Cara Menghilangkan Word Help dan Support di Ms Word

Solaeman Nur Rahman

Begini Cara Menghilangkan Word Help dan Support Dengan Mudah

Microsoft Word merupakan aplikasi yang biasa digunakan untuk keperluan tulis menulis, membuat dokumen, dan masih banyak yang lain. Namun pada saat kamu menginstall aplikasi ini, pasti mendapati dialog notifikasi seperti Word Help. Oleh karena itu dalam artikel ini akan dijelaskan cara menghilangkan Word Help.

Word Help dapat terjadi di aplikasi Microsoft Word karena pada saat proses penginstalan, pengguna akan dikenalkan mengenai perangkat lunak di Microsoft Word itu sendiri. Jika berkali-kali dialog tersebut muncul, maka akan sangat mengganggu bagi pengguna pada saat mengerjakan dokumen penting.

Dengan begitu, pengguna terganggu karena harus menghilangkan dialog tersebut agar tidak mengganggu dokumen yang ditampilkan di layar. Berikut ini, akan dijelaskan cara menghapus Word Help pada aplikasi Microsoft Word dengan mudah. Kamu dapat mempraktekkan secara manual hingga berhasil. Berikut caranya.

Apa itu Word Help

Apa itu Word Help

Mungkin sebelum beranjak ke bagaimana cara menghilangkan help di Word mari kita mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu help pada Microsoft Word.

Help Word adalah fitur bantuan yang disediakan oleh Microsoft Word, yang merupakan salah satu program pengolah kata populer ini. Fitur Help Word berfungsi sebagai panduan dan sumber informasi yang membantu pengguna dalam memahami dan menggunakan berbagai fitur, fungsi, dan alat yang tersedia dalam program tersebut.

Melalui Help Word, pengguna dapat mencari informasi tentang cara menggunakan fitur tertentu, menyelesaikan masalah atau kesalahan umum, dan mempelajari tip dan trik untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja dengan Word.

Baca Juga:  Cara Membuat TTS di Word (Kolom Teka Teki Silang), Mudah Kok!

Sejauh ini mungkin banyak dari pengguna Microsoft Word tidak merasa terlalu membutuhkan fitur ini. Hal ini membuat banyak orang mencari cara menghilangkan Word Help karena fitur ini dirasa mengganggu. Mengganggu di sini dalam artian dialog Help tersebut selalu muncul di saat Ms Word dibuka di awal.

Padahal jika dimanfaatkan dengan baik dan benar, menghilangkan Word Help tidak diperlukan. Karena fitur Word Help ini bisa dimanfaatkan untuk mempelajari Microsoft Word itu sendiri. Karena pada dasarnya semua hal yang ada di Ms Word pastinya sudah dijelaskan di sini.

Fitur dan Bantuan yang Bisa Dimanfaatkan di Word Help

Fitur dan Bantuan yang Bisa Dimanfaatkan di Word Help

1. Bantuan Berdasarkan Konteks

Fitur Ini merujuk pada panel bantuan konteks yang dapat diakses dengan mengklik tombol “Help” di pojok kanan atas jendela aplikasi Microsoft Word. Ketika user mengklik tombol ini, akan muncul panel yang menyediakan artikel bantuan terkait dengan tugas atau fungsi yang sedang kamu lakukan.

Misalnya, jika user sedang mengedit paragraf, panel bantuan akan menampilkan artikel yang menjelaskan cara mengatur paragraf, memformat teks, atau menggunakan fitur-fitur terkait paragraf. Dengan demikian, tidak lagi diperlukan cara menghilangkan Word Help karena fitur ini bisa sangat membantu.

2. Tips dan Petunjuk

Word menyajikan tips dan petunjuk kontekstual saat user bekerja dengan fitur-fitur tertentu. Ketika kursor diarahkan ke tombol, menu, atau opsi, Word akan menampilkan info tooltip yang memberikan penjelasan singkat tentang fungsi atau tugas yang dilakukan oleh elemen tersebut.

Ini membantu pengguna memahami fungsionalitas yang tersedia dan cara menggunakannya. Fitur ini akan sangat membantu bagi mereka yang tidak familiar dengan Microsoft Word karena dapat membantu mereka beradaptasi dengan aplikasi ini dengan lebih cepat.

3. Pencarian Bantuan

Microsoft Word juga menyediakan kotak pencarian di panel bantuan yang memungkinkan pengguna mencari topik bantuan tertentu. Jika pengguna sedang menghadapi masalah atau memiliki pertanyaan spesifik, pengguna Ms Word bisa langsung memasukkan kata kunci atau pertanyaan dalam kotak pencarian.

Baca Juga:  Cara Membuat Jadwal Piket di Word dengan Hasil yang Bagus

Word akan menampilkan artikel bantuan yang relevan dengan kata kunci tersebut, membantu pengguna menemukan solusi atau informasi yang dibutuhkan. Dengan adanya fitur ini, seharusnya pengguna sudah tidak perlu lagi mencari permasalahannya melalui browser pihak ketiga seperti Google Chrome dan sebagainya.

Karena kolom pencarian sudah bisa langsung disediakan oleh Ms Word dan bisa langsung digunakan di dalam aplikasi pengolah kata tersebut.

4. Shortcut Keyboard

Microsoft Word menyediakan sejumlah pintasan keyboard yang dapat mempercepat penggunaan aplikasi. Pintasan keyboard adalah kombinasi tombol yang dapat ditekan untuk melakukan tindakan tertentu tanpa harus menggunakan mouse atau mengklik menu secara manual.

Dengan menggunakan pintasan keyboard, pengguna dapat melakukan tugas dengan lebih cepat. Pengguna dapat mencari daftar pintasan keyboard yang tersedia di Word dengan mencari “Word Keyboard Shortcut” dalam kotak pencarian bantuan.

Cara Menghilangkan Word Help di Microsoft Word

Tidak perlu khawatir tentang dialog Word Help yang sering muncul di aplikasi Microsoft Word, karena kamu dapat menghapusnya dengan mudah. Dengan cara ini, diharapkan kamu dapat fokus pada saat mengerjakan dokumen yang penting dengan menghentikan dialog Word Help. Adapun cara dan langkah diantaranya:

1. Cara Menghilangkan Word Help dengan Bantuan dan Dukungan Windows

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menghapus dialog Word Help dengan cepat yaitu dengan menggunakan fitur Bantuan dan Dukungan pada Windows. Adapun cara ini, bisa dilakukan apabila kamu ingin fokus dan sedang terburu-buru mengerjakan sesuatu. Berikut langkah-langkahnya, yaitu:

  • Pada menu Homepage di perangkat laptop/PC, kamu dapat membuka menu Task Manager. Cara membuka menu Task Manager adalah dengan menekan tombol Ctrl+Shift+Esc atau juga bisa menggunakan tombol Ctrl + Alt+Del
  • Jika sudah muncul menu Task Manager, kamu dapat mencari opsi menu yang bernama Bantuan dan Dukungan Windows
Baca Juga:  5 Cara Membuat Note di Word (Footnote, Endnote, Comment, dll)
Jika sudah muncul menu Task Manager, kamu dapat mencari opsi menu yang bernama Bantuan dan Dukungan Windows
  • Terakhir, pengguna dapat klik kanan kursor dan klik tombol Akhiri Tugas
  • Selesai. Cukup mudah melakukan cara ini karena kamu dapat melakukannya hanya dengan beberapa langkah saja.

2. Cara Menghilangkan Dialog Word Help Menggunakan Penyimpanan Local Disk C

Tidak hanya menggunakan fitur Task Manager saja, kamu dapat menghapus dialog Word Help pada Microsoft Word menggunakan penyimpanan Local Disk C. Tidak sulit untuk melakukan cara ini karena langkahnya yang tidak banyak untuk dilakukan. Jika penasaran, berikut langkah untuk menghapus Word Help dengan mudah:

  • Buka folder penyimpanan pada perangkat laptop/PC yang kamu miliki
  • Pada sisi kiri, nantinya akan terdapat beberapa menu folder yang dapat dipilih. Kamu dapat memilih folder directory Local Disk (C:), kemudian klik folder Windows, dan terakhir klik System32. Direktori folder ini dapat ditulis C:\Windows\System32
Pada sisi kiri, nantinya akan terdapat beberapa menu folder yang dapat dipilih. Kamu dapat memilih folder directory Local Disk (C-), kemudian klik folder Windows, dan terakhir klik System32.
  • Setelah mencari folder direktori yang dicantumkan, selanjutnya kamu dapat mencari file yang didalamnya terdapat file HelpPaneProxy.dll. Apabila kamu ingin mempercepat pencarian, manfaatkan kolom search pada folder tersebut
  • Ubah nama file HelpPaneProxy.dll menjadi nama yang kamu mudah diingat dan diinginkan
  • Selesai

Cara menghilangkan Word Help di laptop/PC kamu mudah dilakukan jika mengikuti instruksi diatas. Cara pertama, yaitu menggunakan fitur Task Manager, dan kedua menggunakan folder direktori penyimpanan yang ada di perangkat laptop/PC yang kamu miliki.

Semua dapat dipilih salah satu atau bahkan dua-duanya agar dialog Word Help tidak muncul lagi jika kamu membuka aplikasi Microsoft Word. Beberapa pengguna yang telah mencoba mengklaim cara tersebut dapat menghilangkan Word Help pada Microsoft Word kamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait