Standar Ukuran Foto 3R Dalam Mm, CM, Inchi, Pixel Dan Tips Mengeditnya

Solaeman Nur Rahman

AKURATNEWS – Berfoto menjadi salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan oleh sebagian orang. Bahkan dengan mengambil foto, Anda bisa mengabadikan momen-momen tertentu yang Anda lakukan.

Tentu, dalam dunia percetakan, ukuran foto pun sangat bervariasi mulai dari ukuran yang kecil sampai dengan yang besar. Bahkan di dalam dunia percetakan ada beberapa ukuran seperti 2R, 3R, 5R, 8R hingga dengan 30R. Setiap ukuran foto yang ada pun memiliki perbedaan kegunaan.

Ukuran foto yang paling banyak dicetak adalah ukuran foto 3R. Bagi Anda yang ingin mencetak foto dengan ukuran 3R. Berikut ini ulasan singkat mengenai ukuran foto 3R dan tips mengatur ukuran foto 3R melalui aplikasi di Komputer atau Laptop yang bisa menambah referensi bagi Anda!

Mengenal Ukuran Foto 3R

Ukuran foto 3R adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan ukuran foto yang umum digunakan dalam cetakan fotografi bahkan memiliki kegunaan yang multifungsi. Ukuran foto 3R ini berasal dari ukuran kertas cetakan yang digunakan untuk mencetak foto tersebut. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai ukuran foto 3R:

Ukuran foto 3R memiliki ukuran 3,5 inci x 5 inci atau sekitar 8,9 cm x 12,7 cm. Ukuran ini merujuk pada dimensi panjang dan lebar foto. Sementara itu, untuk aspek rasio foto 3R adalah 3:2, yang berarti panjang foto adalah 1,5 kali lebarnya. Aspek rasio ini umumnya digunakan dalam fotografi konvensional dan berbagi kesamaan dengan aspek rasio kamera film 35mm.

Selain itu, terdapat jumlah resolusi atau kejernihan gambar dalam foto ukuran 3R dapat bervariasi tergantung pada kualitas dan peralatan fotografi yang digunakan. Namun, dalam konteks cetakan foto berkualitas tinggi, resolusi yang umumnya digunakan adalah 300 dpi (dots per inch) atau piksel per inci. Ini berarti ada 300 titik gambar dalam satu inci cetakan foto.

Baca Juga:  Ukuran Reels Instagram dan Ukuran Postingan Instagram Lainnya

Kompatibilitas dalam foto 3R umumnya kompatibel dengan bingkai foto atau album foto yang dirancang khusus untuk ukuran ini. Jika Anda ingin mencetak foto dengan ukuran 3R, pastikan untuk memilih opsi cetak yang sesuai dengan ukuran tersebut di layanan cetak foto atau studio fotografi.

Kegunaan Foto Ukuran 3R

Ukuran foto 3R memang menjadi salah satu ukuran yang paling sering digunakan dalam dunia percetakan. Bahkan ukurannya yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil ini pun sangat multifungsi dalam penggunaannya. Foto 3R biasanya digunakan dalam keperluan pribadi seperti foto keluarga, foto pernikahan, atau foto kenangan lainnya. Ukuran ini juga umum digunakan dalam album foto tradisional atau bingkai foto. Bahkan foto ukuran 3R dengan bingkai ini sangat cocok dijadikan sebagai hiasan dinding kamar, ruang tamu dan ruangan lainnya.

Tips Mengedit Ukuran Foto 3R Mudah

Untuk mengedit ukuran foto 3R di komputer, Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi pengeditan foto yang tersedia dan sudah terinstall di Komputer ataupun Laptop Anda. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengedit ukuran foto 3R menggunakan aplikasi yang mudah dan bisa Anda lakukan secara otodidak, yakni:

1. Adobe Photoshop

Bagi Anda yang ingin melakukan editing dan mengatur ukuran foto 3R. Anda bisa menggunakan aplikasi Adobe Photoshop yang sudah terunduh di PC Anda. Berikut ini tata cara yang bisa Anda lakukan di antaranya:

  • Langkah pertama, silahkan buka foto yang ingin Anda edit di Adobe Photoshop. Anda bisa memilih foto di berkas sebelum Anda masuk ke dalam aplikasi ini.
  • Pilih menu “Image” (Gambar) di bagian atas layar, kemudian Anda bisa langsung memilih “Image Size” (Ukuran Gambar) sesuai dengan ukuran foto 3R.
  • Selanjutnya, dalam kotak dialog “Image Size”, pastikan opsi “Resample” dicentang dan pilih “Preserve Details 2.0” untuk menjaga kualitas gambar.
  • Masukkan ukuran foto 3R yang diinginkan untuk panjang dan lebar (misalnya, 3,5 inci x 5 inci) agar ukuran foto yang sebelumnya bisa berubah.
  • Pilih unit ukuran seperti inci atau piksel, tergantung pada preferensi Anda.
  • Klik “OK” untuk menerapkan perubahan ukuran foto 3R.
Baca Juga:  Standar Ukuran Kertas Dalam Mm, Cm, Inchi, Pixel Dan Tips Mengeditnya

2. GIMP

Bagi Anda yang ingin melakukan editing dan mengatur ukuran foto 3R. Anda bisa menggunakan aplikasi GIMP yang telah terinstall di PC atau Komputer Anda, yakni:

  • Pertama-tama, silahkan Anda untuk membuka foto yang ingin Anda edit di GIMP.
  • Kemudian, silahkan Anda memilih menu “Image” (Gambar) di bagian atas menu, kemudian pilih “Scale Image” (Skala Gambar). Selanjutnya, di dalam kotak dialog “Scale Image”, masukkan ukuran yang diinginkan untuk panjang dan lebar (misalnya, 3,5 inci x 5 inci). Anda juga bisa harus menyesuaikan ukuran foto 3R.
  • Pilih unit ukuran seperti inci atau piksel.
  • Klik “Scale” untuk menerapkan perubahan ukuran.

3. Microsoft Paint (untuk pengguna Windows)

Bagi Anda yang ingin melakukan editing dan mengatur ukuran foto 3R. Anda bisa menggunakan aplikasi Microsoft Paint yang lebih mudah untuk digunakan karena aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan dari Microsoft. Sehingga Anda tidak perlu mengunduh dan menginstall aplikasinya. Berikut ini tata cara untuk mengedit ukuran foto 3R, yakni:

  • Buka foto dengan Microsoft Paint yang ada di komputer ataupun laptop Anda.
  • Pilih menu “Resize”. Untuk mengubah Ukuran pada foto yang sebelumnya dan opsi ini terletak di bagian atas.
  • Pilih opsi “Pixels” (Piksel) dan pastikan opsi “Maintain aspect ratio” untuk mempertahankan aspek rasio foto tidak dicentang. Karena jika Anda tidak mengatur menu ini, maka ukuran dan rasio foto yang Anda edit pun akan ikut berubah bahkan bisa menjadi buram.
  • Masukkan ukuran piksel yang sesuai dengan ukuran 3R (misalnya, 1050 piksel x 1500 piksel).
  • Klik “OK” untuk menerapkan perubahan ukuran foto 3R. Kemudian, Anda bisa langsung klik Save atau simpan untuk menyimpan perubahan pada foto. Foto hasil editan Anda pun berhasil.
Baca Juga:  Standar Ukuran Kertas A4 Dalam Mm. Cm, Inchi, dan Pixel

Setelah Anda mengedit ukuran foto 3R, pastikan Anda untuk menyimpan salinan asli foto yang tidak diubah untuk menjaga integritasnya. Simpan foto yang sudah diubah ukurannya dalam format yang sesuai seperti JPEG untuk penggunaan yang lebih lanjut atau cetakan.

Selain 5 rekomendasi aplikasi edit foto ukuran 3R di atas, terdapat juga berbagai aplikasi pengeditan foto online yang dapat Anda gunakan dengan mencari “online photo editor” di mesin pencari untuk menemukan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan juga ukuran foto yang Anda edit pun sesuai dengan ukuran foto 3R secara umum.

Tentu, Anda juga bisa mengedit contrast dan warna foto menggunakan aplikasi di atas. Anda juga bisa menambah nuansa estetik pada foto yang ada. Demikianlah ulasan singkat mengenai ukuran foto 3R dan rekomendasi aplikasi editing ukuran foto terbaik untuk PC yang bisa menambah referensi pengetahuan Anda sebelum Anda mencetak foto!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait