Nasib Tenaga Kerja Harian Lepas

Harian Lepas Dinas LHK Sidoarjo Keluhkan Upah Bulanan Telat Dibayar?

Tenaga Kerja Harian Lepas (TKHL) Dinas LHK. (Foto ilustrasi).

Sidoarjo, Akuratnews.com - Nasib tenaga kerja harian lepas (TKHL) di Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo tampak kian memprihatinkan.  Pasalnya, haknya berupa upah kerja selama satu bulan, semestinya bisa diterima awal bulan, kerapkali mengalami keterlambatan hingga pertengahan bulan.

"April 2019, saya baru terima upah tanggal 19. Lalu, Mei ini, saya masih belum juga terima bayaran, apa mau diserahkan seperti halnya bulan April lalu?" kata seorang TKHL di lingkungan DLHK Sidoarjo yang minta namanya dirahasiakan (Nama ada pada redaksi) pada Akuratnews.com, Sabtu (11/5/2019).

Menurut dia, selama dirinya belum memperoleh upah, untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari - hari terpaksa mencari pinjaman. "Ya, mau gimana? Saya tidak diberitahu kapan upah saya akan diberikan, terpaksa saya ngutang dulu untuk bisa mencukupi kebutuhan setiap hari.” Keluhnya.

“Tentu, lama-kelamaan utang numpuk dan tak bisa ngutang lagi, karena tak dipercaya, bikin kepala pusing, " Ujar pria yang sudah jadi TKHL puluhan tahun dengan suara lirih ini.

Sementara itu, salah seorang pejabat DLHK Sidoarjo saat dikonfirmasi mengenai alasan keterlambatan pembayaran upah TKHL, ia tidak memberikan penjelasan kongkrit, cuma mengeluarkan statemen singkat. "Tergantung kepala dinasnya," ucapnya.

Artinya dalam hal turunnya upah bagi TKHL, semua bergantung pada kebijakan kepala Dinas LHK. Dan guna pemberitaan berimbang, reportase Akuratnews coba mengkonfirmasi langsung Kepala Dinas LHK Sidoarjo, Sigit Setyawan melalui pesan whatsapp (WA),  namun sayangnya, sang Kepala Dinas tidak menanggapi.

Selain tidak menanggapi, Sigit justru melakukan pemblokiran atas konfirmasi Akuratnews. Oleh sebab itu, saat berita dirilis, belum ada tanggapan atas pembayaran upah TKHL dinas LHK yang dituding selalu telat dibayarkan.

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga