10 Doa Pembuka Rezeki yang Bisa Diamalkan Setiap Hari

Makin Rajin

Rezeki adalah segala hal yang memberi manfaat untuk kehidupan, sehingga ada banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan rezeki. Salah satu cara mendatangkan rezeki adalah dengan membaca doa. Pada artikel berikut, kita akan menguraikan bersama beberapa doa pembuka rezeki!

Macam-macam Doa Pembuka Rezeki

Berikut ini beberapa doa mempermudah rezeki yang bisa Anda amalkan setiap harinya:

1. Doa Pembuka Rezeki 

Berikut ini lafal doa pembuka rezeki yang bisa Anda amalkan setiap harinya: 

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘alaa thoo’atika, wa ahsin ‘amali waghfirli

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah berkat pada harta dan keturunanku, serta karuniakanlah anugerah-Mu. Perpanjanglah usiaku dalam ketaatan kepada-Mu, perbaikilah perbuatanku, dan maafkanlah kesalahan-kesalahanku.”

2. Doa Agar Rezeki Berkah

Rezeki yang baik adalah yang berkah. Berikut ini doa agar rezeki yang Anda dapatkan bisa menjadi berkah:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ رَزَقَنِىْ هذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَقُوَّةٍ، اَللهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

Alhamdulillahil ladzii razaqanii haadzaa min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin, Allahumma baarik fiihi

Artinya: “Puji syukur kepada Allah yang telah memberiku rezeki ini dari kebaikan-Nya, tanpa daya dan upaya dariku. Ya Allah, berikanlah berkah pada rezekiku.”

3. Doa Meminta agar Diberikan Kecukupan

Uang yang banyak belum tentu cukup untuk sebagian orang. Untuk itulah berikut ini doa pembuka rezeki dan meminta agar selalu Allah SWT berikan kecukupan yang bisa Anda amalkan:

Baca Juga:  Doa Nabi Sulaiman: Meminta Kekayaan hingga Mengusir Jin

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahummak finii bihalaalika an haraamika wa aghninii bifadlika ngamnan siwaaka

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram , dan berilah kekayaan dengan karunia-Mu kepada saya daripada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563).

4. Doa Meminta Agar Tidak Terlilit Hutang

Berikut ini doa yang bisa Anda amalkan agar tidak terlilit hutang karena rezeki mengalir terus:

اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُبِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزْنِ وَأَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَتِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرجال

Allahumma inni a’udhu bika min al-hammi wal-huzni wa a’udhu bika min al-‘ajzi wal-kasal, wa a’udhu bika min al-jubni wal-bukhl, wa a’udhu bika min ghalabatid-daini wa qahrir-rijal.

Artinya: “Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari gundah gulana dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan malas. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari sifat penakut dan pelit. Aku berlindung kepada-Mu dari terlilit utang dan pemaksaan dari orang lain.” (HR. Abu Dawud no. 1555).

5. Doa Agar Tidak Melarat

Doa pembuka rezeki selanjutnya ini bisa Anda amalkan setiap hari. Adapun doanya sebagai berikut:

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma innii as-aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi’an thayyiban min ghairi ta’abin walaa masyaqotin wala dhoirin walaa nashabin innaka ‘alaa kulli syai-in qadiir

Artinya: “Ya Allah aku minta pada Engkau akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau Kuasa atas segala sesuatu.”

6. Doa Meminta Rezeki 

Adapun doa untuk membuka pintu rezeki adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُونُ لَنَا عِيدًا لِأَوَّلِنَا وَآخِرِنَا وَآيَةً مِنْكَ ۖ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Baca Juga:  Niat Solat Tarawih dan Witir, Hukum beserta Tata Caranya

Allahumma robbana anzil ‘alaina maidatam minas samai takunulana ‘idal li’ awwalina wa akhirina wa ayatam minka warzuqna wa anta khairur raziqin

Artinya: “Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami. Yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan-Mu, berikanlah kami rezeki dan Engkaulah Pemberi Rezeki yang paling utama.”

7. Doa Ucapan Syukur Atas Rezeki

Beriku doa ucapan syukur atas rezeki dan pembuka rezeki sehingga bisa terus Anda perbanyak:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ رَزَقَنِىْ هذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَقُوَّةٍ، اَللهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

Alhamdulillahil ladzii rozaqonii haadza min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin, Allahumma baarik fiihi.

Artinya: “Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rezeki kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku. Ya Allah semoga Engkau berkahi pada rezekiku.”

8. Doa Dilimpahkan Rezeki yang Halal

Adapun doa yang bisa Anda panjatkan agar mendapatkan rezeki yang halal yaitu:

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ عَدَدَ اَنْوَاعِ الرِّزْقِ وَالْفُتُوْحَاتِ، بَابَاسِطَ الَّذِيْ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَآءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ اُبْسُطْ عَلَيَّ رِزْقًا كَثِيْرًا مِنْ كُلِّ جِهَةٍ مِنْ خَزَائِنِ رِزْقِكَ بِغَيْرِ مِنَّةٍ مَخْلُوْقٍ بِفَضْلِكَ وَكَرَمِكَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Alloohumma sholli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin ‘adada anwaa’ir rizqi wal futuuhaati yaa baasutholladzi yabsuthur rizqo liman yasyaa-u. Bi ghoiri hisaab ubsuth ‘alayya rizqon katsiron min kulli jihatin min khozaa ini rizqika bighoiri minnati makhluqin bifadhlika wa karomika wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallama.

Artinya: “Wahai Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW sebanyak aneka rupa rezeki. Wahai Dzat Yang Maha Meluaskan Rezeki, kepada orang yang dikehendaki-Nya tanpa hisab. 

Luaskan dan banyakkanlah rezeki dari segenap setiap penjuru dan perbendaharaan rezeki-Mu tanpa pemberian dari makhluk, berkat kemurahan-Mu jua. Dan limpahkanlah pula rahmat dan salam atas dan para sahabat beliau.”

Baca Juga:  Kumpulan Doa Tahlil Lengkap dengan Terjemahannya

9. Doa Mendapatkan Ganjaran yang Baik

Berikut ini lafal doa pembuka rezeki dan mendapatkan ganjaran yang baik yang bisa Anda amalkan setiap hari:

‎اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا 

Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqabbalan. 

Artinya:  “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain). Rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, dan Ahmad). 

10. Doa Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Adapun doa  terkait rezeki selanjutnya ini bisa Anda amalkan setiap hari agar dipermudah dalam mendapatkan pekerjaan:

اَللَّهُمَّ يَاغَنِيُّ يَاحمِيْدُ يَامُبْدِئُ يَامُعِيْدُ يَارَحِيْمُ يَاوَدُوْدُ اَغْنِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَاكْفِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَاَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahumma yaa ghaniyyu ya hamiidu ya mubdi’u yaa mu’iidu ya rahiimu, ya wadudu aghninii bihalaalika an haraamika wakfinii bi fadhlika ‘amman siwaaka wa shallallahu ‘alaa muhammadin wa aalihi wa sallama.

Artinya: “Wahai Allah, wahai Dzat yang Maha Kaya, wahai Dzat yang Maha Terpuji, Dzat yang Memulai, wahai Dzat yang Mengembalikan, wahai Dzat yang Maha Penyayang, wahai Dzat yang Maha Mencintai. 

Cukupkanlah kami dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu. Cukupkanlah kami melalui anugerah-Mu dari selain Engkau. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga dan sahabat beliau.”

Sudah Tahu Doa Pembuka Rezeki?

Setelah mengetahui 10 doa pembuka rezeki di atas, Anda bisa langsung amalkan sendiri setiap hari. Adapun dalam mengamalkannya, Anda bisa memilih sendiri untuk mengamalkan yang mana terlebih dahulu sesuai dengan hajat dan kemampuan Anda. 

Dengan doa pembuka rezeki yang tulus dan penuh harapan, kita memohon kepada Allah agar memberikan keberkahan dan kelancaran dalam segala aspek rezeki kita. Semoga doa ini senantiasa membimbing langkah kita menuju kehidupan yang penuh berkah dan kecukupan.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait