Kenapa Instagram Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

Solaeman Nur Rahman

Kenapa Instagram Tidak Bisa Dibuka

AKURATNEWS – Pengguna Instagram sering kali menemukan masalah pada aplikasi media sosial tersebut. Bahkan ada beberapa akun yang tidak dapat dibuka oleh pemiliknya. Apa alasan kenapa Instagram tidak bisa dibuka oleh pengguna ? untuk menemukan jawabannya kalian bisa simak pada penyampaian informasi selanjutnya.

Menjadi salah satu aplikasi media sosial yang memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak. Membuat aplikasi ini tetap populer diberbagai kalangan. Terlebih lagi aplikasinya selalu menghadirkan fitur terbaru yang bisa digunakan semua pengguna. Bahkan untuk akun profesional akan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Dari sekian banyaknya fitur yang bisa kalian gunakan dalam aplikasi tersebut terdapat masalah yang dikeluhkan pengguna. Meskipun kalian bisa menggunakan berbagai fitur canggih dalam aplikasi ini tidak membuatnya se-sempurna itu. Sebagian pengguna mengeluhkan bahwa aplikasi tersebut tidak dapat dibuka.

Hal ini tentunya menurunkan rating ulasan baik untuk aplikasi tersebut. Lalu apa penyebab aplikasi Instagram tidak bisa dibuka ? Untuk mengetahuinya dengan pasti penyebab dan alasan akun kalian tidak bisa dibuka jawabannya ada disini. Kalian akan menemukan penyebab akun tidak bisa dibuka dan cara mengatasinya.

Berikut Penyebab Kenapa Instagram Tidak Bisa Dibuka

Berikut Penyebab Kenapa Instagram Tidak Bisa Dibuka

Penyebab aplikasi seperti Instagram tidak bisa dibuka bisa jadi karena masalah internal aplikasi atau dari eksternal aplikasi. Bisa saja kedua faktor tersebut menjadi penyebab Instagram tidak bisa dibuka. Nah, berikut ini penyebab kenapa Instagram tidak bisa dibuka.

Instagram Dalam Pembaruan

Penyebab pertama adalah masalah sistem internal dari aplikasi tersebut yang sedang dalam pembaruan. Sehingga aplikasinya mengalami beberapa masalah seperti tidak dapat dibuka. Atau fitur yang ada didalam aplikasi tersebut tidak bisa kalian gunakan hingga tampilan feed yang tidak berubah.

Baca Juga:  5 Cara Restart Wifi Indihome di HP dan Laptop Dengan Mudah

Jika aplikasi dalam masa pembaruan maka sejumlah fitur yang ada dalam aplikasi tersebut tidak bisa digunakan. Meskipun tidak semua fitur terdampak pembaruan aplikasi.

Masalah Aplikasi Diperangkat

Berikutnya terjadi karena masalah dalam aplikasi tersebut yang berpengaruh terhadap perangkat. Seperti cache yang terlalu penuh sehingga harus dihapus secara berkala agar aplikasinya tidak error. Hal ini bisa saja terjadi jika selama aplikasi tersebut terpasang pada perangkat kalian belum melakukan pembersihan data sama sekali.

Sehingga menjadi penyebab kenapa Instagram tidak bisa dibuka pada perangkat yang kalian gunakan. Jika pun kalian bisa masuk dalam aplikasinya maka semua fitur tidak dapat berfungsi dengan baik. Jadi silahkan untuk cek cache aplikasinya masing-masing ya.

Akun Bermasalah

Dalam menggunakan sebuah aplikasi sosial media tentu ada kebijakan dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengguna. Serta ada batasan umur untuk menggunakan sebuah aplikasi sosial media seperti Instagram ini. Jika akun yang kalian buat tidak memenuhi ketentuan yang berlaku bisa menjadi masalah kenapa Instagram tidak bisa dibuka.

Atau kalian membuat konten yang dilarang oleh sistem dari aplikasi tersebut. Sehingga akun Instagram yang kalian gunakan ditangguhkan dan tidak bisa dibuka. Beberapa waktu lalu hal ini juga pernah menjadi masalah bagi beberapa pengguna Instagram karena akun mereka ditangguhkan.

Masalah Jaringan Internet

Penyebab terjadinya Instagram tidak bisa dibuka biasanya masalah pada jaringan internet yang kalian gunakan. Jika internet yang kalian gunakan tidak stabil bisa saja membuat Instagram tidak bisa dibuka. Sekalipun bisa dibuka feed dalam aplikasinya hanya berisikan berita lama atau kemarin.

Baca Juga:  7 Cara Sadap HP Pasangan Dari Jarak jauh Paling Akurat

Kenapa Instagram tidak bisa dibuka masalahnya ada pada internal aplikasi atau dari masalah luar aplikasi. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut ?

Cara Mengatasi Kenapa Instagram Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Kenapa Instagram Tidak Bisa Dibuka

Setelah melihat penyebab kenapa Instagram tidak bisa dibuka. Kini kalian perlu simak cara mengatasi masalah tersebut dengan cepat dan aman. Bagi kalian pengguna aktif Instagram wajib simak informasi yang akan diberikan.

Dengan mendapatkan informasi tambahan tentang cara mengatasi masalah Instagram tidak bisa dibuka. Membuat kalian bisa mengatasi masalah tersebut dan bisa menjadi tambahan ilmu bagi pengguna.

Tentu saja tidak ada yang ingin hal ini terjadi pada akun Instagram yang kalian gunakan. Namun malang tak berbau dan bisa terjadi pada siapa saja kapan saja dan dimana saja. Untuk mengantisipasi nya kalian perlu simak ulasan berikut :

1. Lakukan Upgrade Aplikasi

Kenapa Instagram tidak bisa dibuka ? biasanya aplikasi masih dalam pembaruan dan kalian perlu menunggu atau melakukan update aplikasi tersebut. Kalian bisa pergi ke Play Store dan silahkan cari aplikasi Instagram lalu upgrade aplikasinya.

Jika aplikasinya tidak bisa dibuka karena sedang mengalami perbaikan dari sistem pusat aplikasi tersebut. Mau tidak mau kalian harus menunggu pihak Instagram selesai memperbaiki sistem nya. Setelah itu kalian bisa menggunakan aplikasinya kembali.

2. Berhentikan Paksa Aplikasinya

Cara berikutnya yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah Instagram tidak bisa dibuka yaitu berhentikan secara paksa aplikasinya. Biasanya masalah yang terjadi disebabkan karena penggunaan RAM yang terlalu tinggi sehingga terjadinya error.

Untuk mengatasi masalah tersebut kalian bisa membuka menu pengaturan perangkat. Setelah itu, silahkan cari opsi aplikasi dan temukan aplikasi Instagram. Kalian tinggal klik saja aplikasinya dibagian bawah ada keterangan “force stop”.

Tekan tombol tersebut maka aplikasi IG akan berhenti secara paksa. Jika aplikasi Instagram masih tidak bisa dibuka kalian bisa gunakan cara ketiga.

Baca Juga:  Cara Refresh Laptop Dengan Tombol Keyboard dan Mouse Cepat

3. Bersihkan Cache Ponsel

Masih tidak bisa dibuka setelah mencoba kedua cara diatas. Kalian bisa mencoba untuk membersihkan cache pada perangkat untuk mengatasi masalah kenapa Instagram tidak bisa dibuka.

Setelah kalian membersihkan cache ponsel yang kalian gunakan biasanya aplikasi akan lebih ringan. Karena beberapa data penggunaan telah dihapus sehingga kembali ke pengaturan semula.

Namun cara ini hanya bisa kalian gunakan sesekali saja agar tidak menimbulkan masalah lainnya pada aplikasi.

4. Periksa Jaringan Internet

Jaringan internet yang kalian gunakan bisa menjadi penyebab kenapa Instagram tidak bisa dibuka. Pastikan kalian menggunakan jaringan internet yang stabil agar bisa mengakses aplikasi Instagram. Jika kalian menggunakan jaringan data seluler kalian bisa beralih ke jaringan Wi-Fi atau sebaliknya.

5. Restart Ponsel

Berikutnya cara mengatasi Instagram tidak dapat dibuka dengan melakukan restart ponsel yang kalian gunakan. Dengan melakukan metode ini kalian bisa memperbaiki bug yang terdapat dalam perangkat smartphone tersebut. Caranya cukup mudah kalian hanya perlu tekan tombol turn off untuk mematikan daya kemudian tekan restart.

6. Laporkan Masalah

Jika semua cara sudah kalian lakukan namun Instagram masih tidak bisa dibuka. Kalian bisa mencoba cara terakhir untuk membuat akun Instagram kalian dapat dibuka kembali. Caranya dengan melaporkan ke pihak Instagram melalui email pihak Instagram yaitu support@instagram.com.

Atau bisa melalui help center yang ada dalam aplikasi tersebut dengan mengunjungi titik tiga pada bagian profil. Lalu kalian pilih menu setting dan pilih opsi help dan report a problem.

Itulah ulasan singkat mengenai kenapa Instagram tidak bisa dibuka dan cara mengatasi masalah tersebut. Kalian bisa mencoba metode yang telah kami sampaikan diatas jika mengalami masalah tersebut. Semoga informasinya bermanfaat dan terima kasih.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait