Cara Membuat Link Zoom Meeting dengan Mudah

Yodik

AKURATNEWS – Zoom meeting merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk rapat. Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini cukup banyak. Sehingga tidak heran jika banyak orang mencari cara membuat link zoom meeting. Maka dari itu, mari kita bahas tentang link zoom meeting tersebut.

Apa Itu Zoom Meeting?

Zoom meeting merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk rapat. Aplikasi ini sudah populer sejak pandemi covid-19. Sehingga tidak heran jika banyak masyarakat yang mencari cara membuat link zoom di hp.

Aplikasi ini bisa digunakan di semua perangkat, mulai dari smartphone sampai laptop. Cara mengoperasikan zoom di laptop dan smartphone hampir sama. Terlebih aplikasi ini bisa digunakan untuk rapat dan persentasi.

Menariknya, pengguna juga bisa melakukan persentasi saat menggunakan aplikasi. Sehingga tidak heran jika zoom meeting dijadikan sebagai media pembelajaran secara online. Terlebih fitur yang tersedia di aplikasi ini cukup mudah untuk dipahami.

Cara Membuat Link Zoom Meeting di Laptop dan PC

Laptop atau PC menjadi salah satu perangkat yang sering digunakan untuk mengakses zoom. Sebab perangkat ini memiliki fitur yang lebih banyak jika dibandingkan dengan smartphone. Berikut beberapa cara membuat link zoom di laptop, yakni:

Baca Juga:  Cara Menghapus Akun Get Contact Sementara dan Permanen

1. Mengunduh Aplikasi Zoom

Sebelum membuat link zoom meeting, Anda harus mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu. Selanjutnya jika aplikasi sudah berhasil terdownload, Anda harus melakukan pemasangan aplikasi. Kemudian buka aplikasi zoom untuk mendaftarkan akun

2. Sign In

Sebelum membuat link zoom, pengguna harus memiliki akun terlebih dahulu. Namun, jika sudah memiliki akun, pengguna bisa melanjutkannya dengan klik login. Apabila sudah berhasil login, masukkan email yang masih aktif.

3. Buka Menu New Meeting

Cara membuat link zoom meeting dapat dilanjutkan dengan membuka menu new Meeting. Menu ini berfungsi untuk membuat room baru. Room inilah yang nantinya akan digunakan untuk rapat.

4. Buka Halaman Perekam Video Meeting

Setelah berhasil membuat New Meeting, Anda akan diarahkan pada halaman permena video meeting. Selanjutnya, Anda bisa mengundang user atau peserta lain dengan cara memilih opsi invite. Menu ini biasanya berada di bagian bawah layar.

5. Copy Link

Apabila menu di atas telah berhasil ditemukan, kemudian copy link tersebut. Selanjutnya bagikan link tersebut kepada peserta rapat. Jika belum mengetahui cara share link, Anda bisa mencari cara membagikan link zoom dari berbagai sumber.

Cara Membuat Link Zoom Meeting di Smartphone

Cara membuat link zoom di smartphone dan di PC sebenarnya hampir sama. Hanya saja fitur yang tersedia di smartphone lebih terbatas, sehingga terkadang pengguna kesulitan untuk menggunakannya. Berikut cara membuka link zoom di smartphone:

1. Buka Aplikasi Zoom

Sama dengan zoom di laptop, Anda harus membuka aplikasi zoom yang terdapat di smartphone. Kemudian klik login untuk membuka menu lainnya. Setelah berhasil login, pilih menu new meeting untuk membuat rapat.

2. Klik Menu Start A Meeting

Untuk memulai rapat, klik menu Start A Meeting. Sementara untuk mengundang user lain, pilih menu participant dan klik invite participant. Kemudian salin link tersebut dan bagikan dengan cara share link zoom meeting.

Baca Juga:  4 Cara Memindahkan WA Ke HP Baru, Chat dan Media Tidak Hilang!

3. Share Link Meeting Melalui Beberapa Platform

Dengan membagikan link rapat ke pengguna lain, maka rapat akan berjalan dengan lancar. Sebab peserta  dapat mengetahui  cara bergabung di zoom meeting dengan link. Terlebih  peserta hanya perlu mengkilik link tersebut untuk bergabung di rapat.

Fitur-fitur yang Tersedia di Zoom

Selain mengetahui cara membuat link zoom meeting, pengguna juga harus mengetahui fitur yang tersedia di aplikasi ini. Tujuannya agar Anda tidak kesulitan saat menggunakan aplikasi ini. Berikut beberapa fitur yang tersedia di zoom, yakni:

1. Chat

Saat rapat berlangsung, peserta dapat mengirimkan pesan melalui kolom chat. Biasanya fitur ini digunakan apabila peserta memiliki pertanyaan kepada narasumber atau MC. Selain itu, fitur ini juga memudahkan penyelenggara untuk memantau rapat.

2. Raise Hand

Selain cara membuat link zoom meeting, fitur tentang aplikasi ini juga sering menjadi pertanyaan banyak orang. Salah satu fitur yang paling mudah untuk diketahui adalah raise hand. Sebab fitur ini berguna sebagai tanda, ketika peserta memiliki pertanyaan.

3. Whiteboard

Saat menggunakan aplikasi zoom, otomatis penyelenggara akan melakukan presentasi. Melalui fitur ini, penyelenggara bisa menampilkan persentasi di layar. Agar peserta tidak mudah bosan, Anda harus membuat presentasi yang bagus dan menarik.

4. On/OFF Video

Ketika mengikuti rapat secara online, otomatis peserta sering menunda aktivitas lainnya. Padahal aktivitas tetap bisa dilakan dengan baik. Sebab aplikasi ini memiliki fitur On/Off video, sehingga peserta bisa mengikuti rapat sambil beraktivitas.

Inilah Kelebihan Aplikasi Zoom Meeting

Kelebihan dari aplikasi zoom juga sering menjadi pertanyaan banyak orang. Terlebih sudah banyak perusahaan-perusahaan ternama yang menggunakan zoom untuk rapat. Berikut beberapa kelebihan zoom meeting yang harus diketahui, yakni:

1. Memiliki Ruangan yang Besar

Apabila menggunakan platform lain untuk rapat, otomatis kapasitas peserta akan terbatas. Hal ini tidak berlaku, jika Anda menggunakan zoom meeting. Sebab zoom meeting memiliki ruangan yang besar.

Baca Juga:  Cara Mematikan Centang Biru di WA, Cepat dan Mudah!

Ruangan zoom meeting yang besar, memudahkan penyelenggara rapat untuk mengundang peserta lebih dari 100 orang. Sehingga tidak heran jika aplikasi ini menjadi pilihan beberapa orang. Terlebih cara membuat link zoom meeting cukup mudah.

2. Kualitas Video dan Suara Cukup Baik

Selain cara membuat link zoom meeting yang cukup mudah, kualitas video dan suara dari aplikasi ini cukup bagus. Sehingga peserta dapat mengikuti rapat dengan baik. Sebab suara dari narasumber dapat terdengar dengan jelas.

Saat digunakan pada jaringan yang bagus, video zoom akan terlihat jernih. Sehingga peserta harus memastikan bahwa jaringan internet cukup stabil. Agar video tidak patah-patah selama rapat sedang berlangsung.

3. Tersedia Berbagai Fitur Menarik

Salah satu kelebihan zoom yang paling umum adalah fiturnya beragam. Bahkan fitur yang tersedia cukup menarik, sehingga pengguna akan lebih nyaman saat menggunakan aplikasi ini. Kelebihan inilah yang membuat zoom semakin populer.

Peserta biasnya akan mempelajari fitur zoom terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk rapat. Setelah mengetahui fitur yang tersedia, pengguna bisa mencari cara membuat link zoom meeting. Agar peserta yang mengikuti rapat banyak.

4. Memberi Dukungan Persentasi

Apabila menggunakan zoom untuk rapat, pengguna dapat melakukan persentasi dengan mudah. Sebab aplikasi ini dilengkapi fitur persentasi, yang memudahkan peserta ingin membagikan informasi. Fitur ini juga membuat rapat lebih menyenangkan.

Dengan adanya fitur ini, maka peserta rapat tidak akan bosan mendengarkan materi yang disampaikan. Selain itu, pemateri juga bisa mencoret-coret layar kosong untuk menjelaskan informasi. Sehingga peserta bisa menyerap materi dengan mudah.

Penutup

Setelah mengetahui kelebihan zoom, Anda juga harus mengetahui cara membuat link zoom meeting. Agar peserta yang tergabung dalam rapat lebih banyak. Selain itu, usahakan untuk memahami cara share link zoom meeting ke whatsapp.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait