Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube? Mudah dan Praktis

Solaeman Nur Rahman

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube

AKURATNEWS – Tentu kamu Familiar dengan aplikasi Internet Download Manager ini. Sebuah aplikasi membantu proses unduhan dari internet lebih cepat. Sebagai seorang yang seringkali menikmati konten dari Youtube dan mengunduhnya.  Lalu bagaimana jika terjadi trouble apakah ada cara untuk Mengatasi IDM tidak muncul di Youtube?

Hal hal seperti masalah tombol yang tidak muncul ataupun lisensi yang sudah tak berlaku dll memang seringkali muncul. Apalagi jika kamu menggunakan IDM versi gratisan. Terlebih kamu mendapatkan softwarenya bukan dari Web resminya. Tentu saja dengan berbagai keterbatasannya ini resiko crash atau error bisa saja terjadi.

Nah daripada kamu bingung cara memperbaikinya, Tim Akurat telah merangkum tutorial Tips bagaimana Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di Youtube dengan mudah dan praktis. Namun sebelumnya alangkah baiknya jika kamu fahami dulu apa itu internet download manager dan bagaimana fungsi sebenarnya.

Apa Itu Aplikasi IDM dan Fungsinya?

Sebelum kita membahas tutorial memperbaikinya, memang lebih baik kita fahami dulu fungsi dan manfaat dari IDM ini. Selain untuk tambahan pengetahuan tentu saja dengan begitu kamu bisa lebih memaksimalkan fitur fitur yang ada pada Internet download manager ini.

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube

Aplikasi Internet Download Manager atau IDM ini adalah sebuah Software yang mampu membuat proses unduhan jadi lebih cepat. Software garapan developer asal Amerika Tonec.inc terbilang sangat populer diseluruh dunia termasuk di indonesia. Bahkan saking populernya terdapat banyak website yang menyediakan versi Crark atau bajakan dari IDM ini.

IDM sejatinya adalah sebuah plugin yang akan terpasang dibrowser laptopmu. Memiliki fungsi utama untuk mengunduh file yang ada diinternet, baik video, gambar, dokumen dll. Dengan bantuan aplikasi ini kamu tak perlu repot mengcopi link video youtube dan mempastenya pada web downloader jika ingin menyimpannya pada laptopmu.

Baca Juga:  5 Cara Cek IMEI Samsung Terdaftar Atau Tidak Dengan Mudah

Dengan penggunaannya yang praktis membuat IDM makin populer dikalangan pengguna internet. Karena hanya tinggal sekali klik saja file video akan terunduh dengan cepat. Terdapat versi gratis dan berbayar pada aplikasi IDM ini. Pada Versi gratis kamu hanya bisa menggunakannya selama 7 hari.

Lalu bagaimana ketika ditengah penggunaanya,terjadi trouble. Apakah ada cara untuk Mengatasi IDM tidak muncul di Youtube. Dibawah ini kamu simak dulu faktor apasaja yang membuat tombol IDM tak muncul pada layar laptopmu.

Penyebab Tombol IDM Tidak Muncul di YouTube?

Beberapa penyebab bisa saja menyebabkan tombol IDM tidak muncul pada halaman website. Seperti Hal hal dibawah ini yang mungkin tidak kalian sadari.

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube
  • Aplikasi yang gagal terinstall atau tata cara instalasi yang tidak sesuai
  • Ekstensi IDM yang tak terinstall dengan benar pada Chrome
  • Versi yang digunakan sudah kadaluarsa dan tidak support dengan versi browsermu
  • Versi OS pada PC/Laptopmu tidak support aplikasi IDM
  • Aplikasi IDM bajakan yang mengandung malware dan terdeteksi virus oleh OS di laptopmu
  • Sudah terinstall tapi belum aktivasi serial number (lisensi)

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube

jika poin poin diatas memang terjadi pada laptopmu maka cara cara dibawah ini bisa kamu gunakan untuk Mengatasi IDM tidak muncul di Youtube. Sebetulnya jika kamu mengikuti alur proses instalasi yang benar maka aplikasi IDM bisa kamu gunakan dengan baik.

Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube

1. Install Ulang IDM Extension di Browser

Cara Memunculkan tombol IDM di Youtube adalah dengan melakukan install ulang IDM Extension pada browser di laptopmu. Dengan menginstall ulang tentu saja semua bug atau virus bisa ikut terhapus.

Baca Juga:  Cara Menghapus Akun Twitter Permanen yang Lupa Password di HP

Proses intalasi ulang Ektensi ini tidaklah sesulit yang dibayangkan Berikut step by stepnya

  • buka browser yang biasa kamu gunakan,dalam hal ini misalnya Chrome.
  • Masuk ke menu ekstension dan klik tiga titik pada kanan atas klik More Tools dan pilih Extensions
  • Pada opsi IDM integration module kamu tinggal remove saja kemudian akan muncul notifikasi konfirmasi, klik Remove untuk menyelesaikan
  • Pada tahap ini kamu bisa masuk ke sistem di perangkatmu dengan masuk ke Window explorer masuk ke Local Disk (C) klik folder Program Files (x86) klik Internet download manager
  • Cari file dengan nama IDMGCExt.crx dan klik kemudian Seret ke halaman Ekstension pada Chrome yang tadi sedang dibuka
  • Akan muncul notifikasi sebelum berhasil menginstall kembali internet download manager integration module.klik saja Add Ekstension dan tambahkan
  • Jika berhasil akan otomatis membuka halaman website IDM dengan laman bertuliskan, “Internet Download Manager extension for Google Chrome has been installed”.
  • Nah pada tahap ini kamu bisa mencoba buka halaman youtube apakah sudah muncul tombol IDM pada video youtube yang sedang kamu tonton.
  • Selesai

Jika cara diatas belum juga berhasil dan kamu masih kebingungan. Cara berikut ini juga layak kamu coba

2. Install Ulang Aplikasi IDM

Cara perbaikan dengan mengganti ekstension mungkin belum berhasil juga. Bagaiaman jika kita uninstall aplikasi IDM dan mulai install kembali pada perangkatmu.

 Catatan sebelum kamu menginstall ulang, Uninstall terlebih dahulu IDM yang sebelumnya terpasang dan kemudian bersihkan cache dengan aplikasi cleaner atau sejenisnya dan restart Laptopmu.

  • Pertama kamu download terlebih dahulu IDM versi terbaru pada halaman download resminya.ukurannya cukup kecil hanya 10MB saja.
  • Oke pada tahap ini kamu sudah mengunduh aplikasi IDM versi baru. Sekarang buka file Exe untuk mulai proses install.
  • Klik 2 kali dan muncul jendela wizard internet download manager kemudian klik saja Next
  • Pilih/centang kolom “I accept the terms in the license agreement” dan klik next
  • Pilih folder install,biasanya kita akan menggunakan folder pada local disk (C)
  • Kamu akan disuguhkan settingan default dimana meminta aplikasi IDM untuk menampilkan shortcut atau tidak tinggal pilih saja Next
  • Proses install akan berjalan,biasanya cukup singkat karena ukuran file yang relatif kecil
  • Klik finish untuk menyelesaikan proses install
  • Jika sudah selesai kamu harus aktifkan serial number dari aplikasi IDM agar aplikasi bisa berjalan lancar dan tak hanya berjalan selama masa free trial saja
  • Buka aplikasi IDM dan masukan kode lisensinya klik next dan tunggu beberapa saat hingga muncul notifikas sukses
  • Selesai dan aplikasi bisa kamu gunakan.
Baca Juga:  5 Cara Memaketkan Pulsa Smartfren ke Kuota Internet Terlengkap

Dengan 2 cara diatas biasanya problem cara mengatasi IDM tidak muncul di youtube bisa langsung teratasi.

Catatan

Untuk menghindari malware dan virus yang menyebabkan laptopmu hang atau bahkan kehilangan data penting di HDD. Hindari penggunaan software crack atau lisensi bajakan. Beli lisensi Internet download manager hanya disitus resmi yang menyediakan.

Akhir Kata

Demikanlah pembahasan kali ini mengenai tutorial Cara Mengatasi IDM Tidak Muncul di YouTube? Mudah dan Praktis. Tentu saja dengan bantuan IDM aktivitas mengunduh video youtube atau file lainnya dari internet jadi lebih cepat dan mudah.

Untuk berita menarik lainnya seputar tekno dan aplikasi. Kunjungi terus AkuratNews.Com setiap hari. Selamat mencoba sob dan terima kasih.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait