadi, seperti kartu pos, scrapbook, atau album kecil. Ukuran ini memungkinkan pengumpulan foto-foto dengan ruang terbatas tanpa memerlukan banyak ruang penyimpanan. Bahkan Anda juga bisa mengatur tata desain dari foto-foto tersebut.

6. Untuk Identifikasi Wajah

Foto ukuran 2R dapat digunakan untuk keperluan identifikasi, seperti kartu identitas, kartu anggota, atau kartu akses. Ukuran yang kompak memudahkan pemindahan dan penggunaan kartu identifikasi ini.

Itu adalah beberapa kegunaan umum dari foto ukuran 2R. Meskipun ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan ukuran foto standar lainnya, foto 2R tetap memiliki peran penting dalam berbagai konteks, baik dalam keperluan pribadi maupun bisnis.

Tips Mudah Edit Foto Ukuran 2R di Laptop

Mengedit foto dengan ukuran 2R di laptop dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai program pengeditan foto yang tersedia. Berikut ini beberapa tips untuk mengedit foto ukuran 2R dengan mudah di laptop yang bisa Anda coba, di antaranya adalah:

1. Pilih Software Pengeditan Foto yang Sesuai

Ada banyak program pengeditan foto yang tersedia, seperti Adobe Photoshop, GIMP, atau Pixlr. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Pastikan Anda memiliki program tersebut diinstal di laptop Anda sebelum memulai.

2. Buka Foto Anda Sebelum Mengedit

Buka foto ukuran 2R yang ingin Anda edit menggunakan program pengeditan foto. Anda dapat melakukan ini dengan mengklik “File” dan memilih “Open” di menu program atau dengan menyeret dan menjatuhkan foto ke jendela program.

Baca Juga:  Standar Ukuran Foto 3R Dalam Mm, CM, Inchi, Pixel Dan Tips Mengeditnya

3. Sesuaikan Ukuran

Pada program pengeditan foto, Anda dapat mengubah ukuran foto sesuai dengan keinginan. Caranya bervariasi tergantung pada program yang Anda gunakan. Biasanya, opsi untuk mengubah ukuran foto dapat ditemukan di menu “Image” atau “Edit”. Pilih ukuran yang diinginkan, yaitu 2 inci x 3 inci (5 cm x 8 cm).

4. Cropping Foto

Jika foto Anda tidak sesuai dengan proporsi 2R, Anda dapat menggunakan fitur cropping (memotong) untuk memotong bagian yang tidak diinginkan. Pilih alat cropping yang ada di program pengeditan foto, tentukan rasio 2R, dan sesuaikan kotak pemotong sesuai keinginan Anda. Setelah itu, aplikasikan pemotongan tersebut.

5. Edit dan Enhance

Setelah mengatur ukuran dan memotong foto sesuai dengan ukuran 2R, selanjutnya Anda dapat melanjutkan untuk melakukan pengeditan dan peningkatan lainnya seperti penyesuaian warna, kontras, kecerahan, dan kejernihan. Gunakan alat-alat yang tersedia di program pengeditan foto untuk mencapai hasil yang diinginkan. Anda juga bisa mengatur kontras dan warna pada foto supaya lebih estetik.

6. Simpan Foto

Setelah Anda puas dengan pengeditan, simpan foto tersebut dengan menggunakan opsi “Save” atau “Save As” di program pengeditan foto. Pilih format file yang sesuai, seperti JPEG atau PNG, dan tentukan lokasi penyimpanan yang diinginkan di laptop Anda.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda akan dapat mengedit foto ukuran 2R dengan mudah di laptop Anda. Ingatlah untuk menyimpan salinan asli foto sebelum melakukan pengeditan, agar Anda dapat kembali ke versi aslinya jika diperlukan. Demikianlah ulasan singkat mengenai ukuran foto 2R yang bisa Anda jadikan sebagai referensi tambahan Anda!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait