10 Tempat Wisata di Surabaya Terpopuler yang Wajib Dijelajahi

Solaeman Nur Rahman

AKURATNEWS – Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia, merupakan tujuan wisata yang menarik bagi para pengunjung. Kota ini memiliki sejarah yang kaya, budaya yang beragam, dan daya tarik wisata yang berlimpah. Bahkan semua hal menarik Anda bisa menemukannya hanya di Surabaya. Mulai dari wisata sejarah, wisata edukasi, wisata alam hingga kuliner pun semua tersedia di Kota Pahlawan ini.

Jika Anda merencanakan perjalanan ke Surabaya, berikut ini ada ulasan singkat tentang 10 tempat wisata terpopuler di Surabaya yang tidak boleh Anda lewatkan saat musim liburan telah tiba!

Daftar Tempat Wisata Populer Surabaya

Berikut ini ada 10 daftar destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi di Kota Surabaya, yakni:

1. Monumen Kapal Selam

Tempat wisata popular di Surabaya pertama adalah Monumen Kapal Selam adalah sebuah museum yang terletak di Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Museum ini terkenal karena menampilkan sebuah kapal selam asli yang telah dipensiunkan dari dinas aktif, yaitu Kapal Selam KRI Pasopati (410).

Letak Museum Kapal Selam berada di tepi Sungai Kalimas, dekat dengan Taman Bungkul. Area museum ini menawarkan pemandangan yang menarik dengan perpaduan antara kawasan perkotaan dan keindahan alam sekitarnya. Dengan kapal selam yang terparkir di tepi sungai, museum ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjungi Kota Surabaya.

Keindahan Museum Kapal Selam dapat dilihat dari dua aspek yang berbeda. Pertama, secara arsitektur, bangunan museum ini dirancang dengan gaya yang modern dan menarik. Eksterior bangunan memiliki bentuk yang menyerupai tubuh kapal selam dengan dinding yang dicat dengan warna abu-abu dan merah, menciptakan tampilan yang menarik dan ikonik.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata di Jogja Paling Terkenal yang Wajib Tuk Dikunjungi

Kedua, pengalaman dalam museum itu sendiri. Ketika masuk ke dalam museum, pengunjung dapat menjelajahi interior kapal selam yang sebenarnya. Ada tur yang disediakan yang memungkinkan pengunjung untuk melihat berbagai ruangan seperti ruang perwira, kamar tidur awak kapal, ruang kendali, dan bahkan torpido ruang. Ini memberikan pengalaman yang sangat menarik dan memungkinkan pengunjung untuk mendapatkan wawasan langsung tentang kehidupan di dalam kapal selam.

2. Taman Bungkul

Kemudian, Taman Bungkul adalah tempat yang populer di Surabaya untuk bersantai. Taman ini menawarkan suasana yang hijau dan nyaman, dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti area bermain anak-anak, tempat duduk, dan warung makan. Anda juga dapat menikmati acara musik dan seni yang sering diadakan di sini.

3. House of Sampoerna

Tempat wisata popular di Surabaya lainnya adalah House of Sampoerna yang merupakan sebuah museum yang didedikasikan untuk industri rokok di Indonesia. Di sini, Anda dapat melihat proses pembuatan rokok tradisional, mengunjungi galeri seni, dan belajar tentang sejarah industri rokok di Surabaya. Anda juga dapat mengunjungi toko oleh-oleh untuk membeli berbagai produk rokok yang terkenal.

4. Masjid Cheng Hoo

Masjid Cheng Hoo merupakan masjid yang indah dan mengesankan dengan arsitektur yang unik. Terletak di daerah pesisir, masjid ini menggabungkan elemen-elemen arsitektur Tiongkok dengan gaya Islam. Anda dapat menikmati keindahan bangunan ini dan mengagumi pemandangan sekitarnya.

5. Suramadu National Bridge

Tempat wisata popular di Surabaya selanjutnya adalah Suramadu National Bridge adalah jembatan yang menghubungkan Surabaya dengan pulau Madura. Jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia dan menawarkan pemandangan yang spektakuler. Anda dapat mengendarai sepeda atau berjalan-jalan di trotoar khusus untuk menikmati pemandangan indah selama perjalanan.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata di Jakarta yang Wajib Masuk List Liburan

Keindahan Jembatan Suramadu terletak pada desain arsitektur dan pemandangan sekitarnya. Jembatan ini dirancang dengan megah dan mengesankan dengan menggunakan teknologi modern dan konstruksi yang kokoh. Struktur utama jembatan terdiri dari tujuh bentang utama yang mengapung di atas air, memberikan pemandangan spektakuler saat melintasi jembatan.

Saat melintasi Jembatan Suramadu, pengunjung akan disuguhkan pemandangan indah Selat Madura, dengan air biru yang tenang dan langit yang terbentang luas. Pemandangan alam sekitar, termasuk pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitar jembatan, juga menambah daya tarik visualnya.

Jembatan ini juga memiliki penerangan yang indah pada malam hari. Lampu-lampu yang terpasang di sepanjang jembatan menciptakan pemandangan yang spektakuler ketika jembatan terang benderang di tengah kegelapan malam. Pemandangan ini sangat memukau dan sering kali menjadi objek foto favorit bagi wisatawan.

6. Museum Mpu Tantular

The facade of Mpu Tantular Museum showing split gate candi bentar. The archaeological museum is located on Jalan Raya Buduran, Sidoarjo Regency, south from Surabaya city, East Java, Indonesia.

Museum Mpu Tantular menjadi salah satu tempat wisata popular di Surabaya yang wajib Anda kunjungi. Di dalam museum seni dan budaya ini menampilkan koleksi seni tradisional Jawa Timur. Di sini, Anda dapat melihat berbagai jenis seni termasuk wayang kulit, keramik, seni lukis, dan masih banyak lagi. Museum ini menyajikan gambaran yang komprehensif tentang budaya Jawa Timur.

7. Taman Flora Bratang

Taman Flora Bratang adalah taman yang luas dan penuh dengan berbagai jenis tanaman dan bunga yang indah. Taman ini menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam. Anda juga dapat mengunjungi kebun binatang mini yang ada di dalam taman ini.

8. Museum Sepuluh Nopember

Museum Sepuluh Nopember adalah museum sejarah yang menggambarkan perjuangan rakyat Surabaya dalam Pertempuran 10 November 1945 melawan penjajah Belanda.

Baca Juga:  10 Tempat Wisata di Garut Paling Populer yang Wajib Dikunjungi

Museum ini terletak di tengah Kota Surabaya, dekat dengan Tugu Pahlawan, sebuah monumen yang juga menjadi simbol perjuangan rakyat Surabaya. Letaknya yang strategis membuat museum ini mudah dijangkau oleh wisatawan yang berkunjung ke Surabaya.

Keindahan Museum Sepuluh Nopember terletak pada bangunan bersejarahnya. Bangunan museum ini awalnya merupakan markas militer Jepang yang kemudian menjadi markas militer Belanda pada masa penjajahan. Bangunannya memiliki arsitektur yang khas dari era kolonial dengan sentuhan gaya Jawa. Fasad bangunan yang megah dan terawat dengan baik menciptakan kesan yang kuat.

Di dalam museum, pengunjung dapat menemukan berbagai artefak, dokumentasi, foto, dan benda-benda bersejarah yang terkait dengan Pertempuran Surabaya. Ada pula diorama yang memperlihatkan rekonstruksi pertempuran dan cerita perjuangan yang berlangsung. Museum ini memberikan gambaran yang jelas tentang semangat perjuangan dan patriotisme rakyat Surabaya pada masa itu.

9. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan menjadi destinasi wisata Surabaya hits yang didedikasikan untuk para pahlawan nasional Indonesia. Monumen ini menjadi simbol keberanian dan perjuangan rakyat Surabaya. Anda dapat mengunjungi museum yang terletak di bawah tugu untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah perjuangan Surabaya.

10. Pasar Atum

Pasar Atum adalah pasar tradisional yang terkenal di Surabaya dan menjadi salag stau tempat wisata di Surabaya untuk membeli oleh-oleh khas. Pasar ini menawarkan berbagai barang, mulai dari pakaian, aksesoris, makanan, dan masih banyak lagi. Anda dapat merasakan atmosfer pasar tradisional yang ramai dan berbelanja untuk oleh-oleh khas Surabaya.

Itulah 10 tempat wisata terbaik di Surabaya yang layak Anda kunjungi. Kota ini menawarkan berbagai pengalaman yang unik dan menarik bagi para wisatawan. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi kekayaan sejarah, budaya, dan keindahan alam yang ditawarkan oleh Surabaya. Selamat menjelajah!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait