Download Termux Apk Mod Tanpa Root di Android Terbaru 2023

Solaeman Nur Rahman

AKURATNEWSTermux apk telah menjadi populer di kalangan pengguna ponsel pintar yang tertarik dengan dunia hacking, pemrograman, dan pengembangan aplikasi. Tentu masih banyak yang asing dengan aplikasi ini, karena pada umumnya pengguna Android lebih banyak bermain game.

Aplikasi ini awalnya dirancang untuk penggunaan di sistem operasi Android. Namun faktanya, Termux telah berhasil menarik minat pengguna yang ingin menjalankan perintah shell Linux pada perangkat mobile dengan cara yang sederhana dan sangat mudah.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat menjalankan perintah shell Linux seperti pada distribusi Linux yang umum digunakan, seperti Ubuntu atau Debian. Termux menyediakan akses ke paket manajer paket yang memungkinkan pengguna menginstal dan menjalankan berbagai program.

Salah satu penggunaan yang populer adalah untuk hacking etis atau keamanan jaringan. Dalam lingkungan Termux apk, kamu dapat menggunakan berbagai alat keamanan jaringan seperti Nmap, Wireshark, dan Metasploit untuk menganalisis kelemahan jaringan.

Selain itu, kamu juga bisa menguji kekuatan sistem keamanan supaya tidak mudah di bobol. Jika ditelusuri lebih lanjut, aplikasi ini sebenarnya memiliki banyak manfaat. Tetapi tidak jarang yang menggunakannya untuk kepentingan sepihak dan mendapatkan keuntungan.

Termux juga merupakan lingkungan yang cocok untuk pengembangan dan pemrograman di ponsel pintar. Dalam aplikasi ini, kamu dapat menginstal kompiler dan alat pengembangan seperti Python, Ruby, Node.js, dan GCC untuk membuat, menguji, dan menjalankan program.

Kamu dapat menggunakan editor teks seperti Vim atau Nano untuk menulis kode, dan kemudian menjalankannya langsung di perangkat Android. Ini memungkinkan pengembang untuk bekerja secara portabel dan membuat atau mengedit kode kapan saja dan di mana saja.

Tentang Termux Apk

Sedikit banyak kita telah membahas apa yang dimaksud dengan Termux apk. Singkatnya, aplikasi ini digunakan untuk mengakses pemrograman Libux pada perangkat Android. Seperti yang diketahui, dulunya kamu hanya bisa membuka Linux pada perangkat komputer.

Linux adalah sebuah sistem operasi yang bersifat open-source, berbasis Unix, dan merupakan salah satu varian sistem operasi yang paling populer di dunia. Sistem operasi ini awalnya hanya dapat diakses melalui PC, namun saat ini bisa untuk semua perangkat.

Salah satu keunggulan utama Linux adalah sifatnya yang open-source. Artinya, kamu bisa mengakses, modifikasi, dan mendistribusikannya secara bebas. Hal ini telah mendorong kreativitas untuk berkontribusi dalam pengembangan dan perbaikan sistem operasi ini.

Baca Juga:  Download WeTV Mod Apk Premium VIP Unlocked Gratis 2023

Dengan adanya Termux apk, kamu bisa mengakses dan membuat kode kapan saja dan dimana saja. Bisa dikatakan bahwa aplikasi ini merupakan emulator, karena normalnya kamu tidak bisa menggunakannya di perangkat Android.

Tidak hanya untuk menjalankan program, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengakses game berbasis teks. Ada banyak fitur dan sekaligus keunggulannya, sehingga kamu bisa menjadikan aplikasi ini sebagai prioritas utama untuk menjalankan program Linux.

Di Playstore, aplikasi Termux di download lebih dari 10 juta pengguna Android. Angka yang cukup lumayan, mengingat emulator ini sebenarnya sulit digunakan. Namun angka diatas menunjukkan bahwa aplikasi ini mudah digunakan dan gampang dipahami.

Dari jumlah download tersebut, rata-rata pengguna memberikan 4,1 bintang yang menandakan tingkat kepuasan. Ukurannya pun sangat ringan, versi terbaru hanya memiliki ukuran sekitar 18 MB. Tidak butuh banyak waktu untuk memasangnya di HP.

Fungsi Termux Apk

Fungsi Termux apk cukup banyak jika kamu menyimak semua penjelasan yang kami berikan diatas. Intinya, aplikasi ini bisa digunakan untuk mengoperasikan program yang berbasis Linux. Bagi yang sudah sering menggunakannya pasti paham, lain halnya bagi yang masih baru.

Terminal Emulator

Termux menyediakan sebuah terminal emulator yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan perintah shell Linux langsung di perangkat Android. Ini memungkinkan kamu untuk melakukan banyak tugas, seperti menjalankan perintah, dan mengedit file teks.

Kamu juga bisa menggunakannya untuk mengelola sistem file. Setiap pekerjaan yang berhubungan dengan sistem operasi Linux, kamu bisa menjalankannya di aplikasi ini. Namun yang pasti, kamu harus memiliki program yang dimaksud terlebih dahulu.

Akses Shell Linux

Akses shell Linux Linux adalah fungsi Termux apk selanjutnya yang perlu kamu ketahui. Aplikasi ini memberikan akses ke shell Linux lengkap di perangkat Android. Ini berarti pengguna dapat menjalankan perintah Linux seperti ls, cd, mkdir, rm, dan banyak lagi.

Hal ini memungkinkan kamu untuk melakukan administrasi sistem, scripting, atau pengembangan aplikasi di lingkungan Linux. Untuk aplikasi lain mungkin bisa, namun tidak semua dapat dijalankan dengan perintah khusus yang kamu berikan.

Paket Manager

Aplikasi atau yang juga dikenal sebagai emulator Linux ini sangat lengkap dalam hal fungsi. Selain yang disebutkan diatas, Termux apk juga dilengkapi dengan paket manager yang memungkinkan kamu untuk menginstal, mengelola, dan menghapus paket perangkat lunak tambahan.

Paket manager ini memudahkan kamu untuk menginstal alat-alat dan utilitas yang dibutuhkan. Sebagai contoh adalah editor teks, bahasa pemrograman, server web, dan banyak lagi. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melakukan banyak hal dengan mudah.

Baca Juga:  Tubemate Apk Video YouTube Downloader Gratis di Android 2023

Lingkungan Pengembangan

Termux dapat digunakan sebagai lingkungan pengembangan di perangkat Android. Kamu dapat menginstal bahasa pemrograman seperti Python, Ruby, atau Node.js, dan mengembangkan aplikasi atau skrip langsung di perangkat HP.

Ini berguna bagi pengembang yang ingin melakukan pengujian, prototyping, atau pengembangan aplikasi di perangkat seluler. Anggap saja bahwa aplikasi ini dapat digunakan sebagai langkah percobaan sebelum akhirnya program atau aplikasi diluncurkan.

Hacking dan Keamanan

Sebagaimana yang dijelaskan diatas, fungsi Termux apk sebenarnya tergantung pada siapa penggunanya. Meskipun disarankan untuk digunakan dengan bijaksana, aplikasi ini dapat digunakan untuk tujuan membobol keamanan dan juga hacking.

Aplikasi ini menyediakan alat-alat yang umumnya digunakan dalam pengujian keamanan atau pengecekan keamanan, seperti nmap, sqlmap, metasploit, dan lainnya. Namun, penting untuk mematuhi hukum dan etika terkait penggunaan alat-alat ini.

Fitur Aplikasi Termux

Setiap aplikasi pasti memiliki fitur yang disediakan bagi penggunanya. Fitur inilah yang nantinya menjadi parameter apakah sebuah aplikasi layak digunakan atau sekedar dijadikan percobaan. Perlu diketahui, tidak banyak aplikasi emulator seperti yang kita bahas kali ini.

Bisa dikatakan bahwa Termux apk merupakan yang terbaik, karena menyediakan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya. Sebagai bahan pertimbangan, sebaiknya kamu menyimak fitur apa saja yang dimiliki, berikut ulasan selengkapnya dari kami!

Mudah Digunakan

Salah satu fitur dan sekaligus menjadi kelebihannya yakni mudah digunakan. Meski tidak banyak aplikasi sejenis, namun tetap saja bukanlah satu-satunya. Dari aplikasi yang tersedia saat ini, hampir semuanya sulit digunakan, apalagi bagi pemula.

Kamu butuh banyak belajar terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi lain. Dengan kata lain, kebanyakan emulator Linux tidak cocok digunakan pengguna baru. Tidak demikian dengan Termux apk, kamu bisa menggunakannya meski pengguna baru.

Mendukung Banyak Paket Linux

Linux memiliki banyak paket yang dapat dijalankan menggunakan perintah tertentu. Setiap paket memiliki perintah tersendiri, tergantung dari yang kamu pilih. Beberapa paket yang cukup populer di kalangan programmer yakni uBuntu, Debian, dan Centos.

Selain itu, ada juga Fedora dan Red Hat yang pasti sudah banyak dikenal. Aplikasi Termux yang kita bahas kali ini mendukung semua paket yang disebutkan diatas. Masih banyak paket atau program lain yang dapat kamu jalankan dengan aplikasi ini.

Gratis tanpa Berlangganan

Termux apk bersifat open source, yang artinya kamu bisa mendapatkan aplikasinya gratis tanpa perlu membayar. Berbeda dengan aplikasi pada umumnya, kamu harus membayar biaya langganan terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Memang ada sebagian yang gratis, namun untuk fitur dan fungsinya dibatasi. Dengan aplikasi ini, kamu tidak memerlukan biaya untuk mendapatkan semua kelebihan dan fitur nya. Kamu juga bisa mendapatkan aplikasinya di Playstore atau sumber lain.

Baca Juga:  Download Youtube Vanced Apk Mod Tanpa Iklan Terbaru 2023

Akses Full SSH

Secure Shell, atau yang dikenal dengan SSH adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan untuk mengamankan komunikasi antara dua perangkat. Selain itu juga menyediakan akses jarak jauh yang aman ke sebuah sistem komputer.

Dengan menggunakan SSH, kamu dapat mengakses dan mengendalikan komputer atau server jarak jauh dengan cara yang aman melalui koneksi internet. Termux apk menyediakan fitur menarik ini yang belum tentu kamu dapatkan di aplikasi lain.

Download Termux Mod Apk Versi Terbaru

Setiap fitur yang dan fungsi yang disebutkan diatas hanya bisa kamu dapatkan jika menggunakan aplikasi versi terbaru. Termux versi lama memang masih dapat digunakan, namun sebagian fitur diatas masih belum ada karena belum diperbarui.

Untuk versi aslinya bisa kamu dapatkan langsung di Playstore. Namun jika kamu ingin menggunakan versi modifikasi, maka harus mencari sumber lain. Perbedaan Termux mod apk dengan versi asli terletak pada fitur dan juga script yang disediakan.

Nama AplikasiTermux Apk Mod
PengembangFredrik Fornwall
Versi AplikasiNew Update V0.118.0 Terbaru
Support Os MinimalAndroid 5.0 +Up
Harga Jual ApkGratis

Cara Instal Termux Apk Mod

Cara instal aplikasi tergantung dari mana kamu mendapatkannya. Jika langsung menggunakan Playstore sebagai sumber resmi, maka kamu hanya perlu klik instal saja. Tetapi jika mendapatkan file dari sumber lain, maka ada cara khusus yang harus dilakukan.

Cara ini memang mudah, namun sedikit membingungkan bagi yang pertama kali mencobanya. Setiap aplikasi modifikasi memerlukan akses khusus, karena secara normal Android menolaknya. Daripada bingung, sebaiknya kamu ikuti langkah di bawah ini!

  • Buka menu pengaturan.
  • Masuk pengaturan lanjutan.
  • Pilih keamanan dan privasi.
  • Geser tombol di sebelah unknown source.
  • Buka file manajer.
  • Cari file aplikasi Termux mod yang kamu download tadi.
  • Buka dengan cara klik satu kali, lalu pilih instal.

Kekurangan Termux Apk

Dibalik kelebihan yang dimiliki, faktanya ada beberapa kekurangan yang dimiliki emulator Linux ini. Penting bagi kamu untuk mengetahuinya sebelum menggunakan. Pasalnya, kamu bisa menjadikannya sebagai bahan pertimbangan.

  • Tampilan aplikasi sulit dipahami dan kurang menarik, terutama pengguna baru.
  • Tidak cocok bagi yang belum terbiasa dengan pemrograman berbasis Linux.
  • Tidak semua fitur berfungsi dengan baik, sebagian sering error ketika dijalankan.

Penutup

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai aplikasi emulator Linux terbaik. Kamu bisa mendapatkan versi aslinya di Playstore, atau bisa versi modifikasi dari link diatas. Sebagai saran, sebaiknya menggunakan Termux apk versi asli supaya lebih aman dan nyaman saat dijalankan.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait