Standar Ukuran Kertas A5 Dalam Mm, Cm, Inchi, Dan Pixel Lengkap

Solaeman Nur Rahman

AKURATNEWS – Kertas menjadi salah satu benda yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari bahkan hampir semua sektor membutuhkan kertas seperti Pendidikan, Ekonomi dan lain sebagainya. Tentu, di dalam kertas memiliki banyak ukuran, di setiap ukuran memiliki kegunaan masing-masing termasuk dengan kertas ukuran A5 satu ini.

Bagi Anda yang tengah mencari referensi tentang ukuran kertas A5 dan bingung bagaimana cara mengatur ukuran kertas. Berikut ini ada ulasan singkat mengenai tata cara mengatur ukuran kertas A5 melalui Microsoft Word dan Excel yang bisa menambah referensi bagi Anda!

Mengenal Ukuran Kertas A5 Lengkap

Ukuran kertas A5 adalah salah satu standar ukuran kertas yang umum digunakan di banyak negara. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai ukuran kertas A5:

Dimensi ukuran kertas A5 memiliki dimensi standar sebesar 148 x 210 milimeter (mm). Ini berarti bahwa lebarnya adalah 148 mm dan tingginya adalah 210 mm. Perbandingan aspek: Perbandingan aspek kertas A5 adalah 1:√2, yang berarti bahwa jika Anda membagi panjang kertas dengan lebarnya, hasilnya akan mendekati angka √2 atau sekitar dengan 1,4142.

Luas kertas A5 dapat dihitung dengan mengalikan panjang dengan lebar. Jadi, luas kertas A5 adalah 148 mm x 210 mm = 31,080 mm². Dalam satuan meter persegi (m²), luasnya adalah 0,03108 m². Penggunaan: Kertas A5 umumnya digunakan untuk berbagai keperluan seperti buku catatan, buku harian, buku alamat, pamflet, kartu pos, dan lain-lain.

Karena ukurannya yang lebih kecil dari kertas A4, kertas A5 sering digunakan untuk membuat cetakan yang lebih ringkas dan portabel. Skala Kertas A5 merupakan bagian dari seri skala A, di mana ukuran kertas diatur dalam urutan numerik, mulai dari A0 sebagai ukuran terbesar, A1, A2, A3, dan seterusnya. Setiap ukuran A memiliki perbandingan aspek yang sama yaitu 1:√2.

Baca Juga:  Standar Ukuran Banner X Standar Persegi Panjang dan Tips Membuatnya

Selain itu, kertas A5 dapat dikonversi ke ukuran kertas lain dalam seri A dengan cara melipat atau memotong dengan perbandingan aspek yang tetap. Misalnya, jika Anda melipat kertas A5 dua kali, Anda akan mendapatkan kertas A6 dengan ukuran setengahnya. Bahkan untuk ukuran kertas A5 umumnya digunakan dalam berbagai konteks, terutama ketika Anda membutuhkan kertas yang lebih kecil dari ukuran standar A4.

Langkah – Langkah Mengatur Ukuran Kertas Microsoft Word

Untuk mengatur ukuran kertas A5 di Komputer, terutama saat menggunakan program pengolah kata seperti Microsoft Word, berikut ini ada beberapa tips yang mudah diikuti untuk mengatur kertas ukuran A5, di antaranya sebagai berikut:

  1. Buka program pengolah kata Microsoft Word di PC Anda.
  2. Pilih menu “Page Layout” atau “Layout” (Tata Letak). Kemudian, di menu utama program pengolah kata, cari opsi yang mengarah ke pengaturan tata letak halaman. Biasanya, Anda akan menemukan opsi ini di bagian atas layar atau di bilah menu.
  3. Pilih “Size” (Ukuran) untuk mengatur kertas. Dalam menu tata letak halaman, cari opsi “Size” atau “Page Size” (Ukuran Halaman). Klik pada opsi ini untuk melihat daftar ukuran kertas yang tersedia.
  4. Pilih “More Paper Sizes” (Ukuran Kertas Lainnya). Selanjutnya, jika ukuran A5 tidak tercantum dalam daftar ukuran kertas yang tersedia, cari dan pilih opsi “More Paper Sizes” atau “Custom Size” (Ukuran Kertas Kustom) untuk membuka jendela pengaturan kustom.
  5. Setelah Anda memilih opsi Ukuran Kertas, selanjutnya silahkan masukkan ukuran kertas A5. Dalam jendela pengaturan kustom, masukkan lebar dan tinggi untuk kertas A5, yaitu 148 mm x 210 mm. Pastikan unit pengukuran yang dipilih adalah milimeter (mm).
  6. Terapkan perubahan. Setelah Anda memasukkan ukuran kertas A5, klik tombol “OK” atau “Apply” untuk menerapkan perubahan. Hal ini akan mengatur ukuran kertas secara keseluruhan untuk dokumen yang sedang Anda kerjakan.
Baca Juga:  Standar Ukuran Foto 5R Dalam Satuan Mm, Cm. Inchi, Dan Pixel

Tips Mengatur Kertas A5 di Microsoft Excel

Untuk mengatur lembar kerja Excel agar sesuai dengan ukuran kertas A5, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini agar menjadi lebih mudah, yaitu:

  1. Langkah pertama, silahkan Anda membuka Microsoft Excel dan buka lembar kerja yang ingin Anda atur untuk ukuran kertas A5.
  2. Kemudian, pergi ke tab “Page Layout” di menu pita Excel.
  3. Selanjutnya, silahkan klik tombol “Size” yang terletak di grup “Page Setup”. Ini akan membuka jendela “Page Setup”.
  4. Di jendela “Page Setup”, pergi ke tab “Page” (atau “Page Options” tergantung pada versi Excel yang Anda gunakan).
  5. Selanjutnya, Anda lihat di bawah opsi “Paper Size” atau “Size”, pilih “Custom” atau “Custom Size” (atau opsi serupa).
  6. Ketikkan atau pilih ukuran kertas A5 yang sesuai. Ukuran standar kertas A5 adalah 148 mm x 210 mm. Namun, pastikan Anda memeriksa spesifikasi printer Anda untuk memastikan ukuran yang benar.
  7. Klik “OK” atau “Apply” untuk mengonfirmasi pengaturan ukuran kertas. Maka secara otomatis kertas pun sudah sesuai dengan ukuran A5.

Lembar kerja Excel Anda sekarang harus disesuaikan dengan ukuran kertas A5 yang telah Anda tentukan. Anda dapat mencetak lembar kerja ini dengan mengatur printer Anda sesuai dengan ukuran kertas A5 yang sama. Selain itu, jika Anda ingin mengatur ukuran kertas A5 untuk bagian tertentu dalam dokumen, Anda juga dapat menggunakan fitur “Section Breaks” (Pemisah Bagian) dan mengatur ukuran kertas secara khusus untuk setiap bagian yang diinginkan.

Baca Juga:  Standar Ukuran Foto Dalam (Mm, Cm, Inchi, PIxel) dan Aplikasi Edit Foto Terbaik

Manfaat dan Kegunaan Kertas A5

Kertas A5 adalah salah satu ukuran kertas standar yang umum digunakan di banyak negara. Ukurannya sekitar separuh ukuran kertas A4, yaitu 148 x 210 mm atau sekitar 5,83 x 8,27 inci. Kertas A5 memiliki berbagai kegunaan yang berguna di berbagai bidang. Berikut adalah beberapa contoh kegunaan kertas A5:

  • Buku catatan Ukuran kertas A5 sangat populer digunakan untuk membuat buku catatan atau diary harian. Buku catatan berukuran A5 biasanya memiliki jumlah halaman yang lebih sedikit, sehingga lebih mudah dibawa-bawa dan digunakan untuk mencatat ide, catatan, atau jadwal harian.
  • Agenda dan planner. Kertas A5 juga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat agenda atau planner pribadi. Ukurannya yang cukup kompak memungkinkan seseorang untuk merencanakan kegiatan dan menuliskan jadwal harian dengan mudah.
  • Buku panduan. Kertas A5 sering digunakan sebagai format standar untuk membuat buku panduan atau manual kecil. Buku-buku panduan ini sering digunakan dalam industri pariwisata, instruksi perangkat elektronik, atau petunjuk penggunaan produk.
  • Leaflet dan brosur. Kertas A5 juga sering digunakan sebagai media cetak untuk membuat leaflet, brosur, atau pamflet. Ukuran kertas yang lebih kecil memungkinkan informasi yang singkat dan padat disampaikan dengan efektif kepada target audiens.

Tentu, untuk mengatur margin dan ukuran kertas Anda harus memperhatikan ukuran dan ketentuan setiap sektor. Demikianlah ulasan singkat mengenai ukuran kertas A5 dan tata cara mengatur ukuran kertas melalui di Ms. Word dan Ms. Excel yang bisa menambah wawasan informasi Anda.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait