Doa Pagi Hari: Doa Memulai Hari Lengkap Beserta Arti dan Lafadz Latin

Makin Rajin

doa pagi hari

Pagi hari adalah waktu untuk memulai berbagai aktivitas seluruh makhluk hidup di muka bumi. Begitu juga umat muslim untuk memulai segala sesuatu dengan kebajikan yang penuh rahmat. Bagaimanapun juga doa pagi hari menjadi salah satu cara untuk mendapat rahmat Allah SWT.

Umat muslim dianjurkan untuk memulai hari dengan membaca doa, agar mereka senantiasa dekat dan mengingat Allah SWT. Selain itu, agar mereka juga selalu mendapat ridho, pengampunan, dan juga rahmat dari Allah SWT. Selanjutnya, berikut adalah doa-doa di pagi hari bagi umat islam.

1. Doa Pagi Hari dalam Ajaran Agama Islam

Setiap pagi sebelum memulai aktivitas, kita harus membaca doa pagi hari untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT. Doa pagi bagi umat Islam juga dipanjatkan untuk meminta agar Allah SWT memudahkan segala urusan di hari tersebut.

Selain itu Nabi Muhammad SAW juga pernah mengajarkan doa untuk umatnya amalkan di pagi hari.

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya: “Ya Allah, denganMu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, denganMu kami hidup, denganMu kami mati. Hanya kepadaMu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

2. Doa Pagi Hari Agar Allah SWT Memberikan Petunjuk Saat Mengambil Keputusan

Setiap waktu manusia akan berhadapan dengan berbagai pilihan dalam hidupnya. Allah memberikan rahmat kepada umat muslim berupa doa pagi hari yang bisa kita panjatkan agar Allah SWT memberikan kita petunjuk sehingga kita tidak mengambil langkah yang salah saat memutuskan sesuatu.

Baca Juga:  Kumpulan Doa Sebelum Belajar, Pelajar Dan Santri Harus Tau

Rahmat Allah SWT tersebut ada di dalam Q.S Al-A’raf ayat 89 yang berbunyi:

رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَاَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِيْنَ

Robbanaftah bainanaa wa baina qauminaa bilhaqqi wa anta khoirul faatihiin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil). Engkaulah pemberi keputusan terbaik.”

3. Doa Pagi Hari Sebelum Mengawali Pekerjaan

Sebelum memulai pekerjaan kita, kita sebagai umat muslim sebaiknya membaca doa pagi hari untuk mengawali pekerjaan agar Allah SWT mudahkan segala sesuatunya. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً, وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ. اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ

Allahummarzuqnii rizqon halaalan thayyiban, wasta’milnii thayyiban. Allahummaj’al ausa’a rizqika ‘alayya ‘inda kibari sinnii wanqithaa’i ‘umrii. Allahummakfinii bihalaalika ‘an haraamika wa aghninii bifadhlika ‘amman siwaaka. Allahumma innii as-aluka rizqan waasi’an naafi’an. Allahumma innii as-aluka na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.

Doa tersebut memiliki makna sebagai berikut:

“Ya Allah, berilah padaku rizki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. 

Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezekiMu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karuniaMu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan padaMu rezeki yang luas dan berguna. 

Baca Juga:  Doa Agar Cepat Melahirkan Selamat Ibu Hamil Harus Tau

Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu nikmat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.”

4. Doa Pagi Hari Agar Allah Ringankan Beban Hidupnya

Allah memang menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling sempurna. Akan tetapi, manusia memiliki rasa mengeluh, lelah, dan juga putus asa. Oleh karena itu, ada sebuah doa pagi hari agar Allah SWT meringankan beban yang tengah kamu pikul. Berikut adalah doa tersebut:

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

Rabbana laa tuaa-khidzna innasiina au akhtho’na, rabbana wala tahmil ‘alaina ishran kama hamaltahu ‘alalladziina min qablina, rabbana wala tuhammilna ma la thooqatalanabih, wa’fu’anna waghfirlana warhamna, anta maulana fansurna ‘alal qaumilkaafiriin.

Doa tersebut mengandung arti sebagai berikut:

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. 

Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

5. Doa Dalam Islam Untuk Memohon Kebaikan

Manusia memang tak akan pernah bisa luput dari kesalahan, namun sebagai umat muslim yang baik, kita berkewajiban untuk menanamkan sifat baik. Oleh karena itu terdapat doa pagi hari untuk memohon kebaikan. Berikut adalah doa tersebut:

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ المُلْكُ لِلَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ، وَحْدَهُ لا شَرِيكَ له، له المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهو علَى كُلِّ شيءٍ قَدِيرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ ما في هذِه اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ ما بَعْدَهَا، وَأَعُوذُ بكَ مِن شَرِّ ما في هذِه اللَّيْلَةِ وَشَرِّ ما بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بكَ مِنَ الكَسَلِ وَسُوءِ الكِبَرِ، رَبِّ أَعُوذُ بكَ مِن عَذَابٍ في النَّارِ وَعَذَابٍ في القَبْرِ

Baca Juga:  Doa Berhubungan Intim, Adab serta Keutamaannya dalam Islam

Ashbahnaa wa ashbahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir. Rabbi as-aluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiro maa ba’dahu, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri maa ba’dahu. Rabbi a’udzu bika minal kasali wa su-il kibar. Robbi a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.

Artinya:

“Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Hanya milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. 

Wahai Tuhanku, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. 

Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di alam kubur.”

Mulailah Pagi Hari Dengan Membaca Doa!

Memulai hari dengan berdoa memiliki banyak manfaat untuk jiwa dan raga sebagai seorang umat muslim. Manfaat doa pagi hari sangatlah banyak. Selain kita bisa lebih dekat dan selalu mengingat Allah SWT dalam setiap langkah yang kita ambil, kekuatan doa juga bisa melindungi kita dari bahaya.

Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk selalu memanjatkan doa dimanapun kamu berada, kapanpun dan bagaimanapun kondisimu.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait