oleh

Gunung Merapi Keluarkan Asap Putih, Warga Diminta Menjauh

Yogyakarta, Akuratnews.com — Kepulan asap tinggi membumbung dari puncak merapi pagi ini, Jumat (11/5/2018). Warga lereng merapi berhamburan keluar rumah untuk melihat ke arah Merapi.

Informasi yang diterima Akuratnews.com menyebutkan, letusan freatik dari gunung Merapi ini terjadi sekitar pukul 07.50 WIB. Letusan terjadi disertai suara gemuruh yang terdengar hingga area Kota Magelang bersamaan dengan getaran yang terasa hingga warga kampung desa Dukun, 14 km dari gunung.

“Getaran terasa dirumah kami, kaca-kaca bergetar namun tidak lama dan arah asap nampak ke arah selatan,” ungkap Pandu (27), salah satu warga desa Dukun, kecamatan Dukun, kabupaten Magelang.

Pihak BPBD Kabupaten Magelang pun dikabarkan telah menghimbu masyarakat untuk tetap tenang dan menjauhi puncak merapi hingga radius 3 km.

Dampak dari peristiwa ini, aktifitas belajar mengajar di beberapa sekolah di wilayah kecamatan Dukun pun dihentikan sejak pukul 08.10 WIB guna menjaga kemanan para siswa.

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada pernyataan resmi dari pihak Balai Penyelidikan Dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta.

Untuk diketahui, Erupsi Freatik adalah fenoma alam ketika air tanah, air laut, air danau kawah atau air hujan, menyentuh magma di dalam bumi. Panas dari magma akan membuat air tersebut menjadi uap. Ketika tekanan uap sudah sangat tinggi dan tidak bisa dibendung maka akan terjadi letusan yang disebut Erupsi Freatik. (Mdz)

Komentar

News Feed