PTPN IV Lakukan Kick Off Awarding PICA

Medan, Akuratnews.com - Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno melakukan kick off awarding Problem Identification Corrective Action (PICA), yaitu strategi peningkatan produktivitas kebun dari blok ke blok.

Kepada manajemen kebun agar jujur sejujur-jujurnya dalam penilaian, karena awards kali ini penilaiannya menggunakan metode self assessment.

Demikian disampaikan Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno, ketika memberikan penghargaan/ awards karya inovasi kepada karyawan PTPN IV, yang dilaksanakan secara virtual dari ruang Tenera Kantor Direksi PTPN IV Jl. Letjen Suprapto No. 2 Medan, Selasa (28/7/2020) sore.

Turut hadir mendampingi Sucipto Prayitno adalah Senior Executive Vice President (SEVP) Operation I Rizal H. Damanik, SEVP Operation II Joni Raja Siregar dan SEVP Business Support Budi Susanto.

Sucipto Prayitno menyebutkan, Mapping kondisi blok dibuat kriterianya, misal produktivitas TBS ton/ ha >2,5 warna emas, 2 – 2,5 warna hijau, 1,5 – 2 warna kuning, 1 – 1,5 warna merah dan <1 warna hitam. Dalam mengukur kinerja (scoring) dengan dasar perhitungan kinerja blok dengan kondisi blok bulan sebelumnya dan nilai masing-masing kondisi blok merupakan jumlah blok yang bertambah atau berkurang dikalikan konstanta nilai.

Ia juga mengatakan, yang diukur adalah pergerakan seberapa besar posisi yang warna hitam bergerak ke atasnya, yang warna merah bergerak ke atasnya dan seterusnya. Pada akhirnya berkontribusi terhadap produktivitas kebun. Ini semua akan di evaluasi setiap bulan, serta yang paling agresif pergerakannya akan menjadi juara.

“Dari sisi PKS, program peningkatan rendemen, penilaiannya berdasarkan progresifnya untuk menaikan rendemen dari waktu ke waktu, dan ada metode penilaiannya yang akan ditetapkan oleh dewan juri”, ucap Sucipto Prayitno.

Ke depan manajemen PTPN IV juga akan melakukan kick off program “culture”. Program ini, melibatkan keluarga sendiri, untuk mendukung prestasi personel dalam bekerja dan berkarya di perusahaan, sehingga terciptanya kenyamanan baik di dalam keluarga maupun di tempat bekerja.

Sucipto Prayitno berkeinginan agar semua karyawan PTPN IV betah tinggal di kebun/ pabrik masing-masing, yaitu dengan menyiapkan tempat tinggal/ rumah yang nyaman. Program ini kita sebut ‘Rumahku adalah Surgaku’, dan merupakan program sederhana yang melibatkan Ikatan Keluarga Besar Isteri (IKBI), dengan mengadakan perlombaan seperti kebersihan dan kerapian taman depan rumah, adanya tanaman apotek hidup dan lain-lain, yang di nilai oleh masing-masing kebun/ pks dan hanya ada 1 pemenang.

“Khusus rumah dinas General Manajer Distrik dan Manajer Kebun/ Pabrik tidak diikutsertakan dalam program ini, karena yang melakukan penilaian adalah isteri dari General Manajer Distrik dan Manajer Kebun/ Pabrik”, tutup Sucipto Prayitno.

Baca Juga