Cara Menghilangkan Plagiat di Word, 100% Jejak Hilang dan Aman!

Solaeman Nur Rahman

Cara Menghilangkan Plagiat di Word, 100% Jejak Hilang dan Aman!

Plagiat merupakan tindakan mencuri atau mengambil ide, karya, teks orang lain dan mengakuinya sebagai milik pribadi tanda pemberian atribusi atau pengakuan yang sesuai. Terdapat beberapa cara menghilangkan plagiat di word agar tidak terdeteksi sebagai plagiarisme.

Cara ini juga bisa dilakukan untuk kamu yang ingin menghilangkan jejak copy paste di word. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi dan bahkan menghilangkan plagiat. Pastikan kamu menggunakannya dengan bijak.

Cara Menghilangkan Plagiat di Word untuk Jejak Copy Paste

Agar tulisan yang kamu copy paste tidak terdeteksi sebagai plagiasi di Ms. Word, maka kamu dapat melakukan hal berikut ini.

  • Buka file yang akan dihilangkan jejak copy pastenya.
  • Klik kanan.
  • Pilih Properties.
  • Klik Details  dan pilih Remove Properties and Personal Information.
  • Klik Remove the Following Properties form this File.
Klik Remove the Following Properties form this File.
  • Pada bagian Origin, centang beberapa bagian, yaitu Author, Last saved by, Revision Number, Version Number, Company, dan Manager.
  • Klik OK
  • Pilih Apply
  • Klik OK

Dengan begitu jejak copy paste di file tersebut sudah tidak terdeteksi lagi.

Cara Menghilangkan Plagiarisme Di Word

Jika kamu membutuhkan file yang bebas dari plagiarisme jika diuji menggunakan tool plagiarism, maka hal ini perlu untuk kamu lakukan.

  • Buka file yang ingin dihilangkan plagiarismenya.
  • Pilih seluruh tulisan atau beberapa tulisan yang dirasa mengandung plagiarisme.
  • Klik CTRL+C.
  • Buka situs plagiarism checker.
  • Paste tulisan pada kolom yang disediakan.
  • Centang Im not a robot.
  • Klik Periksa plagiarisme.
  • Tunggu hasil pemeriksaan selesai
Baca Juga:  Cara Membuat Undangan Ulang Tahun dengan Microsoft Word

Jika terdeteksi plagiarisme, terdapat dua cara yang bisa kamu lakukan, yaitu mengubah secara manual dan menggunakan tool parafrase.

1. Mengubah manual

Mengubah manual

Ini adalah cara yang mudah untuk dilakukan. Kamu dapat mengubah kalimat yang terdeteksi plagiat dengan kalimatmu sendiri. Tentunya dibutuhkan pemahaman yang lebih terhadap teks tersebut sebelum diubah.

Oleh karena itu, jika ingin mengubah secara manual, kamu harus paham teks yang akan diubah. Selain itu, cara ini juga akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

2. Menggunakan tool parafrase

Menggunakan tool parafrase

Ini adalah cara mudah yang bisa kamu lakukan dalam mengubah kalimat yang terdeteksi plagiat. Langkah berikut ini akan membantu kamu dalam mengubah teks dalam waktu singkat.

  • Copy kalimat yang ingin diubah.
  • Buka situs parafrase online.
  • Paste kalimat yang tadi sudah disalin.
  • Ikuti langkah verifikasi pada website tersebut hingga parafrase dilakukan.
  • Tunggu hasil dari parafrase.
  • Salin kalimat parafrase ke dokumen awal.

Dengan begitu, kalimat kamu akan ter parafrase dengan instan. Dokumen kamu juga tidak lagi terdeteksi sebagai plagiat.

Cara Menghilangkan Plagiarisme Pada File yang Terdeteksi di Ms Word

Agar file dan dokumen kamu tidak terdeteksi copy paste ketika dicek dengan tool plagiarism checker, maka kamu dapat melakukan beberapa hal. Berikut ini adalah hal yang bisa kamu lakukan agar copy paste yang dilakukan tidak terdeteksi.

Hapus Link

Jika terdapat link pada tulisan yang kamu copas, tentunya kamu dapat menghapusnya terlebih dahulu. Pada banyak artikel yang ada di internet, terdapat tulisan ‘klik di sini’, ‘baca juga di sini’, dan link sisipan lainnya.

Hal tersebut harus kamu perhatikan sebelum melakukan copy pada sebuah artikel di internet. Biasanya teks dengan link tersebut jika dihapus begitu saja akan terlihat aneh karena kalimat yang terpotong. Oleh karena itu, hal ini juga harus menjadi perhatian.

Baca Juga:  Cara Membuat Undangan Tahlil di Word dan Contohnya

Kamu bisa menghapus link yang ada dan menggantinya dengan kalimat atau frasa lain jika dibutuhkan. Ini adalah salah satu cara menghilangkan plagiat di word.

2. Menggunakan Notepad

Menggunakan Notepad

Cara lain yang bisa dilakukan jika kamu melakukan copy paste pada dokumen dan tidak ingin ketahuan adalah dengan menggunakan Notepad. Bagaimana caranya? Kamu dapat mengikuti langkah berikut ini:

  • Copy kalimat atau artikel yang kamu inginkan.
  • Buka Notepad yang ada di laptop.
  • Paste kalimat atau artikel yang tadi sudah disalin.
  • Copy kembali kalimat atau artikel tersebut.
  • Paste  kalimat atau artikel pada Ms. Word.

Dengan mengikuti langkah tersebut, secara otomatis format tulisan seperti jenis huruf dan format lainnya akan menjadi rapi. Menggunakan Notepad ini akan menghindari teks dokumen kamu berantakan secara format karena copy paste.

3. Gunakan banyak sumber

Gunakan banyak sumber

Cara menghilangkan plagiat di word selanjutnya adalah dengan menggunakan banyak sumber. Kamu dapat mengumpulkan beberapa sumber referensi untuk tulisan atau artikel yang akan ditulis. Kemudian menggabungkannya menjadi tulisan yang baru.

Contohnya, kamu bisa mengambil pendahuluan tulisan menggunakan artikel A, isi tulisan menggunakan artikel B, dan penutup menggunakan artikel C. Tentunya, jika menggunakan teknik ini kamu harus membuat semuanya menjadi selaras.

Jangan sampai setiap paragraf memiliki gaya bahasa yang berbeda sehingga terlihat tidak cocok dan bisa dideteksi copy pastenya.

Cara Mengurangi Plagiarisme di Turnitin yang Terdeteksi

Cara Mengurangi Plagiarisme di Turnitin yang Terdeteksi

Bagi kamu yang perlu untuk menggunakan Turnitin dalam mengecek plagiarisme dokumen atau file, tentunya terdapat beberapa hal yang perlu untuk dilakukan dan diperhatikan. Berikut ini adalah teknik yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi plagiarisme di Turnitin.

Baca Juga:  10 Cara Membuat Laporan di Word yang Baik dan Benar

1. Parafrasa

Ini adalah hal yang paling penting untuk dilakukan. Karena jika kamu melakukan copy paste tanpa parafrasa, maka akan terdeteksi sebagai plagiarisme. Cara melakukan parafrasa adalah dengan mengubah kalimat yang ditulis oleh orang lain gaya penulisan sendiri.

Meski sudah melakukan parafrasa, tentunya kamu juga tetap perlu untuk menyertakan sumber dari kalimat yang kamu kutip. Ini adalah salah satu cara menghilangkan plagiat di word yang paling ampuh.

2. Masukkan Opini

Agar tulisan kamu tidak terdeteksi sebagai plagiat, kamu bisa memasukkan opini pribadi dalam tulisan. Biasanya kutipan dari jurnal atau artikel lain akan membuat plagiarisme dalam tulisan tinggi. Namun, dengan menambahkan opini pribadi, maka itu adalah orisinil dari pribadi kamu.

Kamu bisa menggunakan sudut pandang yang berbeda ketika memasukkan opini atau dengan cara melakukan interpretasi serta melakukan analisis. Tentunya ini bisa dilakukan jika tulisan kamu memang cocok ditambahkan opini dan analisis.

3. Sumber Terpercaya

Biasanya dokumen yang memerlukan hasil dari plagiarisme Turnitin adalah dokumen untuk keperluan akademik dan publikasi resmi lainnya. Oleh karena itu, dalam membuat tulisan pada dokumen dibutuhkan sumber yang kredibel dan bisa dipertanggung jawabkan.

Biasanya sumber yang terpercaya dan kredibel akan mencantumkan referensi buku sebagai rujukan jika kamu ingin melihat sumber yang asli. Dengan begitu kamu bisa mencantumkan sumber yang valid. Ini tentunya bisa mengurangi plagiarisme di Turnitin.

Sumber yang tidak kredibel seperti sumber internet dengan domain blogspot atau wordpress, biasanya akan membuat persentasi plagiarisme tinggi. Jika ingin menggunakan sumber dari internet, kamu bisa menggunakan domain .edu, .gov, .org.

Banyak hal dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan plagiat di word. Kamu bisa memilih cara yang paling mudah dan ampuh untuk dilakukan pada dokumen atau tulisanmu. Jangan lupa untuk selalu bijak menggunakan cara-cara di atas.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait